3+ Cara Daftar Anchor Sponsorships Untuk Dapat Uang Dari Podcast

5 min read

Cara Daftar Anchor Sponsorships

Anchor sponsorships adalah salah satu fitur di Anchor.fm yang memungkinkan anda dapat uang dari podcast dengan mudah dan sederhana.

Soal ini sebenarnya sudah saya singgung di artikel saya sebelumnya tentang cara menghasilkan uang dari podcast dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalam aplikasi.

Itu berarti, artikel ini merupakan bagian dari artikel sebelumnya dengan topik yang sama namun lebih ke teknisnya karena hanya fokus pada satu platform yakni Anchor.fm.

Dan untuk anda yang belum tahu cara buat podcast, bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara buat podcast yang baik dan benar disini.

Apa itu Anchor.fm?

Anchor.fm adalah salah satu platofrm yang memungkinkan anda membuat, mengunggah dan mendistribusikan podcast buatan anda di platform lain.

Seperti Spotify, Appel Podcasts, Breaker, Castbox, Google Podcast, Overcast, PocketCasts, RadioPublic dan Tunein.

Jika anda sedang mencari situs atau aplikasi yang bisa menghost podcast anda dengan gratis, bisa gunakan platform yang satu ini.

Sebenarnya, Anchor.fm dirancang khusus sebagai alat distribusi podcast ke Spotify sebelum akhirnya diperluas distribusinya ke platform lain.

Salah satu kelebihan dari platofrm ini adalah dukungan sponsor yang memungkinkan anda mendapatkan uang dari podcast.

Dan ada dua fitur yang disediakan oleh Anchor agar para penggunanya bisa dapat uang dari sini, yakni:

  • Anchor sponsorships yang memungkinkan anda mendapatkan sponsor sendiri atau sponsor yang disediakan oleh pihak Anchor dengan perhitungan pembayaran per impresi atau 1000 kali tayang
  • Crowdfunding atau donasi yang memungkinkan anda mendapatkan uang lewat donasi yang terkumpul dari para pendengar

Proses registrasinya pun cukup mudah dimana anda hanya perlu masuk menggunakan email atau akun Facebook milik anda.

Yang menarik dari platform ini adalah terdapatnya tim reviewer yang akan meninjau kelayakan konten yang anda posting.

Jika podcast pertama yang anda unggah berhasil disetujui oleh reviewer Anchor, maka fitur monetisasi ini secara otomatis muncul.

Setelah aktif anda bisa mengaktifkannya langsung baik menggunakan anchor versi situs atau versi mobilenya di Android dan iOS.

3+ Cara Daftar Anchor Sponsorships

Nah untuk anda yang ingin dapat uang dari podcast atau sedang cari cara dapat uang dari anchor.fm, berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi dulu versi site Anchor atau aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs Anchor atau mendownload versi aplikasinya.

Disini saya menggunakan versi situs karena terbiasa menggunakan dekstop untuk upload podcast di Anchor.fm yang sudah saya rekam sebelumnya.

Jika anda pakai versi aplikasinya, silahkan disesuaikan saja. Untuk anda yang belum punya akun anchor, bisa buat dulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah masuk ke situs Anchor klik Sign Up untuk buat akun baru
  • Selanjutnya anda akan dialihkan ke laman registrasi. Di laman ini silahkan isi kolom yang tersedia dengan identitas yang sesuai mulai dari nama, email, password lalu selesaikan Captcha dan klik Sign Upcara daftar anchor monetisasi
  • Jika anda sudah punya website atau blog podcast sendiri, agar lebih mudah, silahkan klik Import yang terletak dibagian bawah kolom registrasi dan masukkan RSS Feed milik anda dengan fungsi yang sama seperti saat anda membuat akun barucara daftar anchor monetisasi

Sementara, apabila anda sudah punya akun Anchor, silahkan klik Log in. Untuk login, berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah klik tombol Log In, anda akan diarahkan ke laman berikutnya. Di laman ini silahkan masukkan email dan password Anchor milik anda. Anda juga bisa masuk menggunakan akun Facebook, Google atau Twitter jika sebelumnya anda mengintegrasikan akun Anda dengan tiga platform diatascara daftar anchor monetisasi
  • Selanjutnya anda akan dialihkan ke dashboard. Jika anda belum pernah buat podcast sebelumnya, akan ada pemberitahuan untuk membuat episode baru. Untuk buat episode baru silahkan klik Let’s do it. cara monetisasi podcast di Anchor

Membuat episode baru adalah langkah paling dasar agar anda bisa dapat uang dari podcast. Untuk buat episode baru, baca terus artikel ini.

2. Buat Episode baru

Jika sebelumnya anda belum punya episode yang diunggah di Anchor, anda akan diminta untuk membuat episode baru.

Lompati langkah ini jika sudah ada podcast yang anda unggah sebelumnya. Oh iya, untuk buat episode baru ada dua pilihan yang tersedia yakni rekam dan upload. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik buat episode baru
  • Setelah itu masukkan judul dan deskripsi tentang episode tersebutcara buat episode baru di anchor
  • Jangan lupa juga tambahkan gambar episode, type dan jenis kontennya. Untuk upload gambar silahkan klik Unggah seni episode baru. Untuk nomor musim, silahkan isi dengan jumlah episode yang pernah anda buat begitu juga dengan nomor episode. Untuk jenis dan kandungan pilih saja yang default yakni Penuh.
  • Jika sudah, langkah berikutnya adalah klik Terbitkan sekarang

Setelah episode dibuat, langkah berikutnya adalah kembali ke laman episode untuk unggah podcast baru. Untuk mengunggahnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan kolom Add Audio lalu klik disitucara monetisasi podcast di Anchor
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke editing episode. Disini silahkan pilih bagaimana episode itu dibuat. Jika anda rekam langsung pakai Anchor, silahkan klik Record. Atau jika anda ingin unggah audio baru yang sudah anda rekam sebelumnya, silahkan klik Library lalu arahkan kursor ke tulisan click to upload or drag files here. Anda juga bisa menambahkan transisi musik dan efek lain sesuai keinginancara monetisasi podcast di Anchor
  • Di halaman ini juga anda bisa menambahkan sponsor segment. Untuk menambahkan, silahkan klik Add Sponsor Segmentcara monetisasi podcast di Anchor

Sponsor segment yang anda tambahkan ini akan berjalan apabila anda sudah mengaktifkan fitur monetisasi.

Untuk saat ini, anda hanya bisa menambahkan tiga sponsor segment. Yang mungkin saja akan terdengar diawal, tengah dan akhir podcast yang diunggah.

3. Aktifkan fitur monetisasi

Setelah membuat episode baru dan mengunggah podcast, langkah berikutnya adalah menunggu podcast anda agar bisa di review.

Durasi reviewnya tidak berlangsung lama. Sepengalaman saya, tidak sampai 5 jam sudah ada email yang masuk.

cara daftar anchor monetisasi

Apabila podcast anda berhasil di review, secara otomatis fitur monetisasi di Anchor akan aktif baik di versi situs atau aplikasi. Jika sudah aktif, silahkan setting lebih lanjut.

Anda bisa memilih apakah mengaktifkan Anchor sponsorship terlebih dahulu atau meminta donasi dulu. Pengaturan keduanya dilakukan secara terpisah di dashboard yang sama.

Nah berikut langkah-langkah untuk mengatur Anchor sponsorship dan fitur donasi.

a. Mengaktifkan Anchor sponsorships

Masuk ke akun Podcast milik anda dan lihat apakah tombol Set up monetization (optional). Enable monthly donations from your listeners, or get matched with brands who want to sponsor your show sudah aktif.cara monetisasi podcast di Anchor

Jika sudah, silahkan klik saja Learn More. Jika anda tidak ingin podcast anda di monetisasi, silahkan klik Not Right Now, Thanks.

Jika anda klik Learn More, anda akan dialihkan ke laman baru yang didalamnya berisi pengaturan monetisasi.

Sebelum mengaktifkan sponsorships Anchor, baiknya anda lihat dulu cara kerjanya. Intinya, cara kerja sponsor Anchor ini sebagai berikut:

  • Memungkinkan Anchor mempertemukan antara anda dan sponsor dengan langkah-langkah yang mudah. Untuk poin ini anda bisa memilih sponsor sendiri. Dengan kata lain, anda harus merekam dan mengupload rekaman dari sponsor secara mandiri
  • Anchor juga akan berusaha mencari sponsor yang tepat untuk podcast anda
  • Rekam suara anda sendiri yang berisikan sponsor
  • Memasukkan iklan dalam podcast yang anda upload
  • Dapat duit

Dan untuk anda yang ingin mengaktifkan fitur monetisasi di Anchor, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan klik Anchor sponsorshipscara monetisasi podcast di Anchor
  • Setelah itu silahkan click to record. Untuk sementara, jika anda baru mengaktifkan kolom ini anda akan diminta untuk merekam suara anda sendiricara monetisasi podcast di Anchor

Intinya, anda harus dapatkan sponsor yang mau beriklan di podcast anda secara mandiri. Jenis iklannya tentu saja dengan suara. Setelah sponsor diaktifkan, jangan lupa juga setting pembayaran.

Untuk mengatur akun pembayaran silahkan scroll ke bagian atas kolom sponsorships, lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik activate Anchor Paymentscara monetisasi podcast di Anchor
  • Setelah itu anda akan dialihkan ke laman baru
  • Lalu isi data-data pembayaran sesuai dengan ketentuan atau menghubungkan akun dengan platform pembayaran yang didukung yakni Stripe.

Untuk saat ini, pencairan uang dari Anchor hanya bisa dilakukan dengan Stripe. Artinya, tidak ada dukungan pembayaran lain seperti PayPal atau akun Bank.

Dengan demikian, anda harus punya akun Stripe dulu untuk bisa mencairkan uang milik anda. Biaya pencairan saldo di Anchor adalah $0,25 untuk nominal apapun.

b. Crowdfunding atau donasi

Selain Anchor sponsorships, anda juga bisa meminta donasi kepada pendengar. Untuk pengaturan donasi ini juga bisa dilakukan via aplikasi.

Jika anda menggunakan versi aplikasi, berikut langkah-langkah mengaktifkan donasi di Anchor Podcast:

  • Buka aplikasi Anchor di Android atau iOS. Jika anda belum instal platform ini silahkan download dulu di Google Play Store dan iOS Store
  • Setelah itu klik Podcast Kamu atau profil lalu klik Uang seperti yang terlihat pada gambar dibawah iniCara Daftar Anchor Sponsorship
  • Berikutnya scroll sedikit kebawah di menu Dukungan Pendengar [Terima dukungan berulang setiap bulan langsung dari pendengar anda]> lalu klik Aktifkan SekarangCara Daftar Anchor Sponsorship
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke Stipe Connect. Disini anda akan diminta untuk mengisi entitas podcast apakah individu, perusahaan atau organisasi non-profit termasuk nomor telepon dan email. Untuk kode Mobile Number, silahkan Cari ID lalu masukkan nomor yang anda gunakan entah itu Telkomsel, Tri, Axis, Indosat dan lain sebagainya. Apabila sudah selesai, klik NextCara Daftar Anchor Sponsorship
  • Anchor akan mengirim kode OTP via SMS pada nomor yang anda masukkan tadi. Jika sudah ada SMS silahkan copy kode OTPnya lalu pastekan di kolom kosong yang tersediaCara Daftar Anchor Sponsorship
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk menghubungkan akun Anchor dengan akun Stripe milik anda. Jika belum punya akun Stripe, silahkan buat dulu. Untuk penjelasan lebih detail tentang tata cara setting pembayaran di Anchor silahkan baca disini.

Apabila pengaturan diatas sudah selesai, yang paling terakhir adalah buat podcast sebanyak mungkin. Semakin banyak podcast yang diunggah semakin besar pula penghasilan anda.

Penutup

Langkah-langkah yang saya jelaskan diatas juga bisa diatur di versi aplikasi entah itu di Android dan iOS termasuk di versi situs Anchor.

Jika anda punya pertanyaan tentang postingan ini atau mungkin masukkan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara daftar Anchor sponsorships untuk dapat uang dari podcast. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

2 Replies to “3+ Cara Daftar Anchor Sponsorships Untuk Dapat Uang Dari…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *