Cara Cek NPWP Online 2021 Pakai NIK dan No KTP

Di artikel sebelumya sudah saya ulas cara buat NPWP Online. Untuk melengkapi artikel tersebut, di postingan kali ini saya mau bahas cara cek NPWP online pakai NIK dan No KTP.

Mengapa sih harus di cek? Tujuannya apa? Ada banyak alasan. Paling pertama untuk memastikan apakah anda sudah terdaftar di Ditjen Pajak atau belum.

Misalnya nih, sebelumnya anda buat NPWP di Kantor Pajak atau daftar online, langsung keluar tuh nomor NPWPnya kan.

Untuk memvalidasi atau mengecek apakah sudah benar-benar terdaftar di database ditjen pajak online, anda kemudian mengeceknya.

Alasan lain mungkin saja karena anda sudah lama tidak bayar pajak sehingga data anda sebagai wajib pajak mungkin sudah tidak aktif.

Atau mungkin saja anda buat NPWP hanya saja penghasilan bulanan aktif atau gaji anda tidak masuk kategori PTKP.

Dengan kata lain, alasan diatas cukup subjektif tergantung tujuan anda cari keyword macam ini di Google atau di Youtube.

Cara ini pun bisa dilakukan untuk cek apakah NPWP teman, saudara, kakak, orang tua, pacar, gebetan atau badan apakah masih aktif atau tidak.

Yang penting, datanya ada. Maksudnya, syarat-syarat untuk bisa cek NPWP online itu sudah tersedia. Lantas, apa saja syaratnya? Ada dua, yakni:

  • Pastikan ada koneksi internet karena cara yang saya ulas di bawah ini mengharuskan anda terkoneksi ke internet. Apakah ada cara cek NPWP pakai NIK dan KTP offline? Ada. Akan saya ulas caranya dibawah
  • Siapkan Nomor Induk Kependudukan [NIK] dan juga nomor Kartu Tanda Penduduk [KTP]. Bisa catat keduanya agar memudahkan anda untuk menginput kolom pengecekan nantinya.

Dan untuk anda yang pengen tahu cara cek NPWP dengan No KTP, cek NPWP dengan No KK atau pengen tahu cara cek NPWP di HP secara online, simak artikel ini sampai habis.

Cara Cek NPWP Online Pakai NIK dan NO KTP

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara cek NPWP online dengan NIK atau NO KTP.

1. Buka browser

Cara Cek NPWP Online

Langkah pertama adalah buka browser yang sudah terinstal di ponsel anda entah itu Google Chrome, Mozila Firefox, Safary atau yang lainnya.

Untuk perangkat, bisa pakai laptop atau HP. Yang penting, ada koneksi internet. Sesuaikan saja sama perangkat yang ada saat itu.

Baca Juga: Pengalaman, Syarat dan Cara Buka Rekening BNI Online 2021

Di bilah pencarian browser, ketikkan keyword seperti cara cek NPWP dengan KTP dan KK. Atau bisa langsung kunjungi situs eregistrasi pajak di laman ereg.pajak.go.id.

Agar lebih mudah menavigasi anda ke laman tersebut, klik saja tautan ini.

2. Klik hyperlink cek NPWP Online

Cara Cek NPWP Online

Setelah masuk ke dashboard eregistrasi pajak online, arahkan kursor dibagian bawah, pada pilihan cek NPWP seperti yang terlihat pada gambar ilustrasi diatas.

Tinggal klik saja hyperlink cek NPWP di tulisan Klik cek NPWP untuk cek apakah NIK sudah ber-NPWP.

Hyperlink diatas akan mengarahkan anda ke laman ereg.pajak.go.id/ceknpwp. Jadi bisa langsung salin tautannya di browser tanpa harus ikuti langkah pertama.

3. Masukkan data-data yang dibutuhkan

Cara Cek NPWP Online

Nantinya anda akan diarahkan ke laman berikutnya untuk cek NPWP. Di kolom kosong yang tersedia, masukkan Nomor Induk Kependudukan [NIK] dan nomor Kartu Keluarga [KK].

Setelah memasukkan dua nomor identitas yang diminta, isi kolom chaptcha lalu klik tombol Cari.

4. Muncul Data NPWP

Cara Cek NPWP Online

Setelah klik tombol cari, tunggu beberapa saat sampai proses pencarian nomor NPWP berhasil.

Hasilnya ada dibagian bawah dimana akan muncul data wajib pajak mulai dari No NPWP, Nama Wajib Pajak, KPP Terdaftar dan status.

Kalau data-data diatas sudah muncul itu artinya anda sudah berhasil cek NPWP online.

FAQ

Untuk beberapa hal teknis terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah:

Q : Bagaimana cara cek NPWP Badan secara online?

A : Caranya sama seperti diatas. Di kolom No KTP dan KK, isi dengan data kuasa atau orang yang diberikan wewenang untuk buat NPWP atas nama badan, yayasan atau organisasi.

Q : Apakah bisa cek NPWP online hanya dengan no KTP saja?

A : Jawabannya tidak bisa. Sebab anda harus input no KK pada kolom isian diatas. Jadi harus punya no KK juga agar hasilnya bisa muncul.

Q :  Apakah bisa cek NPWP online hanya dengan no KK saja?

A : Jawabannya sama seperti pertanyaan sebelumnya. Dengan kata lain, untuk cek NPWP online, wajib memasukkan kolom No KTP sama KK secara bersamaan.

Q : Bagaimana cara cek NPWP lewat kring Pajak?

A : Cara satu ini bisa dicoba terlebih untuk anda yang ingin cek NPWP pakai saluran telepon. Lantas, gimana sih cara cek NPWP pakai nomor kring pajak?

Cukup telepon saja nomor ini: 1500200. Nomor tersebut adalah nomor khusus untuk layanan pajak. Oh iya, pastikan anda melakukan panggilan telepon saat jam kerja ya.

Setelah tersabung, silahkan perkenalkan diri dan sampaikan tujuan anda, cek NPWP atau bingung isi e-filing misalnya.

Q : Bagaimana cara cek NPWP di KPP?

A : Cara yang satu ini juga bisa dicoba untuk cari tahu NPWP apakah masih aktif atau tidak. Bisa kunjungi kantor pajak terdekat di lokasi anda.

Bagaimana jika domisili saya sudah berbeda dengan domisili di KTP? Tidak masalah. Karena sudah pasti datanya ada disana dan petugas akan siap membantu anda.

Oh iya, jangan lupa juga bawa dokumen yang dibutuhkan seperti no KTP dan KK agar datanya bisa dicocokan dengan data yang terekam di sistem mereka.

Q : Apakah bisa cek NPWP lewat email?

A : Bisa. Dengan menghubungi layanan email ditjen pajak di pengaduan@pajak.go.id. Di laman Subjek, isi dengan tujuan anda menghubungi laman penganduan.

Dalam beberapa kasus, anda akan dihubungi kembali untuk melengkapi dokumen seperti Nama lengkap, domisili, No KTP, No KK dan data-data lainnya.

Q : Apakah bisa cek NPWP lewat live chat dan chat di media sosial?

A : Untuk live chat kemungkinan bisa. Coba buka saja laman pengaduan.pajak.go.id. Dibagian kiri bawah ada icon chatnya.

Klik saja disitu lalu sampaikan maksud dan tujuan anda. Perhatikan, live chat pajak ini hanya aktif di hari kerja alias tidak aktif di hari sabtu dan minggu.

Untuk chat di media sosial bisa hubungi langsung laman resmi ditjen pajak di Instagram, Facebook atau Twitter.

Hanya saja, saya belum tahu apakah cara ini berhasil. Belum pernah coba soalnya.

Jika ada dari anda yang sudah pernah coba dan berhasil, bisa sampaikan di kolom komentar ya.

Q : Mengapa saat mau cek NPWP online pakai cara diatas gagal terus?

A : Jika gagal, hanya ada tiga kemungkinan. Pertama, koneksi internet anda tidak stabil.

Kedua, nomor KTP atau KK yang diinput salah dan yang terakhir adalah anda belum terdaftar alias belum punya NPWP.

Penutup

Ulasan diatas sudah cukup detail menjelaskan bagaimana cara mengetahui NPWP secara online.

Jika punya tambahan, masukkan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara cek NPWP online 2021 pakai NIK dan No KTP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar