4+ Cara Cek No Rekening Penipu Online 2021 Legal & Ampuh

Mau tahu cara cek no rekening penipu online 2021? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Di luar sana, ada banyak sekali kasus penipuan online yang terjadi dengan total kerugian yang tidak sedikit.

Jadi, kasus ini bukan terjadi satu dua kali saja. Tapi banyak. Korbannya bisa siapa saja, begitu juga dengan calon korbannya.

Makanya itu, disarankan untuk berhanti-hati saat beli barang secara online. Lebih lagi, transaksi yang terjadi tanpa melibatkan barang, pembeli dan pelanggan secara fisik.

Untuk menghindari penipuan yang terjadi, yang bisa saja korbannya anda, diharuskan untuk cek dulu siapa penjualnya.

Kalau lewat ecommerce mungkin agak aman. Transaksinya kan menggunakan rekening bersama, jadi penipuan bisa diminimalisir.

Tapi kalau transaksinya lewat DM, Messenger, WhatsApp atau media sosial, keamanannya tentu belum terjamin.

Lebih lagi jika penjualnya belum dikenal dan produknya tidak dipegang atau dilihat secara langsung.

Salah satu solusi untuk mengetahui apakah sellernya benaran atau memang produknya ada adalah dengan mengecek keaslian metode pembayaran.

Kebanyakan sih pakai nomor rekening. Nomor rekening kan ada namanya, bisa di cek di beberapa situs dibawah ini.

Tujuannya apa? Untuk memastikan kalau nomor rekening tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara cek rekening penipuan, cara cek identitas lewat no rekening bank atau cara cek nomor penipu.

Termasuk juga cara cek nomor DANA, OVO, LinkAja, ShoppePay dan AstraPay penipu, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Cek Nomor Rekening Penipu Online 2021 Legal & Ampuh

Lantas, bagaimana cara cek nomor rekening penipu online 2021? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Menggunakan situs cekrekening.ID

Cekrekening.id adalah salah satu situs yang memungkinkan anda mengecek nomor rekening penipu termasuk nomor telepon penipu.

Ada empat fitur utama dari situs ini. Pertama, periksa rekening untuk memastikan keamanan saat transaksi digital atau daring.

Kedua, fitur mendaftarkan rekening untuk memperoleh jaminan bahwa rekening yang akan digunakan terverifikasi identitasnya dan belum pernah melakukan penipuan.

Tersedia juga fitur laporan rekening. Fitur inilah yang nantinya bisa digunakan untuk melaporkan satu rekening yang telah melakukan penipuan.

FYI, cekrekening.id merupakan platform yang dikembangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informartika RI.

Situs ini juga sudah berpartner dengan beberapa lembaga seperti idEA [Asosiasi Ecommerce Indonesia], OLX, BCA, Bukalapak, bank BTPN, termasuk Bank BNI.

Lantas, apa sih tujuan pembuatan situs ini? Tak lain dan tak bukan untuk mencegah tindak pidana penipuan.

Termasuk didalamnya untuk mengecek investasi palsu, Narkoba [Narkotika dan Obat terlarang], Terorisme siber dan kejahatan lainnya.

Untuk database atau sumber informasi dari situs ini pun berasal dari pihak ketiga termasuk pelapor seperti anda, baik online atau offline.

Lantas bagaimana cara cek rekening penipu atau cara cek apakah satu investasi palsu menggunakan cekrekening.id? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Kunjungi laman cekrekening.id

Cara Cek No Rekening Penipu

Pertama, buka browser yang ada di ponsel atau desktop anda lalu cari situs cekrekening.id

Atau bisa juga dengan menggunakan keyword seperti cek rekening penipu atau yang lainnya.

Di peringkat pertama biasanya akan muncul situs tersebut. Mau cara yang lebih mudah? Langsung klik tautan ini

2. Masukkan nama bank dan nomor rekening

Cara Cek No Rekening Penipu

Apabila situs cek rekening penipu diatas sudah terbuka, otomatis akan muncul dua kolom yakni bank dan nomor rekening.

Untuk nama banknya ada banyak mulai dari BCA, BNI, sampai nomor eWallet entah itu DANA, OVO, LinkAja dan lain sebagainya.

Setelah memasukkan nomor rekening, selesaikan captcha lalu klik tombol Cek Rekening.

3. Tunggu prosesnya sampai berhasil

Cara Cek No Rekening Penipu

Berikutnya tunggu proses pengecekannya sampai berhasil. Jika benar nomor rekening itu ada di database dan pernah melakukan penipuan, langsung laporkan.

Untuk buat laporan akan saya sertakan caranya secara terpisah dibawah. Sementara, apabila nomor rekening tersebut belum ada di database, berarti cukup aman untuk lakukan transaksi.

Jika anda belum melakukan transaksi dan saat di cek nomor rekening itu ada dalam database alias pernah melakukan penipuan, jangan transfer.

Disisi lain, apabila dana sudah di transfer, bisa lanjut ke tahap laporkan nomor rekening. Untuk buat laporan, tinggal masukkan nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening yang dilaporkan.

Termasuk juga kategori laporan atau jenis kegiatan transaksi, jumlah kerugian, sumber atau media transaksi, kronologi dan lampiran bukti [attachment].

2. Lapor.go.id

Lapor.go.id adalah salah satu situs pengaduan publik yang dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden [KSP] dan OMBUDSMAN RI.

Selain lewat situs, anda juga bisa lakukan pengaduan di kanal lain seperti lewat SMS ke 1708, ke Twitter termasuk menggunakan aplikasi Lapor.

Salah satu kelebihan dari situs ini adalah tersedianya fitur pelaporan anonim atau rahasia. Jadi sebagai pelapor, anda bisa duduk tenang saja sembari menunggu laporan di proses.

Tahap pelaporannya terdiri dari 5 step. Pertama, dengan menulis laporan, kedua dengan proses verifikasi, diikuti proses tindaklanjut, beri tanggapan dan laporan selesai.

Sayangnya, situs ini sendiri lebih cocok untuk pelaporan pelayanan publik pemerintah atau penyelenggara pemerintahan.

Meski demikian, anda tetap bisa lakukan situs ini untuk cek rekening penipu. Caranya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Kunjungi dulu situs lapor.go.id di browser apa saja entah itu Google Chrome atau Mozila. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini
  • Setelah masuk ke situsnya, pilih jenis laporan apakah itu Pengaduan, Aspirasi dan Permintaan Informasi. Jika tujuan anda hanya mau cek rekening penipu, klik saja tombol Pengaduan dan isi setiap kolom dengan benar
Cara Cek No Rekening Penipu

Pastikan semua informasi termasuk data atau fakta, dalam konteks ini bukti, disiapkan atau dilapirkan agar laporan secepatnya bisa di proses.

Oh iya, platform ini juga sudah tersedia versi aplikasinya. Jadi bisa buat laporan langsung dari aplikasinya tanpa harus buka browser.

Untuk mendownload versi aplikasi dari situs lapor.go.id, bisa klik satu dari dua tautan dibawah ini sesuai dengan sistem operasi ponsel anda.

3. Menggunakan situs kredibel.co.id

Sama seperti platform lain dimana kredibel.co.id memungkinkan anda mengidentifikasi apakah seseorang berpotensi atau pernah melakukan penipuan daring.

Selain menggunakan nomor telepon, anda juga bisa cek nomor ponsel yang digunakan calon penipu tersebut.


Baca Juga:


Sampai hari ini, platform ini telah merekam ratusan ribu kasus penipuan dan sudah ada 106 ribu lebih nomor rekening yang di black list [daftar hitam].

Total kerugian yang dilaporkan sudah mencapai Rp288 miliar lebih. Dan tentu saja, data-data diatas akan terus bertambah seiring waktu berjalan.

Untuk mengecek apakah suatu nomor rekening atau nomor telepon pernah melakukan penipuan menggunakan kredibel.co.id, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka browser apa saja entah itu Mozila atau Chrome lalu cari situs kredibel.co.id. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini
  • Apabila situsnya sudah terbuka, pilih jalur penipuan apakah menggunakan rekening bank atau nomor telepon. Jika rekening bank, di beranda aplikasi langsung masukkan nomor rekening bank lalu klik Check Cara Cek No Rekening Penipu
  • Terakhir tunggu proses pengecekan di database apakah nomor tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidakCara Cek No Rekening Penipu

Apabila nomor rekening atau nomor telepon pernah masuk dalam daftar hitam, langsung batalkan transaksi.

Sementara, apabila transaksi sudah dilakukan, bisa ikuti prosedur lainnya atau melakukan langkah-langkah hukum terlebih jika total kerugiannya besar.

4. Menggunakan akun Instagram @indonesiablacklist

Cara Cek No Rekening Penipu

Alternatif lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan akun Instagram @indonesiablacklist.

Akun ini sendiri dibuat dengan tujuan khusus yakni agar memudahkan laporan penipuan online secara gratis.

Selain penipuan daring yang terjadi, akun ini juga menerima laporan penipuan yang terjadi di media sosial atau di marketplace.

Kerennya lagi, indonesiablacklist bisa membantu memediasi secara gratis sampai uang kembali.

Untuk mengecek rekening penipu di akun IG satu ini caranya sangat mudah. Tinggal buka akun tersebut.

Setelah itu, cari list akun penipu yang terdaftar. Jika ada dalam list, kemungkinan nomor rekening atau nomor telepon pernah melakukan penipuan.

Jika tidak, belum tentu bukan penipuan. Lakukan crosscheck lain di situs dan tetap berhati-hati saat bertransaksi.

Perhatikan, untuk saat ini, akun IG tersebut masih privat. Jadi harus minta follow dulu. Kalau di konfirmasi, maka anda sudah bisa lihat listnya.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara lapor rekening penipu atau rekening yang baru saja melakukan penipuan?

Bisa menggunakan satu dari beberapa situs diatas. Disarankan sih pakai cekrekening.id karena tersedia form laporan.

Kalau mau mediasi secara baik-baik, karena bisa saja seller atau penjualnya ada kendala atau masalah teknis lain, bisa langsung mediasi.

2. Bagaimana cara mendapatkan verifikasi terhadap nomor rekening?

Untuk verifikasi nomor rekening atas nama bisnis, bisa daftarkan juga di situs cekrekening.id. Pastikan norek tersebut tidak pernah dilaporkan melakukan penipuan.

3. Apakah bisa cek suatu dompet digital pernah melakukan penipuan? Jika bisa, caranya gimana?

Salah satu situs diatas menyediakan fasilitas untuk mengecek nomor DANA, OVO, GoPay dan ShopeePay penipu adalah cekrekening.id.

Hanya saja, pada kolom pertama untuk pilih bank, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan e-wallet seperti OVO, DANA dan GoPay.

Untuk kredibel.co.id belum tersedia fitur ini. Ada sih pilihan cek nomor telepon penipu, namun tidak dijelaskan apakah nomor tersebut mengacu ke nomor dompet digital atau bukan.

4. Apakah bisa cek pemilik rekening?

Bisa menggunakan salah satu situs diatas. Karena bisanya mereka menyediakan juga nama pemilik rekening.

Jika nama pemilik rekening tersebut masih di sembunyikan, coba login dulu agar bisa dapat akses.

5. Apakah ada situs atau layanan lain yang memungkinkan saya cek rekening penipu?

Selain 3 situs dan akun instagram diatas, tidak ada tempat lain yang memungkinkan anda mengecek apakah satu nomor rekening pernah melakukan penipuan.

6. Apakah bisa blokir nomor rekening penipu termasuk nomor dompet digital yang pernah melakukan penipuan?

Ya, anda bisa lakukan dua hal diatas. Untuk blokir rekening penipu, baiknya buat laporan dulu di Kepolisian.

Kalau sudah, barulah ke bank untuk melaporkan juga hal tersebut. Prosedur yang sama dilakukan jika penipu menggunakan dompet digital.

Jadi, apabila penipunya pakai dompet digital, hubungi juga penyelenggara agar nomor akunnya di blokir.

6. Apakah uang dari hasil penipuan akan dikembalikan?

Dalam beberapa kasus Ya dan lainnya tidak. Mayoritas sih tidak. Artinya, kecil kemungkinan uang hasil penipuan tersebut akan dikembalikan kepada anda.

Penutup

Penipuan bisa terjadi di masa saja dan kapan saja termasuk saat melakukan transaksi secara daring.

Bahkan di marketplace terpercaya sekalipun. Karena ada saja oknum atau seller yang nakal dan memanfaatkan berbagai cara agar bisa dapat uang.

Karena itu, selalu hati-hati saat transaksi daring. Salah satu bentuknya adalah dengan mengecek apakah nomor rekening tersebut pernah melakukan penipuan ke situs atau akun media sosial diatas.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan lain terkait dengan postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara cek no rekening penipu online 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar