STEP BY STEP Cara Buka Rekening Blu by BCA digital Online 2021

Salah satu bank digital yang lagi naik daun sekarang adalah Blu by BCA digital. Dan di artikel ini akan saya ulas bagaimana cara buka rekening di aplikasi tersebut.

Lebih mudah sih buka rekening lewat aplikasi Blu by BCA digital. Prosesnya tidak terlalu ribet ketimbang buka rekening BCA langsung.

Syaratnya pun mirip dengan bank digital lain. Di bagian akhir akan ada verifikasi lewat proses KYC [Know Your costumer].

Tujuannya untuk mengkonfirmasi data yang diinput apakah sudah benar semuanya atau belum.

Syarat-syaratnya apa aja? Tidak terlalu ribet cukup siapkan eKTP saja. Untuk syarat lain ada didalam aplikasi, yang juga akan saya sebutkan di postingan ini.

Cara buka rekening Blu by BCA Digital Online 2021

Lantas, bagaimana cara daftar aplikasi Blu by BCA digital? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda:

1. Download aplikasi Blu by BCA digital

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Pertama, download dulu aplikasi Blu by BCA digital di Google Play Store atau App Store. Atau bisa kunjungi situs BCA Digital untuk download aplikasinya disitu.

Jika aplikasinya sudah terdownload, silahkan buka. Di tahap pertama akan ada permintaan izin akses ke gambar dan merekam video.

Silahkan diizinkan jika memungkinkan. Kalau sudah, akan diarahkan ke laman awal Blu. Untuk buka rekening, klik tombol Yuk Mulai! seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Atau bisa lihat fee dan rate transaksi di aplikasi tersebut dengan cara klik tulisan Fees & rates dibagain bawah yang mengarahkan anda ke kolom info haloblu.

2. Isi nomor telepon

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah klik tombol Yuk Mulai, anda diminta untuk memasukkan nomor telepon aktif milik anda. Masukkan saja di kolom kosong yang tersedia lalu klik Lanjut.

3. Siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah nomor telepon diinput, akan muncul kriteria nasabah yang bisa buka rekening Blu. Artinya, ini adalah jadi syarat mutlak agar rekening aktif dan bisa digunakan.

Lantas, apa saja syarat buka rekening di aplikasi Blu? Ada beberapa, diantaranya:

  • Minimal calon nasabah harus berusia 17 tahun
  • Jika sudah memenuhi kualifikasi usia, pastikan nasabah punya eKTP. Bisa pakai surat keterangan dulu yang penting NIKnya ada
  • Calon nasabah hanya berlaku untuk Warga negara Indonesia [WNI] dan tidak untuk Warga Negara Asing [WNA]
  • Tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain, Eropa dan Amerika misalnya. Nantinya, ada juga persetujuan soal deklarasi pajak

Dibagian bawah, ada informasi soal dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebagai bagian dari KYC mulai dari eKTP, NPWP [Oposional] dan koneksi internet yang stabil.

Kalau syarat dan dokumen yang perlu disiapkan sudah ada, langsung klik tombol Lanjut dibagian bawah.

4. Masukkan kode verifikasi

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah itu anda diminta untuk memverifikasi nomor telepon yang diinput pada step dua diatas.

Pastikan nomor tersebut aktif untuk menerima SMS. Kalau aktif, akan ada SMS dari BCA digital yang menginformasikan kode OTP.

Masukkan saja kodenya di kolom ini. Oh iya, kode OTP ini hanya berlaku selama 5 menit. Jadi pastikan anda input di kolom tersebut sebelum durasinya habis.

5. Isi alamat email

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah kode OTP diinput, otomatis anda akan diarahkan ke laman berikutnya untuk mengisi email aktif milik anda.

Isi saja di kolom pertama. Selanjutnya, di kolom kedua, bisa input kode referral atau voucher jika punya lalu klik Lanjut dibagian bawah.

6. Atur password Blu

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah itu anda diminta untuk buat password. Dan password harus terdiri dari 8 karakter atau lebih.

Serta harus menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol dan juga angka. Kalau sudah, klik Lanjut dibagian bawah.

7. Izin akses lokasi dan perangkat

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah klik Lanjut, aplikasi Blu akan meminta anda untuk memberikan izin akses lokasi perangkat yang digunakan.

Sebagai contoh, dalam kasus saya, ada dua opsi yang tersedia yakni Izinkan hanya saat aplikasi digunakan atau tolak sepenuhnya.

Tergantung anda, mau pilih yang mana. Tapi baiknya diizinkan saja agar aplikasi bisa berjalan optimal.

8. Lengkapi dokumen

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Anda kemudian diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening.

Ada tiga dokumen yang diperlukan di tahap ini, yakni foto E-KTP, pengenalan wajah dan NPWP jika punya, berikut keterangannya:

  • Pertama, langsung klik tulisan foto eKTP kamu untuk memulai proses KYC. Pastikan foto tersebut di ambil di area yang terang. Kalau foto eKTP sudah selesai, klik Lanjut. Atau bisa klik coba lagi jika informasinya salah. Setelah klik Lanjut, akan ada kolom verifikasi untuk memastikan semua data yang diinput sudah terbaca dengan jelas. Di laman ini juga anda harus isi informasi soal ibu kandung. Kalau sudah, klik tombol data saya sudah benar
  • Pengenalan wajah dimana wajah anda akan direkam. Klik saja tombol itu dan ikuti istruksi pengenalan wajahnya sampai berhasil
  • Jika punya NPWP, bisa ambil fotonya dengan cara klik tulisan foto NPWP kamu. Sementara, jika belum punya, bisa klik tombol saya tidak memiliki atau tidak membawa NPWP.

Apabila semua dokumen mulai dari foto E-KTP, pengenalan wajah dan NPWP sudah diinput, tombol Lanjut akan aktif. Langsung klik disitu

9. Pertanyaan lanjutan

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Akan muncul pertanyaan awal apakah kamu nasabah BCA? Kalau belum, anda tetap bisa daftar sebagai nasabah baru.

Bisa pilih nasabah BCA. Hanya saja, untuk penarikan data alamat dan pekerjaan, perlu siapkan beberapa dokumen seperti:

  • Kartu ATM BCA yang digunakan sekarang
  • Dan pastikan nomor HP yang terdaftar di e-Banking BCA masih aktif untuk mendapatkan OTP dan melakukan verifikasi disitu

Sementara, apabila anda bukan nasabah BCA, klik poin dua lalu ikuti semua proses pembukaan rekening blu by BCA digital sampai berhasil.

Sebagai contoh nih, saya ga punya rekening BCA maka pilih opsi yang kedua. Otomatis akan diarahkan ke step berikutnya untuk isi domisili.

10. Isi alamat domisili

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah itu anda diminta untuk isi alamat domisili. Jika alamat domisili sama dengan yang di KTP, pilih opsi yang pertama.

Bagiamana jika tidak? Nah isi alamat lengkapnya di kolom ini. Kalau sudah, klik tombol lanjut dibagian bawah

Nantinya anda akan diarahkan ke titik di Google Maps. Alamat tersebut belum lengkap, jadi isi saja dulu alamat lengkapnya seperti RT/RW dan nomor rumah.

Cek juga informasi lain yang perlu diisi seperti kode POS. Kalau sudah, tombol Lanjut akan aktif dibagian bawah. Klik saja disitu

11. Isi data pekerjaan

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah itu anda diminta untuk isi data-data soal pekerjaan. Pastikan data pekerjaan terinput dengan benar lalu klik Lanjut dibagian bawah

Sebagai contoh nih, jika pekerjaan dipilih Pelajar, Mahasiswa atau yang lainnya, termasuk status tidak bekerja, akan muncul dua pernyataan seperti:

  • Saya merupakan pihak yang berhak atas dan/atau yang menerima manfaat tertentu yang berkaitan dengan rekening ini
  • Saya merupakan pemilik sebenarnya atas dana yang ditempatkan dan/atau yang terdapat pada rekening ini
  • Saya adalah pihak yang mengendalikan transaksi di rekening ini

Setelah itu akan muncul kolom sumber dana penghasilan, penghasilan per tahun dan tujuan pembukaan rekening. Isi semua kolom yang tersedia. Kalau sudah, klik lanjut.

12. Konfirmasi semua data yang diinput

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Terakhir, lakukan konfirmasi terhadap semua data yang diinput sebelumnya mulai dari data pribadi, verifikasi dokumen sampai data pekerjaan dan penghasilan.

Apabila ada data yang belum benar, langsung diganti. Sementara, jika sudah benar semuanya, klik tombol Data Saya Sudah Benar.

13. Setujui syarat dan ketentuan

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Setelah itu akan muncul kolom persetujuan terkait syarat dan ketentuan penggunaan Blu PT Bank Digital BCA.

Bisa baca syaratnya satu per satu termasuk ketentuan yang ada. Kalau sudah, aktifkan dua kolom.

Mulai dari Saya telah membaca, memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan diatas dan Saya adalah WNI dan tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain lalu klik Lanjut.

14. Verifikasi data

Cara buka rekening Blu by BCA Digital

Terakhir, anda diminta untuk verifikasi data yang diinput dengan cara melakukan video Call dengan tim haloblu untuk melanjutkan pembukaan rekening.

Waktu operasionalnya setiap hari mulai senin-minggu pada jam 06:00 sampai 22:00 WIB. Saat verifikasi pastikan anda siapkan eKTP dan koneksi internet yang stabil.

Untuk mulai verifikasi, klik tombol Hubungi sekarang. Atau, bisa pilih opsi dua untuk melakukan verifikasi di lain kesempatan.

Catatan: Data pembukaan rekening akan disimpan selama 7 hari. Artinya, jika tidak verifikasi dalam waktu 7 hari, otomatis data akan hangus dan harus input data dari awal jika mau buka rekening di Blu by Bank BCA.

Jadi harus secepatnya lakukan verifikasi agar rekening aktif dan bisa digunakan. Kalau tidak, data akan hangus dan harus input data lagi dari pertama jika pengen punya rekening Blu.


Pro dan Kotra

Pro dan kontra ini mengacu pada penggunaan aplikasi dari segi fitur dan biaya transaksi yang dibebankan kepada nasabah.

Sehingga, sebagai calon nasabah, anda tahu biaya apa saja yang dikeluarkan. Berikut diantaranya:

  • Ada biaya transfer sekalipun ke BCA meski ada rewards atau hadiah yang ditawarkan setelah transfer dana
  • Untuk setor pun ada biaya yang dibebankan kepada nasabah
  • Saldo blu ga tidak bisa dikosongkan sampai Rp0 tapi, ada beberapa info dari kalau tarik tunai di bank BCA bisa sampai 0
  • Meski demikian, tidak ada saldo mengendap. Yang artinya, saldo boleh 0 yang penting tarik tunainya via ATM BCA terdekat

Kalau ada pro dan kontra lain soal aplikasi Blu bisa sampaikan juga di kolom komentar atau mungkin bisa konfirmasi informasi diatas apakah valid atau sebaliknya.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara deposit di aplikasi Blu by BCA Digital?

Untuk deposit atau isi saldo, ada beberapa metode yang bisa digunakan dan semuanya tersedia didalam aplikasi.

Bisa pakai ATM, Internet Banking, SMS Banking atau Mobile Banking. Bahkan bisa transfer juga dari dompet digital atau dari bank digital lain.

2. Jenis tabungan apa saja yang tersedia di aplikasi Blu by BCA digital?

Untuk saat ini, ada empat jenis tabungan yang bisa dibuka di Blu by BCA digital.

Pertama, ada yang namanya bluAccount dengan suku bunga rendah hingga 0.5% p.a. Kedua ada bluSaving atau bisa juga disebut bluGether dengan suku bunga 3% p.a.

Mau pilih tabungan lain? Bisa juga. Pertimbangakn untuk pakai bluDeposit dengan suku bunga 3.75% p.a.

Hanya saja, saldo harus dibawah saldo < Rp100Jt. Jika punya saldo lebih yakni >Rp100Jt bisa buka bluDeposit dengan suku bunga 4.00% p.a.

3. Apa saja fitur yang ada di Aplikasi Blu?

Untuk fitur-fiturnya ada banyak dan aksesnya pun mudah. Selain daftar tabungan yang sudah saya sebutkan diatas, Blu sudah dukung metode pembayaran digital.

Jadi bisa bayar atau beli produk pakai QRIS, bahkan bisa tarik tunai tanpa kartu debit. Bisa isi eMoney juga, lihat laporan keuangan, riwayat transaksi sampai tracker.

Apakah bisa bayar tagihan? Ya bisa baik yang pascabayar atau prabayar, termasuk bayar internet sampai TV kabel.

4. Bagaimana informasi soal Fee & Rates aplikasi Blu?

Untuk melihat informasi soal biaya dan rate transaksi saat menggunakan aplikasi blu bisa baca langsung dari situsnya disini.

Oh iya, untuk informasi lain yang mungkin juga akan ditanyakan terkait dengan aplikasi Blu bisa baca dari websitenya langsung lewat tautan ini.

Penutup

Secara umum, aplikasi ini cukup menarik digunakan. Antar mukanya juga bagus alias ramah pengguna.

Hanya saja, yang bikin pening banyak calon nasabah adalah fee dan ratesnya yang cukup tinggi.

Meski demikian, ga perlu ragu lagi pakai aplikasi ini mengingat reputasi bank Induknya yang cukup bagus di masyarakat.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin ada yang ingin disampaikan terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara buka rekening blu by BCA Digital 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

3 pemikiran pada “STEP BY STEP Cara Buka Rekening Blu by BCA digital Online 2021”

  1. Terima kasih atas informasinya mengenai trik mencapai jam tayang YouTube. Walaupun, chanel youtube ku “Eji Sugandi” Belum banyak yang nonton dan juga masih pemula. Akan tetapi, saya akan terus berusaha dan selalu semangat untuk setia membangun chanelku sebagai kebanggaan pertamaku membahagiakan kedua orng tuaku sebelum aku punya ijazah sarjana.

    Balas

Tinggalkan komentar