Cara Buat URL Shortener Sendiri di Blogger dan WordPress

11 Likes 2 Comments
Buat url shortener sendiri

Beberapa waktu lalu saya coba-coba untuk membuat situs URL shortener sendiri menggunakan subdomain dari situs ini. Sayangnya, situs tersebut belum selesai saya buat hingga sekarang karena sibuk dengan urusan offline.

Sebenarnya juga, artikel ini saya tulis untuk menjelaskan secara ringkas tentang situs url shortener yang akan saya buat itu.

Namun karena banyak sekali bahasa-bahasa teknis yang saya gunakan, yang mungkin bisa bikin pusing pembaca, maka saya ubah cara penulisannya menjadi seperti sekarang ini.

Selain cara pembahasan, saya juga mengubah esensi artikelnya. Yang mungkin bisa membantu anda untuk buat URL Shortener sendiri tanpa perlu repot buat kode dari awal.

Sebelum lanjut pada pembahasan, baiknya anda ketahui dulu apa itu URL shortener dan syarat-syarat membuat situs shortlink.

Apa sih manfaat buat URL Shortener?

Kalau yang ini sih tergantung masing-masing orang. Tapi bagi saya pribadi, manfaatnya banyak. Berikut beberapa diantaranya:

a. URL jadi pendek

Yang paling pertama tentu saja URL blog yang panjang itu bakalan lebih pendek. Sebagai contoh, URL blog anda adalah https://www.domain.id/url-shortener-itu-apa-dan/ jika sudah menggunakan URL shortener maka bisa menjadi dom.id/tu atau yang lain sesuai pengaturan.

b. Bakalan mudah diingat

Jika Url blog itu lebih pendek, maka sudah jelas, url tersebut bakalan mudah diingat. Selain itu, ada kemungkinan anda bisa dapat trafik yang lebih banyak.

c. Lebih simple

Dengan kata lain, link artikel tersebut lebih simple dan sederhana. Sehingga, jika di share di media sosial seperti Facebook, maka tidak akan mengganggu pengguna.

Nah itu dia beberapa manfaat menggunakan URL Shortener sendiri. Kalau anda tahu manfaat lain yang tidak saya tulis di artikel ini, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Oh iya, banyak blogger saat ini yang menggunakan URL shortener sebagai salah satu sumber penghasilan.

Saya dulunya juga main URL pendek ini, namun karena satu dan lain hal, seperti kualitas kunjungan pengguna, akhirnya saya berhenti main URL pendek.

Yang lebih parah lagi, banyak situs penyedia URL shortener yang cukup nakal. Sudah penempatan iklannya padat merayap, di redirect ke situs gak jelas, bayaran yang didapat juga kecil.

Karena itu, banyak blogger yang kepengen buat URL shortener sendiri yang sudah di monetisasi. Tapi bukankah banyak yang bilang kalau mau buat situs URL shortener itu sulit diterima AdSense? Bagi saya sendiri ini relatif ya.

Kalau tujuan buat URL shortener untuk AdSense atau tambah-tambah penghasilan, sebaiknya pikirkan dulu deh.

Karena banyak situs URL shortener yang sudah gulung tikar gara-gara di banned. Musebabnya, banyak klik iklan yang invalid.

Lalu, apakah masih memungkinkan untuk buat URL shortener sendiri yang siap di monetisasi? Maybe yes maybe no. Kalau anda cerdas, kemungkinannya ada. Kalau tidak cerdas, salah sendiri.

Tapi ada beberapa cara yang bisa anda coba. Dimana, membuat blog biasa lalu mendaftarkan di AdSense. Apabila sudah diterima AdSense, maka tinggal ubah templatenya dengan template khusus URL shortener.

Cara ini bagi saya cukup cerdas. Hanya saja, peluang untuk di banned oleh AdSense sebelum PIN adsense datang terbuka lebar. Sangat lebar!

Tapi tidak ada salahnya mencoba kan? Siapa tahu, AdSense masih berbaik hati sehingga blog URL shortener anda itu gak di banned sampai modal kembali.

Syarat-syarat buat situs URL shortener sendiri

Secara umum, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar URL shortener tersebut bisa digunakan oleh anda atau orang lain. Antara lain:

1. Baiknya punya domain sendiri

Tujuannya apa? Agar blog atau situs tersebut lebih fokus pada URL Shortener dan agar tidak dicampur adukan dengan konten artikel lain.

2. Punya blog

Anda bisa menggunakan blog atau WordPress. Untuk pengguna Blogger, saya hanya bagikan satu template/thema yang dibuat khusus untuk URL Shortner.

Sementara, bagi anda yang menggunakan WordPress, anda bisa memanfaatkan plugin short link yang banyak tersedia saat ini.

Cara buat URL Shortener Sendiri Untuk Blogger dan WordPress

Lalu bagaimana cara buat URL Shortener sendiri untuk blogger dan WordPress? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya.

1. Untuk pengguna Blogger

Saat ini ada banyak sekali kode script yang bisa digunakan untuk membuat URL Shortener sendiri apabila anda menggunakan platform blogger untuk buat short link.

Salah satu script tersebut yang akan saya bahas disini. Oh iya, jika anda ingin dapat kode script yang lengkap, termasuk untuk form registrasi, anda bisa membelinya.

Untuk harganya cukup variatif. Mulai dari $10 hingga $50. Tapi kalau ada yang gratis, kenapa enggak digunakan saja itu? Jika anda mau cari yang gratisan, saya punya satu.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Template URL shortener yang bakal saya bagikan ini mirip dengan adfly. Kemiripannya dimana? Ada pada penempatan iklan, pilihan skip ads, hingga pada framenya.

Jadi, kalau anda mau, anda tinggal ubah link framenya supaya bisa redirect ke situs atau blog yang diinginkan.

Sebelum saya bagikan template ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Antara lain:

  • Template ini hanya terdapat satu laman [page] saja
  • Hanya boleh redirect ke situs atau blog yang punya link
  • Anda juga bisa masukkan link blog anda ke dalam iframe iklan yang ada
  • Waktu redirect bisa diubah durasinya
  • Notifikasi pesan untuk zero Bottom bisa diubah sesuai kemauan anda

Jika anda tertarik untuk mendownloadnya silahkan klik disini. Untuk menginstal template tersebut, silahkan instalasi thema blog seperti biasa.

Apabila anda sudah menggunakan domain sendiri, agar tidak eror, silahkan cari kode dibawah ini lalu hapus.

var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(“.”));
if (ctld != “.com”) {
var ncr = “https://” + blog.substr(0, blog.indexOf(“.”));
ncr += “.blogspot.com/ncr” + slug;
window.location.replace(ncr); };

Jangan lupa juga setting pengalihan HTTPSnya baik untuk anda yang numpang host di blogger atau sudah pake domain sendiri.

Salah satu kelebihan menggunakan URL sendiri di blogger pakai Shortlink adalah publik atau orang lain dapat mengaksesnya dengan gratis, plus muncul di SERPs.

2. Untuk pengguna WordPress

Jika anda menggunakan WordPress, anda bisa membuat URL Shortener sendiri dengan menggunakan plugin.

Selain lebih mudah, juga bisa optimasi sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Silahkan buka dashboard WordPress anda> Plugin> Tambahkan plugin baru
  • Setelah itu cari plugin Short Links lalu instalasi seperti biasa 
  • Jika sudah silahkan atur sesuai kebutuhanurl shortener

Apabila anda ingin memperpendek URL menggunakan plugin ini, maka anda tinggal masukkan saja URL blog anda pada kolom short link yang tersedia> lalu masukan URL redirect to dan klik add link.

Di tab Advanced, tersedia beberapa settingan dasar untuk mengatur bagaimana url shortener yang anda gunakan itu akan bekerja, silahkan saja sesuaikan dengan kebutuhan.

Bagaimana cara dapat uang dari situs URL Shortener?

Kalau tujuan anda untuk dapat duit dari URL Shortener, maka ada baiknya anda mendaftar ke situs pemendek URL terbaik yang sudah saya bahas sebelumnya. Berikut daftarnya:

Sebenarnya, anda juga bisa memonetisasi URL shortener anda tersebut. Untuk blogger, tinggal daftarin ke AdSense.

Sebelum mendaftar, pastikan dulu anda belum menggunakan template short link agar bisa diterima AdSense.

Untuk WordPress, anda wajib buat script php sendiri. Kalau anda pakai plugin, anda gak akan pernah bisa dapat duit dari url short tersebut.

Alasannya? Karena plugin itu sifatnya eksklusif. Alias, hanya anda yang bisa mengaksesnya. Oleh karena itu, gunakanlah template khusus short link jika anda menggunakan WordPress.

Penutup

Ada banyak keuntungan menggunakan URL Shortener. Selain bisa memperpendek URL yang panjang, juga bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan blogger.

Jika dilihat dari sudut pandang penghasilan, ada banyak situs URL shortener yang bikin kesal. Banyak redirect ini itu, iklan melayang yang mengganggu dan lain sebagainya.

Yang pada akhirnya, mengganggu pengalaman pengguna dalam menggunakan situs. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang ogah mau klik situs pemendek URL.

Demikian artikel tentang 2 cara buat URL Shortener sendiri untuk Blogger dan WordPress. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *