Cara Buat RSS Feed Podcast Yang Baik dan Benar

5 min read

Cara Buat RSS Feed Podcast

Salah satu kendala yang sering di hadapi podcaster adalah bagaimana membuat RSS Feed podcast yang memungkinkan mereka mendistribusikan podcast tersebut ke platform lain.

RSS Feed inilah yang menjadi pintu agar podcast tersebut bisa tampil di beberapa platform pilihan yang disukai, Google Podcast atau iTunes misalnya.

Sepanjang yang saya tahu, ada dua cara utama untuk membuat podcast, yakni:

  • Menggunakan aplikasi pembuat podcast seperti Buzzsprout dan Anchor.fm. Dua aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat podcast sendiri tanpa perlu repot siapkan peralatan atau mencari cara membuat RSS Feed. Karena podcast buatan anda hanya tampil di dalam aplikasi saja alias enggak muncul muncul di Spotify, Google Podcast atau iTunes
  • Cara manual dengan menggunakan peralatan yang ada seperti Mikrofon, audio interface, laptop atau komputer, digital audio workstation, pop filter dan situs web atau blog. Hanya saja, cara ini mengharuskan anda untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dan harus buat RSS Feed sendiri.

Awalnya, RSS Feed ini hanya dimiliki oleh blogger atau webmaster yang punya blog atau situs web sendiri.

Fungsinya adalah untuk memunculkan feed topik di dalam blog seperti jumlah pengunjung, postingan populer, email subscribe atau untuk di integrasikan ke situs lain.

RSS feed semacam ini bisa didapatkan dengan mendaftar ke Feedburner milik Google jika anda pakai blogger.

Sementara, untuk WordPress Self-host tinggal menambahkan tulisan /feed/ dibelakang domain utama termasuk subdomain.

Dan ini berbeda dengan feed Podcast karena hanya mengidentifikasi file audio dalam format tertentu yang ada di blog atau situs.

Setelah cari solusi kesana kemari, saya kemudian menemukan satu cara yang memungkinkan anda untuk memposting podcast buatan anda ke beberapa platform sekaligus.

Sebelum lanjut ke bagian teknis, baiknya siapkan dulu beberapa hal dibawah ini agar podcast buatan anda lolos tahap review.

Syarat-syarat

Sebelum membuat podcast, baiknya siapkan dulu beberapa materi dibawah ini. Syarat-syarat ini umumnya harus ada dalam podcast agar bisa disetujui.

Lantas, apa saja syarat-syaratnya? Berikut daftarnya:

  • Siapkan judul tentang podcast tersebut. Untuk judul, usahakan tak kurang dari 3 karakter dan tak lebih 90 karakter
  • Siapkan deskripsi tentang podcast tersebut. Untuk deskripsi, tergantung sama pihak platform dan anda bisa tambahkan bullet atau nomor, backlink [yang memungkinkan anda memposting link affiliasi, URL situs atau channel Youtube milik anda] dan juga ketentuan lain seperti hak cipta jika anda mengambil gambar dari situs penyedia gambar atau menggunakan backsound dari lagu-lagu populer
  • Cover art. Untuk cover tergantung sama pihak platform yang biasanya berukuran tak lebih dari 1.400 x 1.400 px [pixel] dengan ukuran maksimal 3.000 x 3000. Di beberapa platform anda bisa atur sendiri ukuran covernya
  • Kategori yang biasanya sudah disiapkan langsung oleh pihak mereka
  • Bahasa yang berisikan bahasa didalam podcast
  • Informasi tentang konten yang ditulis secara eksplisit
  • Termasuk beberapa materi lain seperti episode, season dan lain sebagainya

Apabila informasi diatas masih kurang biasanya akan ada pemberitahuan tentang kekurangan tersebut. Jadi tinggal benahi saja mana yang kurang.

2+ Cara Buat RSS Feed Untuk Podcast

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 2 cara buat RSS Feed untuk podcast yang baik dan benar.

1. Buzzsprout: Free Podcast Hosting

Oh iya, Kemarin saya coba-coba buat RSS Feed Podcast pakai plugin PowerPress di blog ini namun pengaturannya agak ribet sih menurut saya.

Selain itu, blog ini juga tidak dirancang untuk podcast karena dibuat untuk berbagi artikel-artikel saja.

Karena itu saya kemudian mencari cara buat RSS Feed podcast tanpa harus punya website atau blog dan ketemulah saya sama tools ini yakni Buzzsprout.

Buzzsprout adalah platform hosting podcast yang cukup populer yang memungkinkan anda mengunggah podcast, mendistribusikannya serta memungkinkan anda dapat RSS Feed.

Dengan demikian, alat ini cocok digunakan oleh podcaster yang tak punya situs web. Fitur-fiturnya juga lengkap sehingga anda tidak perlu repot lagi melakukan pengaturan ini itu.

Lantas, bagaimana cara buat RSS Feed untuk podcast dengan Buzzprout? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs Buzzsprout atau klik saja tautan ini
  • Setelah terbuka, langkah selanjutnya adalah membuat akun baru. Untuk daftar klik saja tulisan Get Started FreeCara Buat RSS Feed Podcast
  • Setelah itu masukkan nama depan, alamat email dan selesaikan Captcha. Jika sudah silahkan klik Create My PodcastCara Buat RSS Feed Podcast
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat password baru. Silahkan isi dengan password yang diinginkan. Anda juga bisa memilih password yang sudah disiapkan oleh platform ini secara default. Jika sudah silahkan klik Create PasswordCara Buat RSS Feed Podcast
  • Berikutnya anda akan diminta untuk memilih apakah anda seorang podcaster baru [i’am a new podcasters] atau podcaster lama [i’am ready have a podcast]. Pilih saja mana yang sesuai. Oh iya, jika anda memilih pilihan yang kedua, anda akan diminta untuk mengisi akun iTunes atau RSS Feed podcast anda. Karena tujuan anda adalah untuk membuat RSS Feed, silahkan pilih yang pertamaCara Buat RSS Feed Podcast
  • Berikutnya anda akan diminta untuk mengisi data-data tentang podcast mulai dari Judul Podcast [Podcast Title] dan deskripsinya [Podcast Description]. Silahkan isi saja dengan data yang sesuai. Jika sudah, silahkan klik Done. Let’s start podcastingCara Buat RSS Feed Podcast
  • Agar RSS Feednya muncul, silahkan buat episode baru. Untuk buat episode baru silahkan klik Upload a New Episode> lalu unggah podcast yang sudah ada> tunggu proses uploadingnya sampai selesai. Apabila sudah, silahkan masukkan judul dan deskripsi termasuk data-data lain seperti episode atwork atau latar belakang episode, Season, episode, tipe episode dan ketentuan Explicit Content. Apabila sudah terisi semua, silahkan klik Save Episode Details Cara Buat RSS Feed Podcast

Sampai disini podcast buatan anda sudah terupload di Buzzprout. Lantas, bagaimana cara dapat RSS Feednya? Untuk dapat RSS Feed podcast, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Directories lalu klik tab RSS FeedCara Buat RSS Feed Podcast
  • Dibagian bawah anda akan melihat link RSS Feed podcast andaCara Buat RSS Feed Podcast

Oh iya, tools ini juga menyiapkan fitur yang memungkinkan anda untuk menghubungkan podcast buatan anda ke Spotify atau platform yang lain dengan mudah.

Dengan demikian, anda tidak perlu daftar lagi di situs-situs tersebut. Untuk saat ini, ada beberapa platform podcasting yang didukung oleh Buzzsprout seperti Apple Podcasts, Spotify, Google Podcast, Stitcher, iHeart Radio, Pandora, TuneIn+Alexa, Podcast Addict, Podchaser, Deezer dan Listen Notes.

Untuk menghubungkannya, tinggal klik Get Listed lalu tunggu proses peninjauan dari platform yang dihubungkan.

Cara Buat RSS Feed Podcast

Salah satu kelemahan dari alat ini adalah dukungannya yang terbatas karena setiap pengguna baru hanya bisa menggunakan tools ini dengan gratis selama 29 hari atau sekira 1 bulan lamanya.

Agar bisa digunakan lebih lama, silahkan upgrade paket yang dimiliki. Untuk harganya cukup variatif yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Buat RSS Feed Podcast

Oh iya, agar bisa digunakan dengan maksimal selama 29 hari, baiknya anda melakukan verifikasi email pendaftaran yang dikirim ke inbox email milik anda.

Untuk melihat analitik podcast di Buzzsprout silahkan klik Stats. Di kolom ini akan muncul data-data seperti berapa banyak podcast yang didownload pengguna, berapa banyak yang mendengarkan podcast anda dan lain sebagainya.

2. Anchor: The easiest way to make a podcast

Menurut saya sih, lebih enakan pakai Anchor.fm ketimbang pakai platform host lain untuk unggah podcast.

Dengan anchor, anda enggak perlu repot lagi pikir biaya bulanan, distribusi platform, analitik podcast dan tak perlu siapkan peralatan lain untuk membuat podcast.

Penggunaanya pun mudah dan tersedia banyak pilihan entah itu versi situs atau mungkin versi android dan iOS.

Intinya, anda hanya perlu rekam suara dengan fitur perekaman yang ada didalam aplikasi lalu unggah agar bisa didengar orang lain atau pendengar.

Nah berikut langkah-langkah cara dapatkan RSS Feed gratis dan host gratis dengan anchor.fm:

  • Silahkan registrasi dulu di anchor fm. Untuk registrasi anda bisa lakukan di situs atau di versi aplikasi. Untuk situs silahkan klik disini. Untuk versi Android disini dan iOS disini
  • Setelah registrasi, langkah berikutnya adalah buat podcast atau unggah podcast pertama anda di platform ini. Terkait dengan tutorial unggah podcast di Anchor silahkan baca artikel saya sebelumnya disini

Podcast pertama yang anda unggah di platform ini akan direview terlebih dahulu. Apabila berhasil di review dan diterima, secara otomatis akan tayang di Spotify.

Dan apabila anda ingin agar podcast tersebut live juga di platform lain seperti iTunes atau Google Podcast, silahkan ambil RSS Feed podcast anda yang ada di Anchor.

Untuk mengambil RSS Feed podcast di Anchor versi situs, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Anchor FM yang versi situs
  • Di dashboard anda akan melihat tulisan Available on 3 platforms. Silahkan klik saja disituCara Buat RSS Feed Podcast
  • Setelah itu anda akan dialihkan ke laman selanjutnya. Nah, RSS feed podcast anda terletak di kolom distribusi pertama seperti yang terlihat pada gambar dibawah iniCara Buat RSS Feed Podcast

Selain itu, di kolom yang sama, anda bisa melihat di platform mana saja podcast anda live. Dalam kasus saya, sudah ada 3 platform yakni Anchor, Pocket Casts dan Spotify termasuk URLnya.

Oh iya, RSS feed ini hanya tersedia di versi situs dan tidak ada di versi aplikasi. Di versi aplikasi hanya tersedia pilihan untuk membagikan podcast dan platform yang didukung.

Untuk melihatnya, silahkan buka aplikasi Anchor yang sudah terinstal di ponsel anda> Podcast Kamu> di kolom atas silahkan klik Analitik> dan klik lihat platform yang didukung.

Penutup

Selain dua platform diatas, anda juga bisa gunakan platform host podcast lain seperti PopBean, Transitur, Castos, Plugin WordPress dan lain sebagainya.

Hanya saja, sebagian besar platform host diatas menarik biaya penggunaan. Pakai plugin juga bisa, yang terpenting paket hosting yang digunakan sudah unlimited.

Demikian artikel tentang cara buat RSS Feed Podcast yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *