[Update] Cara Buat Microsoft Form 2020 Dengan Mudah

5 min read

cara buat microsoft form

Salah satu alternatif untuk membuat formulir online adalah dengan menggunakan Microsoft Form. Berikut saya sajikan cara buat microsoft form terbaru dengan mudah.

Mungkin selama ini anda cuma tahu kalau hanya ada satu alat gratis yang memungkinkan anda membuat membuat formulir online yakni Google Form.

Soal itu mah anda keliru karena pesaing terdekatnya, Microsoft, juga punya tools khusus dengan fungsi yang sama.

Fitur-fiturnya cukup mendekati namun Microsoft form, sepanjang yang saya tahu, lebih banyak digunakan untuk lamaran kerja atau formulir pendidikan.

Meski demikian, anda tetap bisa menggunakan Microsoft form untuk tujuan lain entah itu kuisioner, Survey, invite acara dan lain sebagainya.

Seperti juga Google Form, untuk membuat Microsoft Form anda harus punya akun Microsoft, outlook atau nomor Skype.

Salah satu keunggulan utama dari Microsoft Form adalah integrasi dengan produk Microsoft lain seperti Excel yang memudahkan anda untuk mengekspor respon untuk kemudian diolah, di filter, di edit dan lain sebagainya.

Jika anda belum pernah buat Microsoft form dan punya keinginan untuk membuat formulir online menggunakannya sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Microsoft Form?

Microsoft Form adalah formulir online yang memungkinkan anda untuk membuat formulir dengan mudah, gratis dan aman.

Alat ini adalah bagian dari Microsoft Office 365 yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir berupa survey, jejak pendapat, kuis dan lain sebagainya secara daring.

Seperti juga Google Form, Microsoft form memungkinkan anda untuk membagikan formulir buatan anda itu kepada orang lain entah menggunakan email, media sosial atau mungkin menggunakan iFrame yang bisa ditempel ke situs web atau blog milik anda.

Saat seseorang mengisi formulir tersebut, anda bisa menggunakan analisis internal untuk mengevaluasi respon yang diterima.

Untuk hasil respon juga digambarkan dalam dua bentuk yakni hasil default serta tampilan bagan yang menarik.

Microsoft Form sendiri dirilis pertama kali tahun 2016 lalu, dari pemisahan fitur Office Form yang merupakan bagian dari Office 365.

Awal tahun 2019, Microsoft merilis beberapa fitur dasar seperti preview Form Pro yang memungkinkan pengguna untuk mengespor tanggapan ke Excel.

Cara Buat Microsoft Form Dengan Mudah

Lantas bagaimana cara buat Microsoft Form? Untuk anda yang ingin membuat formulir di tools besutan Microsoft ini, berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka Microsoft Form terlebih dahulu atau klik saja tautan ini

Seperti yang saya sebutkan diatas, untuk bisa membuat formulir dengan Microsoft Form anda harus punya akun Microsoft, outlook atau Skype.

Jika belum punya akun, saran saya, ada baiknya anda buat akun baru dulu. Sebab, ini adalah syarat mutlak untuk bisa menggunakan tools ini.

Setelah link diatas terbuka, silahkan ikuti petunjuk selanjutnya seperti:

  • Klik start atau Mulaicara buat microsoft form
  • Setelah itu akan diminta untuk masuk menggunakan akun Microsoft, Outlook atau Skype. Silahkan pilih salah satu metode masuk lalu klik Berikutnyacara buat microsoft form
  • Jika sudah masuk, secara otomatis anda akan diarahkan ke beranda Microsoft Form
2. Buat form baru

Setelah masuk ke Beranda, anda bisa memilih template formulir terlebih dahulu. Ada beberapa template yang tersedia, seperti:

  • Survey umpan balik pelanggan
  • Survey evaluasi kursus
  • Survey umpan balik acara
  • Pendaftaran acara
  • Undangan pesta liburan
  • Dan lain sebagainya

Jika template tersebut dirasa belum cocok, anda bisa klik template lainnya untuk memilih template yang sesuai.

cara buat microsoft form

Atau, jika anda tak mau menggunakan template default, silahkan buat saja formulir baru. Untuk membuat formulir baru, silahkan klik dua opsi Baru, seperti:

  • Formulir baru jika anda ingin buat formulir seperti survey
  • Kuis baru jika anda ingin buat kuis online
3. Tambahkan judul

Selanjutnya adalah masukkan judul dengan cara klik tulisan formulir tanpa judul. Lalu isi judul formulir sesuai keinginan beserta deskripsinya.

cara buat microsoft form

Poin ini bisa dilompati dulu. Dengan kata lain, anda bisa memilih apakah mau buat kuisioner atau formulir dulu baru memasukkan judul atau tidak memasukkan sama sekali.

4. Buat pertanyaan

Untuk membuat pertanyaan baru, silahkan klik tombol Tambahkan baru. Setelah itu, anda akan diarahkan pada kolom jenis pertanyaan yang diinginkan, seperti:

cara buat microsoft form

  • Pilihan untuk pilihan ganda
  • Teks untuk jawaban berupa teks
  • Penilaian untuk skor berupa bintang [☆] dalam skala ☆ sampai ★ ★ ★ ★ ★
  • Tanggal untuk pertanyaan dengan jawaban berupa tanggal
  • Atau pilihan lain. Untuk pilihan lain ini silahkan klik tombol ∨ untuk memilih format jawaban responden mulai dari Peringkat, skala likert [digunakan untuk menilai sikap atau pendapat tentang topik yang ditanyakan], net promoter skor® dan bagiancara buat microsoft form
4. Respon yang diinginkan

Disini anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada sesuai dengan keinginan anda, seperti:

a. Gambar

Untuk menyisihkan gambar didalam pertanyaan, silahkan arahkan kursor ke icon gambar untuk menambah media.

cara buat microsoft form

Anda bisa memilih apakah menambahkan media dalam bentuk gambar atau video. Silahkan sesuaikan saja dengan keinginan anda.

b. Menambah opsi jawaban

cara buat microsoft form

Untuk menambah opsi jawaban, silahkan klik + Tambahkan Opsi dan biasanya akan terlihat secara otomatis saat anda membuat pertanyaan baru.

c. Pertanyaan wajib

cara buat microsoft form

Silahkan aktifkan tombol geser Harus Diisi yang mewajibkan responden untuk mengisi kolom atau pertanyaan tersebut.

d. Fitur lain

Selain dua fitur dasar diatas, ada juga fitur-fitur lain di Microsoft yang membantu anda meningkatkan visibilitas kuisioner buatan anda, seperti:

cara buat microsoft form

  • Icon salin untuk menyalin pertanyaan yang baru di buat ke kelom baru atau ke clipboard
  • Icon tong sampah untuk menghapus pertanyaan
  • Icon untuk memindahkan pertanyaan ke atas
  • Icon untuk memindahkan pertanyaan ke bawah
  • Opsi … untuk mengatur bagaimana pertanyaan akan terlihat dari sisi responden. Disini tersedia empat pilihan default seperti Acak opsi, drop-down, subjudul dan tambahkan pencabangancara buat microsoft form

Di Microsoft Form, enggak ada Opsi Simpan karena formulir yang anda buat secara otomatis tersimpan.

e. Pertanyaan baru

Silahkan klik Tambahkan baru untuk menambahkan pertanyaan baru. Dan silahkan lanjutkan langkah ini sampai anda selesai menambahkan semua pertanyaan yang hendak diisi dalam formulir.

5. Pratinjau

Silahkan klik Pratinjau untuk melihat formulir yang baru saja dibuat untuk melihat kekurangan atau opsi-opsi lain yang mau ditambahkan. Tombol preview ini ada dibagian bar atas layar.

cara buat microsoft form

Pratinjau ini memungkinkan anda untuk melihat kuisioner dari sisi responden atau orang lain. Anda juga bisa memasukkan jawaban untuk mengetahui apakah berfungsi atau tidak.

6. Tema

Jika hendak mengubah tampilan kuesioner yang barusan di buat, silahkan klik Opsi tema dan pilih warna solid untuk digunakan sebagai warna latar belakang.

Anda juga bisa menambahkan gambar lain dari komputer atau ponsel anda untuk digunakan sebagai gambar latar belakang.

cara buat microsoft form

Untuk menggunakan opsi ini, silahkan klik icon gambar icon unggah gambar. Icon ini terintegrasi sama layanan Microsoft lain seperti Bing dan Microsoft One Drive.

Untuk menggugah gambar dari komputer atau ponsel anda, silahkan klik tab unggah lalu cari foto atau gambar yang mau diunggah.

cara buat microsoft form

7. Konfigurasi lain

Konfigurasi tambahan ini untuk mengatur hal-hal teknis lain tentang kuisioner yang dibuat. Untuk mengaturnya, silahkan klik icon … dibagian kiri atas> lalu klik pengaturan.

cara buat microsoft form

Di menu pengaturan ini, anda bisa mengatur hal-hal teknis yang berkaitan dengan formulir, seperti:

  • Terima tanggapan yang berarti anda tetap memilih menerima tanggapan kapan saja
  • Tanggal mulai berarti anda mengatur tanggal atau waktu dimana formulir akan bisa diisi
  • Tanggal selesai berarti anda mengatur kapan waktu pengisian formulir akan berakhir
  • Acak pertanyaan berarti anda mengatur pertanyaan acak ke setiap responden satu dengan yang lain
  • Kirim pemberitahuan dari setiap tanggapan lewat email berarti anda mengirim informasi yang diisi responden ke email mereka
  • Sesuaikan pesan terima kasih berarti ada pesan terima kasih jika kuisioner berhasil diselesaikan atau diisi responden
8. Cara membagikan kuisioner

Ubah pengaturan sesuai keinginan anda, sebelum akhirnya anda siap membagikan formulir tersebut kepada responden.

Klik ‘Kirim’ di bagian header atau bar atas beranda. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih oleh anda, seperti:

  • Tautan yang dapat disalin [ini adalah opsi default]. Tautan ini agak panjang dan gak ada opsi perpendek URL sehingga anda harus menggunakan layanan lain untuk perpendek URL formulir yang hendak dibagikancara buat microsoft form
  • Kode QR yang bisa di download menjadi gambar berformat .PNG. Untuk mendownloadnya, silahkan klik Unduh.cara buat microsoft form
  • Tag HTML yang bisa anda sematkan di blog. Untuk menyematkan di blog, WordPress dan Blogger contohnya, silahkan copy code embednya lalu masuk ke blog> buat postingan baru> dan alihkan ke tab Compose untuk Blogger dan Teks untuk WordPress dan tempelkan kode embed Microsoft Formcara buat microsoft form
  • Email yang berisikan tautan yang bisa dikirim ke email entah itu Gmail atau akun Microsoft dan Outlookcara buat microsoft form
  • Dan opsi + Dapatkan tautan untuk tujuan duplikasi. Tautan ini memungkinkan orang-orang yang mendapat tautan untuk menduplikasi formulir buatan anda

Kalau komputer anda, entah pribadi atau di kantor sudah support Office 365, ada opsi tambahan yang memungkinkan anda untuk membagi formulir ke orang-orang tertentu saja.

Tapi kalau enggak, hanya opsi diatas yang tersedia. Jadi anda bisa pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga bisa klik icon media sosial yang tampil untuk membagikan link formulir yang dibuat itu seperti di Facebook dan Twitter.

Sebagai contoh, saya menggunakan kode embed diatas pada formulir yang saya buat khusus untuk referensi postingan ini, silahkan lihat dibawah [Boleh juga diisi kok 😛 ]

9. Cara melihat respon atau tanggapan

Setelah orang-orang mulai mengisi formulir yang dibuat, anda bisa melihat hasilnya langsung. Untuk melihat hasilnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan masuk ke Microsoft form menggunakan akun Microsoft anda
  • Di beranda Microsoft Form, anda akan melihat formulir yang anda buat. Silahkan klik saja dan anda akan diarahkan ke laman editor formulircara buat microsoft form
  • Untuk melihat respon, silahkan klik tab Tanggapan yang ada bar atas
  • Disini anda akan disajikan dengan data tanggapan, durasi penyelesaian tanggapan dan status formulir. Jika sudah ada tanggapan, anda bisa mengekspornya ke Excel untuk dikelola hasilnya dengan cara klik Buka di Excelcara buat microsoft form
  • Jika anda ingin melihat atau mencetak ringkasan silahkan klik … lalu klik Cetak ringkasan. Anda juga bisa memilih opsi lain seperti buat tautan ringkasan atau hapus semua tanggapan.cara buat microsoft form

Oh iya, di poin ini, apabila anda ingin mencoba formulir yang dibuat, respon tetap akan tercatat. Jadi, setiap kali anda klik pratinjau lalu mengisinya, pasti terekam.

Sebelum dibagikan, ada baiknya anda menghapus respon anda sendiri agar tanggapanya lebih akurat.

Penutup

Salah satu kelebihan dari Microsoft form adalah fungsi tambahannya pada jawaban formulir yang bisa dicabangkan.

Percabangan ini memungkinkan responden untuk menunjukan pertanyaan yang berbeda dengan jawaban yang tersedia.

Demikian artikel tentang cara buat formulir di microsoft form terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *