Cara Buat Disclaimer dan Privacy Policy Untuk Blog Otomatis

5 Likes Comment
cara membuat disclaimer

Cara Buat Disclaimer dan Privacy Policy Untuk Blog/Situs Web Otomatis – Jika anda ingin membuat blog anda terlihat lebih professional, dikelola dengan baik dan mematuhi ketentuan dan perundang-undangan di internet, maka dalam blog anda tersebut harus memiliki setidaknya dua halaman ini.

Anda juga dapat menambahkan halaman seperti Term of Service (TOS) atau ketentuan layanan untuk blog anda.

Ini adalah salah satu halaman statis wajib yang harus anda miliki jika anda benar-benar ingin terjun dalam dunia blogging.

Apalagi jika anda berencana untuk mengiklankannya di masa mendatang, apalagi jika anda berencana untuk beriklan menggunakan Google Adsense.

Apa itu Disclaimer?

Pada umumnya, penafian adalah bentuk pernaytaan yang bermaksud untuk menentukan dan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban yang boleh dilaksanakan dan ditegakan oleh pihak-pihak yang berhubungan didalam dan diakui oleh hukum yang berlaku.

Baca Juga : Cara Manaruh Kata Kunci Di Titile Text, Alt Text Dan Link Artikel Blog Yang SEO Friendly

Dengan memiliki laman ini pengelola blog/situs web/pengembang aplikasi, secara jelas memahami bahasa hukum yang spesifik yang dibutuhkan dalam seuah situs web dan para pengunjung mengakui hal itu.

Perjanjian ini basanya mencakup pernyataan bahwa pengunjung menanggung semua risiko yang terkait dengan dan/atau menggunakan informasi apapun yang ada didalam blog/situs web.

Cara membuat Disclaimer otomatis untuk Blog/Situs web/aplikasi seluler

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat disclaimer otomatis untuk blog/situs web atau aplikasi seluler. Perlu diketahui, disclaimer otomatis ini dibuat standar, anda dapat menyesuaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku:

  1. Kunjungi termsfeed atau klik saja tautan ini
  2. Pilih jenis penafian, ada dua jenis penafian antara lain untuk situs web dan juga aplikasi seluler. Jika untuk blog maka silahkan pilih Situs web/jenis penafian untuk situs web
  3. Masukan URL blog anda, nama situs web anda, jenis entitas blog anda, misalnya bisnis atau individu. Jika bisnis maka ada bayaran sementara untuk individu gratis. Dan masukan nama negara anda
  4. Pilih lagi jenis penafian. Ada empat pilihan disini, antara lain penafian situs web, penafian tautan eksternal, penautan affiliasi (berbayar) dan penafian fittnes/kebugaran (berbayar). Silahkan pilih jenis penafian yang pertama.
  5. Masukan alamat email anda. Ini untuk kelengkapan disclaimer
  6. Jika sudah, silahkan klik ‘Generate my Disclaimer

Selanjutnya adalah langkah membuat lamana Privacy Policy untuk blog. Ini seperti disclaimer, sifatnya juga wajib.

Apa itu Privacy Policy?

Kebijakan privacy atau privacy policy adalah sebuah dokumen yang menjelaskan bagaiman suatu organisasi menangani inforamsi planggan, klien dan karyawan yang dikumpulkan dalam setiap operasi sistem yang dijalankannya.

Sebagian besar situs wb membuat kebijakan privasi mereka sendiri untuk para pengunjung di situs web mereka.

Halaman ini biasanya memberikan penjelasan tentang inforamsi pribadi apa yang di kumpulkan, seperti nama, alamat, dan nomor kartu kredit dan beberapa data-data lain seperti riwayat pencarian di mesin telusur, kebiasaan menjelajah, mengunduh dan mengunggah file yang mereka lakukan selama berselancar di dunia maya.

Menurut praktik terbaik untuk menerapkan kebijakan privasi ini adalah mereka harus mengungkapkan apakah data dapat tersebut dapat dibagikan atau dijual kepada pihak ketiga dan apa tujuannya.

Sebenarnya, tidak ada consensus yang mengatakan apakah kebijakan privasi mengikat secara hukum dan idak ada konsistensi alam hal penegakannya.

Baca Juga : Pengertian tentang Blog

Nah kira-kira demikian pengertian mengenai Privacy Policy. Lalu bagaimana cara membatnya? Anda tidak perlu repot. Sebab di internet ada banyak tools yang memungkinkan anda membuat laman kebijakan privasi secara otomatis hanya dengan beberapa klik. Berikut cara membuat privacy policy otomatis untuk blog atau situs web anda.

Cara membuat Privacy Policy otomatis untuk blog/situs web

  1. Kunjungi website GDPR Privacy Notice Generator atau klik saja tautan ini
  2. Silahkan masukan nama perusahaan/Blog/Situs Web anda
  3. Masukan nama situs web lengkap dengan ekstensinya. Misalnya, wekerindo.com [Contoh]
  4. Masukan URL situs web anda. Setelah itu klik tombol berikutnya.

Disini anda akan disuguhkan menu-menu khusus terkait dengan kebijakan blog anda seperti misalnya apakah situs web menggunakan Cookie, apakah situs web menggunakan Google Adsense, apakah juga situs web menampilkan iklan dari pihak lain.

Cantang hal-hal yang perlu setelah itu klik tombol berikutnya. Disini anda harus memilih nama Negara, Provinsi dan juga alamat email.

Silahkan isi menu-menu tersebut setelah itu klik Buat My Privacy Policy. Sampai disini anda sudah membuat lamanan privacy policy anda dengan mudah.

Nah demikian artikel tentang cara buat Disclaimer dan Privacy policy otomatis untuk blog/situs web/aplikasi seluluer. Jika anda masih bingung tentang cara membuatnya, anda bisa kopi paste [Copas] Disclaimer dan Privacy Policy buatan saya ini lalu sesuaikan dengan nama situs dan alamat email anda.

Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *