13+ Cara Berhenti Merokok Yang Terbukti Efektif Dan Berhasil

13 min read

dampak berhenti merokok

Sebenarnya, ada banyak sekali cara berhenti merokok. Namun semua cara ini bergantung pada diri sendiri dan bagaimana anda mengendalikan keinginan merokok.

Saya yakin, sebagian besar dari anda yang membaca artikel ini pasti sedang mencari cara yang tepat dan sesuai untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Apalagi setelah anda tahu dampak dan bahaya rokok bagi kesehatan dan orang-orang disekitar anda.

Memang sih, ada banyak sekali perokok dan sebagian besarnya tahu dan sadar akan bahaya merokok tetapi tetap enggan untuk berhenti.

Oh iya, patut diketahui juga, apabila seseorang berhenti merokok, hal itu bukanlah satu peristiwa tunggal yang terjadi dalam waktu semalam.

Melainkan sebuah proses berkelanjutan. Dengan berhenti merokok berarti anda berusaha meningkatkan kualitas kesehatan anda dan orang lain dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, berhenti merokok tidak saja mengubah perilaku dan mengatasi candu terhadap nikotin tetapi mampu menemukan alternatif yang bisa mengatur suasana hati sesaat setelah berhenti merokok.

Sebelum masuk pada tips dan cara berhenti merokok, baiknya saya ulas dulu deh tentang zat kimia dari rokok, dampak merokok bagi kesehatan tubuh dan orang lain serta efek yang dirasakan sesaat setelah berhenti merokok.

Daftar isi tampilkan

Zat kimia yang terdapat pada rokok

kandungan yang terdapat pada rokok
via klikdokter.com

Ada ratusan bahkan ribuan zat kimia berbahaya yang terdapat pada sebatang rokok. Setiap varian rokok tetap mengandung nikotin sebagai zat dasar termasuk tar.

Selain dua zat diatas, juga terdapat zat kimia lain yang umum terdapat pada rokok, seperti:

  • Aeston yang merupakan salah satu cairan yang biasanya ditemukan untuk cat kuku atau kuteks. Cat ini sebenarnya berfungsi sebagai cairan pembersih.
  • Amonia merupakan salah satu zat atau cairan yang biasanya ditemukan pada bahan pembersih rumah
  • Asam Aestat merupakan satu jenis asam yang terdapat cat rambut
  • Arsenik adalah salah satu cairan yang biasanya terdapat pada racun tikus
  • Benzane merupakan salah satu cairan yang terdapat pada semen karet
  • Butane merupakan salah satu komponen yang terdapat pada korek
  • Kadmium merupakan komponen aktif dalam asam baterai
  • Karbon Monoksida merupakan salah satu senyawa yang tercipta dari asap knalpot
  • Formaldehida merupakan salah satu cairan pengawet
  • Hexamine biasanya ditemukan dalam korek yang digunakan saat pembuatan barbekyu
  • Lead merupakan salah satu zat yang biasa terdapat pada baterai
  • Naftalena adalah bahan yang biasanya terdapat pada kapur barus
  • Methanol adalah komponen utama untuk bahan bakar roket
  • Nikotin biasanya digunakan sebagai bagian dari insektisida
  • Tar adalah material yang dapat digunakan untuk aspal jalan
  • Toluene biasanya digunakan sebagai bahan bakar cat
  • Dll

Semua zat diatas sangat berbahaya dan sifatnya toxic dan ini terdapat pada rokok yang anda hisap sehari-hari.

Karena termasuk zat yang berbahaya, tentu ada dampak yang akan dirasakan tubuh apabila mengkonsumsinya.

Terlebih untuk anda yang jadi perokok aktif dan menghabiskan puluhan batang rokok dalam sehari untuk di hisap.

Dampak merokok bagi kesehatan secara umum

dampak merokok bagi kesehatan
Selebgram awkarin kolase via irvinalioni.com

Melihat kandungan zat kimia berbahaya pada rokok memungkinkan anda terpapar dengan berbagai penyakit atau masalah-masalah kesehatan lain.

Dan untuk anda yang perokok, berikut disajikan beberapa dampak umum merokok yang akan dirasakan oleh tubuh anda sendiri, seperti:

  • Detak jantung dan juga tekanan darah akan meningkat namun aliran darah yang menuju kapiler atau pembuluh darah berkurang
  • Kadar oksigen yang terdapat dalam darah akan berkurang. Hal ini disebabkan oleh adanya karbon monoksida pada darah yang meningkat akibat asap rokok
  • Adanya paparan bahan kimia dalam jumlah banyak yang terkandung pada rokok sehingga membuat rambut halus yang terdapat pada saluran pernapasan rusak. Disisi lain, otot yang terdapat pada saluran pernafasan akan mengalami kontraksi
  • Sistem imun akan melemah. Sistem imun adalah sistem tubuh yang berfungsi untuk menjaga kekebalan terhadap penyakit dan virus sehingga perokok kemungkinan lebih sering terkena berbagai penyakit dan juga infeksi, termasuk infeksi saluran pernafasan.

Memang dampak itu tidak secara spesifik digambarkan. Oleh karena itu, berikut diulas dampak merokok untuk kesehatan anda sendiri, orang lain dan juga keluarga.

Dampak langsung merokok bagi diri sendiri

dampak merokok bagi orang lain
via irvianaloly.com

Ada beberapa dampak langsung merokok bagi diri anda sendiri. Dampak ini bisa anda rasakan langsung setelah anda merokok pertama kali dan risikonya terus meningkat seiring waktu terlebih apabila intensitas rokok yang anda konsumsi bertambah. Berikut diantaranya:

a. Membuat saluran pernafasan menjadi rusak

Hal ini disebabkan oleh sistem imum dan daya tahan tubuh yang melemah akibat rokok. Dan ini adalah efek paling awal yang akan dirasakan.

Disamping itu, racun yang terdapat pada rokok akan menyebabkan iritasi begitu juga dengan produksi lendir di saluran pernafasan sehingga memicu infeksi pada tenggorokan dan paru-paru.

Infeksi ini pada akhirnya akan merusak silia atau rambut kecil yang terdapat pada saluran pernafasan. Fungsi silia sangat penting untuk menyerap dan menangkap debu.

Jadi, semakin banyak rokok yang anda hisap, semakin besar pula risiko infeksi saluran pernafasan dan juga rusaknya rongga udara yang ada di paru-paru.

b. Memicu peradangan

Sistem imun para perokok biasanya melemah seiring waktu berjalan. Dampaknya tidak saja pada saluran pernafasan dan paru-paru tetapi juga dapat pemicu peradangan dalam tubuh.

Rokok mengandung karsinogen dan tar yang dapat meningkatkan risiko autoimun secara langsung dan pada akhirnya membuat tubuh tidak efektif melawan peradangan.

Disisi lain, saat sistem imun mengalami penurunan kinerja maka tubuh akan lebih mudah diserang penyakit seperti rematik dan multiplesclerosis.

c. Aliran darah akan terhambat

Rokok mengandung nikotin yang dapat membuat darah lebih kental karena nutrisi, mineral serta oksigen yang harusnya disebarkan lewat darah tidak dapat diserap dengan optimal oleh tubuh.

Dampaknya akan membuat peradangan pada bagian organ tubuh lain. Karena itu, para perokok biasanya butuh waktu untuk disembuhkan

d. Antibodi tubuh akan berkurang perlahan-lahan

Karena darah menjadi kental, maka antibodi pada tubuh akan berkurang dari waktu ke waktu. Antibodi adalah protein yang terdapat pada darah yang berperan untuk mencegah berbagai penyakit tertentu masuk ke tubuh.

e. Kadar antioksidan pada tubuh akan berkurang

Vitamin C merupakan salah satu senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mampu memperbaiki kerusakan pada organ tubuh.

Saat merokok, kadar antioksidan dalam tubuh akan berkurang sehingga proses perbaikan kerusakan akibat penyakit dari rokok akan berlangsung lama. Ini juga menjadi penyebab mengapa para perokok rentan sakit.

f. Meningkatnya sel darah putih

Memang, darah putih sama seperti antibodi, yang berfungsi untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Namun, dengan rokok, sel darah putih akan meningkat dalam jumlah besar. Sehingga, sel-sel ini menjadi tidak responsif terhadap berbagai penyakit.

Bahkan dapat memicu terjadinya serangan jantung, stroke hingga kanker. Inilah dampak dari merokok yang harus diwaspadai sejak dini.

Dampak merokok bagi orang disekitar

dampak merokok bagi keluarga
via republika.co.id

Sebenarnya, apabila anda berhenti merokok anda juga berusaha mengurangi dampak kesehatan bagi orang-orang terdekat anda.

Orang-orang terdekat anda itu kemudian dikategorikan sebagai perokok pasif. Dimana, mereka tidak merokok secara langsung namun ikut menghirup asap dari rokok.

Seperti orang tua, teman, istri atau pacar, rekan kerja hingga hewan peliharaan anda. Ada beberapa dampak umum merokok bagi orang lain, seperti:

a. Dampak bagi keluarga

Merokok disekitar anak yang ada di rumah dapat meningkatkan risiko terkena infeksi telinga, asma hingga komplikasi pernafasan lain seperti batuk, sesak nafas hingga bronkitis.

Anak-anak yang melihat orang-orang terdekatnya merokok cenderung menjadi perokok saat mereka dewasa.

b. Dampak bagi rekan kerja

Merokok dapat mengurangi produktivitas kerja ditambah semua komplikasi medis akibat rokok yang bakalan terjadi seperti penyakit jantung, diabetes dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

c. Bagi orang lain

Perokok pasif menghisap lebih dari 7.000 bahan kimia. Ratusan dari bahan kimia tersebut terbukti beracun dan menjadi penyebab kanker pada manusia.

Merokok didekat orang lain telah terbukti memiliki efek instan pada sistem kardiovaskular bagi orang-orang terdekat.

Seiring waktu berjalan, asap rokok akan membuat risiko terkena kanker paru-paru meningkat dengan sendirinya. Bahkan risiko naik hingga 30%.

13 Cara Berhenti Merokok Total

cara berhenti merokok
via dream.co.id

Cukup mengerikan memang setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada rokok dan dampaknya bagi tubuh dan orang lain.

Untuk mengurangi risiko akibat rokok sebaiknya anda mulai berhenti merokok sejak dini. Dan untuk anda yang belum tahu cara berhenti merokok berikut saya sajikan 13 cara paling umum untuk berhenti merokok.

1. Putuskan tanggal berhenti merokok

Cara berhenti merokok secara alami yang pertama adalah memutuskan kapan anda akan berhenti merokok. Dengan kata lain, anda sudah menetapkan tanggal untuk berhenti.

Pilihlah salah satu tanggal di bulan ini, misalnya tanggal terakhir di bulan ini atau minggu ini. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi diri anda sendiri untuk berhenti merokok total.

Selain itu, ada beberapa pilihan yang bisa anda ambil apabila sudah di hari H. Pilihan ini berkaitan dengan cara untuk berhenti, seperti:

  • Berhenti secara tiba-tiba atau terus merokok sampai tanggal yang sudah ditentukan
  • Berhenti secara bertahap atau kurangi merokok secara perlahan sampai tanggal berhenti tiba
  • Mengkonsumsi permen pengganti oral seperti permen yang keras, permen karet tanpa gula, wortel, sedotan dan tusuk gigi
  • Minta teman, keluarga atau orang lain untuk tidak merokok didekat anda

Biasanya sih, kegiatan rutin yang anda lakukan sehari-hari seperti makan, minum kopi atau santai sering kali menjadi pemicu keinginan merokok.

Banyak penelitian yang berhasil menunjukan bahwa apabila seseorang berhenti merokok secara tiba-tiba atau mengurangi konsumsi rokok secara perlahan-lahan, bisa saja berhasil apabila di barengi dengan komitmen.

Oleh karena itu, carilah metode yang paling pas, setidaknya menurut anda pribadi. Selain itu juga, ada beberapa tips yang direkomendasikan oleh American Cancer Society yang mungkin saja bisa membantu anda bisa berhenti merokok, seperti:

  • Beri tahu teman, keluarga dan rekan kerja tentang tanggal anda berhenti merokok
  • Buang semua rokok dan asbak
  • Putuskan apakah anda akan menggunakan jasa terapi pengganti nikotin [NRT] atau obat-obatan lainnya

Perhatikan juga, agar keputusan yang anda ambil itu benar-benar berkhasiat, baiknya anda tahu dulu pemicunya.

Pemicu inilah yang mungkin bisa membantu anda melawan keinginan merokok. Setelah mengetahui pemicunya, maka anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Tahan keinginan merokok
  • Usahakan untuk tidak merokok sama sekali
  • Jaga aktivitas anda agar tetap sibuk
  • Gunakan NRT sebagai pengganti rokok
  • Minum minuman seperti jus dan air putih
  • Usahakan untuk tidak mengkonsumsi alkohol
  • Hindari orang yang merokok
  • Hindari situasi dimana anda memiliki keinginan kuat untuk merokok

Bagaimana jika tidak berhasil? Lakukan hal-hal yang bisa mengalihkan keinginan merokok tersebut. Hal-hal itu seperti:

  • Tunda keinginan merokok sampai ia berhenti. Biasanya sih, keinginan merokok itu timbul dalam jangka waktu 3-5 menit
  • Tarik nafas dalam-dalam. Dengan menarik nafas perlahan-lahan melalui hidung selama tiga hitungan dan buang nafas melalui mulut selama 3 kali. Saat tarik nafas, visualisasikan paru-paru anda terisi dengan udara segar
  • Minum air untuk mengalahkan keinginan merokok
  • Lakukan kegiatan lain agar keinginan merokok yang dirasakan teralihkan dengan sendirinya

2. Kendalikan stres

Terkadang, salah satu penyebab utama mengapa orang susah berhenti untuk merokok adalah stres. Dengan kata lain, stres bisa menjadi pemicu utama orang untuk merokok.

Oleh karena itu, kendalikan stres dengan cara beraktivitas, refreshing atau berolahraga. Tiga hal ini bisa mengendalikan stres dalam diri, sehingga bisa mengurangi keinginan untuk merokok.

3. Kunyah permen saat keinginan merokok timbul

Tapi bukan permen sembarangan ya. Saran saya sih, sebaiknya kunya permen tanpa gula untuk menghindari masalah lain seperti sakit gigi dan mulut.

Biasanya juga, keinginan merokok timbul saat berada di rumah. Oleh karena itu, sebaiknya simpan permen serupa di rumah.

Ada beberapa permen jenis permen yang bisa mengurangi keinginan merokok seperti permen Mints atau permen lain dengan sensasi pedas.

4. Bisa gunakan NRT

Penggunaan NRT cukup populer digunakan untuk membantu mengurangi keinginan merokok dibanding terapi atau pengobatan alternatif lain.

Meski demikian, hanya 6% saja perokok yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok dengan NRT.

NRT sebenarnya dirancang untuk mengurangi candu rokok dengan memberikan dosis nikotin yang terkontrol sembari menghindari paparan bahan kimia lain yang ada pada tembakau.

Sejauh ini, ada 4 jenis NRT yang paling umum digunakan, antara lain:

  1. Permen karet
  2. Tablet hisap
  3. Semprotan hidung [alternatif]
  4. Inhaler [alternatif]

Jika anda ingin pakai NRT dengan tujuan untuk menghentikan kebiasaan merokok, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis penggunaan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Baca Juga : Cara Melindungi Foto dan Karya Anda di Internet

Patut diketahui juga, tujuan penggunaan NRT bukan untuk membantu anda berhenti merokok namun untuk mengurangi ketergantungan pada Nikotin.

Disamping itu, apabila setelah menggunakan NRT dan anda mengalami gejala seperti pusing, mual, tubuh lemah, muntah, detak jantung tak teratur atau mungkin kulit mengalami pembengkakan, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

5. Berolahraga

Sebenarnya, olahraga bertujuan untuk mengalihkan keinginan untuk merokok. Anda bisa terapkan cara ini saat keinginan merokok timbul.

Jika waktunya kurang tepat, seperti misalnya saat anda sedang bekerja, anda bisa memilih berjalan-jalan disekitar ruangan atau melakukan aktivitas lain.

6. Hipnosis

Hipnosis bertujuan untuk mengubah keinginan atau perilaku perokok. Saat hipnosis dilakukan, mungkin anda akan merasa lebih rileks, bisa berkosentrasi dengan baik serta bisa mendengarkan saran dari orang lain untuk berhenti merokok.

Namun metode ini tidak dapat dipastikan efektivitasnya. Sehingga, meskipun anda sudah di hipnosis, keinginan untuk merokok tetap timbul, bahkan lebih kuat dari sebelumnya.

7. Akupuntur

Penggunaan paling umum dari akupuntur khusus perokok adalah dengan cara ditempatkan disekitar telinga.

Namun, model terapi ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, apakah benar-benar efektif mengurangi candu rokok atau sebaliknya.

Jika semua cara sudah anda coba dan kebiasaan merokok tetap tidak hilang, coba gunakan metode alternatif yang satu ini, siapa tahu berhasil.

8. Menggunakan obat-obatan non nikotin

Sejauh ini, ada beberapa obat berhenti merokok di apotek yang bisa anda gunakan seperti Buropion [Zyban] dan Varenicline [Chantix].

Sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Bupropion mengandung bahan kimia yang bekerja pada otak dan berperan untuk mencegah candu pada nikotin.

Saat ini, Bupropion tersedia dalam bentuk tablet untuk 12 minggu, tetapi jika anda sudah berhenti merokok sebelum waktunya, anda tetap bisa mengkonsumsinya 3-6 bulan kedepan untuk mengurangi resiko kambuh.

Sementara, Varenicline merupakan zat kimia yang berfungsi untuk mengganggu reseptor nikotin pada otak, yang bisa mengurangi candu nikotin dari tembakau.

Verenicline digunakan selama 12 minggu, tetapi sekali lagi, jika anda sudah berhasil mengatasi kebiasaan merokok sebelum waktunya, anda tetap bisa mengkonsumsinya selama 12 minggu ke depan agar keinginan merokok tidak kambuh.

Namun, ada beberapa risiko yang didapatkan setelah mengkonsumsi obat ini, seperti :

  • Perubahan perilaku
  • Suasana hati tidak menentu
  • Badmood
  • Agresif
  • Tindakan diluar kontrol lain [Dalam beberapa kasus muncul keinginan untuk bunuh diri]

Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi obat ini, baiknya anda sudah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep yang tepat.

9. Terapi

Beberapa orang menggunakan terapi alternatif untuk membantu mereka agar bisa berhenti merokok secara total dan permanen.

Namun hingga kini tidak ada bukti kuat yang menunjukan bahwa terapi bisa membantu seseorang untuk benar-benar berhenti merokok.

Dalam beberapa kasus, metode ini justru meningkatkan keinginan merokok. Selain terapi, ada juga metode alternatif yang umum digunakan, seperti:

  • Filter
  • Rokok elektronik
  • Potongan dan stik tembakau
  • Minuman nikotin, lollipop, sedotan dan lip balm
  • Terapi magnet
  • Terapi laser dingin
  • Herbal dan suplemen
  • Yoga dan meditasi

10. Pertahankan aktivitas dan berusaha tetap sibuk

Terkadang saat beraktivitas pun timbul keinginan untuk merokok. Jika timbul keinginan seperti itu, pertahankan aktivitas tersebut. Usahakan untuk tidak mengikuti keinginan tubuh anda.

Jika tidak berhasil, coba cari aktivitas lain, seperti misalnya, mencuci piring, mengepel lantai, membersihkan seprei dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya bisa mengalihkan perhatian dan keinginan untuk merokok.

11. Mintalah orang-orang terdekat untuk terus mengingatkan

Cara paling sederhana untuk berhenti merokok adalah dengan meminta orang-orang terdekat anda untuk mengingatkan agar anda berhenti merokok terus menerus.

Meskipun cara ini cenderung tidak berhasil, namun bukan berarti tidak boleh di coba. Silahkan coba saja, siapa tahun berhasil.

12. Terus berusaha

Ya, terus berusaha untuk berhenti merokok. Jangan berhenti pada satu teknik saja, misalnya, mengunyah permen saat keinginan merokok itu muncul.

Ingatkan diri anda untuk terus berusaha agar bisa berhenti merokok kapan saja dan dimana saja. Kendalikan juga diri anda sebab manfaatnya bukan untuk orang lain tetapi untuk diri sendiri.

13. Gunakan Vape

Jika tidak berhasil juga, anda bisa menggunakan vape sebagai pengganti rokok. Vape merupakan rokok elektrik tanpa nikotin.

Setidaknya, dengan menggunakan Vape, anda bebas dari berbagai zat berbahaya yang terdapat pada rokok.

Manfaat berhenti merokok bagi tubuh dan orang lain

manfaat berhenti merokok bagi tubuh dan orang lain
via blokbojonegoro.com

Lantas, apa manfaat yang didapatkan setelah berhenti merokok? Banyak sekali manfaatnya. Manfaat ini bisa anda peroleh baik secara langsung ataupun tidak langsung, seperti:

a. Reseptor nikotin akan kembali normal

Jika dalam waktu satu bulan anda sudah berhenti merokok, maka reseptor niktoin yang terdapat pada otak akan kembali normal karena berhasil memutus siklus candu pada rokok.

b. Sirkulasi darah akan membaik

Setelah anda berhenti merokok dalam waktu 2 minggu sampai 12 minggu, sirkulasi darah akan kembali normal.

Ini membuat aktivitas fisik yang anda lakukan jauh lebih mudah dan menurunkan risiko terkena serangan jantung

c. Indera penciuman dan pengecap akan lebih baik

Rokok merusak ujung saraf yang terdapat pada hidung dan mulut, sekaligus menumpulkan indera perasa dan penciuman anda.

Hanya dalam waktu 48 jam saja setelah berhenti merokok, ujung saraf akan kembali dan indera perasa serta penciuman akan membaik.

d. Meningkatkan energi

Sering dengan peningkatan pernafasan fisik dan peningkatan oksigen dalam tubuh setelah berhenti merokok maka akan membuat energi dalam tubuh menjadi lebih banyak.

e. Membaiknya sistem kekebalan tubuh

Berhenti merokok akan meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen dan menurunkan peradangan.

Yang pada akhirnya akan memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah untuk melawan pilek, batuk dan penyakit lain.

f. Gigi dan mulut lebih bersih

Merokok membuat gigi menguning dan menjadi penyebab utama bau mulut serta meningkatkan risiko infeksi mulut. Setelah seminggu tidak merokok, anda akan mulai merasakan perbedaan pada mulut anda.

g. Menurunkan risiko disfungsi ereksi

Merokok memiliki dampak yang kompleks, salah satunya adalah meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan juga disfungsi seksual pada wanita dengan mengurangi genital dan frekuensi orgasme.

Jika anda berhenti merokok dalam waktu 1 minggu saja akan menurunkan risiko disfungsi ereksi sehingga kehidupan seksual anda menjadi lebih baik.

h. Menurunkan risiko kanker

Mungkin perlu beberapa tahun untuk menurunkan semua resiko kanker, namun ada banyak risiko yang menurun setelah anda berhenti merokok, diantaranya kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker ginjal, kanker kandung kemih dan kanker pankreas.

Selain 8 manfaat diatas, ada juga manfaat sosial dan ekonomi yang anda dapatkan setelah memutuskan untuk tidak merokok.

Misalnya, dari segi ekonomi, tentu pengeluaran anda untuk membeli rokok bisa digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak.

Tetapi perlu juga diketahui, akan ada efek yang anda rasakan setelah berhenti merokok. Efek ini muncul karena anda menghilangkan kebiasaan merokok.

Efek samping setelah berhenti merokok

cara berhenti merokok

Setelah berhenti merokok pun ada efeknya. Dan sebagian besar orang akan bertanya-tanya, apakah ada efek berhenti merokok pada wajah? Apakah ada efek berhenti merokok pada tubuh dan lain sebagainya.

Efek samping setelah berhenti merokok ini adalah hal lumrah yang dialami setelah seseorang stop merokok.

Beberapa orang bahkan mengatakan mereka terkena flu dan batuk. Ini karena rokok mempengaruhi sistem dalam tubuh anda.

Saat anda berhenti merokok, tubuh perlu menyesuaikan diri untuk berhenti mendapat asupan nikotin lagi.

Oleh karena itu, jika anda sedang berusaha untuk berhenti merokok, ada beberapa efek samping sementara yang bakal anda rasakan, seperti:

a. Sakit kepala dan mual

Merokok mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga saat anda berusaha berhenti merokok tubuh akan berusaha menyesuaikan dengan kondisi baru tanpa nikotin. Hal ini membuat anda merasa sakit kepala dan mual. Jangan khawatir, keadaan ini normal.

b. Kesemutan di tangan dan kaki

Saat sirkulasi darah mulai membaik, anda mungkin akan merasa kesemutan di tangan dan kaki anda.

c. Batuk dan sakit tenggorokan

Anda mungkin akan menderita batuk dan sakit tenggorokan saat paru-paru mulai membersihkan lendir dan kotoran lainnya yang terbentuk akibat rokok

d. Nafsu makan meningkat dan berat badan naik

Peningkatan energi yang anda alami setelah berhenti merokok dapat meningkatkan nafsu makan.

Beberapa orang juga makan lebih banyak sebab mereka akan mengganti rokok dengan makanan guna mengatasi kebiasaan merokok dari tangan ke mulut. Dua hal ini membuat berat badan anda naik perlahan.

e. Ngidam nikotin

Tubuh anda bergantung pada nikotin saat anda merokok dan ini akan membuat tubuh anda menginginkannya kembali saat anda tidak merokok. Ngidam nikotin ini biasanya terjadi dalam waktu 2 hingga 4 minggu setelah berhenti merokok.

f. Marah, frustasi dan badmood

Karena tubuh anda berusaha menyesuaikan dengan kondisi barunya, pikiran dan tubuh anda akan berusaha menyesuaikan. Hal ini terkadang membuat seseorang yang baru berhenti merokok akan lekas marah, frustasi dan mood encok.

g. Sembelit

Nikotin mempengaruhi usus kecil dan usus besar. Saat anda berusaha tidak merokok, dalam waktu 1 minggu mungkin anda akan mengalami sembelit karena tubuh anda sedang menyesuaikan diri.

h. Gangguan kecemasan, depresi dan insomnia

Perokok biasanya memiliki peningkatan risiko depresi dan kecemasan, meskipun alasan ini belum terlalu jelas. Setelah merokok mungkin anda akan merasa lebih baik.

Dan disaat anda berhenti merokok, anda mungkin akan merasa lebih cemas. Mungkin juga akan membuat anda insomnia.

i. Sulit berkonsentrasi

Salah satu efek samping dari berhenti merokok adalah anda akan kesulitan berkosentrasi pada awal-awal periode.

j. Mulut kering

Merokok adalah penyebab utama mengapa mulut kering. Stress dan cemas yang diakibatkan rokok membuat tubuh berusaha semaksimal mungkin untuk menyesuaikan diri.

Dampak berhenti merokok dari waktu ke waktu

dampak merokok dari waktu ke waktu
via hellosehat.com

Ada juga yang bertanya-tanya, apakah ada bahaya berhenti merokok? Sejauh ini memang ada bahaya. Tapi bahaya positif dan normal dirasakan setelah seseorang tidak merokok lagi.

Nah berikut ini disajikan dampak yang akan dirasakan apabila anda sudah berhenti merokok dari waktu ke waktu, seperti:

a. Setelah 20 Menit

Detak jantung akan menurun. Hal ini disebabkan karena meningkatnya tekanan darah dan detak jantung. Denyut jantung akan turun ke tingkat yang normal setelah anda tidak merokok selama 20 menit.

b. Setelah 8 hingga 12 jam

Kadar karbon monoksida darah akan turun. Karbon monoksida adalah zat berbahaya yang berasal dari asap mobil.

Ini menyebabkan detak jantung anda meningkat dan membuat anda sesak nafas. Dalam 8 hingga 12 jam setelah berhenti merokok, kadar ini akan turun dan oksigen dalam darah akan meningkat.

c. Setelah 48 jam

Kemampuan mencium dan menghirup akan meningkat. Ujung saraf yang rusak karena rokok akan tumbuh kembali dan meningkatkan indera penciuman.

d. 2 minggu hingga 3 bulan

Risiko serangan jantung akan menurun. Sirkulasi darah akan membaik. Begitu juga dengan tekanan darah, detak jantung lebih rendah, kadar oksigen serta fungsi paru akan lebih baik lagi.

Dengan demikian, risiko terkena serangan jantung akan berkurang dengan drastis.

e. 1 hingga 9 bulan

Kondisi pernafasan membaik. Ini membuat batuk, sesak nafas dan hidung tersumbat yang biasa anda alami saat merokok akan berkurang. Anda akan merasa lebih energik dari waktu ke waktu.

f. Setelah 1 tahun

Risiko penyakit jantung berkurang setengahnya. Merokok secara signifikan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

g. 5 Tahun setelah berhenti merokok

Risiko stroke akan berkurang. Bergantung pada berapa banyak dan berapa lama anda merokok dan kesehatan anda secara keseluruhan.

Risiko stroke yang dialami akan sama dengan seorang yang tidak pernah merokok dalam 5 sampai 15 tahun setelah berhenti.

h. Setelah 10 Tahun

Risiko terkena kanker paru-paru akan turun ke risiko yang sama dimana seseorang tidak pernah merokok.

Risiko meninggal akibat kanker paru-paru juga berkurang. Begitu juga dengan risiko terkena kanker lain ikut berkurang secara signifikan.

i. Setelah 15 tahun

Risiko terkena penyakit jantung sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok. Setelah anda berhenti, kolestrol dalam tubuh bakal lebih rendah, darah lebih tipis [yang mengurangi risiko pembekuan darah] dan tekanan darah akan menurun.

Penutup

Merokok memiliki dampak negatif yang luar biasa bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai kurangi kebiasaan merokok sejak dini.

Dengan tidak merokok, berarti anda mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit bagi diri anda sendiri dan orang lain.

Nah demikian artikel tentang cara berhenti merokok yang efektif. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *