Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

[Updated] Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Product Key

4 min read

cara aktivasi windows 10 dengan product key

Secara umum, ada dua cara aktivasi windows 10 dengan product key. Cara aktivasinya pun sangat mudah, hanya butuh beberapa langkah saja.

Yang terpenting, kunci produk windows atau kodenya sudah ada ditangan anda. Untuk mendapatkan kode produk Windows 10 hanya boleh membelinya langsung ke Microsoft atau menggunakan serial produk yang tersimpan di perangkat dengan menggunakan tools semacam key Finder.

Dulunya, artikel ini saya buat khusus untuk membagikan product key Windows 10 untuk semua seri. Kunci produk itu saya dapatkan dari berbagai sumber.

Namun, saya kemudian menyadari, kalau sebagian besar kunci produk itu enggak valid sama sekali karena ternyata, setiap jenis sistem operasi Windows punya kunci produk yang berbeda-beda.

Nah untuk mengatasi masalah ini, saya kemudian mengulas beberapa metode aktivasi Windows 10 alternatif, diantaranya:

Dua metode aktivasi yang saya tautkan diatas sudah saya coba dan benar-benar work. Hanya saja, ada beberapa kelemahan metode aktivasi diatas.

Kelemahan-kelemahan itu ada pada sistem. Dimana, akses fitur agak melambat termasuk juga waktu boating.

Memang sih, hal ini disebabkan oleh banyak faktor mulai dari versi windows yang digunakan, ukuran data dan jumlah aplikasi yang terinstal.

Sebelum lanjut pada pembahasan, saya ingin mengulas terlebih dulu alasan-alasan mengapa windows 10 perlu di aktivasi.

Alasan mengapa windows 10 perlu di aktivasi

Bagi saya pribadi, aktivasi windows 10 enggak terlalu dibutuhkan. Tapi tergantung anda pribadi, mau aktivasi atau enggak.

Toh, beberapa fitur dasar tetap bisa di akses. Hanya agak sedikit mengganggu dari segi tampilan, yakni terdapatnya watermark pemberitahuan aktivasi di kanan bawah layar.

aktivasi windows 10

Selain itu, baik yang telah melakukan aktivasi atau tidak, tetap mendapat pembaharuan dari Windows.

Setiap pembaharuan itu bertujuan untuk mengatasi bug pada sistem operasi, sehingga lebih optimal dan lebih menarik.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Hanya saja, memang ada kendala pada aktivasi ini. Karena, ada lisensi yang harus dimasukkan agar fitur Windows dapat diakses.

Lantas, apa saja alasan mengapa Windows 10 perlu di aktivasi? Menurut saya pribadi, ada beberapa alasan. Antara lain:

a. Supaya bisa mengakses fitur personalisasi

Jika windows 10 gak di aktivasi, ada banyak fitur-fitur yang enggak bisa di akses. Sebagian besar fitur ini ada pada personalisasi.

Mulai dari latar belakang atau background, tema, lockscreen dan lain sebagainya. Untuk background sendiri anda masih menggantinya dengan cara berikut:

  • Silahkan pilih gambar yang mau dijadikan background desktop
  • Setelah itu, klik kanan pada mouse atau touchpad laptop untuk membuka menu konteks
  • Untuk mengganti background silahkan klik Set as desktop backgroundganti background desktop
b. Menghilangkan tulisan Activate Windows

Biasanya, apabila Windows 10 yang digunakan itu belum di aktivasi, maka akan muncul tulisan activate windows Go to setting activate Windows seperti pada gambar diatas.

Tulisan ini akan muncul 30 hari setelah anda melakukan instalasi Windows. Dan watermark ini hanya akan hilang apabila anda sudah mengaktivasi windows 10 yang digunakan.

Dan aktivasi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan watermark tersebut. Jadi enggak ada cara lain untuk menghilangkan watermark pada Windows 10. Dan watermark ini bakalan terus muncul sampai aktivasi Windows 10 berhasil di lakukan.

c. Sebagai tanda bahwa software yang anda gunakan itu asli

Ada banyak software bajakan Windows yang beredar saat ini. Nah untuk mengatasi hal ini, Windows mengeluarkan kode aktivasi sebagai bukti, kalau versi OS yang anda gunakan itu bukan bajakan.

Selain itu, dengan melakukan aktivasi, bisa meningkatkan keamanan komputer anda dari serangan man middle in night alias cracker.

2 Cara aktivasi Windows 10 Dengan Product Key

Lantas, bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan product key? Sepanjang yang saya tahu, ada dua cara.

Dua cara ini pada dasarnya sama, hanya model akses fitur activate saja yang berbeda. Berikut daftarnya:

#1 Menggunakan panel File Explorer

Cara yang pertama ini dengan memanfaatkan fitur properti di file explorer my computer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka Computer yang hendak di aktivasi
  • Setelah itu klik menu Start> lalu cari tulisan file Explorer untuk membuka My Computer. Agar lebih mudah, anda bisa pakai tombol Shortcut +E
  • Setelah itu, klik kanan pada My Computer> pada menu konteks yang muncul silahkan klik Propertiescara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Disini anda akan diarahkan pada menu sistem, silahkan klik Activate Windows yang terletak dibagian bawah seperti yang terlihat pada gambarcara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Setelah itu, anda akan diarahkan lagi pada menu aktivasi, silahkan klik Change Product Keycara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Disini silahkan masukkan kode produk Windows 10 yang anda gunakan> klik Next dan tunggu prosesnya hingga selesaicara aktivasi windows 10 dengan product key
#2 Menggunakan fitur Update & Security

Jika anda ingin mengaktivasi windows 10 dengan product key, anda juga bisa mengikuti langkah yang kedua ini:

  • Silahkan buka komputer/laptop yang ingin diaktivasi
  • Lalu klik Menu Start> Settings
  • Jika sudah, silahkan pilih menu Update & Securitycara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Lalu klik pada menu Activationaktivasi windows 10 dengan product key
  • Setelah itu klik pada tulisan Change Product Key> lalu masukkan kunci produk Windows> dan klik Next untuk memulai proses aktivasicara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Biasanya proses ini enggak berlangsung lama. Oleh karena itu, tunggu saja beberapa saat
  • Jika sudah selesai klik Close untuk menutup aktivasi
QnA

Disisi lain, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang terkait dengan cara aktivasi windows 10 ini, antara lain:

Q : Mas, ada gak cara aktivasi Windows 10 tanpa software?

A : Untuk mengaktivasi Windows 10 tanpa menggunakan software apapun, anda bisa menggunakan metode aktivasi Windows 10 dengan CMD yang sudah saya tautkan diatas.

Hanya saja, dengan menggunakan cara ini, anda wajib mengetahui kode aktivasi Windows 10 untuk komputer anda.

Jadi, kalau anda gak tahu kode aktivasinya, anda gak bisa mengikuti metode aktivasi windows 10 tanpa software.

Q : Bagaimana cara aktivasi windows 10 tanpa product key?

A : Jawaban dari pertanyaan ini sama seperti QnA pertama. Anda bisa mengaktivasi windows 10 tanpa produck key dengan menggunakan KMSpico, CMD atau file batch. Soal ini sudah saya tautkan diatas.

Q : Bagaimana cara aktivasi Windows 10 Offline?

A : Anda dapat mengaktivasi windows 10 sekalipun tanpa koneksi internet. Mengapa demikian? Karena kunci produk hanyalah proses pencocokan software yang digunakan.

Dengan kata lain, kunci produk ini sudah ada di Windows 10. Dan untuk memverifikasi kode tersebut, anda wajib memasukkan kode yang sama seperti yang tersimpan pada sistem.

Jadi, ada gak cara aktivasi windows 10 offline? Ada dan semua model aktivasi diatas dapat dilakukan secara offline.

Q : Bagaimana cara dapat product key Windows 10?

A : Seperti yang saya sebutkan diatas, untuk mendapatkan product key windows 10 hanya terdapat satu cara yakni dengan membelinya langsung ke Microsoft.

Beberapa produk laptop dari merk berbeda juga sudah menyiapkan kunci produk. Kunci ini biasanya terletak di bagian bawah Laptop, kardus laptop atau pada CD instalasi Windows yang sudah disediakan.

Q : Apakah kunci produk yang tersebar di internet itu bisa digunakan?

A : Sepengalaman saya, enggak bisa. Artikel ini dulunya memang dibuat dengan tujuan untuk membagikan product key Windows 10.

Setelah saya crosscheck, ternyata setiap produk key yang saya bagikan itu enggak valid. Alias, enggak bisa digunakan.

Karena setiap kunci produk Windows 10 itu berbeda-beda. Dan biasanya, kode produk bergantung pada seri komputer, kapan dikeluarkan, jenis sistem operasi yang digunakan dan lain sebagainya.

Q : Apakah ada cara melihat produk key yang tersimpan di komputer?

A : Ada beberapa tips yang sudah saya coba untuk melihat product key di Windows 10. Mulai dari menggunakan aplikasi KeyFinder Windows, menggunakan Vbs dan lain sebagainya.

Namun, semua cara yang saya coba enggak ada yang berhasil. Jadi, sepanjang yang saya tahu, enggak ada cara melihat product key yang tersimpan di komputer.

Penutup

Tergantung dari anda sendiri, kalau anda merasa perlu melakukan aktivasi, ya silahkan. Apalagi bagi anda yang terganggu dengan watermark di kiri bahwa layar.

Saya sendiri sampai kini enggak melakukan aktivasi Windows yang saya gunakan meskipun key product Windows milik saya ada.

Karena, saya enggak butuh-butuh amat sama fitur personalisasi dan saya enggak terganggu dengan watermark tersebut.

Demikian artikel tentang cara aktivasi Windows 10 dengan product key. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *