Cara Aktivasi Windows 10 Dengan File Batch

3 min read

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan File Batch

Aktivasi Windows 10 dengan file batch adalah salah satu alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengaktivasi Windows yang digunakan terlebih jika anda enggak tahu product key sistem operasi yang digunakan.

Jika product key windows yang digunakan ada ditangan anda, maka proses aktivasinya hanya butuh beberapa langkah sederhana.

Soal ini sudah saya ulas di salah satu postingan saya tentang cara aktivasi Windows 10 dengan product key.

Atau, sebagai alternatif juga, anda bisa menggunakan metode aktivasi dengan CMD, yang prosesnya aktivasinya mirip dengan file batch ini.

Disamping itu, satu-satunya cara untuk mendapatkan product key Windows 10 hanyalah dengan membelinya langsung ke Microsoft.

Untuk harga memang sangat mahal. Di situs resmi mereka, untuk satu kunci produk, harganya menembus 3 juta lebih.

file batch

Lihat harga yang sedemikian besar tentu banyak yang bergeming termasuk saya sendiri. Bahkan, harga notebook yang saya gunakan ini 2 kali lipat dari harga lisensi software tersebut.

Makanya, banyak orang yang mencari alternatif aktivasi ketimbang beli lisensinya di microsoft langsung sebab harganya terlampau mahal untuk ukuran sobat missqueen macam kita ini.

Disamping itu, kode aktivasi ini enggak terlalu berguna, setidaknya menurut saya pribadi. Karena, sekalipun laptop enggak di aktivasi, tetap bisa digunakan seperti biasa.

Hanya saja, ada watermark yang mengganggu di sudut kanan bawah layar desktop, fitur personalisasi yang enggak bisa di akses dan lain sebagainya.

Lantas, apakah metode aktivasi ini, seperti misalnya menggunakan file batch, aman digunakan? Sepanjang yang saya tahu, cukup aman.

Saya gak tahu presentasenya berapa, namun yang saya tahu, proses aktivasinya berlangsung seperti biasa.

Watermark pemberitahuan aktivasi juga hilang serta saya fitur-fitur yang sebelumnya enggak bisa di buka, kini sudah bisa.

Sebelum lanjut pada pembahasannya, baiknya saya ulas dulu pengertian file batch.

Apa itu batch file?

Batch file atau file batch adalah sekumpulan perintah yang dibuat dalam bentuk serial kode. Ini sebenarnya merupakan script interpreter yang berfungsi untuk mengeksekusi urutan perintah yang sama.

Dengan kata lain, baris perintah ini hanyalah file teks sederhana yang disimpan dalam ekstensi file .bat dan biasanya ditulis menggunakan notepad atau editor teks lain.

Baris file batch terlihat seperti ini:

ECHO OFF

ECHO GeeksforGeeks

PAUSE

Untuk menjalankan perintah file batch ini, silahkan klik dua kali pada file yang sudah tersimpan. Untuk mengakses baris perintah ini, pembuat baris [atau anda] akan diarahkan ke CMD.

batch file

Sebagai contoh, script diatas bertujuan untuk membersihkan konsol komputer dengan menghilangkan perintah dasar yang ada di prompt.

Dengan perintah ini, Echo akan menghasilkan teks GeeksforGeeks di layar lalu menunggu pengguna memasukkan perintah selanjutnya.

Perintah ini tergantung dari kode yang dibuat. Untuk kode diatas, perintah tersebut bisa di eksekusi dengan menekan sembarang tombol di keyboard, termasuk enter.

Umumnya, perintah dasar di file batch ini terdiri dari beberapa macam, antara lain:

  • echo yang berfungsi untuk mencetak string input. Anda bisa menggunakan kode ini sebagai pembuka atau penutup baris kode. Jika echo aktif, command prompt akan mengeksekusi perintah setelah echo
  • cls berfungsi untuk menghapus layar perintah yang ada di prompt
  • title berfungsi untuk mengubah teks judul diatas jendela command prompt [CMD]
  • exit berfungsi untuk keluar dari CMD
  • PAUSE berfungsi untuk menghentikan eksekusi perintah file batch Windows
  • :: berfungsi untuk menambahkan komentar yang ada di dalam file
  • Copy berfungsi untuk menyalin file

Disamping itu juga, batch file ini dibangun dari beberapa elemen dasar. Di versi windows 10, elemen-elemen ini dapat disatukan atau dipisahkan, tergantung kemauan anda sendiri. Berikut daftarnya

  • INI [.ini] yang merupakan file jenis inisialisasi. File ini bertujuan untuk mengatur variabel default pada sistem atau program yang digunakan
  • CFG [.cfg] adalah jenis file konfigurasi
  • SYS [.sys] merupakan file sistem yang terkadang bisa di edit, apalagi jika kodenya sudah di kompilasi ke versi terbaru
  • COM [.com] merupakan file perintah yang dapat di eksekusi ke DOS. Di versi awal, file ini adalah file yang wajib terpisah di setiap perintah. Saat ini, untuk file COM sudah dapat digabungkan ke dalam COMMAND.COM
  • CDM [.cmd] merupakan file batch yang digunakan dalam sistem operasi NT.

Dan meskipun hanya sekumpulan baris perintah sederhana, ternyata batch file juga dapat digunakan untuk mengaktivasi Windows 10.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan File Batch


Update terbaru: per 09 oktober 2019 lalu, Microsoft sudah tidak mengizinkan penggunanya untuk mengaktivasi Windows 10 dengan file batch.

Tapi, berdasarkan pengalaman saya sendiri, aktivasi tetap berhasil dilakukan. Pemberitahuan aktivasinya juga sudah hilang.  Namun bergantung pada jenis Windows yang anda gunakan.


Kalau laptop anda belum pernah di update atau enggak pernah terkoneksi ke internet untuk mendapat pembaharuan terbaru, anda tetap bisa menggunakan cara dibawah ini.

Pada pembaharuan terbaru, Windows defender akan mendeteksi script file batch yang digunakan itu sebagai HackTool:BAT/AutoKMS.

Sebagai alternatif, tersedia dua pilihan bagi anda yang sudah mengupdate versi Windows yang digunakan dan ingin mengaktivasinya.

Pertama, menonaktifkan Windows defender dan yang kedua menggunakan metode aktivasi lain.

Baru-baru ini, meskipun Windows 10 yang saya gunakan sudah dapat update terbaru, namun saya tetap bisa melakukan aktivasi dengan file batch. Entahlah, mengapa itu bisa terjadi. Jadi, coba-coba saja, siapa tahu berhasil.

Lalu bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan file batch? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan cara aktivasi Windows 10 dengan file batch:

  1. Silahkan buka Windows yang hendak anda aktivasi
  2. Jika terbuka silahkan buka Notepad dan buat file baru. Di dalam notepad, silahkan copy kode ini lalu pastekancara aktivasi windows 10 dengan file batch
  3. Setelah di paste, silahkan simpan file tersebut dengan format .batdi komputer. Untuk nama, silahkan isi sesuai dengan keinginan andacara aktivasi windows 10 dengan file batch
  4. Setelah tersimpan maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah inicara aktivasi windows 10 dengan file batch
  5. Pada file tersebut silahkan klik kanan pada file yang disimpan tersebut untuk membuka menu konteks lalu klik Run As Administratorbatch file
  6. Disini anda akan melihat Perintah Command Prompt berjalan secara otomatis. Jangan khawatir, sudah begitu cara kerjanyaCara aktivasi windows 10 dengan file batch
  7. Jika ada permintaan konfirmasi atau tindakan, silahkan tekan saja Y pada keyboard yang digunakan. Pada dasarnya, kerja prompt tersebut untuk me-reboot ulang komputer/laptop yang digunakan. Setelah melakukan reboot, maka prompt secara otomatis akan hilang
  8. Jika anda dapat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini maka proses aktivasi yang dilakukan sudah berhasilCara aktivasi windows 10 dengan file batch

Apabila laptop sudah di aktivasi, pemberitahuan aktivasi berupa watermark akan hilang. Anda juga sudah bisa mengatur fitur personalisasi seperti mengganti tema, background, warna dan lain sebagainya.

Penutup

Sebenarnya, menggunakan file bat atau Batch untuk aktivasi windows 10 sama seperti menggunakan CMD. Prosesnya sama, hasilnya juga sama.

Hanya metodenya yang berbeda. Jika anda mau aktivasi pakai CMD pastikan dulu apakah kode produk windows yang digunakan itu sudah ada.

Nah demikian artikel tentang Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru Dengan File Batch. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ~

2 Replies to “Cara Aktivasi Windows 10 Dengan File Batch”

    1. Update terbaru: per 09 oktober 2019 lalu, Microsoft sudah tidak mengizinkan penggunanya untuk mengaktivasi Windows 10 dengan file batch. Jadi memang udah ga bisa, mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *