Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office WORD [Termasuk di Power Point, Excel, Access dan Publisher]

Untuk anda yang pengen tahu cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office, entah itu WORD, POWERPOINT, EXCEL, ACCESS dan PUBLISHER, baca artikel ini sampai habis.

Beberapa tahun terakhir, fitur dark mode atau tema gelap sudah tersedia disebagian besar software, aplikasi termasuk di situs web.

Artinya, banyak developer yang sengaja menempatkan tema ini secara default dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dan memang banyak pengguna yang ingin pakai tema jenis ini. Selain dirasa lebih cocok, juga terkadang mereka bosan dengan tema default yang cenderung kaku.

Tren dark mode ini kemudian diterapkan Microsoft ke beberapa produk besutan mereka, yakni Windows dan Office.

Sebelumnya, jika anda menggunakan Windows 7, yang saat ini sudah di hentikan updatenya, untuk mengubah tampilan jadi dark harus atur dulu kontras atau nilai editor registrynya.

Tampilannya memang mirip mode gelap tapi beberapa bagian dari sistem operasi harus terhambat kinerjanya akibat perubahan nilai.

Di versi selanjutnya, yakni Windows 10, Dark Mode sudah bisa diaktifkan tanpa harus atur kontras atau nilai editor registry.

Artinya, Microsoft sudah menyediakan fitur ini secara default di sistem operasi mereka dan untuk mengaktifkannya cukup mudah.

Hanya saja, sekalipun dark mode ini diaktifkan, beberapa fitur di Microsoft entah itu Office, Edge dan file Explorer tetap tidak berubah.

Yang berarti, jika ingin mengubah dark mode di Microsoft Office termasuk di Edge, harus ubah skema warna di pengaturan masing-masing aplikasi.


Baca Juga:


Sebagai informasi, untuk cara mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Office entah itu Word, Power Point, Excel, Access dan Publisher itu sama.

Termasuk pilihan skema warnanya yang hanya ada tiga yakni default atau terang, silver atau warna perak dan black atau gelap.

Sesuaikan saja sama kondisi mata anda. Saya sendiri sukanya yang silver, karena bisa bikin saya lebih nyaman saat mengetik.

FYI, sebelum fitur dark mode ini diaktifkan, ada tiga hal penting yang harus diketahui, yakni:

  • Beberapa tutorial mengharuskan anda registrasi dulu di Microsoft agar fitur ini bisa di aktifkan. Disesuaikan sama versi Microsoft Office yang digunakan. Di saya, karena saya menggunakan MS Word 2010, tidak perlu registrasi
  • Pada tutotiral dibawah, saya mengasumsikan kalau Black, yang merupakan salah satu dari tiga skema warna yang disediakan Microsoft Word, sebagai Dark Mode atau mode gelap
  • Skema warna selain Black adalah Blue [Biru] dan Silver [Perak]. Jika menggunakan versi 2013 atau yang lainnya, nama skemanya adalah White [Putih], Light Gray [Putih abu-abu] dan dark Grey [hitam abu-abu]

Dan untuk anda yang pengen tahu cara ubah tema Microsoft Office WORD, Power Point, Excel, Access dan Publisher, simak sampai habis artikel ini.

Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office WORD

Sepanjang yang saya tahu, fitur dark Mode di Microsoft Office Word ini sudah tersedia di Office 2010 ke atas. Bisa bantah di kolom komentar jika salah.

Lantas, cara mengaktifkannya gimana? Pasti penasaran, kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office WORD:

1. Buka Microsoft Office Word

Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Pertama tentu saja buka Microsoft Word yang sudah terinstal di laptop anda entah itu 2010, 2013 atau versi selanjutnya.

2. Buka menu File

Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Jika microsoft Word terbuka klik File> lalu scroll sedikit kebawah sampai di menu Option

3. Akses Color Scheme

Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Nantinya anda akan diarahkan ke laman Color Scheme di menu General Options.

Di laman inilah anda bisa mengatur beberapa hal terkait dengan tampilan Microsoft Office seperti user interface options dan personalize your copy of Microsoft Office.

Jika ingin langsung mengubah tema Microsoft Office Word ke warna lain, klik tombol pilihan Color Scheme di bawah tulisan UI Options.

Ada beberapa skema Warna yang bisa dipilih yakni Blue [Biru], Silver [Perak] dan Black [Hitam].

Dalam beberapa kasus, terlebih di Office Word 2013 ke atas, tertulis White [Cerah], Light Gray [Putih Abu-abu] dan Dark Grey [Hitam abu-abu].

4. Pilih tema

Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Diatas sudah saya sebutkan soal tema yang tersedia di Microsoft Word. Jika ingin mengaktifkan mode dark di Microsoft Office Word, pilih Black atau Dark Grey.

Kalau sudah, klik OK untuk menutup jendela pilihan skema warna. Anda juga bisa pilih skema warna lain sesuai keinginan sekalipun pilihannya terbatas.

Sampai disini anda sudah berhasil mengaktifkan mode gelap di Microsoft Office Word, meski tesktur warnanya tidak terlalu gelap.

Selain office WORD, fitur ini juga tersedia di Microsoft Office lain. Untuk caranya akan saya ulas pada QnA dibawah.

Question and Answer [QnA]

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa fitur ini tidak saja tersedia di Microsoft Word tetapi juga Office lain.

Cara mengaktifkannya pun sama dengan di Microsoft Word. Agar jelas, simak QnA dibawah ini:

1. Bagaimana cara aktifkan Dark Mode di Microsoft POWERPOINT?

Seperti juga di Microsoft Office Word, untuk cara aktifkan dark Mode di PowerPoint cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka PowerPoint lalu klik tab baru [Blank Presentation]. Meski tidak perlu buat dokumen baru, tapi agar pilihan file ini muncul, bisa buat dulu dokumen baru
  • Jika tab baru sudah terbuka, klik File> Option
  • Setelah menu option terbuka, cari tulisan Official Theme lalu ganti ke Black atau Dark Grey

Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Office PowerPoint.

2. Bagaimana cara Aktifkan Dark Mode di Microsoft EXCEL?

Untuk cara mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Excel, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Microsoft Office Excel lalu buat dokumen baru [blank workbook]
  • Setelah itu klik File> Option
  • Jika sudah, anda akan diarahkan ke laman baru. Di laman ini, arahkan kursor ke menu Personalize your copy of Microsoft Office pada tulisan Official Theme
  • Lalu ganti dari tema default ke Black atau Dark Grey. Jika sudah, Klik Ok untuk menutup jendela pengaturan skema warna

Sampai disini anda sudah selesai mengaktifkan dark mode di Microsoft Excel. Sederhana kan caranya?

3. Bagaimana cara aktifkan Dark Mode di Microsoft PUBLISHER?

Untuk mengaktifkan dark mode di Microsoft Office Publisher, ikuti panduan dibawah ini:

  • Buka aplikasi MS Publisher yang terinstal di komputer anda
  • Setelah itu, buat dokumen baru atau klik Blank agar menu filenya terbuka. Selanjutnya klik File> Option
  • Untuk ganti tema default, pilihannya ada di Official Theme lalu ganti tema bawaan ke dark grey atau black. Jika sudah, klik Ok

Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Office Publisher. Mudah, kan?

4. Bagaimana cara aktifkan Dark Mode di Microsoft ACCESS?

Untuk mengaktifkan dark mode di MS Accses, ikuti panduan dibawah ini:

  • Buka Ms Access yang sudah terinstal di laptop atau komputer anda lalu buat database baru
  • Setelah itu arahkan kursor ke tulisan File> Option
  • Ditahap ini ubah Official Theme atau skema tema defaultnya jadi Dark Grey atau Black. Jika sudah, Klik Ok untuk menutup jendela options

Sampai disini anda sudah bisa mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Accses.

Penutup

Ada satu hal penting yang harus anda ketahui bahwasannya saat mengganti satu tema, Microsoft Office Word misalnya, skema warna aplikasi Office lain ikut terganti.

Selain itu, mode gelap yang ditawarkan Microsoft Office ini mungkin tidak sesuai ekspektasi anda karena tekstur warnannya yang agak berbeda.

Saya sendiri berharap mudah-mudahan kedepannya fitur dark mode di Microsoft Office bisa dirilis sepenuhnya dengan tetap memperhatikan tekstur agar lebih nyaman saat digunakan.

Jika punya tambahan, masukkan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara aktifkan dark mode di Microsoft Office WORD, PWOERPOINT, EXCEL, ACCSESS dan PUBLISHER. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

4 pemikiran pada “Cara aktifkan Dark Mode di Microsoft Office WORD [Termasuk di Power Point, Excel, Access dan Publisher]”

Tinggalkan komentar