4+ Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik

4 min read

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik

Sebagai blogger, tentu menginginkan postingan atau artikel di blognya cepat terindex Google karena peluang untuk dibaca pengunjung semakin terbuka lebar.

Agar cepat terindeeks, ada banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari memanfaatkan fitur crawling otomatis Google hingga mempostingan artikel di media sosial.

Perlu diketahui, proses pengindeksan Google itu tidaklah Live. Dengan kata lain, artikel yang anda posting di blog tidak secara otomatis dicrawl Google Bot.

Butuh waktu beberapa menit atau mungkin beberapa jam sampai terdeteksi. Selain itu, sekalipun terdeteksi, ada kemungkinan ia tidak langsung muncul di hasil pencarian.

Dengan kata lain, masalah ini bukan pada blog atau robots.txt yang anda gunakan tetapi pada Google bot itu sendiri.

Sistem pengindeksan Google bot mengandalkan sitemap.xml yang ada di blog. Jika sitemap belum terbaca, maka sulit untuk dideteksi Google.

Dan ada beberapa cara yang bisa anda coba agar artikel cepat masuk ke sitemap sebelum akhirnya terindeks Google yang semuanya akan saya ulas di artikel ini.

4+ Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik

Lantas, cara apa yang bisa dilakukan blogger agar artikel di blognya cepat terindex Google dalam 1 detik? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

1. Memanfaatkan fitur Inspeksi URL

Dulu fitur ini bernama Fetch as Google namun berubah menjadi inspeksi URL setelah pembaharuan tampilan Google Search Console pada 2018 lalu.

Inspeksi URL adalah cara paling mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan supaya artikel blog anda cepat terdeteksi Google untuk kemudian di masukkan ke database mereka sampai muncul di hasil pencarian.

Metode pengindeksan ini adalah salah satu cara paling populer dan sering dilakukan blogger, termasuk saya.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan dulu apakah blog anda sudah di daftarkan ke Google search console. Jika belum terdaftar dan pengen tahu caranya, silahkan baca panduan atau tata cara pendaftarannya disini.

Untuk memanfaatkan fitur inspeksi URL di Google search Console, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi Google search Console atau klik saja tautan ini
  • Setelah masuk ke dashboard Search Console, di bagian header ada kolom kosong Inspeksi URL, silahkan klik saja disituCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Setelah itu, kembali ke blog anda dan copy URL blog pada postingan yang baru anda terbitkan atau yang diinginkan agar cepat muncul di hasil pencarian Google
  • Setelah linknya berhasil di copy, silahkan kembali ke Google Search Console dan pastekan URL tersebut ke kolom inspeksiCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Setelah itu silahkan klik enter dan tunggu proses pengambilan data index Google sampai selesaiCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Setelah muncul kotak Inspeksi, jika belum terbaca di kolom cakupan index, silahkan klik Minta PengideksanCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Terkadang anda akan diminta menyelesaikan Chaptcha dulu agar pengindeksan bisa dilanjutkan
  • Jika menyelesaikan chaptcha, jika anda, secara otomatis anda akan diarahkan ke pengujian URL untuk menunjukkan apakah URL bisa langsung di Indeks Google atau tidak. Proses ini tidak berlangsung lama, hanya butuh beberapa detik sajaCara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Jika pengujian URL diterima, anda akan dapat pemberitahuan bahwa URL telah ditambahkan ke antrean crawl prioritas. Disini silahkan klik OK Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik
  • Setelah klik OK anda akan melihat kode centang di tombol Minta Pengindeksan sudah berubah menjadi Pengindeksan di Minta Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik

Jika proses indeksinya sudah selesai, silahkan cari URL lengkap di pencarian Google. Tujuannya untuk memastikan apakah URL yang diinspeksi tadi sudah muncul di hasil pencarian Google atau belum.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Detik

Dalam kasus saya, URLnya langsung muncul di hasil pencarian Google tak lebih dari 1 detik pasca permintaan inspeksi.

Kadang, setelah proses inspeksi URL, tidak secara otomatis artikel tersebut akan muncul di SERPs. Butuh waktu beberapa saat.

Jadi mohon bersabar. Jika dalam beberapa jam belum terindeks juga, lakukan inspeksi lagi seperti diatas.

2. Menggunakan Google News

Google news adalah salah satu situs sindikasi artikel milik Google yang menyajikan berbagai berita-berita terbaru yang lagi hangat di masyarakat.

Karena dirancang untuk menampilkan berita-berita atau informasi terbaru, maka proses pengindeksan Google News adalah otomatis, sepanjang artikel itu sudah terbaca sitemap.

Jika blog anda belum terdaftar di situs ini, sebaiknya daftar dulu deh. Enggak tahu cara daftarnya gimana? Baca artikel saya yang secara khusus membahas hal tersebut dengan cara klik disini.

Oh iya, semua situs web bisa didaftarkan ke Google News entah itu situs berita, opini, blog atau situs sindikasi artikel lain asalkan sudah memenuhi syarat.

Jika syarat sudah terpenuhi silahkan lakukan registrasi. Setelah registrasi gimana? Tunggu proses peninjauannya.

Proses peninjauannya kadang cepat kadang lambat. Jadi bersabar saja. Tapi sepanjang yang saya tahu, peninjauannya tak lebih dari dari 1 bulan.

Selain artikel cepat terindeks Google, blog anda semakin ramai dikunjungi karena fitur ini menggunakan AI yang dirancang khusus untuk menampilkan artikel relevan kepada setiap pengguna.

Dengan kata lain, semakin banyak pengunjung, semakin populer blog anda. Jika blog semakin populer penghasilan anda juga semakin banyak.

2. Share postingan ke Media Sosial

Kalau tak mau repot menggunakan fitur inspeksi URL di atas atau blog anda di tolak bergabung ke Google News, coba manfaatkan media sosial.

Anda bisa manfaatkan berbagai media sosial entah itu Facebook, Twitter, LinkedIn dan beberapa media sosial lain seperti Pinterest.

Ada beberapa keuntungan jika anda selalu membagikan artikel blog anda di media sosial, diantaranya:

  • Jadi signal social bagi Google bahwa blog anda juga punya komunitas yang loyal di media sosial
  • Supaya artikel-artikel yang barusan di posting bisa cepat di indeks Google
  • Pada akhirnya, peluang untuk meraih peringkat lebih tinggi
  • Dapat trafik gratis
  • Penghasilan bisa meningkat beberapa persen

Emang benar kalau Media sosial, Facebook misalnya, bisa membuat artikel di blog cepat terindex Google? Benar dan saya sendiri sudah membuktikannya.

Apalagi jika artikel yang anda posting itu dibaca oleh banyak orang alias viral. Tentu Google gak mau ketinggalan kan?

Ingat, pada prinsipnya, Google ingin memberi jawaban kepada setiap orang. Dengan demikian, apabila ada signal social yang tinggi pada suatu isu atau artikel, mereka ingin sesegera mungkin menampilkannya di hasil pencarian.

Sebab, artikel-artikel yang sedang viral di media sosial ada kemungkinan akan dicari lagi di Google.

Sudah tentu Google tidak ingin ketinggalan untuk menampilkan informasi. Singkatnya, Google gak mau pengguna beralih ke Bing atau Yahoo, yang jelas-jelas sangat merugikan Google dalam hal marketing.

Tetapi bagaimana jika artikel itu bukanlah artikel yang viral seperti yang saya jelaskan diatas? Tidak jadi masalah.

Untuk membuktikan ini, anda bisa lakukan uji coba sendiri, dimana artikel yang baru saja anda terbitkan diposting di media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest atau media sosial lain.

Meski enggak sampe 1 detik, tapi proses indeksnya tetap lebih cepat. Dan ini adalah salah satu kekuatan media sosial yang harus dimanfaatkan semua blogger.

4. Posting URL di Youtube

Kalau punya Channel Youtube, coba manfaatkan hal itu untuk berbagi link blog di media sosial agar artikel yang baru anda posting di blog cepat terindeks Google.

Caranya gimana? Dengan memasukkan URL blog di deskripsi video. Oh iya, proses indexing Google untuk platform Youtube, yang juga merupakan milik mereka, dilakukan secara otomatis.

Artinya, jika ada video baru di posting, ia secara otomatis muncul di hasil pencarian Google pada kolom video Youtube.

Artinya, video itu sudah terindeks. Lantas, bagaimana Google tahu kueri yang cocok untuk video tersebut?

Apalagi kalau bukan deskripsi video. Artinya, Google membaca deskripsi video sebelum akhirnya menampilkan kueri yang sesuai untuk ditampilkan di SERPs.

Penutup

Selain empat cara diatas, anda juga bisa memanfaatkan cara-cara lain seperti fitur Pingshoot di Feedburner atau situs sindikasi artikel seperti Viva.co.id

Namun, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama. Dan bagi saya pribadi, cara paling efektif dan mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan poin pertama diatas.

Demikian artikel tentang 4+ cara agar artikel cepat terindex Google. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *