Percaya Atau Tidak, Inilah Bunga Terbesar Di Dunia

2 min read

Amorphophallus Titanium

Bunga Terbesar Di Dunia – Seorang kawan mengunjungi kebun raya di Estado Veracrruz, Meksiko belum lama ini. Dia pergi untuk melihat bunga terbesar di dunia yang hanya sekali mekar setiap 30-40 tahun sekali.

Bunga itu dapat mencapai ketinggian 7-12 kaki dan dengan berat mencapai 170 kilogram. Sayangnya, bunga ini hanya mekar selama kurang dari 3 hari! Akibat dari beratnya, bunga akan runtuh lalu layu.

Setelah bunga mati, satu daun akan tumbuh dari akar bawah tanah. Daun itu akan tumbuh pada batang yang bercabang menjadi tiga bagian dibagian atas tanaman.

Ketika saya melihat foto yang dikirimkannya saya tidak bisa mempercayainya bahwa ada bunga sebesar itu di dunia.

Amorphophallus Titanum: Bunga Terbesar Di Dunia

 

Foto dan informasi yang diberikan membuat saya melakukan penelitian singkat mengenai Amorphophallus Titanum.

Semakin banyak saya membaca tentang itu semakin rasa ingin tahu saya tumbuh. Inilah hasil yang saya pelajari tentang bunga tersebut.

Beberapa spesies tanaman tumbuh di hutan hujan Sumatera dan merupakan salah satu flora asli daerah tersebut. Sekarang, terancam punah atau hampir punah. Ini adalah salah satu tanaman paling aneh di dunia.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Tomat

Tidak menghasilkan daun dan tidak ada batang serta akar tetapi hidup sebagai parasit pada pohon anggur, Tetrastigma di hutan hujan. Hanya bunga yang bisa dilihat. Sisa dari tanaman ada sebagai filament dalam inangnya.

Fakta menakjubkan lainnya adalah bunga itu mekar karena diserbuki oleh lalat yang tertarik oleh aroma bunga.

Tumbuhan ini juga disebut sebagai tumbuhan mayat karena mengeluarkan bau jenazah atau daging yang membusuk. Bau inilah yang kemudian mengundang lalat atau serangga lain untuk mendekat dan siap disantap.

Amorphophallus Titanium (Corpse Plant): Bunga Terbesar Di Dunia Yang Hanya Mekar 40 Tahun Sekali

Ini adalah salah satu tanaman paling langka di bumi. Orang-orang mulai mempelajari tentang bunga ini pada tahun 1929. Mereka mencoba mengolahnya secara artifisial, tetapi karena tanaman membutuhkan waktu 9 hingga 21 bulan untuk agar kuntumnya keluar, percobaan mereka akhirnya gagal.

Royal Botanic Gaderns di Kew London kemudian berhasil membudidayakan salah satu tanaman ini dan pertama kali mekar pada tahun 1889.

Sejak waktu itu, setidaknya sudah ada 100 bunga yang mekar. Kebun Raya New York juga berhasil membudidayakan tanaman dan bunga pertama yang berhasil di dokumentasikan terjadi pada tahun 1937.

Baca Juga : 5 Tumbuhan Paling Langka Dari Seluruh Dunia

Untungnya, jumlah tanaman yang dibudidayakan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak jangan sekarang setidaknya sudah ada lima atau lebih mekar di kebun raya dari seluruh dunia dalam satu tahun terkahir ini.

Karena pekerjaan yang dilakukan oleh para ilmuwan tanaman, tanaman ini dapat di budidayakan dan benar-benar tumbuh pada wadah seperti yang anda lihat pada foto diatas.

Saya pikir ini luar biasa ketika anda menganggap bahwa tanaman itu adalah parasit yang biasanya tumbuh di pohon anggur saat hujan.

Ilmuwan mengumpulkan spesimen serbuk sari

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka akan melestarikan spesimen dari Amorphphallus ini. Minggu 21 juli 2003 lalu,

Salah satu berita internasional mengumumkan bahwa Amorphophallus yang langka dan indah akan mekar di kebun raya Amerika Serikat di Washington, DC. Orang-orang datang dari seluruh Amerika Serikat dan antri berjam-jam untuk melihat bunga yang satu ini.

Kebun raya AS setuju bahwa akan menjadi kepentingan sains untuk mempertahankan spesimen Amorphophallus sebelum benar-benar punah. Mereka tahun bahwa setelah tiga hari, bunga itu akan runtuh.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Pinus

Para ilmuwan kemudian mampu melestarikan spesiemen yang akan disimpan di Herbarium Nasional Amerika Serikat.

Karena karya para ilmuwan ini, tanaman ini akan terus hidup dan terus dilihat oleh orang-orang yang mengaguminya. Titanium Amorphpophallus juga mekar di Kebun Binatang Vleveland Metroparks

Pada tahun 1994, tumbuhan raksasa ini juga tumbuh di Kebun Binatang Cleveland Metroparks setelah 13 tahun menunggu, para ahli kebun mulai memperhatikan perubahan yang mengindikasikan bahwa bunga itu mekar. Fakta ini diketahaui dari Akuarium Nasional di Baltimore, Mariland.

Masyarakat disadarkan akan peristiwa yang akan datang dan pada hari dimana tanaman ini akan mekar, ada ratusan orang yang mengantri untuk melihat pamandangan yang telah lama ditunggu.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa UC Davis Botanical Conservatory di Davis, Califonia mempunyai sari titanium amorphophallus.

Baca Juga : 15 Fakta Menarik Tentang Nanas

Tanaman ini sudah mekar pada tahun 2013. Pabrik mereka, yang disebut dengan nama Ted The Titan mungkin telah berhasil mekar selama beberapa kali, meski setidaknya itu adalah hal yang tidak biasa.

  • Menerima benih pada tahun 1995
  • Pertama mekar pada tahun 2003
  • Mekar kedua pada tahun 2005
  • Mekar ketiga pada tahun 2007
  • Mekar keempat pada tahun 2009
  • Mekar kelima pada tahun 2011
  • Mekar ketujuh pada tahun 2013
  • Mekar kedelapan pada tahun 2015
  • Mekar kesembilan pada tahun 2017
  • Mekar ke sepuluh diperkirakan pada tahun 2019
Demikian artikel tentang Amorphophallus Titanium (Corpse Plant): Bunga Terbesar Di Dunia Yang Hanya Mekar 40 Tahun Sekali. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *