BRI Danareksa Sekuritas: Cara Buka Rekening Saham 2021, Verifikasi Data dan Trading Online

Mau tahu bagaimana cara buat rekening dana investor di BRI Danareksa Sekuritas? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Salah satu sekuritas terbaik yang bisa dijadikan tempat beli atau jual saham sekarang adalah Danareksa Sekuritas.

Danareksa sekuritas adalah anak perusahaan BRI dan sudah beridir sejak tahun 1992.

Karena itu, sekuritas satu ini layak dianggap sebagai pionir perusahaan yang bergerak di bidang pasar modal Indonesia.

Sejak kapan kepemilikannya di alihkan ke BRI? Sejak tahun 2021 saat 67% saham perusahaan dimiliki BRI dan sisanya, 33% dimiliki oleh PT Danareksa [Persero].

Reputasinya juga bagus dan sudah punya izin OJK dalam tiga bentuk yakni,

  • Sebagai penyedia jasa penasehat keuangan
  • Sebagai penjamin emisi, perantara perdangan saham dan obligasi
  • Serta, sebagai agen penjual reksadana

Oleh karena itu, untuk anda yang sering bertanya bagaimana cara buka rekening dana investor di BRI Danareksa Sekuritas atau buka rekening BRI Sekuritas, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Buka akun BRI Danareksa Sekuritas

Lantas, bagaimana cara daftar atau buka akun di BRI Danareksa Sekuritas? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Kunjungi eForm pendaftaran BRI Sekuritas

Pertama, kunjungi laman Opening Account atau e-form BRI Danareksa sekuritas untuk registrasi user. Agar lebih mudah, langsung klik tautan ini.

Tautan diatas langsung mengarahkan anda ke laman opening account. Jadi langsung isi nama, password, konfirmasi password, email dan nomor telepon. Kalau sudah, klik Submit data.

Akan ada pemberitahuan di bagian bar atas layar untuk memeriksa email aktivasi. Klik saja OK untuk melanjutkan.

2. Isi kode aktivasi

Jadi, langsung buka email yang sebelumnya di aktivasi untuk mencari tahu kode aktivasinya. Kode aktivasinya ada di badan email tepat dibawah URL aktivasi.

Setelah dapat kode aktivasi dari email OPENING ACCOUNT PT BRI Danareksa Sekuritas, kembali ke laman open account eReg BRI sekuritas.

Lalu pastekan kode aktivasinya di kolom kosong yang tersedia. Kalau sudah, klik tombol Submit dibagian bawah.

BRI Danareksa Sekuritas

Kalau kode aktivasinya benar atau valid, akan ada pemberitahuan dibagian atas bahwa anda sukses masukan kode aktivasi. Klik OK untuk melanjutkan

3. Login ke akun

BRI Danareksa Sekuritas

Anda kemudian dialihkan ke laman Login Account PT BRI Danareksa Sekuritas. Masukkan saja email dan Password di kolom ini lalu klik Submit dibagian bawah.

4. Isi data Registrasi Pembukaan Rekening Efek

Setelah itu anda diminta untuk mengisi data registrasi pembukaan rekening efek yang terdiri dari beberapa bagian.

Mulai dari data pribadi, data pekerjaan, data pasangan atau orang tua, profil resiko, informasi lainnya sampai kolom final input.

Agar jelas dan lengkap, berikut data-data apa saja yang wajib diinput saat buka rekening dana investor di BRI Danareksa Sekuritas, diantaranya:

a. Data Pribadi

BRI Danareksa Sekuritas

Untuk data pribadi, pertama akan ada pertanyaan: Apabila Anda nasabah BRI, cukup informasikan nomor rekening tabungan dan nomor handphone Anda yang terdaftar di sistem BRI agar proses pembukaan rekening efek menjadi lebih efisien dan Anda tidak perlu mengirimkan dokumen fisik.

Setelah itu, pilih Jenis rekening yang diinginkan apakah Reguler atau Syariah. Tidak bisa pilih keduanya.

Lalu input data pribadi pemohon Branch (Sentra Investasi Danareksa), No. Referal, Nama Sesuai Identitas, Jenis kelamin, agama dan status pernikahan.

Termasuk juga nomor telepon, nomor HP, nomor Fax, email, tempat lahir, tanggal lahir, Kewarganegaraan, nomor NPWP, Tanggal Terbit NPWP dan Alasan tidak mempunyai NPWP.

Juga status tempat tinggal, menempati sejak [tahun], nama gadis ibu kandung, nama pewaris, hubungan dengan pewaris, status pendidikan dan alamat koresponden.

Perhatikan, pada beberapa kolom ada kode * dibagian akhir. Jika ada kode tersebut, berarti kolomnya wajib diisi. Jika tidak, pembukaan rekening efek tidak akan di proses.

Di bagian bawah, anda juga diminta untuk memasukkan informasi lain mulai dari jenis kartu identitas, no kartu identitas, tanggal diterbitkan dan alamat kartu identitas.


Baca Juga:


Serta alamat lengkap anda mulai dari kode POS, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, negara serta alamat tempat tinggal.

Untuk alamat tempat tinggal diinput terlebih dahulu alamat sesuai KTP. Jika alamat anda sudah berbeda dengan domisili, akan muncul kolom inputan baru.

Kalau semua kolom data pribadi diatas sudah diisi, langkah berikutnya adalah klik Next untuk melanjutkan pembukaan rekening efek.

Atau, bisa pilih opsi SAVE jika belum ingin melanjutkan pembukaan rekening. Tergantung anda, mau pilih yang mana.

Oh iya, dibagian atas, pada pertanyaan apakah anda nasabah BRI dan kemudian memilih jenis rekening tabungan reguler, akan ada pertanyaan lanjutan.

Yakni, Apakah Anda nasabah Bank BRI? Jika pilih Ya, anda diminta untuk input nomor HP yang terdaftar serta nomor rekening.

Akan ada juga permintaan untuk memasukkan kode OTP guna memvalidasi nomor tersebut dan kolomnya akan muncul dibagian samping.

Jadi tunggu saja kode OTPnya masuk. Setelah masuk via SMS, input kodenya di kolom ini lalu klik Validasi OTP.

Akan ada pemberitahuan sukses validasi OTP BRI jika kode OTP, nomor rekening serta nomor HPnya benar.

b. Isi data pekerjaan

BRI Danareksa Sekuritas

Data CIF INDIVIDUAL kedua yang harus diisi berkaitan dengan pekerjaan pemohon mulai dari profesi, tempat usaha bekerja dan informasi lain.

Informasi lain ini apa? Ada banyak mulai dari aset anda, apakah punya credit card, email kantor usaha sampai alamat tempat usaha. Kalau sudah, klik Submit.

c. Isi data pasangan, orang tua atau wali

BRI Danareksa Sekuritas

Kolom CIF INDIVIDUAL selanjutnya berkaitan dengan data pasangan untuk yang sudah nikah atau data orang tua dan wali untuk yang masih single.

Misalnya nih, kalau data pekerjaan sebelumnya pilih Pelajar atau ibu rumah tangga, wajib isi data satu ini.

Apa saja kolom yang harus diisi? Ada beberapa. Mulai dari nama pasangan/orangtua/wali, hubungan dengan pemohon, tempat lahir dan informasi penting lainnya.

Untuk alamat bisa disesuaikan apakah pasangan, orang tua atau wali itu alamatnya sesuai alamat KTP atau sudah berbeda.

Di bagian bawah, anda juga diminta untuk mengisi informasi soal pekerjaan pasangan, orang tua atau wali.

Mulai dari profesi, nama tempat bekerja atau usaha, jabatan, nomor telepon tempat usaha sampai alamat pekerjaan tempat usaha.

Kalau semua data diatas sudah selesai diinput, langkah berikutnya adalah Next dibagian bawah. Jika mau simpan dulu, bisa klik SAVE.

d. Pilih profil resiko

BRI Danareksa Sekuritas

Berikutnya atur atau setting profil resiko rekening efek dengan cara menjawab beberapa pertanyaan yang ada, seperti:

  • Manakah dari pernyataan berikut ini yang menggambarkan tujuan investasi Anda? Apakah memperoleh pendapatan berkala yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, memperoleh pendapatan berkala namun sekaligus dapat memperoleh pertumbuhan atas nilai investasi atau memperoleh nilai investasi yang maksimum dalam jangka panjang
  • Berapa lama jangka waktu investasi Anda? apakah kurang dari 2 tahun, antara 2 sampai 5 tahun atau mungkin lebih dari 5 tahun
  • Dari keseluruhan harta (aset), yang anda miliki, berapa persen yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan? Apakah kurang dari 35%, antara 35% sampai 70% atau lebih dari 70%
  • Seberapa jauhkah pemahaman anda terhadap produk-produk investasi yang dikelola oleh BRI Danareksa Sekuritas? Jawabannya ada beberapa mulai dari hanya mengetahui secara terbatas bahwa produk reksadana yang dikelola berbeda dengan deposito dan didalamnya mengandung risiko investasi, cukup memahami mekanisme kerja dari produk reksadana yang ada atau sangat memahami mekanisme kerja dari produk reksadana, jenis-jenis produk yang ada, serta memiliki pengalaman dalam berinvestasi
  • Manakah dari pernyataan berikut ini yang menggambarkan tingkat kenyamanan Anda dalam menerima risiko investasi? Apakah tidak menyukai dan tidak siap menerima hasil investasi yang negatif, dapat menerima risiko fluktuasi investasi dalam jangka pendek, selama tetap terkendali dan dalam trend pertumbuhan yang positif dan bersedia menerima risiko fluktuasi investasi yang tinggi, guna mendapatkan pertumbuhan nilai investasi yang tinggi dalam jangka panjang
  • Bagaimana pandangan Anda mengenai kemungkinan Anda kehilangan sebagian dari pokok investasi Anda? Apakah tidak ingin menderita kerugian apapun dari investasi tersebut karena akan mengganggu pendapatan bulanan, dapat menerima sedikit fluktuasi investasi, termasuk kerugian tertentu, karena saya melakukan investasi untuk jangka panjang atau tidak keberatan dengan kemungkinan menderita kerugian, karena telah menyediakan dana cadangan untuk kebutuhan rutin.

Isi semua sesuai dengan profil resiko yang diinginkan. Perhatikan, ga ada opsi lain selain jawaban yang sudah sediakan.

Setelah menjawab semua pertanyaan diatas, klik Next untuk lanjutkan pembukaan rekening efek BRI Danareksa Sekuritas.

e. Isi informasi data rekening dan data perdagangan

BRI Danareksa Sekuritas

Selanjutnya isi dua jenis informasi soal rekening dan data perdagangan mulai dari type rekening, nama pemilik rekening, nama bank dan nomor rekening.

Termasuk juga apakah anda pernah menjadi nasabah Danareksa, pengalaman investasi, sampai tujuan tujuan investasi.

Dibagian bawah, ada kolom informasi lainnya. Di sini anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah Anda atau anggota keluarga Anda bekerja pada perusahaan efek lain, Bursa Efek, Perusahaan yang diatur oleh Bursa Efek/OJK, Bank, Asuransi atau lembaga keuangan sejenisnya?
  • Apakah Anda sudah memiliki Rekening Efek pada perusahaan Efek lain?
  • Anda mengetahui aplikasi eform ini dari?
  • Apakah Anda atau anggota keluarga Anda Karyawan/ Direktur di PT Danareksa (Sekuritas) dan atau Anak Perusahaannya?
  • Apakah Anda memiliki 5% atau lebih saham suatu perusahaan publik?

Silahkan beri jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang ada. Kalau sudah, langsung klik Next dibagian bawah.

f. Preview final input opening account BRI Sekuritas

BRI Danareksa Sekuritas

Nantinya anda akan diarahkan ke laman preview semua kolom yang sebelumnya diinput. Bisa cek dulu semua informasinya apakah sudah benar semuanya atau belum.

Kalau benar, scrooll kebawah untuk memilih RDN [Rekening Dana Nasabah] dan Lampirannya.

Untuk RDN, langsung pilih BRI atau bank lain yang diinginkan. Setelah itu, anda diminta untuk upload foto identitas mulai dari KTP dan NPWP, Foto diri bersama KTP, scan cover tabungan dan scan tanda tangan.

Terakhir, setujui syarat dan ketentuan dibagian bawah dengan cara centang saya setuju untuk beberapa informasi seperti:

  • Saya/kami telah mengisi formulir Aplikasi Rekening Efek Nasabah dengan sebenar-benarnya dan telah memahami dengan baik hasil interpretasi atas pengisian formulir tersebut.
  • Saya/kami menyatakan bahwa dengan menandatangani formulir Aplikasi Rekening Efek Nasabah, saya/kami menyatakan telah menerima salinan syarat & ketentuan Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Nasabah, serta menyetujui dan tunduk kepada seluruh syarat dan ketentuan Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Nasabah yang menjadi dasar dari hak dan kewajiban saya/kami yang sah dan mengikat secara hukum dalam melakukan transaksi Efek melalui Danareksa.
  • Saya/kami mengetahui bahwa pembukaan rekening ini sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 5 Undang-Undang Republik Indonesia No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik
  • Saya memberikan kuasa penuh kepada PT. BRI Danareksa Sekuritas untuk melakukan pembukaan Rekening Dana Nasabah di BRI

Setelah menyetujui semua ketentuan dan pernyataan diatas, langkah selanjutnya adalah klik Submit lalu lakukan verifikasi data nasabah.

5. Verifikasi data nasabah

Tahap terakhir adalah verifikasi data nasabah. Dimana, anda akan dihubungi oleh petugas untuk atur jadwal dan alamat pengambilan dokumen.

Sayangnya, hanya kota-kota tertentu saja yang bisa tatap muka dengan petugas. Bagaimana jika tak ketemu sama petugas?

Soal ini saya belum tahu pasti. Apakah memang daftarnya bisa full online atau harus ketemu petugas.

Kalau ada yang pernah punya pengalaman buka rekening satu ini, bisa sampaikan di kolom komentar.

Perhatikan juga, jika anda tidak punya rekening BRI, selain bertemu petugas, anda juga bisa kirim dokumen pendaftaran ke kantor BRI Sekuritas pusat.

Untuk alamatnya bisa kunjungi situs BRI Danareksa Sekuritas dan salin alamatnya di kolom kosong yang tersedia.

Artinya, proses verifikasi data saat buka rekening efek BRI Danareksa Sekuritas kurang lebih sama seperti di BNI Sekuritas.


FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait dengan postingan ini seperti:

1. Berapa Fee transaksi Danareksa Sekuritas

Untuk fee transaksinya, bagi saya pribadi, cukup kompetitif. Fee belinya dalam kisaran 0,17% dari total transaksi.

Sementara, untuk fee jual berkisar 0,27%. Yang tentu saja, sedikit lebih murah dibanding platform lain, Indoprimer atau Philip Sekuritas misalnya.

Hanya saja, masih kalah sama Mirae Asset Sekuritas atau RHB Sekuritas. Namun disesuaikan juga sama jenis rekening dana investor,

Karena beda RDI beda juga feenya. Agar jelas, lihat fee transaksi jual atau beli untuk jenis tabungan di BRI Danareksa pada tabel dibawah ini:

KeteranganRekening regulerRekening online
KeuntunganTersedia layanan account executiveTransaksi mandiri tanpa layanan account executive
FeeBeli 0,25% dan jual 0,35%Beli 0,17% dan jual 0,27 persen
DepositMinimal Rp25 jutaRp5 juta

2. Apa saja keuntungan buka rekening BRI Danareksa sekuritas?

Jika buka RDI di BRI Danareksa Sekuritas, ada berbagai keuntungan yang didapat, diantaranya:

  • Bisa pilih berbagai jenis instrumen investasi untuk satu rekening saja. Artinya, bisa atur portofolio dengan mudah ke berbagai instrumen efek
  • Bisa transaksi saham, beli atau jual obligasi baik itu dari pemerintah seperti ORI, SUKRI atau Korporasi
  • Bisa beli dan jual produk reksadana yang diterbitkan sendiri oleh BRI Danareksa sekuritas
  • Transaksi full online tanpa lewat broker atau tenaga penjual karena bisa beli produk langsung dari aplikasi D’One yang bisa di unduh atau di download di Google Play Store atau App Store

Terakhir, jika buka produk danareksa multi investment account online, anda akan dapat tambahan kemudahan dan fitur spesial.

3. Apa saja jenis rekening yang bisa dibuka secara online di BRI Danareksa Sekuritas?

Ada tiga jenis rekening yang tersedia di sekuritas satu ini yakni Rekening reguler, rekening online dan rekening syariah.

4. Apa saja aplikasi trading yang disediakan oleh Danareksa Sekuritas?

Untuk saat ini ada tiga pilihan trading yang disediakan oleh BRI Danareksa Sekuritas, diantaranya:

  • Jika pakai dekstop atau laptop, bisa instal Danareksa Online TradePro yang dilengkapi dengan analisis teknikal yang memungkinkan pengguna mengalaisis pasar dengan mudah dan sederhana. Hanya saja, ada kriteria tertentu agar bisa instal aplikasi ini di desktop atau laptop, yakni: Harus menggunakan Pentium IV, RAM 512 MB, punya Hard Disk yang free space sebesar 5GB, OS Microsoft minimal Windows XP dan koneksi internet yang stabil
  • Kedau ada Danareksa webtrade yang berbasis web sehingga pengguna atau nasabah bisa transaksi lewat jaringan internet dimana saja dan kapan saja, sepanjang ada koneksi internet. Jadi tidak perlu pakai aplikasi tambahan
  • Danareksa Online Mobile yang merupakan aplikasi Danareksa Sekuritas khusus HP yang bisa di unduh di Google Play Store atau App Store

5. Bagaimana cara trading atau beli saham di BRI Danareksa Sekuritas?

Sebelum beli saham pastikan anda sudah registrasi dengan mengikuti panduan-panduan diatas.

Setelah itu, pastikan juga apakah anda sudah dapat rekening saham atau RDN termasuk Username dan Password.

Jika sudah, pilih mau trading dimana apakah pakai Danareksa Online Trade Pro, Danareksa Webtrade atau Danareksa Online Mobile.

Sebagai contoh, jika mau pakai aplikasi D’One, langsung unduh aplikasinya dan masuk pakai email dan password.

Setelah masuk ke beranda aplikasi, klik tombol Trade> Order Ticket> lalu pilih saham yang mau dibeli, BBRI [kode saham Bank BRI] misalnya.

Akan muncul harga per lot didalam aplikasi, nah bisa beli atau set pembelian di harga yang sudah ditentukan.

Contohnya nih, jika harga sekarang Rp3000 per lembar saham, bisa set di angka 2.900. Dan saat harga rekeningnya diangka itu, otomatis saham akan dibeli.

Penutup

Salah satu sekuritas yang juga bisa dipertimbangkan untuk beli saham atau trading sekarang ini adalah BRI Sekuritas.

Jadi, bisa buka RDI di anak perusahaan BRI satu ini untuk beli saham BRI atau mungkin trading saham perusahaan lain.

Demikian artikel tentang BRI Danareksa Sekuritas: Cara buka rekening saham, verifikasi data dan trading, Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar