34+ Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa Yang Menguntungkan

16 min read

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Sebenarnya ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Beberapa diantaranya akan saya ulas di artikel ini.

Daftar dibawah tidak melulu soal bisnis tetapi juga pekerjaan yang bisa dilakoni oleh anda untuk tambah-tambah uang jajan atau mungkin untuk membantu orang tua dalam membiayai sekolah dan kuliah anda.

Dengan demikian, beberapa bisnis dibawah ini bisa dilakukan oleh mereka yang sedang duduk di bangku Sekolah Dasar [SD], Sekolah Menengah Pertama [SMP] dan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan [SMA & SMK].

Sementara, jika anda sudah berstatus mahasiswa dan ingin cari uang untuk beli buku, bayar UKT atau untuk bayar kos-kosan bisa cari pekerjaan sampingan.

Bagi saya pribadi, ada banyak alasan mengapa anda, sebagai pelajar atau mahasiswa, harus punya bisnis atau pekerjaan sampingan sejak dini, diantaranya:

  • Memungkinkan anda untuk mandiri secara finansial
  • Mengajarkan anda untuk menghemat
  • Mengajarkan anda untuk tidak gengsi dan malu
  • Untuk memaksimalkan semua cara yang memungkinkan anda dapat uang secara halal
  • Mengajarkan anda untuk bersikap seperti seorang wirausahawan
  • Bisa dapat uang dari hobi, pekerjaan atau bisnis yang ditekuni
  • Dan lain sebagainya

Pada akhirnya, anda sendirilah yang akan menikmati semua keuntungan diatas baik langsung ataupun tidak.

Yang mungkin saja dimasa depan, anda tidak termasuk satu dari sekian banyak orang yang bingung cari kerja.

34+ Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa Yang Menguntungkan

Tanpa perlu berlama-lama berikut disajikan 34 bisnis untuk pelajar dan mahasiswa. Lantas, bisnis apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Les Private

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Les private adalah salah satu bisnis yang cocok dilakoni mahasiswa terlebih khusus mahasiswa jurusan ilmu eksakta seperti matematika, Fisika atau mungkin bahasa asing.

Salah satu kelebihan dari bisnis ini adalah anda bisa menentukan kapan akan memberikan les termasuk lokasinya.

Artinya, les tersebut tidak harus dilakukan secara door to door kepada mereka yang menggunakan jasa anda.

Untuk tarif bisa disesuaikan sama kesepakatan namun tetap bergantung pada beberapa aspek dibawah ini, seperti:

  • Durasi les
  • Siapa yang akan diberikan les apakah siswa Sekolah Dasar [SD], Sekolah Menegah Pertama [SMP] atau mungkin anak SMA dan SMK
  • Tujuan memberikan les
  • Lokasinya dimana
  • Jam berapa anda akan memberikan les

Bagi saya pribadi, les privat semacam ini punya simbiosis mutualisme baik untuk peserta les privat dan mahasiswa itu sendiri.

Karena selain bisa mengajarkan materi secara langsung kepada anak-anak yang belum memahami pelajaran di sekolah anda juga bisa mempraktikan teori yang didapat selama kuliah.

Terlebih jika anda mengambil jurusan kuliah pendidikan yang kelak akan berguna setelah anda jadi guru nantinya.

Jika kesulitan menentukan aspek teknis tentang les privat yang diberikan, anda bisa manfaatkan teknologi yang ada.

Caranya? Dengan buat video pembelajaran untuk kemudian di posting di Youtube atau mungkin di aplikasi pembelajaran daring semacam Ruang Guru.

Jika tak ingin terlalu formal, bisa buat tutorial sesuai keahlian anda. Misalnya, jika anda kuliah di jurusan matematika, maka anda bisa buat video khusus tentang pelajaran matematika, bagaimana menyelesaikan soal hitung-hitungan termasuk rumus-rumusnya.

Lalu posting di Skill Academy atau di platform kursus lain seperti Udemy. Dari sini juga anda bisa dapat uang.

2. Investasi saham

bisnis untuk pelajar

Banyak kok mahasiswa dan pelajar yang sudah terjun ke bisnis yang satu ini entah itu reksadana, P2P lending, investasi emas hingga trading.

Dan mungkin saja beberapa dari mereka sudah cuan berkali-kali. Hanya saja, jika anda ingin terjun ke dunia investing jangan berpikir untungnya dulu.

Sebab bisa saja anda rugi. Karena itu, sebelum terjun ke dunia investasi, baiknya anda pelajari dulu bahasa-bahasa trader, risknya termasuk mekanisme pembelian saham.

3. Make Up artist

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Suka make up? Pengen dapat uang dari kegiatan tersebut? Coba bisnis yang satu ini. Oh iya, bisnis ini bisa dilakoni oleh siapa saja termasuk anak SMP, SMA atau mungkin mahasiswi yang sedang kuliah.

Bisnis make up artist enggak lihat ijazah anda. Yang terpenting anda bisa merias wajah orang lain itu sudah lebih dari cukup.

Untuk poin ini anda bisa bekerja jadi karyawan salon atau membuka bisnis sendiri dengan target konsumen orang-orang yang baru nikah atau model.

Enggak ada salahnya kalau anda merintis bisnis ini sedari SMA atau saat anda berkuliah karena bisa dijadikan modal untuk membuka bisnis make up artist lebih besar lagi.

Jika bingung skema bisnisnya dan enggak punya koneksi untuk mengaplikasikan kemampuan tersebut coba saja buat video tutorial di Youtube dengan cara jadi beauty vlogger.

Niche yang dipilih tentu saja berkaitan dengan make up yang didalamnya bisa berisi rekomendasi produk make up pada orang lain, review produk dan lain sebagainya

Jika blog atau channel anda sudah populer ada kemungkinan anda akan dapat tawaran kerja sama dengan brand atau perusahan untuk endorse produk mereka.

4. Jadi Influencer

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Jadi influencer enggak perlu ijazah atau keahlian spesifik lain. Yang terpenting anda punya akun media sosial yang pengikutnya banyak.

Jika punya followers yang banyak di medsos, Instagram misalnya, manfaatkan hal itu untuk dapat duit.

Enggak perlu lakukan promo sana sini jika anda belum ahli, cukup bergabung dengan platform influencer marketing terbaik saat ini seperti SociaBlade, SocialBuzz, Sosiago, JAG rewards dan lain sebagainya.

Cara dapat uangnya gimana? Mekanismenya gimana? Platform diatas rata-rata hanya meminta anda untuk mendaftar.

Setelah mendaftar akan ada task atau permintaan posting di media sosial. Tinggal ajukan task dan kalau diterima, maka anda akan mempromosikan produk tersebut di media sosial milik anda.

Jika sudah diapprove anda akan langsung dapat duit. Pekerjaan semacam ini pun tidak butuh preferensi khusus seperti usia, pekerjaan dan gender.

Artinya, siapa saja bisa jadi influencer. Dengan demikian, jika anda punya pengikut Instagram atau TikTok yang banyak, maksimalkan akun tersebut untuk dapat duit.

5. Jualan snack atau keripik

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Bisnis yang satu ini cocok di lakoni oleh siapa saja baik itu anak SD, SMP, SMA hingga mahasiswa. Yang terpenting anda tidak gengsi saat jualan keripik. Toh usaha yang anda lakukan itu halal.

Saya pernah punya teman SMP yang sejak kelas I sampai kelas III selalu jualan keripik buatan ibunya yang kadang dititipkan di Kantin kadang juga di jual secara langsung.

Selama jualan keripik, cerita Ibunya, ia sudah tidak pernah meminta uang jajan. Bahkan, ia punya tabungan yang cukup untuk bayar uang SPP setahun.

Artinya, hanya dari jualan keripik itu ia sudah bisa memenuhi kebutuhan pribadinya baik langsung ataupun tidak langsung.

Meski omsetnya kecil tapi jika ditekuni dengan baik maka lama-lama akan menjadi bukit. Kawan saya itu, hingga hari ini sudah punya RM sendiri yang cukup ramai dengan tetap jualan keripik.

6. Jasa translete bahasa

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Anda mahasiswa jurusan Bahasa? Inggris atau Prancis misalnya? Coba buka bisnis yang berkaitan dengan jurusan tersebut.

Caranya? Dengan membuka jasa translete bahasa secara daring. Untuk membuka jasa semacam ini anda bisa bikin blog khusus atau mungkin bergabung sama situs freelance semacam Fiverr atau Fastwork.

Jasa translete pun bisa disesuaikan sama keinginan anda apakah ingin fokus pada satu topik saja yakni translete atau melibatkan jasa lain yang berkaitan.

Seperti membuka jasa writing translation, penulisan artikel sesuai dengan kemampuan yang dimiliki atau mungkin jasa proofreading.

Untuk harganya tergantung panjang konten yang akan diterjemahkan atau ditulis. Saat ini, jasa penulisan konten berbahasa Inggris dihargai Rp. 15.000 per 300 kata.

7. Bisnis jualan pulsa

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Siapa sih yang enggak butuh pulsa? Entah itu pulsa [kuota] Internet, Pulsa elektrik, Pulsa Listrik dan lain sebagainya.

Saya yakin sebagian besar orang pasti butuh, termasuk saya 😀 . Dan untuk anda yang masih mahasiswa atau pelajar, bisa coba bisnis yang satu ini.

Target konsumen bisa siapa saja mulai dari teman kelas, teman kos, sejawat dan lain sebagainya. Keuntungan yang didapat pun lumayan.

Per penjualan anda bisa dapat untung 2000 Rupiah atau mungkin lebih. Menariknya, bisnis jualan pulsa bisa diatur sendiri omsetnya.

Karena semakin besar nominal pulsa yang dibeli maka harganya semakin murah. Sebagai contoh, jika ada orang yang beli pulsa elektrik 50.000 harganya awalnya adalah 49.000 atau mungkin kurang untuk beberapa provider.

Jika anda jual dengan harga pasaran pada umumnya maka keuntungan anda bisa 3.000 untuk sekali pembelian.

Artinya, jika anda menargetkan keuntungan yang setara untuk pulsa nominal apapun, omset yang didapat sudah pasti besar. Cukuplah untuk beli buku baru di akhir semester.

8. Jasa pengetikan naskah

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Anda punya laptop atau komputer? Jika ada, coba manfaatkan perangkat tersebut dengan membuka jasa pengetikan naskah.

Daripada laptop atau komputer milik anda hanya dipakai nonton drakor teroos mending digunakan untuk cari uang.

Ada dua konsep bisnis yang bisa anda tawarkan yakni jasa pengetikan naskah offline dan pengetikan naskah online.

Kalau yang online mah bisa tawarkan ke situs freelance semacam fastwork atau Project.co.id. Jika tak mau repot, coba dulu cari konsumen di dekat-dekat anda.

Jika anda masih mahasiswa atau pelajar cari konsumen teman-teman kelas anda. Biayanya tergantung dari panjang naskah yang diketik. Kalau banyak, harganya tentu lebih tinggi.

Disisi lain, anda juga bisa memanfaatkan perangkat anda tersebut lebih jauh, dengan cara membuat desain grafis, blog, buat channel Youtube atau melakukan siaran langsung berbayar yang semuanya akan saya ulas di artikel ini.

9. Desain baju dan kaos

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Banyak teman-teman kuliah saya yang hobi buat desain baju untuk dijual baik dalam bentuk ide desain atau baju yang sudah jadi.

Dua konsep bisnis ini memungkinkan anda dapat duit dengan mudah dan praktis karena yang anda butuhkan hanyalah aplikasi pengeditan foto.

Bisnis ini punya peluang yang besar dan beragam. Dengan demikian, permintaan akan desain baju akan terus tumbuh seiring waktu berjalan.

Anda juga bisa buka jasa desain khusus seperti baju couple, baju tim olahraga hingga baju khusus untuk organisasi, OSIS untuk sekolah dan UKM untuk kampus misalnya.

Dengan kata lain, jika anda punya ide-ide segar dan unik bisa manfaatkan hal itu untuk dapat duit terlebih jika anda ingin bantu-bantu orang tua untuk bayar SPP atau untuk beli buku.

10. Tulis buku

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Kalau yang ini mah lebih cocok untuk anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Untuk genre buku yang ditulis bisa disesuaikan sama minat anda. Misalnya, jika anda suka baca novel romantis bisa buat novel pada genre tersebut.

Jika anda suka baca komik, bisa buat komik baik digital atau bukan. Jika anda masih duduk di bangku SMA atau SMP, bisa buat cerpen atau cerber dulu.

Sebab agak sulit jika harus menulis buku sendiri terlebih untuk novel atau buku referensi karena harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap penulisan.

Tapi jika anda masih berstatus pelajar dan sudah bisa tulis buku sendiri maka itu jadi keunggulan tersendiri buat anda.

Hanya saja, untuk menulis buku butuh waktu yang lumayan lama. Dan anda harus melalui berbagai tahap seperti:

  • Riset tema buku
  • Penulisan
  • Pengeditan
  • Pengiriman naskah ke penerbit
  • Penyuntingan editor dan tata bahasa
  • Penerbitan
  • Pendistribusian ke toko buku

Yang mungkin saja butuh waktu 6 bulan sampai 1 tahun sampai akhirnya buku karya anda siap dibaca orang lain.

Bayarannya gimana? Setahu saya, sistem pembayaran dari penerbit ke penulis berdasarkan royalti. Besarannya tergantung penerbit ada yang 10% hingga 30%.

Kalau buku atau novel anda laku keras tentu pendapatan atau penghasilan anda semakin tinggi. Bisa kaya mendadak seperti mas Andrea Hirata, empunya Laskar Pelangi.

11. Buat aplikasi android atau iOS

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Poin ini cocok untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan Komputer [TIK] atau anak-anak SMK yang suka otak atik script.

Untuk membangun sebuah aplikasi baik Android dan iOS memang butuh waktu sebab anda harus belajar bahasa pemograman baik untuk front-end, back-end dan full-stack.

Itu belum lagi penyempurnaan program dan bug yang kadang-kadang bikin pening kepala. Tapi, ini jadi nilai tambah buat anda yang sedang berusaha merintis aplikasi pertama anda.

Dan pekerjaan macam ini bisa dirintis oleh anda baik yang masih berstatus mahasiswa atau yang sedang duduk di bangku SMA.

Kalau enggak mau repot bangun program bisa beli source codenya untuk kemudian dirilis di Play Store atau App Store.

Untuk dapat uang dari Aplikasi tergantung keinginan anda. Umumnya, developer aplikasi dapat uang dari iklan AdMob [AdSense mobile], Facebook App Ads dan lain sebagainya.

Jika aplikasi itu populer maka anda bisa lanjut ke tahap berikutnya dengan mengembangkannya secara profesional.

12. Artis atau Aktor

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Dua pekerjaan diatas bisa ditekuni oleh anda yang punya privilese tertentu seperti yang sekolah atau kuliah di ibu kota dimana industri perfilman itu menjamur.

Di poin ini anda bisa jadi aktor film, sinetron atau mungkin figuran saja [yang terpenting jangan jadi penonton bayaran 😀 ]

Sementara, jika anda punya bakat yang spesifik entah itu nyanyi, bermain musik atau mungkin sulap, bisa ubah kemampuan tersebut dengan menjadi artis atau ikut kontes di TV.

Sama seperti profesi lain, artis dan aktor enggak butuh ijazah. Yang terpenting anda punya bakat plus unsur penunjang lain, face misalnya.

13. Jadi blogger

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Kalau ini mah sudah banyak yang menggelutinya. Bahkan ada beberapa orang yang masih duduk di bangku SMP tapi sudah berhasil payout ratusan jutaan rupiah dari AdSense.

Bukan hanya anak-anak SMP, anak SMA juga demikian. Apalagi mereka yang sudah duduk di bangku perkuliahan alias sudah berstatus mahasiswa.

Menjadi blogger bisa mengajarkan anda banyak hal. Mulai dari belajar untuk disiplin dan patuh pada peraturan mesin pencari, mengajarkan anda produktif dalam membuat karya yang berkualitas, bernilai dan sesuai dengan trendsetter.

Jika anda pengen jadi blogger, tapi belum tahu caranya, silahkan baca beberapa artikel saya sebelumnya tentang:

Saran saya sih, jika anda terjun ke dunia blogging, buat dulu di blogger karena selain gratis, anda bisa belajar bagaimana mengelola blog dari basicnya.

Di blogger, anda bisa belajar SEO secara manual, bagaimana mengatur template atau tema website yang sesuai kebutuhan dan lain sebagainya.

Plus, anda bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense apabila konten anda sudah layak di monetisasi.

Sah-sah saja jika anda buat blog gratisan di WordPress.com karena bisa juga di monetisasi dengan WordAds.

Hanya saja, untuk mendapatkan penghasilan di WordAds, trafik blog anda sudah harus banyak termasuk jumlah artikelnya.

Jika belum, maka anda bisa menunggu, bersabar sembari terus membuat konten yang berkualitas tinggi.

14. Youtuber

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Setelah di akuisisi Google, Youtube menjelma menjadi salah satu situs berbagi video paling populer di dunia.

Popularitas Youtube ini bukan karena ia dimiliki oleh mesin pencari terbesar di dunia tapi karena konten yang disajikan didalamnya dimana seluruh video yang ada di Youtube berasal dari pihak ketiga.

Dan para pihak ketiga ini tentu enggak mau posting video di Youtube jika tak ada benefit yang didapat oleh mereka.

Artinya, para pihak ketiga ini bisa dapat uang hanya dari video yang mereka posting di platform ini. Caranya? Dengan bergabung jadi mitra AdSense.

Jika anda masih pelajar entah itu SD, SMP, SMA atau mungkin yang sudah duduk di bangku perkuliahan bisa manfaatkan Youtube untuk dapat duit.

Untuk cara buat channel dan cara mendapatkan uang dari Youtube silahkan baca artikel saya sebelumnya disini.

15. Podcaster

Kalau anda jago bercerita atau berbicara tapi punya kepribadian introvert atau tidak mau tampil didepan umum, bisa jadi podcaster.

Jadi podcaster itu seolah-olah mengubah seseorang jadi penyiar radio. Istilah kerennya, radio broadcasting wannabe.

Pasar podcaster juga sangat besar dan ini terlihat dari persentase pertumbuhan penggunanya yang naik 50% setiap tahun.

Dan anda bisa ikut ambil bagian dari pertumbuhan itu baik sebagai pendengar atau sebagai creator. Dalam konteks creator berarti anda jadi podcaster atau orang yang membuat podcast.

Untuk membuat podcast anda bisa memanfaatkan berbagai platform atau aplikasi pembuat podcast. Tentang tata cara pembuatannya silahkan baca artikel saya sebelumnya disini.

Lantas, bisakah dapat uang dari Podcast? Tentu saja bisa dan ada banyak cara. Mulai dari memasarkan produk sendiri, affiliasi, iklan dan lain sebagainya.

16. Jadi reseller 

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Kalau anda suka jualan produk, jadi reseller atau dropship cocok dilakoni oleh anda. Oh iya, dua istilah ini punya perbedaan yang cukup signifikan, berikut perbedaannya:

  • Reseller berarti anda menjual produk yang sudah dibeli dari penyedia langsung atau mungkin dari marketplace sebelum dijual lagi pada konsumen
  • Dropship adalah kegiatan memasarkan barang dari supplier atau dari marketplace tanpa dibeli

Memang sih, dua pekerjaan ini mengharuskan anda berinteraksi sama supplier dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Agar barang itu laku sebaiknya anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui produk apa yang banyak dicari oleh calon konsumen anda.

Dan biasanya, pekerjaan semacam ini banyak digeluti oleh ciwi-ciwi SMA dan mahasiswi. Untuk produk yang dijual sebagian besar berupa pakaian, skincare, serum dan seterusnya.

Tapi bukan berarti cowok-cowok atau mahasiswa enggak bisa jadi reseller atau dropship. Bisa kok, yang terpenting anda tidak gengsi saat memasarkan produk tersebut.

Untuk anda cowo-cowo baik yang berstatus pelajar dan mahasiswa, ada beberapa produk yang sering dibeli oleh konsumen pria, diantaranya:

  • Baju olahraga
  • Sepatu olahraga
  • Tas
  • Korektor postur tubuh
  • Dan lain sebagainya

17. Dropship

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Sebenarnya, pengertian dropship sudah saya jelaskan diatas jadi saya enggak perlu jelasin panjang lebar lagi.

Bagi saya pribadi, jadi dropship lebih bagus ketimbang jadi reseller karena tidak butuh modal apa-apa saat jualan.

Disini anda hanya perlu mempromosikan suatu produk dari supplier atau toko online kepada calon konsumen.

Misalnya, jika anda siswi atau mahasiswi bisa jualan skincare atau alat-alat kecantikan lain. Sementara siswa atau mahasiswa bisa jualan baju dan sepatu.

Untuk dapat uang dari dropship caranya gimana? Dari komisi penjualan yang anda lakukan. Salah satu keuntungan dari dropship adalah anda bisa mengatur berapa komisi yang didapat.

Misalnya, ada produk skincare A yang lagi tren dipakai ciwi-ciwi saat ini dengan harga 30.000. Hanya saja, produk tersebut adanya di Jakarta dengan ongkir maksimal 60.000 untuk wilayah Papua.

Berarti, jika anda tinggal di Biak, harga barang ditambah ongkir adalah 90.000. Untuk dapat komisi yang sesuai maka anda bisa jual skincare A tersebut dengan harga 100.000 atau 105.000

Komisi 10 ribu atau 15 ribu itulah yang jadi keuntungan anda. Ini hanya satu barang, bayangkan jika yang beli barang itu ada 100 orang maka pendapatan anda bisa sejuta.

Cukuplah untuk beli beli buku atau untuk memenuhi kebutuhan anda, termasuk kuota internet agar bisnis yang anda lakoni itu tetap jalan.

18. Main aplikasi berbayar

aplikasi penghasil pulsa

Kalau yang ini mah bisa dilakoni oleh siapa saja, termasuk anda yang duduk di bangku SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Ada banyak sekali aplikasi berbayar di Google Play Store atau iOS store. Jadi tinggal pilih aplikasi mana yang sesuai dengan sistem operasi ponsel anda.

Jika tak mau repot, silahkan baca artikel saya sebelumnya yang secara khusus membahas deretan aplikasi penghasil uang dibawah ini, seperti:

Semua artikel diatas selalu saya update sehingga bisa dipilih mana aplikasi penghasil uang baru dan mana aplikasi penghasil uang paling legit.

19. Jual jasa desain grafis

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Jika anda suka buat desain dalam format apapun, cara menghasilkan uang yang satu ini cocok untuk anda.

Dan sudah banyak orang yang berhasil payout ratusan dollar hanya dengan menjual produk desainer grafis, langsung atau tidak.

Untuk menjadi seorang desainer grafis, enggak perlu modal besar karena yang anda butuh hanyalah laptop atau komputer dan aplikasi pengeditan seperti Photoshop atau Dreamweaver.

Jika desainnya sudah jadi, selanjutnya apa? Silahkan jual ke situs mikrostock seperti freepick, shutterstock dan lain sebagainya.

20. Jualan foto

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Kalau anda suka foto-foto baik dengan kamera DSLR atau kamera ponsel, coba manfaatkan hasil foto buatan anda itu untuk dapat uang.

Caranya? Dengan bergabung ke situs jual beli foto online yang banyak tersedia sekarang ini seperti Getty Images dan Shutterstock.

Prinsip jualannya sama seperti desain grafis yang sudah saya ulas diatas. Dengan kata lain, jika foto anda populer maka penghasilan anda semakin banyak.

Selain dua situs jualan foto diatas, anda juga bisa menjualnya ke situs lain yang daftarnya sudah saya ulas pada dua artikel sebelumnya, yakni:

21. Ikut kontes game

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Saya yakin, sebagian besar dari anda pernah bermain game, kan? Baik game desktop atau ponsel, PUBG misalnya.

Jika kegiatan tersebut dimaksimalkan dengan baik maka anda bisa dapat uang dengan mudah hanya dengan bermain game.

Cara yang paling populer untuk menghasilkan uang dari game adalah dengan mengikuti kontes game atau eSport baik yang diselenggarakan secara lokal, nasional ataupun internasional.

Saya sendiri pernah punya siswa – iya, saya guru 😀 – yang selalu ikut kontes game mewakili provinsi di lomba eSport nasional.

Selama mengikuti kontes ia dan timnya beberapa kali jadi finalis turnamen. Dan ternyata, hadiah yang didapat dalam kontes tersebut 5 kali lipat dari gaji saya. So sadlah!

22. Berburu bitcoin

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Popularitas bitcoin sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak orang yang bisa cuan puluhan juta rupiah hanya dengan berburu bitcoin.

Bitcoin sendiri adalah mata uang blockchain yang tidak punya bentuk fisik, namun bisa ditukar menjadi uang.

Untuk saat ini, harga 1 bitcoin setara dengan 100 juta Rupiah lebih. Dan ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari bitcoin, seperti:

  • Mining
  • Exchange aset kripto
  • Faucet
  • Dan lain sebagainya

Jika anda suka kehidupan internet dan pengen menghasilkan uang dari situ, berburu bitcoin bisa jadi solusinya.

Cara ini pun enggak kalah populer sama cara-cara yang sudah saya jelaskan diatas. Dan uang dari hasil berburu bitcoin itu bisa digunakan untuk bayar SPP, uang semester atau traktir gebetan.

23. Buat video siaran langsung

cara dapat uang dari internet

Salah satu kegiatan yang cukup hits saat ini adalah membuat video live streaming atau siaran langsung dengan memanfaatkan berbagai aplikasi.

Jika anda suka bermain game maka anda bisa buat video siaran langsung untuk kemudian ditayangkan di seperti Twitch, Facebook dan Youtube.

Ketiga platform diatas memungkinkan anda memonetisasi video siaran langsung yang anda lakukan.

Yang terpenting channel atau halaman anda sudah memenuhi syarat.Untuk syaratnya cenderung lebih mudah ketimbang video offline sebab hanya ditinjau berdasarkan beberapa aspek, seperti:

  • Durasi siaran langsung
  • Waktu siaran
  • Pengikut atau penonton
  • Sesi

24. Jadi penulis lepas

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Kalau anda suka menulis tapi tak ingin terikat pada satu agensi coba bergabung dengan situs freelance seperti Project.co.id atau Fastwork.

Terlebih jika anda punya kemampuan yang spesifik pada beberapa bidang kepenulisan seperti copywriting, SEO dan lain sebagainya.

Pasarnya juga cukup besar dengan permintaan yang terus tumbuh. Untuk pendapatan tergantung sama permintaan.

Jika permintaan atas jasa anda besar maka penghasilan anda akan banyak. Jika sepi, ya coba cari cara yang lain.

25. Buat video footage

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Video footage cocok dibuat oleh mahasiswa dan pelajar yang suka bikin video-video pendek berkualitas.

Permintaan video macam ini juga sangat tinggi mengingat banyak agensi periklanan baik daring atau TV yang cenderung mencari video-video pendek berkualitas ketimbang buat sendiri karena masalah waktu.

Untuk anda yang belum tahu apa itu video footage biar saya jelaskan sedikit. Video footage merupakan contoh video mentah yang merupakan hasil rekaman langsung kamera film atau kamera biasa.

Biasanya, video macam ini sudah melalui proses pengeditan yang mengedepankan kualitas dan entitas video dengan durasi tak lebih dari 30 detik.

Nah anda bisa manfaatkan hal ini untuk tambah-tambah penghasilan. Untuk memasarkan video footage tersebut anda bisa bergabung dengan situs seperti Shutterstock atau iStock.

26. Bisnis photobook

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Kemarin ada teman yang merekomendasikan kepada saya agar join sama salah satu bisnis yang bergerak dibidang photostory.

Penasaran, saya kemudian menanyakan konsepnya. Intinya begini, photostory adalah bisnis yang khusus untuk membuat photobook keren.

Dan ternyata, ide bisnis ini cukup unik. Kalau anda punya kemampuan desain photobook yang keren, anda bisa menguangkan bakat tersebut.

Cara dapat uangnya gimana? Caranya cukup mudah. Tinggal memasarkan ide desain photobook dan jika ada yang tertarik mereka bisa membelinya. Dari sinilah anda akan dapat duit.

27. Bisnis pengantaran barang

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Bisnis yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh anda yang punya kendaraan. Soal ini mah gak disarankan untuk pelajar karena mereka belum cukup umur untuk punya SIM.

Untuk anda mahasiswa yang sedang berusaha cari duit sendiri bisa coba skema bisnis macam ini. Caranya?

Bisa dengan bergabung ke perusahaan kurir atau membuka jasa sendiri. Jika anda membuka jasa sendiri berarti anda harus menentukan biayanya secara mandiri.

Untuk menentukan biaya pengantaran sangat mudah dimana anda hanya perlu menghitung waktu tempuh ditambah cost atau biaya yang dikeluarkan.

Jika waktu tempuhnya dekat otomatis costnya berkurang. Dengan demikian, biayanya lebih rendah.

Begitu juga sebaliknya, jika waktu tempuhnya jauh maka costnya bertambah dengan demikian ongkos pengantaran jauh lebih besar.

28. Tour guide atau pemandu wisata

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Jika ada tinggal di dekat tempat wisata, bisa kok jadi pemandu wisata untuk bule-bule atau pelancong dari luar daerah.

Jadi pemandu wisata pun enggak wajib harus tahu bahasa Inggris. Cukup kuasai medan suatu destinasi wisata terlebih jika destinasinya harus ditempuh dengan jalan kaki.

Jika tak mau repot buka usaha sendiri anda bisa bekerja dibawah agensi perjalanan. Perlu diketahui, jadi pemandu wisata itu nikmat selain bisa jalan-jalan anda juga bisa berkenalan dengan para wisatawan dan bisa belajar bahasa baru.

Apalagi jika anda lahir dan besar di kantong-kantong pariwisata seperti Bali, Lombok, Bunaken dan lain sebagainya.

29. Fotografer

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Punya kamera? Jika punya kamera bisa manfaatkan hal itu untuk dapat duit. Caranya? Ada banyak.

Salah satu caranya sudah saya ulas diatas yakni dengan jualan foto. Tapi itu hanya satu dari sekian banyak cara dapat uang dari kamera.

Untuk poin ini anda bisa jadi fotografer lepas untuk media, bergabung dengan agensi foto atau buka jasa fotografi sendiri di rumah atau kos-kosan.

Kalau pandai memanfaatkan waktu, anda bisa buka jasa photoshoot pada momen-momen tertentu, wisuda atau pengumuman kelulusan misalnya.

Agar bisa dapat untung lebih silahkan tawarkan paket lain yang berkaitan dengan bisnis tersebut seperti percetakan dan pengeditan foto.

30. Wartawan lepas

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Saat masih kuliah, dulu, saya sempat jadi wartawan lepas di salah satu media online yang cukup populer di Manado.

Waktu itu pihak redaksi yang menawari saya karena saya sering kirim stock berita dari kampus ke mereka meski gaji yang saya terima pas-pasan.

Jadi wartawan lepas ternyata cukup mengasikan loh dan enggak mengganggu waktu belajar anda.

Sebab disaat anda punya waktu barulah mencari berita. Kalau enggak waktu atau jadwal kuliah padat, bisa dilakukan setelah kuliah atau ditunda waktu liputannya.

Untuk anda yang berstatus pelajar bisa kok jadi wartawan lepas yang terpenting anda bisa nulis berita minimal hard atau soft news.

31. Penyiar radio

bisnis untuk pelajar

Penyiar radio termasuk salah satu kerja sampingan yang cukup populer di kalangan mahasiswa dan pelajar.

Untuk jadi penyiar radio ada berbagai hal yang harus dipelajari oleh anda terlebih dahulu mulai dari teknik dasar menyiar radio, cara membuat materi siaran dan lain sebagainya.

Jika sudah langkah paling terakhir adalah praktik langsung alias mencari pekerjaan yang memungkinkan anda menyiar.

Karena itu carilah lowongan pekerjaan penyiaran ditempat anda tinggal atau mungkin melamar jadi penyiar radio di kampus atau sekolah anda, jika ada.

Patut diperhatikan, jika anda menggeluti pekerjaan ini jangan fokus pada uang tetapi pada pengalaman yang didapat.

32. Bisnis Barbershop

bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa

Saya juga punya teman yang buka jasa barber di depan kos-kosannya sewaktu kuliah. Kebetulan, teman saya itu pintar gunting rambut dan juga anak rantau sama seperti saya.

Hanya saja, untuk buka bisnis barber anda butuh modal untuk beli peralatan gunting seperti mesin cukur rambut, pisau cukur, sisir, gunting rambut dan lain sebagainya.

Kalau di estimastikan, modal yang dibutuhkan lebih dari sejuta. Namun, berdasarkan pengalaman teman saya itu, modalnya sudah kembali dalam jangka waktu 2 bulan.

Dengan kata lain, bisnis barber cukup menguntungkan terlebih jika anda satu-satunya orang yang membuka jasa semacam ini di lokasi tersebut.

33. Jadi Coach

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Jika anda punya keahlian tertentu diberbagai bidang entah itu olahraga atau sains coba saja jadi pelatih entah itu di Sekolah atau tempat-tempat lain.

Misalnya, anda pandai bermain Piano bisa buka kursus piano atau mungkin jika anda bisa karate dan kung fu bisa buka kursus bela diri.

Untuk jadi coach anda tidak perlu punya Ijazah cukup kemampuan sja. Sekalipun anda masih SMA atau sudah kuliah, bisa kok lakoni pekerjaan yang satu ini.

34. Kerja offline

bisnis untuk pelajar dan mahasiswa

Yang terakhir adalah dengan mencari pekerjaan offline apa saja yang bisa anda lakukan baik langsung ataupun tidak langsung.

Disini berarti anda bisa memanfaatkan waktu yang anda miliki untuk menghasilkan uang.

Misalnya, jika anda sedang berkuliah aktif bisa jadi driver ojol baik itu Grab, GoJek atau mungkin melakoni pekerjaan sampingan lain seperti penjaga mesin Fotocopy.

Penutup

Diatas hanya beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa.

Jika ada dari anda yang tahu atau mungkin sedang menggeluti pekerjaan sampingan lain yang belum saya ulas diatas silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 34+ bisnis untuk pelajar dan mahasiswa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *