20+ Bisnis Offline Modal Kecil Paling Menjanjikan 2020

9 min read

bisnis offlie paling menjanjikan

Sebelumnya sudah saya ulas tentang peluang bisnis online terbaik tahun ini. Supaya adil, di artikel ini juga saya hendak mengulas beberapa bisnis offline modal kecil paling menjanjikan tahun 2020.

Salah satu tantangan terbesar saat membuka bisnis offline sendiri adalah keberanian. Keberanian untuk menghadapi dunia usaha yang kompetitif.

Dengan demikian, anda siap menghadapi cacian, makian, masukkan, kritikan, saran dan hal-hal lain untuk bisnis yang baru anda bangun, termasuk kepada anda sebagai pemiliknya.

Tapi dibalik semua itu, ada berkah tersendiri yang anda peroleh. Selain itu juga, anda bisa mandiri dan sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Plus, anda akan dianggap sebagai seseorang entreprenur, lepas dari latar belakang pendidikan atau kemampuan yang dimiliki.

20 Bisnis Offline Modal Kecil Paling Menjanjikan 2020

Nah untuk anda yang mau buka bisnis offline sendiri atau sedang mencari jenis usaha modal kecil dan menjanjikan, artikel dibawah ini adalah jawabannya.

Lantas, bisnis offline apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Bisnis fotografi

bisnis offline
via udemycdn.com

Jika anda punya kamera dan punya kemampuan melukis cahaya menjadi foto yang apik dan menarik, maka bisnis yang satu ini cocok untuk anda.

Modal paling pertama yang dibutuhkan saat hendak membuka bisnis fotografi sendiri adalah kamera dan kemampuan menghasilkan foto yang bagus.

Selain itu, jika bisnis ini diseriusi, mungkin anda harus memiliki studio atau tempat kerja sendiri. Untuk studio ini anda bisa sulap ruangan atau kamar yang tidak terpakai di rumah.

Terlebih untuk anda yang mau buka studio fotografi sendiri dengan modalnya kecil. Untuk perlengkapan lain disesuaikan saja sama kebutuhan.

Agar lebih professional, terlebih jika modal anda lumayan gede, silahkan beli berbagai perlengkapan studio mulai dari lighstand, backdrop, komputer untuk pasca-proccessing dan lain sebagainya.

Untuk estimasi biaya membuat studio fotografi sendiri di rumah, silahkan baca artikel yang satu ini.

Oh iya, kalau enggak punya modal lebih, bisa jual foto-foto hasil karya anda sendiri di situs jual beli foto seperti Etsy, shutterstock, 500px dan lain sebagainya.

Gak mau ribet? Manfaatkan aplikasi berbagai foto dengan konsep media sosial yang memungkinkan anda menghasilkan uang tambahan dengan mudah seperti Pincstyle, WhatsAround, Instagram dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman di bidang fotografi, terlebih untuk anda yang ingin menjadi fotografer profesional, silahkan baca dulu beberapa artikel dibawah ini:

2. Bisnis fashion tradisional

bisnis offline
via baliplus.com

Selanjutnya adalah tradisional fashion, yang merupakan salah satu peluang usaha offline yang cukup menjanjikan.

Disini, anda mengusung ide-ide fashion tradisional dari daerah anda sendiri atau fashion nasional seperti kebaya atau batik.

Anda juga bisa memadukan bisnis fashion tradisional ini dengan jasa lain seperti jasa sewa pakaian tradisional, jual beli pakaian tradisional, batik lokal atau ornamen-ornamen lain berbalut budaya.

Anda juga bisa lakukan inovasi untuk mendirikan fashion tradisional yang dikolaborasikan dengan fashion modern bertema milaneal, vintage dan lain sebagainya.

Jangan lupa, bisnis fashion tradisional enggak butuh modal awal yang besar. Kalau anda punya kemampuan menjahit atau mendesain baju, anda bisa buat baju dan celanannya sendiri.

Budget paling besar yang harus anda siapkan saat membuka bisnis fashion tradisional adalah ketika membeli bahan-bahan baku berupa kain, gunting, mesin jahit dan perlengkapan lain.

Jika sudah, langkah berikutnya tinggal mencari tempat atau gedung untuk memajang hasil karya anda.

Untuk biaya sewa gedung tergantung dari pembicaraan dengan pemiliknya. Anda juga bisa memanfaatkan ruangan yang enggak terpakai di rumah.

3. Boutique atau butik

via interactive.co.id

Nah ini kebalikan sama bisnis fashion tradisional. Boutique atau butik biasanya menjual pakaian-pakaian eksklusif dan modern.

Umumnya, target bisnis butik adalah wanita yang pengen tampil fashionable dan sesuai dengan tren fashion terkini bersama aksesorisnya.

Membuka bisnis boutique mengharuskan anda tahu tren fashion yang sedang berkembang. Selain itu, anda juga butuh modal awal yang lumayan besar [tapi gak besar-besar amat sih].

Modal itu untuk membeli perlengkapan atau barang-barang yang hendak di jual, sewa gedung, gaji karyawan dan lain sebagainya.

4. Coffee shop

bisnis offline
via theculturetrip.com

Saat berbicara tentang coffee shop saya teringat dengan salah satu teman kuliah saya, asal Toraja, yang membuka kedai kopi sendiri di depan kontrakan rumahnya.

Sebagian besar kopi yang ia jual adalah kopi Toraja, yang terkenal akan kekentalan dan aromanya yang kuat.

Anda juga bisa membuka bisnis coffee shop sendiri di rumah atau ditempat anda tinggal dengan memanfaatkan halaman didepan rumah.

Cukup siapkan ruangan kecil, produk kopi, gula dan perlengkapan lain seperti gelas. Anda juga bisa jual cemilan dan rokok, yang biasanya cukup laris di jual bersamaan dengan kopi.

Untuk kedai, anda bisa buat nuansa tradisional dengan atap. Kalau punya modal lebih, barulah sewa gedung sendiri atau mengusung nuansa coffee shop modern dengan template dan lighting kece.

5. Barber shop

bisnis offline
via fabelio.com

Kalau anda tahu pangkas rambut, bisnis barber shop bisa jadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni.

Untuk bisnis ini sendiri enggak perlu modal besar, cukup siapkan alat-alat tempur saja seperti gunting, ruangan dan perlengkapan lain.

Dengan kata lain, yang sebenarnya anda butuhkan hanyalah kemampuan untuk mengunting rambut orang lain.

Rata-rata tarif gunting rambut saat ini lumayan mahal, apalagi yang sudah berstatus barber shop, yang dianggap oleh masyarakat sebagai tempat haircut mewah dan premium.

6. Makeup artist

bisnis offline
via bp-guide.id

Kalau anda suka make up dan ingin menguangkan kemampuan tersebut coba buka jasa makeup artist sendiri di rumah.

Jasa ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terlebih kaum hawa. Bahkan anda bisa nyambi dengan jasa atau bisnis lain seperti makeup graduation atau wisuda, pernikahan, makeup model dan lain sebagainya.

Hitung-hitung, jasa itu bisa tambah-tambah penghasilan anda. Atau juga bisa melebarkan jangkauan bisnis tersebut dengan membuka bisnis lain seperti sewa pakaian, fashion tradisional dan lain sebagainya.

7. Digital retoucher

bisnis offline
via bungkul.com

Seiring dengan meningkatnya jasa fotografi yang biasanya membutuhkan sentuhan akhir, maka peran seorang digital image retoucher akan dibutuhkan pada tahap ini.

Apalagi fotografer yang bekerja dibawah agensi seperti model periklanan, majalah, foto produk dan lain sebagainya.

Tujuan dari digital image retoucher ini adalah untuk menambah esensi foto sehingga lebih terlihat menarik, hidup dan sesuai dengan harapan klien.

Digital retoucher itu seperti editor dalam sebuah tulisan, yang bertujuan untuk menambah kualitas dan entitas foto.

Membuka jasa digital image retoucher ini juga enggak butuh modal besar. Dan upah atau biaya sewa jasa ini lumayan gede.

8. Mockup

bisnis offline
via dribbble.com

Dibalik tren penggunaan telepon pintar yang sedang sengit-sengitnya, ada berkah tersendiri bagi orang-orang yang suka desain salah satunya adalah mockup design ponsel.

Bisnis offline mockup kini banyak digendrungi oleh masyarakat. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan utamanya.

Dan memang, jika bisnis ini ditekuni dengan serius, potensi penghasilannya sangat tinggi. Terlebih yang memasarkannya secara online dan offline.

Yang terpenting, anda bisa menggunakan alat pengeditan foto dan bisa mendesain sesuai dengan permintaan klien.

Untuk bisnis mockup ini sendiri terdapat beberapa subkategori yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda, atau bisa pilih semuanya, seperti:

  • Mockup t-shirt
  • Mockup ponsel atau HP
  • Mockup bussiness card
  • Mockup book
  • Mockup stationery & letterhead
  • Dll

9. Bisnis desain dan percetakan [digital printing]

bisnis offline
via uangonline.com

Desain dan percetakan juga menjadi salah satu jenis bisnis offline yang menjanjikan dan bisa digeluti oleh anda.

Pada dasarnya, bisnis ini menawarkan dua jenis bisnis yakni desain dan percetakan. Untuk desain, anda bisa membuka layanan desain logo, stempel atau cap, banner hingga spanduk.

Jika ada klien yang menginginkan agar desain tersebut dicetak, maka anda bisa membuka layanan tambahan untuk percetakan.

10. Menjahit

bisnis menjahit
via altundo.com

Menjahit juga termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan baik.

Pada dasarnya, bisnis ini berkutat pada berbagai jenis jasa menjahit untuk produk siap pakai seperti baju, celana dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memadukan bisnis ini dengan bisnis fashion tradisional yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

11. Les privat

bisnis offline
via plcpekanbaru.com

Saya punya teman Guru yang nyambi menjadi guru les privat. Setelah pulang sekolah, setiap hari selasa-jumat, ia selalu pulang larut.

Penghasilannya sebagai guru les privat hampir setara dengan gaji yang ia peroleh sebagai guru.

Kebetulan kami berdua menjadi guru di salah satu sekolah swasta yang cukup terkenal di Manado dengan gaji diatas UMR.

Kalau anda punya kemampuan di satu bidang yang cukup mumpuni atau saat ini menjadi seorang mahasiswa, anda bisa buka jasa les privat sendiri.

Hitung-hitung bisa tambah penghasilan anda sebagai seorang guru atau mahasiswa sekaligus berkontribusi untuk mencerdaskan bangsa dan negara secara informal.

Oh iya, teman saya itu punya penghasilan sekitar 3 juta per bulan hanya dari les privat. Dan itu diluar dari ongkos transportasi, makan dan lain sebagainya.

12.  Jualan pulsa

bisnis offline
via portalpulsa.com

Agen pulsa juga termasuk salah satu jenis bisnis offline yang cukup populer dan sudah banyak orang yang menggelutinya.

Disamping itu, anda juga bisa menawarkan jasa penjualan pulsa untuk berbagai operator baik offline ataupun online.

Bisnis ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, pencaker atau fresh graduate yang pengen menghasilkan uang sendiri.

Selain jualan pulsa, anda juga bisa menawarkan berbagai paket layanan yang berkaitan dengan bisnis tersebut seperti:

  • Pulsa data atau paket internet
  • Tou up saldo OVO, PayPal dll
  • Iuran Listrik
  • Tagihan BPJS
  • Tagihan air
  • Dan lain sebagainya

13. Bisnis travel & Konsultan perjalanan

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via inded.com

Bepergian adalah salah satu trend paling populer abad ini. Keuntungan utama berada di bisnis ini adalah sifatnya yang fleksbiel.

Jika anda punya kemampuan untuk mengatur rencana perjalanan yang detail dan suka jalan-jalan, mungkin ide bisnis yang satu ini cocok untuk anda.

Menjadi konsultan perjalanan dapat membantu para pelancong untuk merencanakan liburan lebih matang.

Selain itu, anda juga bisa merambah bisnis lain misalnya menjual tiket, bekerja sama dengan perusahaan traveling dan lain sebagainya.

Intinya, ini adalah ide bisnis yang jarang dipikirkan oleh orang lain. Gimana, tertarik untuk menjadi konsultan perjalanan?

Peluang tambahan untuk bisnis konsultan perjalanan:

  • Jualan ticket [ticketing] seperti kereta api, pesawat, kapal laut dan lain sebagainya
  • Paket wisata
  • Pemandu wisata
  • Traveling reguler
  • Rental mobil
  • Voucher hotel
  • Dll

14. Bisnis kue

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via mesinraya.co.id

Bisnis offline ini cukup diminati oleh banyak orang akhir-akhir ini, terlebih para ibu rumah tangga yang ingin memperoleh penghasilan sendiri dari rumah.

Jika anda suka saat orang-orang menikmati kue buatan anda maka bisnis yang satu ini cocok dilakoni oleh anda.

Anda juga bisa membuka bisnis ini lebih besar dengan bekerja sama dengan perusahaan transportasi online seperti Go-Jek [Go-Food] atau Grab Food atau membuat akun WhatsApp bisnis untuk memperbesar jangkauan konsumen.

Untuk bisnis kue ini terdiri dari beberapa kategori yang dapat dipilih, baik offline ataupun online, seperti :

  • Kue ulang tahun
  • Layanan catering kantoran
  • Catering kue khusus
  • Catering kue rumahan
  • Catering kue anak
  • Bingkisan kue
  • Kue oleh-oleh
  • Dll

15. Weding organizer atau perencana acara pernikahan

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via okezone.com

Jika anda senang menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan meja makan di rumah dengan detail dan menarik, mungkin anda cocok menjadi perencana acara pernikahan.

Ketrampilan ini pada dasarnya membutuhkan manajemen proyek yang mendetail. Lebih bagusnya lagi anda tidak membutuhkan ijazah khusus untuk bisa membuka bisnis yang satu ini.

Yang anda butuhkan hanyalah kemampuan menata meja-meja dengan rapi, melakukan dekorasi panggung pernikahan yang menarik dan sebagainya.

Disisi lain, anda juga dapat merambah bisnis serupa yang bergerak di bidang wedding organizer seperti misalnya bisnis pakaian pernikahan, jadwal pesta atau fotografi pernikahan.

Anda juga bisa menawarkan paket tambahan agar bisnis perencana pesta pernikahan itu semakin digemari, seperti :

  • Prewedding & wedding photographer
  • Photobooth photographer
  • Cetak undangan
  • Bisnis catering acara pernikahan
  • Dekorasi pernikahan
  • Baju pengantin
  • Dan lain sebagainya

16. Family gathering organizer

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via chip.com.tr

Bagi beberapa orang, merencanakan sebuah acara adalah hal yang sulit. Tapi, berkat jasa yang anda tawarkan, orang-orang akan merasa terbantu.

Sehingga mereka tidak terlalu pusing lagi dengan hal-hal seperti bagaimana cara agar pesta perusahaan dapat berlangsung dengan lancar.

Konsepnya bisa berupa family gathering dan anda adalah perencananya. Itu berarti, anda bertindak sebagai sterring comitte [yang dibayar] untuk menyiapkan pesta dan segala kebutuhannya.

Jika pesta tersebut berkaitan dengan peluncuran produk baru, sebaiknya berikan portofolio acara yang tepat untuk perusahaan yang akan menggunakan jasa anda.

17. Guru bahasa asing

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via geneshacollege.com

Semua orang tahu cara tercepat untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan berbaur dengan penutur asli.

Jika anda beruntung dilahirkan di Prancis, Inggris, Spanyol dan Jepang [yang merupakan daftar beberapa bahasa utama di dunia] maka anda bisa manfaatkan kesempatan itu dengan menjadi guru bahasa asing.

Saat ini, ada banyak sekali anak-anak yang ingin belajar bahasa Asing, terlebih bagi mereka yang ingin bepergian ke luar negeri atau melanjutkan pendidikan disana.

Untuk menjadi guru bahasa asing, anda bisa bekerja sama dengan kelas online, aplikasi ruang belajar seperti ruang guru atau menjadi pengajar di sekolah.

Terkendala waktu? Tenang saja anda bisa menggunakan Skype atau WhatsApp untuk terhubung dengan peserta didik.

Anda juga bisa menawarkan jasa serupa yang berhubungan dengan bisnis yang anda geluti seperti:

  • Penerjemah
  • Penulisan artikel berbahasa asing
  • Editor online
  • Kurator
  • Pemandu wisata
  • Dan lain sebagainya

18. Koki pribadi

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via blog.adb.org

Ini maksudnya menjadi pembantu, ya? Bukan kok. Sebenarnya, ini adalah sebuah model bisnis katering, namun jasa yang hendak anda tawarkan bukanlah membungkus makanan tetapi memasak di tempat.

Untuk dapat membuka bisnis ini diperlukan kemampuan memasak makanan yang bagus. Anda juga wajib tahu berbagai resep masakan baik tradisional dan modern.

Semakin banyak menu atau resep yang anda ketahui, semakin bagus. Untuk memperkenalkan bisnis tersebut, anda bisa buat portofolio di media sosial atau website.

Untuk bisnis yang satu ini, anda juga bisa merangkap beberapa jenis bisnis yang serupa dengan koki pribadi, seperti:

  • Catering
  • Bisnis kue
  • Oleh-oleh
  • Makanan cepat saji
  • Rumah makan
  • Kedai
  • Dan lain sebagainya

19. Desain interior rumah

bisnis offline
via decoraid.com

Rata-rata rumah modern itu mengusung desain interior minimalis. Apalagi untuk desain rumah di kawasan perkotaan, yang sebenarnya butuh sentuhan seni agar penghuninya tidak bosan.

Pada momen inilah jasa seorang desain interior rumah dibutuhkan. Dan ini termasuk salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan.

Mengapa menjanjikan? Karena enggak semua punya cita rasa seni. Selain itu, orang-orang sering bekerja 8 jam per hari butuh suasana rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Untuk menjadi seorang desainer interior rumah, anda bisa bekerja sama dengan kontraktor atau membuka jasa tersebut secara mandiri.

Selain desainer interior rumah, ada juga beberapa bisnis yang berkaitan dengan seni atau desain interior, seperti:

  • Lukisan
  • Mural jalanan kota
  • Figura
  • Eksterior
  • Dll

20. Psikolog, psikiater & konselor

bisnis offline
via halodoc.com

Nah kalau bisnis yang ini sih masih jarang. Terlebih banyak orang Indonesia yang lebih banyak mengadu kepada Allah saat stress ketimbang pergi ke psikolog atau konselor.

Kadang kala, dua profesi ini dipaduratakan, padahal basic keilmuannya berbeda. Bisnis profetis semacam ini butuh keahlian dan pengalaman yang mumpuni.

Selain itu, diperkirakan beberapa waktu ke depan, jasa seorang psikolog, psikiater dan konselor akan berkembang pesat.

Hal ini disebabkan oleh akselerasi kerja yang kompetitif terlebih untuk orang-orang yang rentan stres akibat kerja atau keluarga.

Dan ini bisa mempengaruhi mental, kecemasan serta bisa mengubah kepribadian seseorang baik langsung ataupun tidak langsung.

Memang sih, enggak ada salahnya kalau berdoa kepada Tuhan tapi, usahakan agar anda juga berkonsultasi sama Psikolog atau konselor untuk mengetahui penyebab dan solusi mental atau kecemasan yang dihadapi.

Tapi sebelum membuka bisnis yang satu ini, pastikan terlebih anda punya pengalaman dibidang ini, minimal 2 tahun.

Sebab, hanya orang-orang dengan basic keilmuan Psikolog dan Konselorlah yang bisa membuka jenis bisnis yang satu ini.

Penutup

Membuka bisnis online sendiri dibutuhkan kemampuan dan keseriusan. Dengan harapan, bisnis tersebut bisa menjadi besar dan menguntungkan.

Hanya saja, banyak yang belum melihat peluang-peluang bisnis offline sehingga mereka kesulitan untuk menemukan ide bisnis mana yang cocok untuk mereka.

Demikian artikel tentang 20 peluang bisnis offline paling menjanjikan 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *