Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi

3 min read

jenis-jenis batuan sedimen

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi | Sebelumnya kita telah membahas tentang batuan beku. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ada tiga jenis batuan yang terdapat pada litosfer yakni batuan beku batuan sedimen dan juga batuan metamorf.

Pembahasan kali ini akan memaparkan jenis batuan-batuan sendimen yang terdapat didalam muka bumi. Tapi sebelumnya, batuan sebenarnya berasal dari mana sih? Berikut penjelasannya.

Asal batuan Sedimen

Sebagian besar batuan dari magma yang terdapat dalam muka bumi. Magma sendiri adalah cairan panas atau pijar dengan suhu diatas 1000 derajat celcius.

Berbeda dengan Lava sebab lava adalah jenis dari magma yang telah mencapai permukaan bumi. Lava dan lahar juga berbeda. Lahar berasal dari Lava yang sudah tercampur dengan gas seperti material Piroklastik, air, tanah dan juga tumbuhan.

Biasanya, magma muncul dari dalam perut bumi lewat gunung berapi. Gunung berapi tidak saja terdapat di daratan tapi juga juga lautan. Sebagian besar magma yang mencapai mencapai permukaan bumi akan membeku. Setelah membeku, magma akan menjadi batuan beku.

Dimana, batuan beku yang terdapat di muka bumi selama ribuan tahun lamanya bisa hancur karena panas, hujan dan juga aktivitas tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Batuan juga bisa hancur karena air, angin atau hewan atau batuan yang bergeser ke tempat lain lalu mengalami pengendapan.  Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bantuan beku baca artikel sebelumnya tentang Jenis-Jenis Batuan Beku Yang terdapat Di Muka Bumi.

Jenis-Jenis Batuan Sedimen

Batuan sedimen adalah batuan yang mengalami pengendapan. Batuan sedimen terbagi dalam tiga kelompok utama yang terbentuk dari dengan cara yang berbeda satu dengan yang lain. Berikut disajikan jenis-jenis batuan sedimen berdasarkan proses pembentukan :

  • Pelapukan batuan lain (clastic)
  • Pengendapan (deposition) akibat dari aktivitas biogenik
  • Pengendapan (precipitation) larutan.

Umumnya, jenis batuan yang ada berupa batu kapur, batu pasir, serta lempung. Semau jenis batuan ini masuk kategori batuan endapan. Di muka bumi sebagian besar batuan adalah batuan endapan yang mengisi 75% batuan bumi.

Batuan sedimen atau batuan endapan merupakan batuan yang terbentuk karena pengendapan materi hasil erosi. Diperkirakan 80% permukaan benua ditutupi batuan sedimen. Material hasil erosi ini terdiri atas berbagai partikel mulai dari partikel halus, kasar, berat dan juga ringan.

Cara pengangkutannya pun beragam mulai dari terdorong (traction), terbawa secara melompat-lompat (saltion), terbawa dalam model suspensi, serta juga mengalami pelarutan (salution). Untuk mengetahui klasifikasinya, berikut adalah penjelasannya.

Berdasarkan pengendapan
  • Batuan sedimen klastik
  • Batuan sedimen kimiawi
  • Batuan sedimen organik
Berdasarkan tenaga alam yang mengangkut
  • Batuan sedimen aerik
  • Batuan sedimen aquatik
  • Batuan sedimen marin
  • Batuan sedimen glastik
Berdasarkan tempat pengendapannya
  • Batuan sedimen limnik
  • Batuan sedimen fluvial
  • Batuan sedimen marine
  • Batuan sedimen teistrik

Untuk penamaan batuan sedimen biasanya diberikan dari besaran butiran penyusun dari batuan itu sendiri.

Seperti breksi, konglomerat, batu pasir, batu lanau, batu lempung, stalaktit dan moraine. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini adalah contoh dan karakteristik dari batu apung.

1. Konglomerat

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi

Batu konglomerat terbentuk dari proses konglomerat. Ini adalah proses dimana fragmen mengalamin sedimentasi sehingga batuan yang terbentuk berbutir kasar, terdiri atas fragmen dengan bentuk hampir bulat dengan ukuran cukup besar dari  2 mm  yang berada ditengah-tengah semen yang tersusun oleh batu pasir dan di perkokoh & dipadatkan dengan kerikil.

Dalam pembentukannya membutuhkan energi yang sangat besar guna menggerakkan fragmen yang cukup kuat dan biasanya terjadi pada sistem sungai dan pantai.

Warna utama dari batu konglomerat adalah berwarna warni. Sementara, manfaat utama dari batu ini adalah menjadi batuan yang mampu menyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau dapat juga menjadi batuan induk untuk menghasilkan hidrokarbon (source rocks).

2. Batu Pasir

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi

Batu pasir merupakan suatu batuan sedimen klastik dimana partikel penyusunnya sebagian besar dari butiran serupa pasir. Kebanyakan batupasir terbentuk karena proses dari butiran-butiran yang dibawah dari gerakan air, seperti ombak pada pantai atau saluran sungai.

Butirannya secara khas disemen bersama-sama tanah kerikil atau kalsit agar membentuk batu pasir tersebut. Batu pasir paling umum terdiri atas butir kwarsa sebab kwarsa adalah jenis mineral umum dengan sifat utama menentang laju arus.

Warna utama batu pasir adalah Coklat dan putih dengan manfaat utama dalam industri konstruksi untuk membuat tembok. Sementara, batupasir dari hasil galian bisa berfungsi sebagai material utama gelas atau kaca.

2. Stalaktit dan Stalagmit

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi

Stalaktit dan Stalakmit adalah jenis bentukan alam yang hanya ditemukan di daerah Karst. Air yang larut di daerah karst akan masuk lewat lobang-lobang (doline) lalu turun ke gua dan menetes dari atap gua menuju dasar gua.

Tetesan-tetesan air ini mengandung kapur lalu lama kelamaan kapurnya membeku dan menumpuk sedikit demi sehingga berubah jadi batuan kapur dengan bentuk utama runcing.

Stalaktit adalah jenis batu yang terbentuk dari atap gua dengan bentuk meruncing ke bawah sementara stalakmit adalah jenis batu yang terbentuk didasar gua dengan bentuk meruncing ke atas.

Warna utama batuan Stalaktit dan Stalakmit adalah kuning, coklat, krem, keemasan dan juga putih. Batuan Stalaktit dan Stalakmit bermanfaat untuk sisi keindahan alam yang biasanya terdapat didalam gua-gua dan juga dapat jadikan sebagain interior rumah.

3. Batu Lempung

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Yang Terdapat Di Muka Bumi

Batu lempung terbentuk dari proses pelapukan (alterasi) batuan beku dan banyak ditemukan disekitar batuan induk. Setelah itu, material lempung ini akan mengalami diagenesa sehingga terbentuk batu lempung.

Warna utama dari batu lempung adalah coklat, keemasan, merah, abu-abu dengan manfaat utama untuk bahan kerajinan seperti asbak, patung, celengan dan lain sebagainya.

Nah demikian artikel tentang jenis-jenis batuan sedimen yang terdapat di muka bumi. Semoga artikel ini bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *