Bandwidth vs Latensi vs Speed vs Throughput vs Broadband: Apa Bedanya?

Di artikel sebelumnya tentang Perbedaan Mbps dan MBps sudah saya singgung soal lima istilah diatas yakni bandwidth, latensi, speed, throughput dan broadband.

Meski tidak secara eksplisit menjelaskan apa pengertiannya satu per satu termasuk perbedaannya.

Itulah yang jadi alasan mengapa artikel ini saya buat. Karena lima istilah diatas mungkin sudah sering didengar oleh anda baik langsung ataupun tidak.

Terlebih untuk yang pengen belajar lebih dalam soal internet atau baru pasang Wifi Indihome di rumah dan belum tahu istilah-istilah teknisnya.

Akses internet yang lambat adalah suatu keniscayaan karena bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya? Ada banyak.

Paling pertama tentu saja karena ada kendala jaringan dari provider, sedang maintenance misalnya.

Masalah berikutnya, yang lebih teknis, disebabkan oleh Bandwidth, latensi sampai throughput.

Jika jadi masalah pada BLT, akronim dari bandwidth, latensi dan throughput, akan mempengaruhi kecepatan unduh [download speed] dan kecepatan unggah [Upload speed].

Oleh karena itu, untuk anda yang sering bertanya, bandwidth digital adalah apa? Apa saja jenis jenis bandwidth? Apa saja klasifikasi bandwidth? Apa fungsi bandwidth? Bagaiman cara kerja bandwidth? Bagaimana manajemen bandwidth?

Termasuk juga beberapa pertanyaan yang mengarah pada satu istilah teknis diatas, seperti fungsi latensi adalah? Atau perbedaan bandwidth dan throughput serta Throughput artinya apa? Simak artikel ini sampai habis.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti tentang perbedaan bandwidth, latensi, speed internet, throughput dan broadband, baiknya saya bahas dulu pengertiannya satu per satu.

1. Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah jumlah maksimum data yang dapat ditransfer oleh penyedia layanan internet dari satu titik ke titik lainnya.

Ada dua komponen yang bisa ditransfer yakni kecepatan unduh dan kecepatan unggah, yang di ukur dalam megabit per detik atau Mbps.

Agar lebih paham, bayangkan saja Bandwidth ini seperti pipa air. Apabila ukuran pipanya lebar maka debit air yang melewatinya akan banyak.

Analogi ini juga berlaku untuk kecepatan internet. Karena semakin besar bandwidthnya semakin cepat pula kecepatan akses internet.

Makanya tak usah heran kalau ada orang yang mengatakan kalau bandwidth dan kecepatan internet itu sama.

Sekalipun ada perbedaan teknis antara bandwidth dan speed [kecepatan] sebab bandwidth merujuk ke volume informasi yang berhasil dikirim dalam satu waktu.

2. Apa itu Latensi?

Latensi atau Latency, yang kadang juga disebut lag, mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan data untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Sederhananya, ini adalah jumlah waktu sinyal data bergerak dari titik A ke titik B lalu kembali lagi ke titik A.

Kadang juga disebut dengan Ping atau ping rate saat uji coba kecepatan internet berlangsung. Di kalangan gammers, kata Ping ini mungkin sudah tidak asing lagi.

Latensi atau waktu ping diukur dalam milidetik atau md. Jika menggunakan analogi pipa, anggap saja latensi sebagai tekanan air yang mempengaruhi seberapa cepat air bergerak lewat pipa.

Secara ilmiah, latensi bisa diartikan sebagai fungsi waktu, jarak dan kecepatan cahaya.

Karena kecepatan cahaya di udara sedikit lebih lambat dibanding kecepatan cahaya di ruang hampa. Penundaan ini juga disebut latensi.

Jika di ukur dalam ping, latensi mengacu pada total waktu rata-rata yang diperlukan perangkat, ponsel misalnya, untuk mengirim data dari server ke perangkat.

Dengan demikian, jika di ukur dalam milidetik [ms atau md] dan ping anda 100 ms maka dibutuhkan 100 milidetik agar perangkat merespon permintaan dari server hosting.

Dalam game, latensi atau ping yang rendah sangat di idam-idamkan. Dengan begitu, pengalaman bermain jadi lebih baik.

Sebaliknya, jika ping game 1000 ms [1 detik] atau lebih tinggi, akan mengakibatkan pengalaman bermain yang buruk.

Contohnya, player yang tiba-tiba muncul di depan mata, karakter dalam game mati tiba-tia, layar freeze, buferring terus menerus dan seterusnya.

3. Apa itu Internet Speed?

Speed, dalam bahasa Indonesia berarti cepat atau kecepatan yang dalam konteks ini merujuk pada kecepatan internet.

Dan kecepatan internet di ukur pada seberapa banyak bit atau byte yang berhasil di transfer dalam satu detik.

Inilah yang jadi cikal bakal lahirnya istilah Kbps [Kilo bit per second] dan KBps [Kilo byte per second] atau Mbps [Mega bit per second] dan MBps [Mega byte per second].

FYI, kecepatan ini juga terbagi dalam dua bentuk yakni kecepatan download dan kecepatan unggahan.

Kecepatan unduh mengacu pada seberapa cepat data ditransfer dari internet ke perangkat. Artinya, seberapa cepat film atau musik di putar atau disalin.

Kecepatan ini juga menentukan seberapa cepat buffering video atau halaman web saat loading terjadi.


Baca Juga:


Biasanya, anda juga akan dapat informasi seberapa cepat data dapat di transfer dari perangkat ke internet atau sebaliknya.

Artinya, kecepatan ungah menentukan seberapa cepat anda dapat mengunggah gambar ke Facebook, seberapa cepat panggilan zoom dan seberapa cepat pesan terkirim.

Jadi, speed ini tidak sama dengan Bandwidth. Sekalipun dua istilah diatas saling terkait satu dengan lain namun secara teknis punya perbedaan.

Anggap aja gini, jika Bandwidth adalah jalan tol bebas hambatan dan semua mobil [data] bergerak dengan kecepatan yang kira-kira sama, untuk mendapatkan lebih banyak data [kecepatan], anda ingin jalan tersebut diperlebar.

Jadi, jika 1 Mbps setara dengan 1 lajur jalan bebas hampatan dan anda coba mengunduh gambar ukuran 5 MB dengan Bandwidth 1 Mbps, maka waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file tersebut adalah 5 detik .

Anggap saja jalan itu sudah ditambah 4 lajur lagi dengan demikian kecepatan internetnya jadi 5 Mbps, lantas seberapa cepat gambar 5MB terdownload? Jawabannya 1 detik.

4. Apa itu Throughput?

Secara awam, throughput adalah jumlah data yang dapat dikirim dan diterima dalam periode tertentu.

Metriknya di ukur dalam tingkat rata-rata dimana pesan yang dikirim berhasil sampai ke tujuan dengan baik.

Metode pengukurannya cenderung praktis sehingga bisa memberi anda data tentang jumlah paket yang sampai.

Artinya, agar informasi yang dikirim sempurna, atau setidaknya mendekati, paket data harus sampai dengan benar.

Jika terlalu banyak paket yang hilang saat transmisi berlangsung, maka kinerja jaringan saat mengupload atau mendownload file akan terganggu.

Saat ini, satuan pengukuran metrik throughput jaringan adalah bit per detik [bps] atau kadang juga disebut paket data per detik.

Saat mengukur throughput jaringan, nilai rata-ratalah yang diambil karena merupakan representasi dari kinerja jaringan secara keseluruhan.

5. Apa itu BroadBand?

Broadband atau pita lebar pada dasarnya mengacu pada semua jenis koneksi internet kecuali dial-up.

Menurut FCC [Federal Communications Commission], agar satu provider internet layak disebut broadband, minimal kecepatan unduhnya 25 Mbps dan kecepatan unggah 3 Mbps.

Sebagai contoh, jika anda pakai satu provider Wifi dan ingin tahu apakah sudah termasuk broadband, bisa pakai tools internet speed test di Google.

Nantinya, saat uji kecepatan internet selesai dilakukan, akan muncul dua data yakni Mbps download dan Mbps unggahan termasuk juga latensi dan letak server.

Bandwidth vs Latensi vs Speed vs Throughput vs Broadband: Apa Bedanya?

Intinya, broadband adalah bentuk akses internet berkecepatan tinggi yang paling banyak digunakan.

Cara kerjanya dengan membawa sinyal internet ke dan dari perangkat lewat saluran telepon.

Dan istilah broadband digunakan untuk menggambarkan panjang [broad] rentang frekuensi [band].

Bandwidth vs Latensi vs Speed vs Throughput vs Broadband: Apa Bedanya?

Lantas, apa sih perbedaan antara Bandwidth, latensi, speed, throughput dan broadband? Mengapa istilah teknis diatas bisa mempengaruhi kecepatan internet?

Perbedaan utamanya ada pada apa yang diukur. Misalnya, dalam kasus Bandwidth, yang diukur adalah jumlah data yang ditransfer.

Sementara, dalam kasus latensi, yang diukur adalah jumlah waktu yang dibutuhkan data saat ditransfer.

Agar jelas, simak tabel perbedaan bandwidth vs latensi vs speed vs throughput vs broadband dibawah ini:

a. Bandwidth vs Latensi

Untuk perbedaan antara bandwidth dan latensi bisa lihat keterangan dibawah ini:

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana latensi punya nama lain seperti delay, ping rate dan juga lag.

Dengan demikian, latensi adalah tingkat kelambanan jaringan yang terjadi saat menunggu suatu informasi selesai dimuat.

Jika Bandwidth adalah jumlah informasi yang dikirim per detiknya maka latensi adalah jumlah waktu yang dibutuhkan informasi tersebut dikirim dari sumber kepada anda.

b. Bandwidth vs Speed [kecepatan internet]

Untuk perbedaan antara bandwidth dan speed atau kecepatan internet bisa lihat keterangan dibawah:

Bandwidth adalah volume informasi atau seberapa banyak informasi yang diterima per detik sementara speed atau kecepatan internet adalah seberapa cepat informasi di terima atau di unduh.

Analogi paling sederhana adalah saat anda mengisi bak mandi. Jika keran bak mandi bukaannya besar atau lebar maka air yang mengalir lewat keran tentu saja banyak.

Dan air itu mengalir dengan laju yang cepat sehingga bak mandi bisa terisi dengan cepat.

Anggap saja air tersebut adalah bandwidth dan kecepatan air yang keluar dari keran adalah speed atau kecepatan internet.

c. Bandwidth vs throughput

Untuk perbedaan antara bandwidth dan throughput bisa lihat keterangan dibawah ini:

Throughput adalah seberapa banyak informasi yang benar-benar di kirim dalam waktu tertentu, 1 milidetik misalnya.

Jika bandwidth adalah jumlah maksimum data yang diterima maka throughput adalah seberapa banyak data itu sampai ke tujuannya.

Untuk menghitung berapa banyak data yang sampai maka harus pertimbangkan juga latensi, kecepatan jaringan, paket internet dan faktor-faktor lainnya.

d. Bandwidth vs BroadBand

Terakhir, untuk mengetahui perbedaan antara bandwidth dan broadband, bisa lihat keterangan dibawah ini:

Broadband adalah istilah internet kecepatan tinggi dan selalu aktif dimana ada satu kabel yang bisa membawa banyak data sekaligus.

Media transmisinya dapat berupa kabel twisted pair, kabel serat optik atau mungkin kabel koaksial.

Umumnya, broadband ditawarkan dalam empat bentuk yakni DSL, serat optik, kabel dan satelit.

Sebaliknya, Bandwidth adalah metrik performa kecepatan informasi yang diterima dan datanya terus berubah karena relatif terhadap jaringan dan teknologi.

Jadi bandwidth dan broadband itu punya perbedaan yang cukup signifikan.

Penutup

Untuk pengguna internet rumahan atau kasual, istilah-istilah diatas mungkin perlu diketahui.

Selain untuk tambah-tambah pengetahuan juga untuk bisa membantu anda memahami masalah apa yang terjadi saat kecepatan internet menurun.

Terlebih untuk mereka yang menggantungkan hidupnya ke internet dan seluruh aktivitas mereka berlangsung di situ.

Misalnya untuk yang kerja dari rumah, para pekerja kreatif seperti streamer, youtuber dan lain sebagainya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan lain terkait dengan postingan ini bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Bandwidth vs Latensi vs Speed vs Throughput vs Broadband: Apa Bedanya? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar