Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap

Bagian-bagian komputer mengacu pada berbagai komponen yang bisa membuat komputer bekerja sebagaimana mestinya.

Artinya, tanpa bagian-bagian tersebut, maka komputer tidak akan bisa digunakan untuk mengetik, bermain game, desain atau browsing.

Komputer sendiri megnacu pada mesin yang dirakit dari berbagai bagian atau part yang berbeda dan diprogram dengan bahasa yang berbeda untuk menjalankan rangkaian algoritma dan instruksi aritmatika.

Dan jika dilihat lebih jauh, komputer dan bagian-bagiannya terbagi dalam tiga kategori utama, yakni:

  • Bagian internal komputer seperti motherboard, CPU, chipset, RAM dan lain sebagainya
  • Bagian eksternal komputer seperti casing, hardisk, opticacal drive dan lain sebagainya
  • Dan perangkat pariferal seperti mouse, printer sampai speaker

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari komputer dan bagian-bagiannya, jenis-jenis bagian komputer sampai 3 bagian komputer, simak artikel ini sampai habis.

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap

Sebelum lanjut, perhatikan, bagian-bagian komputer dalam pembahasan ini, dibagi dalam dua bagian utama, yakni bagian eksternal dan bagian internal. Berikut artikelnya

Lantas, apa saja bagaian-bagian komputer? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

A. Bagian Eksternal Komputer

Bagian eksternal komputer atau bagian luar dari komputer yang mengacu pada komponen yang terpasang ke komputer dengan menggunakan salah satu port yang terhubung atau jadi pelindung mother board, seperti:

1. Casing

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via gmcanantnag.net

Casing atau penutup laptop adalah wadah yang memungkinkan perangkat keras atau hardware dari komputer ditempatkan didalamnya.

Selain sebagai wadah, case atau casing ini juga berfungsi sebagai rumah yang melindungi berbagai komponen dari debu dan kelembaban yang bisa memicu kerusakan.

Mayoritas casing komputer, dalam hal ini desktop atau PC,termasuk laptop, notebook dan netbook berupa plastik dan juga metal.

Casing atau penutup ini terdapat pada CPU serta monitor. Sementara, pada komputer AIO atau All-in-One, casingnya hanya terdapat pada monitor saja

2. Power Supply

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via superprosesor.com

Bagian komputer PC berikutnya adalah Power Supply, yang dalam bahasa teknis disebut PSU atau Power Supply Unit.

PSU ini berfungsi sebagai komponen yang memungkinkan arus listrik masuk dengan cara mengubah listrik AC menjadi DC voltase rendah.

Dengan demikian, komputer bisa dihidupkan dan arus listrik yang diperoleh tidak merusak bagian internal seperti motherboard dari komputer.

Karena tanpa listrik, komputer tidak akan hidup. Dan tanpa konversi arus dari AC ke DC, maka daya yang diperoleh tidak akan membuat bagian-bagian komputer bekerja sebagaimana mestinya.

3. Hardisk

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via carbonexpo.com

Hardisk, baik yang HDD (Hard Disk Drive) atau SSD (Solid State Drive) punya fungsi yang sama yakni sebagai tempat untuk menyimpan semua data komputer.

Data, dalam konteks ini, termasuk file yang dibuat di Microsoft Office, data tentang game, folder, aplikasi sampai data dari sistem operasi.

Baca Juga:

Saat ini, pada mayoritas komputer termasuk itu di laptop, notebook, netboook atau mungkin PC portabel lainnya, lebih umum menggunakan SSD.

Mengapa? Karena kemampuannya mengeksekusi perintah dengan lebih cepat dibanding HDD. Selain itu, dari segi penggunaan daya, SSD lebih unggul.

4. Optical Drive

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via wikipedia.org

Optical Drive adalah komponen yang memungkinkan CD, DVD dan ROM dimasukkan ke dalam komputer untuk dibaca isinya/

Hanya saja, pada beberapa varian laptop, termasuk itu notebook dan notebook, optical drive sudah tidak ditemukan lagi kecuali pada komputer dekstop rumahan.

5. Keyboard

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via insider.com

Keyboard atau papan ketik adalah bagian komputer yang berfungsi untuk memberikan masukkan atau input ke komputer secara langsung.

Jadi, dengan keyboard ini adna bisa menggunakan komputer untuk mengetik, menggunakan shortcut, memasukkan keyword penelusuran di browser dan lain sebagainya.

6. Mouse

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via microsoft.com

Mouse juga termasuk bagian dari komputer yang bertindak sebagai input device serupa keyboard dengan fungsi utama untuk mengoperasikan komputer.

Artinya, dengan mouse ini, adan bisa mengarahkan pointer ke berbagai posisi di layar komputer untuk membuka aplikasi atau memilih opsi tertentu.

7. Monitor

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via avg.com

Monitor adalah pernagkat video yang menampilkan data atau gambar yang dihasilkan oleh komputer atau hasil dari pemrosesan yang dilakukan setiap komponen yang ada.

Monitor bekerja berdasarkan graphic card dari GPU, VGA atau video card tadi yang mengubah berbagai perintah data dari tampilan grafis.

Untuk monitor sendiri terbagi dalam dua jenis yakni monitor komvensional dan juga touchscreen, yang makin populer penggunaanya akhir-akhir ini.

B. Bagian Internal Komputer

Bagian internal komputer yang mengacu pada komponen built-in dan ditempatkan didalam casing komputer seperti motherboard, CPU, RAM, PSU dan lain sebagainya

1. Motherboard

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via wikimedia.org

Berikutnya ada Motherboard yang bentuknya berupa papan sirkuit yang jadi penghubung komponen lain didalam komputer.

Mulai dari CPU, RAM, ROM, CD atau DVD, Hard Disk, SSD, Port, Slot Ekspansi dan komponen penting lainnya.

Jadi, semua komponen diatas terintegrasi langsung ke dalam motherboard, dengan fungsinya masing-masing, yakni:

2. CPU

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
computory.com

Central Processing Unit atau CPU, yang kadang juga disebut Prosesor, adalah otak dari komputer yang bertugas untuk mengkalkulasi semua perintah yang dimasukkan ke dalam komputer.

Karena tugasnya yang sentral dan penting, maka biasanya dilengkapi dengan kipas angin atau heatsink untuk mencegah kelebihan panas atau overheat.

Sementara, pada beberapa varian komputer, komputer gaming misalnya, biasanya dilengkapi dengan water colling.

Selain itu, untuk mengecegah kejadian tersebut, pada komputer modern sudah dilengkapi juga dengan Graphic Processing Unit atau GPU.

3. Chipset

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via dictio.id

Chipset yang berfungsi sebagai penghubung setiap masukkan atau perintah pengguna ke CPU atau komponen lain yang ada pada komputer, RAM misalnya

4. RAM

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via share28s.com

Random Accsess Memory atau RAM adalah memori internal dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan setiap data sehingga pengguna bisa mengakses dengan cepat suatu perintah dan masukkan.

Artinya, keberadaan RAM tersebut bisa membuat kinjera komponen lain pada komputer lebih optimal.

Karena itu, semakin besar RAM, kapasitas kinerjanya lebih bagus karena semua data proses pengguan akan tersimpan disitu.

5. Kartu Grafis

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via share28s.com

Kartu Grafis, yang kadang juga disebut secara bergantian degnan VGA, GPU atau mungkin Video Card adalah komponen yang dirancang khusus untuk mengelola grafis komputer.

Jika komputer hanya digunakan untuk mengetik, biasanya hanya diperlukan GPU internal saja atau yang integrated.

Tentu saja berbeda jika komputer tersebut dipakai untuk main game yang grafisnya tinggi, termasuk juga desainer atau animator yang pada umumnya perlu GPU dedicated agar bisa memproses grafis berukuran besar tanpa membuat komputer lambat

6. ROM

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via Pinterest

ROM atau Read-Only Memory pada komponen didalam motherboard yang bertugas untuk menyimpan firmware BIOS dan semua pengaturannya.

Hanya saja, pada komputer modern terlebih yang keluaran baru, sudah menggunakan UEFI alias tidak lagi pakai BIOS.

7. Baterai CMOS

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via makeuseof.com

Baterai CMOS punya fungsi yang sangat spesifik yakni untuk memberikan daya untuk chip BIOS sehingga tidak hilang.

Artinya, dengan komputer tersebut, pegnaturan dasar seperti tanggal serta waktu tidak akan terhapus sekalipun komputer di shutdown.

8. Bus

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via opennaukri.com

BUS adalah slot yang secara khusus dijadikan sebagai penghubung untuk card-card yang ada, mayoritas dari eksternal Graphic Card termasuk juga sound card ke motherboard.

9. Soundcard

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via matob.web.id

Terkahir ada Soundcard internal yang secara spesifik dipakai untuk memproses suara dari dalam komputer. Meski demikian, pengguna juga bisa pakai soundcard eksternal untuk satu dan lain alasan.

C. Bagian Komputer Periferal

Bagian komputer periferal merujuk pada peranti komputer yang dihubungkan dengan komprosor tapi tidak termasuk bagian internal dan eksteranla diatas.

Selain itu, keberadaannya disesuaikan sama kebutuhan dari pengguna secara langsung. Lantas, apa saja bagian-bagian periferal dari komputer? Ada beberapa, diantaranya:

1. Printer

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via 99.co

Printer adalah perangkat atau alat yang secara khusus digunaka untuk mencetak dokumen berupa teks, gambar atau gabungan antar keduanya.

Dengan demikian, file digital yang ada di komputer bisa dibuat bentuk cetaknya berkat adanya printer tersebut.

Hanya saja, agar alat pencetak tersebut bisa bekerja, dibutuhkan beberapa komponen seperti daya listrik, tinta dan juga kertas.

2. Scanner

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via anugrahpratama.com

Scan atau alat pemindai adalah perangkat yang secara khusus digunakan untuk memindai file atau dokumen fisik untuk dibuat dalam bentuk digitalnya.

Hanya saja, beberapa merk printer seperti HP DeskJet Ink Advantage 2776 AIO Printer sudah menyediakan alat scanner juga yang letaknya dibagian atas.

3. Speaker

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya Lengkap
Gambar via bukalapak.com

Meski mayoritas komputer dan laptop sudah menyiapkan speaker internal tapi ada beberapa pengguna yang juga menyiapkan perangkat periferal ini.

Tujuannya agar suara yang keluar dari komputer lebih nyaring dan jelas. Karena itu, diperlukan speaker built-in terlebih untuk beberapa pekerjaan seperti main game, musik, nonton film dan lain sebagainya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, diantaranya:

1. Apa yang dimaksud dengan bagian-bagian komputer?

Bagian komputer adalah komponen fisik yang diperlukan oleh komputer untuk mengatur sistem komputer agar berfungsi. Bagian fisik ini disebut perangkat keras.

Setiap bagian tersebut mempunya peran sendiri-sendiri, dan sifatnya sentral, dengan tujuan untuk membantu memproses atau melakukan ugas tertentu saat komputer di operasikan.

Agar sistem komputer dapat bekerja dan beroperasi, beberapa bagian dasar diperlukan seperti mouse, keyboard, kabel daya, casing dan komponen lainnya, sebagaimana yang sudah dijelaskan dibagian atas.

2. Apakah komputer dan bagian-bagiannya termasuk hardware dan software?

Jika merujuk pada pembahasan diatas, yang menjadi bagian-bagian komputer hanyalah perangkat keras atau hardwarenya.

Mengapa demikian? Karena hardware itulah yang berfungsi menopang agar software bisa bekerja maksimal sehingga bisa digunakan oleh pengguna.

3. Apa nama bagian komputer yang merupakan otak dari komputer itu sendiri?

Bagian komputer yang merupakan otak komputer adalah CPU atau Central processing Unit. Mengapa demikian?

Karena CPU berfungsi sebagai perangkat keras komputer yang secara khusus dirancang untuk memproses data eksternal atau interal dari komputer.

4. Apa saja bagian komputer-bagian komputer secara umum?

Secara umum, komputer terbagi dalam tiga bagian utama, yang bisa disebut sebagai komponen dari komputer, yakni:

  • Hardware atau perangkat keras seperti Input device, Processiing device, Output device dan juga Storage device
  • Software atau perangkat lunak seperti software sistem, software aplikasi dan software tambahan atau aplikasi pihak ketiga
  • Dan terakhir ada brainware yang lebih merujuk pada pengguna atau penggunaan komputer itu sendiri karena penggunalah yang akan menjalankan atua mengunakan komputer tersebut.

Lantas, apakah ada perbedaan antara software dan hardware tersebut? Tentu saja ada. Soal ini sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. Untuk membacanya, klik tautan ini.

Penutup

Kerbedaan setiap komputer komputer tersebut saling terkait satu dengan yang lain alias jadi penopang. Sehingga, tanpa bagian lainnya, komponen lainnya tidak akan bekerja.

Hanya saja, konteks komputer dan bagian-bagiannya, tidak melulu merujuk pada hardware saja melainkan pada elemen pendukung dari hardware itu sendiri.

Mulai dari casing yang jadi pelindung, tetikus atau mouse, printer, sampai komponen-komponen periferal lainnya, speaker misalnya.

Demikian artikel tentang bagian-bagian komputer dan fungsinya lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar