Astronomi Adalah: Pengertian, Cabang Dan Istilah Penting

4 min read

astronomi adalah

Astronomi adalah studi ilmiah tentang benda-benda langit (seperti bintang, planet, komet dan galaksi) dan fenomena yang berasal dari luar atmosfer termasuk radiasi kosmik.

Beberapa dari anda pasti pernah mendengar istilah ini, kan? Entah itu di TV, Radio, podcast, Youtube dan lain sebagainya.

Dan sebagai salah satu ilmu tertua di bumi, astronomi telah berperan penting dalam pembentukan peradaban manusia seperti yang dikenal sekarang ini.

Dan di artikel kali ini saya hendak mengulas pengertian astronomi, jenis dan cabang ilmu astronomi. Berikut artikelnya untuk anda.

Pengertian astronomi adalah

Astronomi berasal dari bahasa Yunani, astro yang berarti bintang dan nomos yang berarti hukum. Jika digabungkan maka astronomi adalah ilmu yang mempelajari hukum bintang-bintang.

Ilmu ini berkaitan erat dengan evolusi, fisika, kimia, meteorologi dan gerakan benda-benda langit termasuk didalamnya pembentukan dan pengembangan alam semesta.

Astronom awal melakukan pengamatan metodis dari langit saat malam dan artefak astronomi sudah ada ratusan tahun sebelumnya.

Namun ilmu astronomi baru benar-benar mengalami perkembangan yang cukup radikal setelah Teleskop ditemukan.

Dalam sejarahnya, astronomi juga mencakup beberapa subbidang ilmu lain, diantaranya:

  • Astrometri
  • Navigasi selestial
  • Astronomi pengamatan
  • Astronomi kalender
  • Astrologi [Kini sudah tidak dianggap lagi sebagai bagian dari astronomi]
  • Astrofisika [pengganti astrologi]

Awal abad ke-20, bidang astronomi professional terbagi dalam dua cabang utama yakni astronomi observasional dan teoritis.

Bagian observasional berpusat pada pengolahan data dan analisis menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika.

Sementara astronomi teoritis berorientasi pada model analitis yang bertujuan menggambarkan objek astronomi dan untuk menjelaskan suatu fenomena.

Dari penjelasan ini kemudian dipahami bahwa astronomi juga fokus untuk mengamati benda-benda langit. Dan kedua bidang ini saling melengkapi satu dengan yang lain.

Hanya saja, astronomi teoritis cenderung fokus pada hasil pengamatan. Dan pengamatan itu digunakan untuk mengkonfirmasi analisis yang mereka lakukan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI] Astronomi adalah ilmu tentang matahari, bulan, bintang dan planet-planet lain atau yang juga dikenal sebagai ilmu falak.

Falak sendiri berarti lengkung langit, lingkaran langit, cakrawala atau pengetahuan mengenai keadaan peredaran, perhitungan dan lain sebagainya, termasuk didalamnya bintang-bintang atau ilmu perbintangan.

Cabang-cabang Astronomi

Cabang-cabang ilmu astronomi harus dilihat dari disiplin ilmu yang diambil yakni astronomi observasional dan teoristik.

Nah berikut disajikan beberapa cabang ilmu astronomi berdasarkan disiplin ilmunya, seperti:

1. Cabang ilmu astronomi observasional

Dalam astronomi observasional ada beberapa cabang yang sudah diakui secara global, diantaranya:

a. Astronomi radio

Salah satu cabang astronomi yang fokus pada pendeteksian gelombang elektromanetik atau gelombang radio yang datang atau diterima dari luar angkasa.

b. Astronomi inframerah

Pada dasarnya, ilmu ini secara khusus mempelajari pola deteksi dan analisis terhadap radiasi inframerah yang diserap atmosfer.

c. Optikal

Adalah cabang ilmu astronomi observasional yang secara khusus mempelajari fenomena optik alami yang bisa dilihat oleh mata telanjang.

Fenomena tersebut dipandang sebagai hasil dari radiasi elektromagnetik, yang juga sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Salah satu contoh penerapan dari cabang ilmu astronomi ini adalah pengamatan benda-benda luar angkasa menggunakan peralatan fotografi.

d. Ultraungu

Astronomi ultraungu adalah salah satu cabang astronomi yang secara khusus mempelajari radiasi elektromagnetik.

Namun radiasi yang dipelajari hanya pada panjang gelombang tertentu dimulai dari 100-3.200 Å (10-320 nm).

Cahaya inilah yang bisa diserap oleh atmosfer, yang memungkinkan para astronom mempelajari lapisan bumi, ukurannya dan bagian-bagian luar atmosfer.

e. Sinar-X

Astronomi Sinar-X adalah cabang astronomi observasional yang khusus mempelajari panjang gelombang elektromagnetik yang timbul dari sinkroton.

Sinkroton sendiri adalah elektron yang mengelilingi medan magnet bumi yang berisikan gas pekat dan encer.

f. Sinar-Gamma

Kalau anda nonton film Avengers, pasti pernah mendengar kata Sinar Gamma. Pada dasarnya, kata ini juga merujuk pada salah satu bidang astronomi observasional.

Bidang ini secara khusus mempelajari gelombang paling pendek yang dapat diamati menggunakan satelit atau teleskop khusus.

2. Astronomi teoristik

Ada beberapa cabang ilmu astronomi teoristik yang juga sudah dipelajari dan diakui secara global, diantaranya:

a. Astrometri

Astrometri adalah salah satu cabang ilmu astronomi paling kuno yang berusaha mempelajari ukuran bulan, matahari dan planet-planet yang bisa diamati dengan mata telanjang.

Menurut planetary Society, Astrometri adalah salah satu metode paling tua yang digunakan untuk mendeteksi planet ekstrasurya.

Secara awam, kata ini juga dimengerti sebagai salah satu cabang ilmu astronomi teoristik yang mempelajari posisi benda-benda di luar angkasa.

b. Astrofisika

Astrofisika adalah pengamatan bintang-bintang yang telah ditentukan melalui observasi dan pemahaman teoritis dan dari simulasi komputer interior.

Pembentuk bintang terjadi di daerah padat debu dan gas yang dikenal sebagai awan molekul raksasa.

Ketika tidak stabil, fragmen awan dapat runtuh oleh pengaruh gravitasi dan membentuk proto bintang.

Daerah inti ini yang cukup padat dan panas sehingga menyebabkan fusi nuklir dan lahirlah sebuah bintang. Hampir semua unsur seperti hidrogen dan helium diciptakan dalam inti bintang.

c. Kosmogoni

Awalnya, kosmogoni hanyalah teori awal yang berusaha menjawab pertanyaan tentang asal mula terjadinya benda langit dan luar angkasa.

Seiring waktu berjalan, teori ini mulai populer dan kini sudah dianggap sebagai salah satu cabang dalam dunia astronomi modern.

4. Statistika Bintang

Adalah salah satu cabang ilmu astronomi teoritis yang secara khusus mempelajari distribusi antar ruang dan waktu.

Distribusi ini juga mencakup pergerakan benda-benda langit pada satu galaksi atau wilayah di alam semesta.

Pada akhirnya, hasil dari pengamatan ini kemudian dihitung untuk dipelajari lebih lanjut. Dan mungkin saja, hasilnya bisa memberikan gambaran kepada para astronom mengenai struktur suatu galaksi.

Selain dua cabang diatas, ada juga beberapa cabang khusus ilmu astronomi yang bisa anda lihat pada tabel dibawah ini.

Cabang astronomi khususYang dipelajari
Astronomi suryaAdalah cabang ilmu astronomi yang secara khusus mempelajari tata surya dan planet-planet didalamnya
Astronomi planetSalah satu cabang ilmu astronomi yang secara khusus mempelajari susunan suatu planet dan fase-fasenya
Astronomi bintangSalah satu cabang ilmu astronomi yang secara khusus mempelajari bintang-bintang yang ada di tata surya
Astronomi galaksiSalah satu cabang ilmu astronomi yang secara khusus mempelajari galaksi-galaksi dan aspek-aspek apa saja yang ikut membentuk galaksi
Astronomi ekstragalaksiSalah satu cabang ilmu astronomi yang secara khusus mempelajari formasi galaksi, evolusi, morfologi dan klasifikasinya
KosmologiSalah satu cabang ilmu astronomi yang mempelajari segala hal dan segala sesuatu yang ada di alam semesta. Kosmologi berasal dari bahasa Yunani, kosmos [κόσμος] yang berarti dunia dan logia [λόγος] dari asal kata Logos yang berarti pembelajaran atau belajar. Disiplin ilmu kosmologi fokus pada kelahiran alam semesta hingga evolusi dan kematian sebuah bintang. Pada dasarnya, bidang ilmu ini tidak selalu berpegang pada hal-hal konkrit yang terus di observasi dan biasanya melibatkan berbagai banyak dalam skala besar yang terdapat di alam semesta dan hal-hal lain yang bersifat esoterik
Beberapa istilah yang berkaitan dengan astronom dan astronomi

Diatas sudah dijelaskan tentang pengertian dua kata ini dan ada beberapa istilah baik itu yang berkaitan dengan astronomi dan atau astronomi yang belum saya jelaskan dibagian atas. Diantaranya:

  • Astronom adalah istilah yang menggambarkan seseorang atau sekelompok orang yang ahli astronomi. Dalam penerapannya, kata ini juga digunakan untuk menunjukan orang-orang yang fokus pada pekerjaan dibidang astronomi. Mereka biasanya menggunakan bukti-bukti yang telah berkembang selama beradab-abad sebelumnya. Beberapa astronom juga berpaku pada pengamatan dan hipotesa modern
  • Astronom perbintangan adalah astronom yang fokus pada pengamatan mengenai bintang-bintang termasuk juga lubang hitam, nebula, katai putih, dan supernova. Secara umum, astronom bintang fokus pada proses fisik dan kimia yang terjadi di alam semesta
  • Astronom tata surya adalah astronom yang fokus menganalisis suatu bintang. Menurut NASA “Kuantitas dan kualitas cahaya dari matahari sangat bervariasi pada skala waktu dari milidetik hingga miliaran tahun.” Dari sini, dipahami bahwa astronom tata surya sangat fokus pada pengamatan bintang dan berusaha memahami pengaruhnya terhadap bumi. Pengamatan terhadap satu bintang, seperti misalnya matahari membuat manusia memahami bagaimana bintang lain bisa bekerja
  • Astronom Galaksi adalah seorang ahli astronomi yang fokus pada penelitian dan observasi galaksi, seperti pengamatan terhadap galaksi Bimasakti. Ada juga astronom ekstra galaksi yang mempelajari galaksi lain di luar tata surya seperti galaksi andromeda
  • Astronom Amatir yang banyak berkontribusi pada berbagai banyak penemuan penting. Itu berarti, ilmu ini berpegang pada penemuan-penemuan astronom amatir dalam perkembangannya, terutama tentang penemuan dan pengamatan sebuah fenomena secara sementara

Penutup

Kadang kala, kata astronomi sering dipaduratakan dengan istilah astrofisika. Dua hal ini sebenarnya fokus pada ilmu yang sama.

Namun, jika dilihat dari definisi yang baku, kata ini punya pengertian yang berbeda. Diatas sudah saya jelaskan dua pengertian ini.

Sementara, banyak badan dan lembaga yang memutuskan untuk menggunakan istilah berdasarkan pendekatan saja.

Demikian artikel tentang astronomi adalah: pengertian, cabang dan istilah-istilah pentingnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *