Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay 2021

Di artikel kali ini akan saya ulas cara transfer saldo Astrapay ke ShopeePay atau sebaliknya, dari ShopeePay ke AstraPay. Penasaran caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis.

Meski AstraPay agak kurang populer di banding dompet digital lain tapi ada beberapa kelebihan AstraPay yang mungkin tidak anda ketahui.

Mulai dari fitur paylater untuk pinjam uang langsung di aplikasi, bayar cicilan atau tagihan untuk produk Astra dan lain sebagainya.

Hanya saja, agar bisa transfer saldo AstraPay ke rekening bank atau ke dompet digital lain, status akun pengguna sudah harus preferred.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya, anda sudah verifikasi KYC pakai KTP, foto wajah dan foto selfie sembari memegang KTP.

Ini juga berlaku jika mau tarik saldo di ShopeePay dimana harus upgrade dulu ke ShopeePay plus agar fitur tarik bisa digunakan.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara transfer saldo AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay 2021

Lantas bagaimana cara transfer saldo AstraPay ke ShopeePay atau dari ShopeePay ke AstraPay? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer saldo AstraPay ke ShopeePay atau cara top up ShopeePay dari AstraPay.

Penasaran caranya gimana? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi AstraPay yang sudah terinstal di Ponsel anda dan sudah upgrade ke preferred member lalu masukkan pin agar bisa masuk ke beranda akun. Setelah masuk ke beranda aplikasi, klik tombol Transfer
  • Akan muncul beberapa metode transfer yakni Sesama member dan transfer bank. Pilih opsi kedua yakni transfer bank
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Kalau sudah, langsung klik tambah akun bank jika sebelumnya anda belum pernah top up ShopeePay lewat Astrapay. Akan muncul kolom masukkan informasi rekening. Pada nama bank, pilih Bank Permata dan pada nomor rekening, silahkan masukkan 706 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay. Sebagai contoh, jika nomor yang terdaftar adalah 081344556677 maka akan menjadi 708081344556677. Kalau sudah, klik Lanjutkan dibagian bawah
  • Setelah itu masukkan nominal atau jumlah dana yang mau ditranfser, Rp10.000 misalnya. Kalau sudah, klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay
  • Nantinya akan muncul rincian transfer yang berisikan informasi rekening penerima, jumlah tarik atau jumlah dana yang ditarik dan metode penarikan. Langsung klik Lanjutkan dibagian bawah untuk diarahkan ke langkah berikutnya
Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay
  • Anda kemudian diminta untuk memasukkan PIN AstraPay guna memverifikasi permintaan transfer saldo. Jadi masukkan saja di kolom ini
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay
  • Kalau sudah, akan muncul rincian transfer yang informasinya kurang lebih sama seperti poin sebelumnya. Namun sudah ada tambahan detail transaksi seperti jumlah transfer, biaya serta total bayar. Kalau yakin mau transfer, klik LANJUTKAN
Cara Transfer AstraPay ke ShopeePay atau ShopeePay ke AstraPay

Berikutnya anda diminta untuk memasukkan kode One Time Password [OTP] yang dikirim ke nomor yang terdaftar di AstraPay.

Jika kode OTPnya sudah masuk, langsung input di kolom verifikasi yang tersedia dan otomatis uang akan ditransfer.

Selain dengan pakai nomor virtual account Permata Bank, anda juga bisa pakai nomor VA Bank Mandiri yang ada di ShopeePay.

Untuk nomor VAnya sendiri diawali dengan angka 893 diikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay.

Perhatikan, biaya transfer saldo AstraPay per transaksinya adalah Rp6.500. Jadi pastikan saldo anda cukup sebelum transaksi.

Usahakan juga untuk transfer saldo dalam jumlah yang besar, Rp100.000 misalnya, agar biaya adminya tidak terasa besar.

2. Cara Transfer ShopeePay ke AstraPay 2021

Lantas, bagaimana sebaliknya? Apakah bisa transfer saldo dari ShopeePay ke AstraPay atau top up AstraPay dari ShopeePay? Jika bisa, caranya gimana? Biayanya berapa?

Bagi saya pribadi, pertanyaan diatas tidak relevan karena sampai hari ini, fitur tarik dana di ShopeePay hanya bisa dilakukan ke Bank.

Misalnya nih, anda punya rekening bank konvensional seperti BNI, BRI atau BCA maka bisa tarik saldo ke situ.

Atau mungkin hanya punya rekening bank digital seperti Bank Jago, Line Bank, Jenius BTPN dan lain sebagainya.

Artinya, opsi penarikan saldo di ShopeePay atau pemindahan saldo elektronik ShopeePay ke dompet digital lain tidak bisa dilakukan termasuk ke AstraPay.

Saya sendiri sudah coba berkali-kali pakai nomo VA deposit yang ada di akun AstraPay entah itu Permata Bank, CIMB Niaga Bank dan Bank lain.

Setelah memasukkan rekening bank, ada informasi kalau nomornya tidak valid. Oh iya, nomor rekening yang diinput akan di review juga oleh Tim ShopeePay.

Jika valid, maka anda bisa tarik saldo ke rekening tersebut. Jika tidak, bisa input nomor rekening lain selain nomor virtual account.

Apakah ada opsi lain? Ada, banyak malah. Seperti tarik dulu ke rekening bank digital atau bank konvensional.

Jika uangnya sudah masuk, anda bisa transfer ke AstraPay pakai nomor VA permata bank untuk digunakan sesuai keperluan, bayar tagihan FIFGroup misalnya.

Bisa juga pakai layanan atau jasa tambah saldo AstraPay yang banyak tersedia diluar sana termasuk di belikan pulsa elektrik.

Nantinya, kalau pulsanya masuk, bisa order jasa convert pulsa meski biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak ketimbang transfer langsung.

Karena itu, sebelum top up ShopeePay, pastikan saldonya digunakan untuk berbagai keperluan, belanja online misalnya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Berapa biaya transfer saldo ShopeePay ke AstraPay?

Karena tidak memungkinkan transfer saldo dari ShopeePay ke AstraPay secara langsung, jadi pertanyaan diatas tidak relevan.

Artinya, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk transfer saldo karena tidak ada opsi transfer ke nomor virtual account.

2. Apakah ada cara transfer saldo ShopeePay ke AstraPay tanpa kena biaya admin?

Jawaban dari pertanyaan ini sama seperti diatas. Jadi, karena tidak bisa transfer saldo, tidak ada biaya admin yang dibebankan kepada anda.

3. Mengapa tidak bisa top up AstraPay dari ShopeePay?

Soal ini saya tidak tahu pasti alasannya apa. Mungkin saja, karena shopeepay hanya digunakan khusus untuk berbelanja didalam aplikasi Shopee.

Fungsinya tak lebih dari itu. Meski begitu, aplikasi ini tetap disebut sebagai salah satu dompet digital karena bisa simpan uang langsung meski nominalnya terbatas.

Penutup

Keberadaan dompet digital membuat hidup jauh lebih mudah karena fitur dan kemudahan yang ditawarkan.

Mulai dari bayar cicilan, ajukan pinjaman, investasi di reksadana dan emas, bayar tagihan, beli pulsa elektrik sampai simpan uang dalam jumlah terbatas.

Meski demikian, tidak semua dompet digital memungkinkan pengguna transfer saldo elektronik pakai nomor virtual account seperti ShopeePay dan LinkAja.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo AstraPay ke ShopeePay atau sebaliknya dari ShopeePay ke AstraPay 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar