Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay 2021

Di artikel kali ini akan saya ulas cara transfer saldo dari AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay. Penasaran caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis.

Di era sekarang ini, ada banyak alasan mengapa seseorang pengen pakai lebih dari satu dompet digital.

Jika pakai AstraPay, ada kemungkinan karena pengguna terbantu saat bayar cicilan di produk-produk Astra seperti FIF Grup.

Sementara, jika pakai OVO, kemungkinan untuk dihubungkan ke Grab sehingga bisa order mobil, motor atau makana secara online.

Dari segi fitur, hampir semuanya sama. Dimana pengguna bisa simpan uang, transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Perbedaannya mungkin ada pada fitur spesialnya. Di OVO, pengguna bisa akses OVO Invest untuk beli produk reksadana atau mungkin OVO proteksi tapi tidak dengan AstraPay.

Hanya saja, agar fitur transfer di dua aplikasi itu terbuka, pengguna harus verifikasi KTP dan biometrik wajah dulu.

Artinya, status akun OVO sudah harus premier dan status akun AstraPay sudah harus Preferred. Jika belum, maka menu transfer saldo tidak bisa digunakan.

Selain itu, pastikan saldo anda lebih dari cukup sebelum transaksi karena dua dompet digital ini membebankan biaya transfer.

Dan untuk anda yang sedang cari cara transfer saldo dari AstraPay ke OVO atau sebaliknya dari OVO ke AstraPay, simak selengkapnya artikel ini.

Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay 2021

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara transfer saldo AstraPay ke OVO atau dari OVO ke AstraPay terbaru 2021.

1. Cara Transfer AstraPay ke OVO 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer saldo AstraPay ke OVO atau cara top up OVO dari AstraPay.

Penasaran caranya gimana? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi AstraPay yang terinstal di ponsel anda lalu masukkan PIN aplikasi agar bisa diarahkan ke beranda akun. Di beranda akun, klik tombol Transfer seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
  • Setelah itu akan muncul dua opsi transfer saldo. Pertama, ke sesama member dan kedua ke rekening bank atau transfer bank. Pilih opsi yang kedua
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Jika ini merupakan transaksi pertama, klik Tambah Akun Bank lalu masukkan informasi rekening muali dari nama bank dan nomor rekening. Untuk nama bank, pilih Bank Permata dan pada nomor rekening isi dengan 84 diikuti nomor yang ada di OVO. Sebagai contoh, nomor yang di ovo adalah 081233445566 maka akan menjadi 84081233445566. Kalau sudah, klik Lanjutkan
  • Berikutnya masukan jumlah saldo yang mau ditransfer, Rp10.000 misalnya. Kalau sudah, klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay
  • Setelah itu, akan muncul laman konfirmasi transfer bank yang berisikan informasi rekening penerima, jumlah tarik, catatan serta dikirim dari. Kalau sudah benar semuanya, klik LANJUTKAN
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay
  • Anda kemudian diminta untuk memasukkan PIN akun Astrapay anda untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay
  • Sekali lagi akan muncul laman konfirmasi transfer bank. Namun, detail informasi yang muncul sudah bertambah termasuk biaya transaksi. Kalau yakin mau transfer saldo, langsung klik Lanjutkan dibagain bawah
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay

Setelah itu anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim ASTRAPAY ke nomor yang terdaftar.

Jadi tunggu saja sampai kodenya masuk. Kalau sudah masuk, input di kolom isian kode OTP dan otomatis uang akan ditransfer.

Jadi tunggu saja sampai notifikasi transaksi berhasil atau sebaliknya. Jika berhasil, screenshoot laman ini untuk dijadikan bukti transfer.

Perhatikan, untuk saat ini, saat tambah informasi rekening bank, belum tersedia Bank NATIONAL NOBU. Karena itu, opsi yang saya gunakan di artikel ini adalah PERMATA BANK.

Selain itu, anda juga bisa gunakan nomor virtual akun Bank CIMB Niaga dengan kode 8099 diikuti nomor yang terdaftar di OVO.

Sebelum transaksi, pastikan jumlah saldonya anda mencukup dan usahakan untuk transfer dalam jumlah yang besar agar biaya adminya tidak terasa mahal.

Karena per transaksi anda dibebankan biaya transfer sebesar Rp6.500. Belum lagi potongan isi saldo atau biaya top up fee di OVO sebesar Rp1.000.

Dengan demikian, jika transfer Rp50.000, maka saldo yang terpotong di AstraPay adalah Rp56.500. Sementara, yang masuk ke OVO ke hanya Rp49.000.

2. Cara Transfer OVO ke AstraPay 2021

Lantas, bagaimana jika sebaliknya, untuk transfer saldo OVO ke AstraPay atau cara top up AstraPay lewat OVO? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi OVO yang sudah terinstal di ponsel anda lalu masukkan PIN agar bisa masuk ke akun. Di beranda akun, klik tombol Transfer
  • Berikutnya akan muncul beberapa metode transfer dan laman transaksi terakhir. Jika baru transfer saldo pertama ke AstraPay, pilih opsi Ke Rekening Bank
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay
  • Setelah itu akan muncul laman transfer ke rekening bank. Pada kolom Bank tujuan, pilih PERMATA BANK dan pada nomor rekening, isi dengan kode ini 8577005 diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa kode telepon. Misalnya nih, nomor yang terdaftar adalah 081233445566 maka hilangkan saja 0812nya sehingga menjadi 33445566. Dengan demikian, saat di input di kolom nomor rekening akan menjadi 857700533445566. Setelah itu, masukkan nominal transfer dan pesan. Kalau semuanya sudah diinput, klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay
  • Terakhir akan muncul informasi konfirmasi transfer yang berisikan detail rekening penerima, bank, nomor rekening atau nomor VA serta sumber DANA dan detail transfer yang terdiri dari nominal transfer serta biaya transaksi. Kalau yakin mau pindahkan saldo, klik TRANSFER
Cara Transfer AstraPay ke OVO atau OVO ke AstraPay

Setelah itu, anda diminta untuk memasukkan PIN akun OVO milik anda dan otomatis saldo akan ditransfer.

Kalau notifikasi transaksinya berhasil, silahkan screenshoot riwayat transaksinya untuk dijadikan sebagai bukti transfer sesuai keinginan.

Perhatikan, biaya transfer saldo elektronik termasuk ke AstraPay adalah Rp2.500. Karena itu, pastikan saldo anda cukup sebelum transaksi.


FAQ

Beberapa bertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah ada cara transfer saldo dari OVO ke AstraPay tanpa kena biaya admin?

Sejauh ini, tidak ada cara yang memungkinkan pengguna transfer saldo dari OVO ke dompet digital lain, termasuk ke AstraPay tanpa ada biaya admin.

Biaya transfer ini juga berlaku saat pindahkan saldo ke rekening bank. Jadi buka saja ke sesama pengguna eWallet. Bagaimana jika transfer dari OVO ke OVO? Sepenuhnya gratis.

Biaya ini dipotong langsung ke saldo efektif. Sebagai contoh, jika transfer Rp100.000 maka saldo yang terpotong adalah Rp102.500 termasuk biaya admin.

2. Apakah ada cara transfer saldo dari AstraPay ke OVO tanpa kena biaya transfer atau gratis?

Seperti juga di OVO, yang mana, saat pindahkan saldo AstraPay, ada biaya admin atau biaya transfer yang dibebankan ke saldo efektif.

Biayanya cukup besar, serupa dengan LinkAja atau transfer bank to bank, BRI ke BNI misalnya, yakni Rp6.500.

Dengan demikian, jika transfer saldo Rp100.000 dari AstraPay ke dompet digital lain, OVO misalnya, saldo efektif yang terpotong adalah Rp106.500 per transaksi.

Intinya, sejauh ini, tidak ada cara yang memungkinkan pengguna transfer saldo Astrapay tanpa kena biaya admin.

3. Bagaimana cara daftar di aplikasi AstraPay?

Untuk daftar sebagai pengguna baru di AstraPay sudah saya bahas disini termasuk bagaimana cara verifikasi akun alias verifikasi KYC.

Jika daftar sekarang dan memasukkan kode undangan teman atau orang yang mengajak, anda bisa dapatkan saldo AstraPay gratis.

Atau, jika pengen unduh langsung aplikasinya, bisa download di Google Play Store dan App Store disini atau disini.

Penutup

Tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan dua dompet digital diatas untuk melakukan pembayaran termasuk untuk transfer saldo.

Kendalanya mungkin hanya ada biaya transfernya yang besar. Lagi pula, tidak ada gratis transfer untuk pengguna seperti di DANA.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo AstraPay ke OVO atau dari OVO ke AstraPay 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar