Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay 2021

Pengen transfer saldo AstraPay ke Gopay atau sebaliknya, dari Gopay ke AstraPay? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Perpindahan saldo elektronik antar dompet digital jadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan ini berlaku untuk Gopay dan AstraPay.

Dari segi popularitas, tentu saja AstraPay masih kalah sama Gopay. Untuk fitur dua aplikasi tersebut kurang lebih sama.

Dimana pengguna bisa transfer saldo, tarik tunai saldo, transfer ke sesama pengguna, beli pulsa, beli kuota, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Keduanya pun menyediakan fitur Paylater yang bisa diaktifkan pengguna setelah upgrade akun ke full service dan ini berlaku juga jika ingin pindahkan saldo.

Dengan demikian, status akun Gopay sudah harus Gopay Plus dan status akun AstraPay sudah harus Preferred.

Bagaimana jika belum verifikasi KTP? Anda tidak bisa transfer saldo. Top up bisa begitu juga saat bayar cicilan, tapi saat transfer atau tarik tunai tidak bisa.

Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay 2021

Lantas, bagaimana cara transfer saldo AstraPay ke Gopay atau sebaliknya, dari Gopay ke AstraPay? Simak artikel ini sampai habis.

1. Cara Transfer AstraPay ke Gopay 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer AstraPay ke Gopay atau cara top up Gopay dari AstraPay, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi AstraPay yang sudah terinstal di ponsel anda dan masukkan PIN aplikasi agar diarahkan ke beranda akun. Di beranda akun, klik tombol TRANSFER
  • Setelah itu muncul dua opsi transfer saldo. Pertama, ke sesama member atau pengguna AstraPay dan transfer bank. Pilih opsi yang kedua
Cara Transfer Saldo AstraPay ke DANA atau DANA ke AstraPay
  • Lalu klik tulisan Tambah akun Bank jika sebelumnya anda belum pernah transfer saldo AstraPay ke Gopay. Nantinya, akan ada permintaan untuk memasukkan informasi rekening bank penerima mulai dari nama bank dan nomor rekening. Pada nama bank, pilih Bank Permata dan pada nomor rekening 898 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay. Contoh, jika nomor yang terdaftar di Gopay adalah 081233445566 akan menjadi 898081233445566. Kalau sudah, klik Lanjutkan dibagian bawah
  • Kalau sudah, masukkan nominal saldo yang mau ditransfer ke Gopay dari AstraPay, Rp10.000 misalnya. Kalau sudah, klik Lanjutkan
  • Berikutnya, akan muncul informasi transfer bank pertama yang terdiri dari jumlah tarik atau jumlah dana yang akan terpotong. Kalau sudah, klik Lanjutkan
  • Setelah itu, anda diminta untuk memasukkan PIN aplikasi untuk melanjutkan proses transfer saldo
  • Kemudian muncul informasi transfer yang terdiri dari rekening penerima, detail transaksi, jumlah transfer, biaya dan total bayar. Kalau sudah benar, klik Lanjutkan
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay

Terakhir anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim AstraPay ke nomor yang terdaftar.

Jika kodenya sudah masuk, input di kolom isian yang tersedia dan otomatis saldo akan di transfer ke nomor rekening yang diinput sebelumnya.

Selain itu, pastikan jumlah saldo anda cukup sebelum transaksi karena biaya adminya lumayan besar yakni Rp6.500 per transaksi.

Agar biaya transfernya tidak terasa besar sekali, baiknya anda transfer saldo dalam jumlah yang besar. Rp100.000 misalnya.

2. Cara Transfer Gopay ke AstraPay 2021

Lantas, bagaimana sebaliknya? Maksudnya, cara transfer Gopay ke AstraPay atau cara top up AstraPay lewat Gopay? Ikuti langkah-langkah dibawah ini”

  • Buka aplikasi Gopay yang terinstal di ponsel anda. Setelah masuk ke beranda aplikasi, klik Bayar atau klik Eksplor untuk membuka menu lengkap Gopay. Didalamya ada opsi bayar juga, langung klik disitu
Cara Transfer DANA ke Gopay atau GoPay ke Dana
  • Setelah itu akan muncul tiga opsi pembayaran mulai dari QRIS, kirim ke rekening bank dan pakai Kode. Pilih opsi yang kedua yakni ke rek. bank
Cara Transfer DANA ke Gopay atau GoPay ke Dana
  • Lalu klik tulisan Transfer instan ke rek. baru terlebih jika anda belum pernah top up AstraPay dari Gopay karena belum ada riwayat transfernya
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay
  • Berikutnya akan muncul dalam bank tujuan yang mau di transfer. Di kolom kosong yang tersedia, cari Bank PERMATA lalu klik disitu
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay
  • Nantinya anda dimitan untuk memasukkan nomor rekening bank permata yang jadi tujuan transfer. Untuk nomornya adalah 8577005 diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menggunakan angka pertama yang terdaftar. Misalnya nih, nomor yang terdaftar di AstraPay adalah 081233445566 maka yang digunakan hanya 33445566. Dengan demikian, jika ditambah dengan nomor VAnya akan 857700533445566. Kalau sudah, klik Verifikasi disampingnya. Jika nomor rekening itu Valid, akan muncul nama penerima dibawah dan tombol lanjut akan aktif. Langsung klik disitu
  • Berikutnya isi nominal saldo Gopay yang mau ditransfer ke AstraPay, Rp50.000 misalnya. Kalau sudah, sekali lagi klik Lanjut dibagian bawah
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay
  • Akan muncul laman konfirmasi transfer yang berisikan total pengurangan saldo, rekening tujuan dan rincian transfer seperti saldo yang mau ditransfer dan biaya admin. Kalau yakin mau transfer, klik Konfirmasi
Cara Transfer AstraPay ke Gopay atau Gopay ke AstraPay

Setelah itu anda diminta untuk memasukkan PIN Gopay untuk memverifikasi transaksi dan otomatis saldo akan ditransfer.

Sebelum transfer, pastikan saldo Gopay anda cukup karena ada biaya admin yang harus ditanggung sebesar Rp2.500 per transaksi.

Kode transfer Gopay ke Astrapay atau sebaliknya

Untuk memudahkan anda transfer saldo elektronik antar dua dompet digital tersebut, berikut saya sajikan daftar kode transfernya.

Karena nomor VA yang valid sekarang ini ada dua, jadi bisa gunakan salah satunya seperti yang terlihat pada tabel dibawah:

Dari dan keBankKode transfer
Dari AstraPay ke GopayPermata Bank898 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay
CIMB Niaga2849 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay
Dari Gopay ke AstraPayPermata Bank857700 diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menyertakan 3 angka pertama di awal nomor telepon
CIMB Niaga6609 diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menyertakan 4 angka pertama di awal nomor telepon

FYI, untuk sekarnag, hanya ada dua bank dengan nomor VA yang paling banyak digunakan untuk pindahkan antar saldo elektronik yakni Permata Bank dan CIMB Niaga, mau pilih yang mana?


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah ini, seperti:

1. Apakah ada cara top up saldo Gopay dari AstraPay tanpa kena biaya admin?

Bagi saya pribadi, pertanyaan seperti ini wajar mengingat biaya adminya cukup besar.

Sayangnya, sejauh ini, tidak ada cara yang memungkinkan pengguna transfer saldo Astrapay tanpa kena biaya admin, termasuk saat transfer ke Gopay.

Opsinya sih banyak seperti misalnya dibelikan pulsa untuk kemudian ditukar jadi saldo Gopay pada beberapa jasa convert pulsa.

Sayangnya biayanya cukup besar. Selain harus tanggung biaya transfer pulsa, anda juga harus siap dengan ratenya yang tinggi sampai 0.76 per transaksi.

2. Apakah ada cara top up saldo AstraPay dari Gopay tanpa kena biaya admin?

Lebih mendingan sih menurut saya karena biaya transfer saldo Gopay cukup murah termasuk saat transfer ke AstraPay.

Sekalipun cukup kecil, tapi tidak ada cara yang memungkinkan anda transfer saldo Gopay tanpa kena biaya admin, kecuali ke sesama pengguna.

Apakah ada opsi lain? Sebenarnya ada, tapi biayanya jauh lebih besar dibanding transfer biaya seperti menggunakan jasa convert pulsa jadi uang yang banyak tersedia sekarang ini.

3. Berapa minimum transfer saldo yang berlaku untuk AstraPay dan Gopay?

Dua dompet digital diatas memungkinkan anda transfer saldo minimal Rp10.000 dan maksimalnya sesuai jumlah saldo yang dimiliki.

Kalau mau kosongkan saldo dua dompet digital tersebut bisa, yang penting jumlah uang yang mau ditransfer sudah hitung sama biaya adminya.

Misalnya anda punya saldo 1 juta di AstraPay dan pengen pindahkan saldonya ke Gopay semuanya, maka uang yang bisa ditransfer hanyalah Rp993.500 dan sisanya Rp6.500 jadi biaya admin.

Ini juga berlaku untuk Gopay. Anggap saja, saldo anda ada Rp500.000 dan pengen pindahkan semuanya ke AstraPay.

Dengan demikian, nominal uang yang bisa ditransfer hanya Rp497.500 dan sisanya Rp2.500 jadi biaya adminnya.

Penutup

Dompet digital mungkin jadi salah satu aplikasi wajib yang terinstal di HP bagi masyarakat di era sekarang berkat berbagai kemudahan yang didapatkan.

Jadi, bisa transfer uang tanpa harus ke ATM, bisa bayar belanjaan secara online, ada fitur investasi juga sampai bisa gunakan paylater.

Opsi dan fiturnya tak jauh beda dengan mobile banking atau ATM. Sayangnya, nominal uang yang bisa disimpan terbatas.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo AstraPay ke Gopay atau sebaliknya dari Gopay ke AstraPay 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar