Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya

Ada banyak nama atau alias untuk pakaian wanita mulai dari top, dress, skirt, bottoms, pantas, jumpsuit sampai playsuit.

Baru-baru ini juga lahir beberapa istilah yang merujuk pada bentuk pakaian yang sama seperti diatas tapi dengan penamaannya yang berbeda.

Seperti gamis dan gown. Hanya saja, untuk dua istilah terakhir pada judul di atas yakni daster dan kebaya mungkin sudah cukup umum didengar.

Sekarang, yang jadi pertanyaan adalah, apa arti dari berbagai istilah diatas? Apa perbedaannya? Bagaimana menentukan apakah satu pakaian itu adalah playsuit atau jumpsuit misalnya?

Jika penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan dasar diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Arti Top, Dress, Skirt, Bottoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan arti top atau atasan, dress atau terusan, skirt atau rokok, bottoms dan pants yang merujuk pada rok.

Termasuk istilah tambahan seperti jumpsuit, playsuit, gamis, gown, daster sampai kebaya termasuk contohnya.

1. Arti Top atau Atasan pada pakaian wanita

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via gq.com

Top atau atasan, yang kadang juga disebut clothing, adalah item pakaian yang menutupi area dari dada dan sebagian besar tubuh manusia dari pinggang sampai leher.

Bagian bawah dari atasan ini biasanya pendek atau hanya ada di bagian pertengahan tubuh atau mungkin lebih panjang sampai ke tengah paha.

Atasan pria umumnya dipadukan dengan celana sementara untuk wanita dipadukan dengan rok. Dan istilah atasan ini merupakan istilah general.

Artinya, atasan atau top ini punya banyak jenis, berikut beberapa diantaranya:

  • Kaos atau kaus, yang kadang juga disebut t-shirt adalah baju yang terbuat dari bahan kaus. Kaus pun ada banyak jenisnya mulai dari kaus potong yang adalah kaus yang menggantung pada bagian bawah sehingga memperlihatkan bagian pinggang atau perut, kaus polo yang adalah perlengkapan pendek ataupun panjang, dengan kerah yang tegak, kaus pendek adalah kaos yang berlengan pendek, kaos oblong atau yang lebih sering disebut singlet atau kaos kutang
  • Blus yang lebih sering disebut kemeja untuk perempuan
  • Kemeja atau kemeja yang adalah baju laki-laki, pada umumnya berkerah dan berkancing depan, terbuat dari katun, linen dan bahan lain. Bentuknya ada yang berlengan panjang dan ada juga yang pendek. Kemeja sendiri terbagi dalam beberapa jenis mulai dari kemeja buntung yang adalah kemeja berlengan sangat pendek atau tanpa lengan, kemeja hawai yang adalah kemeja berlengan pendek dan berbahan ringan dengan motif tropis serta kemeja silir yang adalah kemeja yang berkerah rebah atau tidak kaku, biasanya digunakan untuk olahraga
  • Tanktop, termasuk Croptop Tube top, Jean top, Halter top sampai Turtleneck adalah nama lain dari kuas kutang atau kaos tanpa lengan

2. Arti Dress pada pakaian wanita

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via travelandleisure.com

Dress atau gaun, yang kadang juga disebut terusan, adalah baju terusan yang diperuntukan secara khusus untuk wanita.

Di Indonesia, istilah gaun merupakan istilah yang general dan bisa mengacu pada satu atau sebagian dari gaun pada umumnya, seperti:

  • Gaun asimetris adalah gaun yang potongan di kiri-kanannya tidak sama atau tidak simetris, bisa di bagian leher, panjang gaun dan sebagainya
  • Gaun bentuk A adalah gaun tanpa ikat pinggang, bagian atas sempit dan mengembang ke bawah
  • Gaun kemeja adalah gaun yang potongannya mirip kemeja pria, biasanya dilengkapi dengan ikat pinggang dan sederet kancing
  • Gaun ketat adalah gaun yang sangat ketat untuk menonjolkan bentuk tubuh
  • Gaun koktail adalah jenis gaun yang dikenakan untuk acara semi formal hingga formal. Panjang gaun jenis ini cukup bervariasi, umumnya pendek, selutut tapi bisa juga panjang
  • Gaun lilit adalah gaun yang dililitkan seputar tubuh, saling menumpang di depan, dikencangkan dengan tali di pinggang
  • Gaun malam adalah gaun yang hanya dikenakan pada malam hari saat acara pesta dan sebagainya
  • Gaun model jas adalah gaun yang bagian atasnya meniru kaos polo
  • Gaun putri adalah jenis gaun tanpa ikat pinggang dengan rok dibagian bawah mengembang atau lurus yang potongannya mempertegas bentuk tubuh
  • Gaun rumah adalah gaun sederhana yang terbuat dari bahan yang nyaman dipakai. BIasanya memakai kancing depan, ikat pinggang dan saku luar
  • Gaun tenda adalah jenis gaun bersiluet segitiga mirip tenda, sempit di bahu dan melebar ke bagian bawah

Intinya, gaun yang kadang juga disebut rok atau gaun, adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita atau anak perempuan.

Biasanya terdiri dari rok dengan korset yang terpasang atau korset serasi yang memberikan efek bahwa pakaian satu potong.

Tapi, pada umumnya, dress ini memiliki lengan dan tali yang diikat di sekitar dada dengan membiarkan bahu tetap terbuka.

Model dan warnanya juga cukup variasi. Karena itu, gaun bisa digunakan untuk berbagai situasi, cuaca, mode, tren sampai selera pemakainya.

Sememtara, apabila bila dari segi penggunaannya, dress ini punya beberapa jenis, diantaranya:

a. Gown

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via vogue.com

Gown, secara tradisional berarti Gaun. Istilah tersebut diambil dari bahasa Saxon lama, Gunna yang merujuk pada pakaian luar.

Hanya saja, gown cenderung lebih longgar dengan panjang sampai selutut. Dan pakaian jenis ini sangat umum dikenakan oleh pria dan wanita di Eropa pada abad pertengahan.

Baca Juga:

Ciri utama dari gown ada pada penggunaannya yang mana hanya umum digunakan untuk acara-cara formal saja seperti pernikahan.

Seiring dengan meningkatnya tren fashion, pakaian wanita jenis ini juga dipakai pada pesta-pesta penting, kelulusan dan lain sebagainya.

Disisi lain, dari segi bahan pembuatannya, pakaian ini umumnya dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Atas alasan itulah, harganya sangat mahal.

b. Long Dress
Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via refinery29.com

Long dress secara eksplisit berarti gaun yang lebih panjang. Hanya saja, istilah panjang ini cenderung digunakan untuk jenis gaun khusus yang panjangnya variatif.

Jadi, istilah ini mencakup Mid dresses dan juga Maxi dresses. Intinya, long dress adalah gaun dengan hemline yang panjangnya bisa menyentuh lantai.

Biasanya, pakaian jenis ini dirancang untuk digunakan saat beraktivitas kasual atau untuk kegiatan-kegiatan formal.

Tapi tetap bergantung pada jenis acaranya. Tapi pada umumnya, dress jenis ini dipakai pada acara makan malam, gaun kontes, pendamping wanita pada pesta pernikahan dan seterusnya.

c. Gamis

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via hijup.com

Di KBBI, gamis yang merupakan bentuk tidak baku dari kamis, punya dua arti. Pertama, kemeja arab dan kedua baju yang panjangnya semata kaki atau lebih menyerupai kemeja dengan potongan longgar.

Hanya saja, di Indonesia, istilah gamis ini lebih cenderung diartikan sebagai pakaian muslimah atau pakaian yang dibuat untuk wanita yang beragama Islam.

Bentuknya sama seperti gaun kebanyakan, tetapi biasanya dipadukan dengan jilbab. Selain itu, bajunya menyatu dari atasan sampai bawahan dan cenderung longgar.

Busana Gamis (Abaya) awalnya berupa jubah hitam yang biasa dikenakan oleh perempuan muslim di wilayah semenanjung Arab.

Dengan demikian, ciri utama dari gamis ada pada bentuk pakaiannya yang menutupi seluruh tubuh, dengan kain yang tidak transparan serta longgar saat digunakan.

Dan berkat perkembangan fashion, pakaian gamis saat ini bisa ditemui dalam berbagai jenis mulai dari Kaftan, Cape, Brokat, Syar’i, gamis Batik, Blazer sampai dengan Slit-up.

d. Daster

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via ceklist.id

Daster adalah gaun yang sengaja dibuat longgar untuk dipakai di rumah. Di Indonesia, umumnya daster dikenakan saat hendak tidur.

Karena itulah, ada yang menyebut daster sebagai pakaian tidur dengan potongan yang longgar dan biasanya dirancang tanpa lengan.

Artinya, lengan daster lebih pendek dari dress kebanyakan. Selain itu, ia lebih pendek karena biasanya hanya sampai lutut atau bisa juga sampai betis.

3. Apa itu Skirt?

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via dailymail.co.uk

Skirt, atau rok, kadang juga disebut secara bergantian dengan gaun. Hanya saja, secara spesifik, ia merujuk pada baju perempuan di bagian bawah atau bawahan.

Artinya, rok adalah bagian bawah gaun atau pakaian luar terpisah yang menutupi tubuh seseorang dari pinggang ke bawah.

Rok modern terbuat dari banyak variasi warna tapi umumnya dari bahan ringan sedang seperti denim, jersey, wol sampai poplin.

Rok juga dari bahan tipis atau lengket sering digunakan dengan selip untuk membuat bahan rok menggantung lebih baik sehingga terlihat lebih sopan.

Saat ini, rok umumnya dikenakan oleh wanita. Dan tentu saja, meskipun bentuknya sama, rok dan Izaar ini cukup berbeda.

Atau mungkin pakaian tradisional Italia, Skotlandia dan Inggris. Meski cenderung dihubungkan dengan gender sebenarnya beberapa desainer seperti Jean Paul Gaultier dan Vivienne Westwood membuat rok untuk pria.

4. Bottoms atau Pants

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via nypost.com

Bottoms, yang kadang juga disebut pants, adalah celana panjang wanita, yang menutup bagian pinggang sampai ke mata kaki.

Kadang juga, istilah celana hanya mengacu pada pakaian yang menutupi tubuh dari pinggang sampai lutut saja terutama untuk laki-laki.

Hanya saja, dari sisi fashion wanita, istilah celana sedikit berbeda dengan skirt atau rok diatas meski rok juga termasuk bagian dari celana.

Dan bottoms atau pants ini ada banyak jenis mulai dari denim yang bisa dipakai saat beraktivitas sehari-hari, jeans sampai celana formal.

Termasuk juga celana lebar untuk laki-laki, legging, Tapered Pants Track, Pants Palazzo, Pants Patiala dan lain sebagainya.

5. Jumpsuit dan Playsuit

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via happyideasblog.com

Jumpsuit, yang kadang juga disebut playsuit, adalah pakaian yang khusus dirancang untuk dikenakan oleh wanita.

Hanya saja, ada sedikit perbedaan teknis dari dua istilah diatas. Jumpsuit, umumnya dianggap lebih dewasa dan stylish.

Sementara, playsuit cenderung lebih kontemporer karena itu, umumnya hanya dirancang untuk wanita muda saja untuk menunjukkan energi.

Hanya saja, istilah kedua ini sering digunakan secara bergantian oleh merk atau desainer. Artinya, arti dari istilah ini di pasar ditentukan juga oleh pendapat mereka.

Dengan demikian, tidak ada detail khusus yang menentukan apakah suatu pakaian itu jumpsuit atau playsuit.

Bahkan, beberapa diantaranya juga disebut bergantian dengan istilah lain mulai dari romper, jumper, dungarees sampai pantsuit.

Untuk diketahui, dalam fashion, romper, dungarees, playsuit dan pantsuit dianggap sama. Tapi, ada sedikit perbedaan dengan jumpsuit, berikut penjelasannya:

  • Jumpsuit adalah pakaian wanita dengan atasan dan celana pendek yang dibuat dalam satu potong. Awalnya diperuntukan untuk pakain olahraga yang bisa dikenakan seperti pakaian renang lama
  • Playsuit adalah pakaian all-in-one lengkap dengan celana pendek yang awalnya diperuntukkan sebagai pakaian outdoor atau permainan luar ruangan

Perbedaan paling kontras bisa dilihat dari panjang kaki celana, dan dalam beberapa kasus dari panjang kaki tangannya.

Jumpsuit adalah pakaian dan celana yang lebih panjang sementara untuk playsuit atau romper cenderung lebih pendek.

Hanya saja, dari berbagai literatur, jumpsuit dianggap sebagai celana panjang dengan lengan panjang sementara romper atau playsuit adalah celana dengan pakain lengan pendek.

6. Kebaya

Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya
Gambar via parapuan.co

Kebaya adalah baju perempuan bagian atas, berlengan panjang, dipakai dengan kain panjang. Dan ada banyak jenis kebaya mulai dari kebaya encim.

Kebaya encim sendiri adlaah kebaya yang garis lehernya berbentuk V, dengan bordir di sepanjang garis kerah sampai bagian bawah, biasanya berbahan katun atau organdi.

Ada juga kebaya kartini yang merupakan kebaya yang garis kerahnya dilipat dan berbentuk lurus vertikal, biasanya berbentuk bahan katun.

Kebaya kutubaru yang adalah kebaya yang menggunakan kain penutup dada tempat melekatkan kancing yang menyatukan bagian sisi kanan dan kiri.

Serta kebaya lidah yang adalah kebaya yang digunakan oleh perempuan Badui, biasanya berwarna hitam, putih dan juga biru tua.

Penutup

Dari penjelasan diatas bisa diketahui kalau ada banyak istilah-istilah, yang secara spesifik, menggambarkan suatu model pakaian tertentu untuk wanita.

Mayoritas merupakan pengembangan lebih lanjut dari satu model pakaian sementara yang lainnya adalah pakaian khusus yang dirancang untuk menutupi bagian tubuh tertentu.

Ada juga pakaian yang pengembangan dari fashion tradisional seperti kebaya, yang sebenarnya merupakan perpaduan dari budaya portugis dan Indonesia.

Demikian artikel tentang arti top, dress, skirt, botoms, pants, jumpsuit, playSuit, gamis, gown, daster dan kebaya serta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

23 pemikiran pada “Arti Top, Dress, Skirt, Botoms, Pants, Jumpsuit, PlaySuit, Gamis, Gown, Daster dan Kebaya Serta Contohnya”

  1. Bang, pas masukin isi artikel di kolom kirim blog di viva, itu harus semua isi artikel dari blog kita atau hanya beberapa paragraf saja yang di masukkan ke dalam kolom isi artikel tersebut..??

    Balas
    • Biasanya sih, kalau saya, isi semua artikel yang ada di blog. Boleh2 saja pakai beberapa paragraf, tapi sepengalaman saya, jarang di approve. Tapi di coba aja dulu, siapa tahu bisa.

      Balas
          • 1 pertanyaan terakhir bang, blog saya kan isinya gado” ada tentang download software crack an dan ada juga tentang artikel bacaan, nah nanti yang akan saya kirim ke viva yang artikel tentang bacaan.

            Nach nanti itu berpengaruh ga untuk diterima nya, soalnya kan di blog saya ada postingan crack an gitu..??

          • Gak sih, karna yang diterbitkan bukanlah blog tapi postingannya. Di coba aja dlu, kalau gak bisa ya cari tempat sindikasi artikel lain.

  2. Makasih panduannya gan. Baru cari tahu infonya untuk daftarkan blog saya. Semoga bisa meningkatkan kualitas blog dengan tertaut dengan Viva.

    Ulasannya mudah dan dapat dipahami.

    Salam
    Blogger Gorontalo

    Balas
  3. Mantapp mas, dapet insight baru, semoga traffic web saya juga bisa meningkat seiring berjalannya waktu, amiiinn

    Salam dari Jawa Timur

    Balas

Tinggalkan komentar