10+ Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerpen Penghasil Uang 2022

Sebenarnya, ada banyak pilihan aplikasi menulis cerita seperti novel, cerber dan cerpen yang memungkinkan pengguna dapat bayaran atau royalti.

Artinya, tinggal manfaatkan mana aplikasi yang cocok karena semua punya kriteria, standar, ketentuan dan metode perhitungan pembayaran.

Untuk menulis, ada platform yang menyediakan form penulisan langsung di aplikasi, ada yang harus akses web sampai ada yang harus buat cerita dulu di laptop atau komputer.

Nantinya, tulisan tersebut akan dibuat format dalam format yang diminta, PDF misalnya, lalu dikirim ke editor via email.

Jika tulisan di setujui, anda akan dapat pemberitahuan soal ini. Dan dalam beberapa kasus, anda akan diminta tandatangan kontrak atau kesepakatan soal tulisan.

Menariknya lagi, beberapa aplikasi memungkinkan tulisan itu dibuat versi cetaknya. Dengan demikian, anda bisa dapat benefit yang lebih banyak lagi.

Lantas, apa saja aplikasi menulis novel dibayar? Apa saja aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang? Bagaimana cara menghasilkan uang dengan menulis cerita seperti novel, cerpen, cerber dan puisi?

Atau mungkin pertanyaan lain seperti apa saja aplikasi menulis novel dapat uang? aplikasi menulis puisi yang menghasilkan uang? aplikasi menulis cerpen yang menghasilkan uang? Hingga cara membuat cerita berbayar.

Jika penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

10+ Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerpen Penghasil Uang 2022

Lantas, apa saja aplikasi menulis cerita novel dan cerber penghasil uang? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Fizzo Novel

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Di Fizzo Novel, ada dua opsi yang bisa dipilih oleh pengguna untuk menghasilkan uang yakni dengan menulis cerita atau iktu program Fizzo Bonus.

Jika menjadi penulis, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti hadiah royalti sign bagi penulis yang novelnya berhasil terbit di aplikasi.

Itu belum ditambah dengan biaya tanda tangan, bonus penyelesaian novel, hadiah pembaharuan harian sampai dengan hadiah referral.

Selain itu, ada juga program-program tambahan yang sifatnya eksklusif yang penting rajin posting cerita di aplikasi secara langsung.

Baca Juga:

Menariknya, setiap penulis akan mendapatkan bantuan editorial yang memungkinkan anda dapat saran, tanggapan dan masukkan tekrait dengan novel atau cerita yang dibuat.

Disisi lain, jika tak ingin jadi penulis, anda bisa memanfaatkan program hadiah Fizzo yang belum lama ini diluncurkan di dalam aplikasi.

Program hadiah tersebut memungkinkan anda mendapatkan ratusan sampai jutaan rupiah secara gratis. Apa saja tugasnya?

Tugasnya cukup beragam mulai dari undang teman, check in harian serta aktif membaca dalam durasi tertentu, 15-180 menit misalnya.

Jadi, tinggal pilih mau ikut ambil bagian dalam program mana. Semuanya kembali ke pribadi masing-masing.

2. GoNovel

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Sama seperti Fizzo dimana GoNovel menawarkan dua cara untuk menghasilkan uang didalam aplikasi yakni dengan menjadi novel atau menyelesaikan tugas sebagai pengguna atau pembaca.

Jika mendaftar sebagai penulis, anda akan dapat kontrak yang memungkinkan anda menerbitkan tulisan selama kontrak berlangsung.

Selama kontrak, anda akan dapat bayaran berdasarkan popularitas konten, kualitas tulisan, penayangan iklan di dalam novel, jenis pembaca sampai hitung-hitungan lain.

Disisi lain, jika tak suka menulis, anda bisa ambil bagian dalam program hadiah yang memungkinkan anda dapat koin.

Koin tersebut bisa ditukar jadi uang tunai atau digunakan untuk membuka cerita-cerita atau novel premium didalam aplikasi.

Untuk tugasnya cukup variatif mulai dari mencoba permainan baru, check in harian, unduh aplikasi yang direkomendasikan sampai mengundang teman.

3. Novelah

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Novelah termasuk aplikasi baca novel penghasil uang yang memungkinkan anda, entah sebagai penulis atau bukan, bisa dapat uang dari aplikasi satu ini.

Jika menjadi penulis, anda banyak benefit yang didapatkan mulai dari eksposur tinggi atas tulisan yang berhasil diterbitkan dan hadiah royalti dengan berbagai perhitungan.

Hanya saja, untuk gabung sebagai penulis, anda diminta mengirim resume terlebih dahulu ke Points Culture, developer dibalik aplikasi ini.

Setelah deal, anda diminta untuk kirim contoh tulisan. Jika dianggap layak, anda akan diberikan kontrak berdasarkan tulisan atau karya.

Royalti yang didapatkan bisa berasal dari sistem bagi hasil iklan yang muncul di dalam aplikasi atau pembelian cerita atau novel berbayar.

Disisi lain, apabila mendaftar sebagai pengguna atau pembaca, anda bisa ikut program pusat bonus dengan cara menyelesaikan berbagai tugas yang ada.

Mulai dari mencoba aplikasi dan game baru, menyelesaikan tugas harian seperti mengisi survey, ikut program merge cards sampai mengundang teman menginstal aplikasi.

Setiap tugas di atas memungkinkan anda dapat koin. Besaran koin cukup variatif antar tiap tugas. Jika sudah cukup, anda bisa tarik jadi hadiah tunai atau menebus dengan program premium atau manfaat VIP.

Manfaat VIP ini memungkinkan anda membuka cerita-cerita premium yang dibuat para penulis, yang pada akhirnya membuat mereka dapat penghasilan.

4. Storial

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Selain menawarkan novel-novel gratis berbagai genre, para penulis juga bisa memposting cerita mereka sendiri di aplikasi satu ini.

Para penulis bisa memposting berbagai genre untuk kemudian diterbitkan di Storial entah itu horor, romantis, adult romantis, komedi, fantasi, fiksi, puisi dan lain sebagainya.

Apakah penulis dapat bayaran dengan memposting tulisan di Storial? Tentu saja. Karena storial mendedikasikan aplikasi ini untuk para penulis agar dapat royalti yang sesuai.

Formatnya memang masih konvensional dimana anda mengupload cerita premium dari bab yang sudah terbit atau dari cerita baru yang di posting.

Nantinya, apabila ada pengguna yang tertarik, mereka bisa melakukan pembelian dalam aplikasi untuk membuka semua isi cerita.

Dengan cara ini, penulis bisa dapat jutaan rupiah dari cerita yang ditulis. Pada akhirnya, secara tidak langsung akan membuat cerita-cerita di storial jadi lebih berkualitas.

5. Karya Karsa

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Karya karsa adalah platform yang memungkinkan kreator bertemu dengan fans langsung untuk mendapatkan dukungan dari aktivitas yang dilakukan.

Jika anda suka menulis cerita seperti cerpen, cerber atau novel, bisa posting karya anda di situs, yang saat ini sudah punya versi aplikasi.

Sistem bayarannya tak jauh beda dengan storial. Dimana, apabila ada pengguna yang suka karya anda, mereka bisa membeli karya tersebut.

Menariknya, dari data yang dikumpulkan platform, 3-5% pengikut atau fans rela membayar untuk membeli karya anda.

Dengan catatan, anda konsisten memposting tulisan atau karya setiap minggu. Misalnya, jika rencana buat novel, bisa tulis dalam jangka waktu seminggu atau dua minggu.

Lalu edit dan posting di situs ini. Dan apabila pakai hitung-hitungan diatas, maka anda bisa dapat jutaan rupiah dari tulisan yang di posting.

Contoh saja, anda buat 4 karya dalam sebulan dengan harga per karya adalah Rp15.000. Estimasi pengikut atau follower anda 10.000.

Dari data tersebut, berarti anda punya pengikut atau yang melakukan pembelian adalah 1200 orang. Coba di kali dengan Rp15.000 maka hasilnya ada Rp18 juta. Menarik, bukan?

6. Dreame

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Sampai hari ini, Dreame tetap termasuk aplikasi menulis cerita dan novel yang menghasilkan uang secara langsung.

Dreame sendiri adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan setiap orang membaca cerita, kebanyakan romansa, yang ditulis ribuan penulis dari seluruh dunia.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menulis ceritanya sendiri. Hanya saja, belum tersedia laman penulisan di versi aplikasi.

Dengan kata lain, jika pengen nulis cerita untuk kemudian diterbitkan di Dreame, wajib pakai versi situs.

Mudah-mudahan, kedepannya, Dreame bisa menghadirkan fitur penulisan di aplikasi yang memudahkan pengguna menulis via ponsel.

Disisi lain, ada banyak sekali cerita aditif yang ditulis oleh para penulis asli dengan berbagai genre yang bisa bisa dibaca dengan gratis atau berbayar.

Untuk genrenya lumayan banyak mulai dari Romansa, manusia srigala atau vampire [fiksi], milyuner, pernikahan, eroticasuspense dan lain sebagainya.

Dan ada beberapa kelebihan jika anda jadi penulis atau sekedar membaca cerita di Dreame, diantaranya:

  • Terdapat banyak sekali aliran dan genre cerita. Anda juga mendapatkan rekomendasi cerita terbaik berdasarkan minat serta memungkinkan anda mengeksplor cerita-cerita yang ada dalam berbagai bahasa atau cerita paling populer
  • Pembaharuan setiap saat yang memungkinkan pengguna menggunakan apk versi terbaru
  • Pembaca atau pengguna bisa dapat hadiah keren mulai dari Tiffany, iPhone 12, Nintendo Switch atau animal Crossing, Lipstick Tom Ford, uang tunai dan koin yang bisa digunakan untuk membuka kredit cerita
  • Untuk penulis bisa dapatkan banyak benefit yang akan saya jelaskan secara terpisah di poin berikutnya
  • Support sama puluhan bahasa ibu yang ada di Dunia, mulai dari bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, Magyar [Hungaria], Indonesia dan lain sebagainya.

Hanya saja, rekomendasi cerita yang muncul masih campur aduk sama cerita-cerita dari berbagai bahasa.

Dengan begitu, jika ingin baca cerita yang berbahasa Indonesia, harus explore atau filter dulu berdasarkan bahasa.

7. Wattpad

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Wattpad menawarkan program yang memungkinkan penulis mendapatkan uang dari aktivitas yang dilakukan di dalam aplikasi.

Saat ini, ada satu program yang memungkinkan pengguna dapat uang dari Wattpad yakni cerita berbayar, yang sistemnya mirip-mirip dengan aplikasi lain.

Cerita berbayar tersebut memungkinkan penulis hasilkan uang lewat tulisan yang diterbitkan. Dan salah satu alasan wajib mengapa pakai aplikasi ini adalah komunitasnya.

Artinya, aplikasi ini punya basis pembaca yang besar. Sehingga, peluang untuk dapat penghasilan dari cerita yang ditulis terbuka lebar.

Oh iya, Wattpad juga menawarkan fitur premium bagi pengguna yang berbeda dengan cerita berbayar. Fitur premium tersebut memungkinkan pembaca mendapatkan akses ke paid stories.

Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik untuk mendapatkan uang dari menulis di Wattpad secara langsung.

Jadi, anda boleh buat bab berbayar dari cerita yang sudah ada atau buat satu cerita yang sepenuhnya harus dibayar oleh pengguna.

Karena itu, sebelum buat cerita anda berbayar, baiknya buka portofolio dulu. Caranya bagaimana? Dengan memposting cerita pertama yang akan digunakan sebagai portofolio.

Jangan lupa juga gabung ke berbagai komunitas, share ke media sosial dan ajak teman-teman untuk membaca cerita buatan anda.

Tujuannya apa? Untuk membangun basis audiens atau followers. Jika sudah cukup, maka bisa buat cerita premium agar anda bisa dapat penghasilan.

8. Penana

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Penana adalah aplikasi novel fiksi yang memungkinkan anda membaca berbagai konten atau memposting tulisan untuk genre apa saja.

Di Google Play Store, disebutkan kalau Penana ini semacam platform publikasi sosial yang dirancang khusus agar para penulis bisa berkembang di aplikasi.

Dengan demikian, jika punya ide cerita yang brilian atau punya novel yang dianggap menarik, bisa posting di aplikasi ini.

Plus, anda bisa dapat uang dari situ. Dan untuk saat ini, ada dua program yang memungkinkan penulis dapat uang, yakni:

  • Jadi host lalu bergabung ke program atau kontes mini untuk membuat cerita dengan tema yang beragam dan diselenggarakan secara tentatif tiap minggu atau tiap bulan
  • Membuat cerita yang pada bab-bab tertentu berbayar atau premium. Dengan demikian, penulis bisa dapat uang dari situ/

Yang menarik, karena semacam komunitas, anda bisa mendapatkan saran atau masukkan jadi para penulis atau editor.

Ini penting untuk menghindari ambiguitas atau kesalahan tata bahasa. Feedback semacam itu, pada akhirnya, bisa membuat anda lebih teliti dan terhubung secara emosional dengan pembaca.

9. Innovel

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Innovel merupakan versi lain dari aplikasi Dreame karena dua aplikasi tersebut diterbitkan oleh developer yang sama yakni Dreame Media.

Hanya saja, jika melihat antarmuka aplikasi, genre yang disajikan dominan pada satu kategori saja yakni romansa atau romantis.

Meski demikian, subgenre yang disajikan cukup banyak entah itu milliard, perinatal, ethamival, pellagra kerajaan dan seterusnya.

Dan ya, sebagai penulis, anda bisa dapat uang dari aplikasi ini. Caranya bagaimana? Dengan bergabung ke program partner Innovel.

Program tersebut memungkinkan anda memposting karya, mendapatkan editor, meningkatkan kemampuan menulis lalu menghasilkan uang.

Ekosistem semacam inilah yang dibutuhkan para penulis sekarang ini. Karena novel atau cerita yang dibuat akan dapat tanggapan dari para editor.

Nantinya, jika sudah siap, tulisan akan diberikan sehingga bisa dibaca oleh pengguna. Untuk bayarannya berdasarkan royalti.

Untuk monetisasi tentu kembali ke pihak Innovel karena mereka juga menayangkan iklan serta menawarkan fitur premium.

Artinya, semakin banyak novel yang diterbitkan di aplikasi ini, makin besar basis pembaca yang didapatkan dan makin banyak pula royalti yang diperoleh.

10. Noveltoon 

Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerber Penghasil Uang

Noveltoon menawarkan pengalaman baru bagi penulis untuk mendapatkan uang dari tulisan yang diterbitkan di webnovel.

Genre yang disajikan didalam aplikasi pun cukup banyak mulai dari Romantis, komedi, time travel, fantasi, sekolah dan lain sebagainya.

Setelah memposting cerita, anda secara otomatis akan tergabung dalam komunitas penulis yang memungkinkan anda membuka peluang penghasilan baru.

Peluang penghasilan baru itu seperti apa? Ada beberapa. Misalnya, jika novel atau cerita yang diposting menarik, bisa saja diterbitkan dalam bentuk cetak.

Tentu saja, anda akan dapat royalti dari situ. Plus, dalam beberapa kasus, bisa diadaptasi menjadi komik yang memungkinkan anda dapat penghasilan ganda.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang?

Sebenarnya, daftar aplikasi yang sudah disebutkan diatas merupakan aplikasi menulis cerita yang bisa menghasilkan uang.

Dan mayoritas apk tersebut bisa diunduh oleh pengguna Android dan iOS. Jadi tinggal sesuaikan sama jenis sistem operasi perangkat yang digunakan.

2. Apakah ada aplikasi menulis offline dan online?

Aplikasi diatas memungkinkan pengguna untuk menulis novel baik secara online dan offline.

Hanya saja, dari sisi pengguna alias mereka yang ingin membaca novel yang ada, harus terhubung ke internet.

3. Apakah ada platform menulis yang dibayar?

Istilah menulis merujuk pada banyak hal mulai dari novel, cerpen, cerber, opini, artikel SEO dan lain sebagainya.

Jika ingin menulis novel, termasuk itu cerpen dan cerber, boleh pakai daftar aplikasi yang sudah diulas diatas.

Sementara, jika maksudnya opini bisa baca postingan ini. Disisi lain, jika ingin tulis artikel SEO dan ingin dapat uang dari aktivitas tersebut, baca ulasannya disini.

4. Apa saja aplikasi menulis cerita selain wattpad?

Ada banyak mulai dari Dreame, Innovel, penana dan lain sebagainya. Semuanya sudah diulas lewat artikel diatas.

5. Bagaimana cara menghasilkan uang dengan menulis cerita?

Tergantung jenis cerita yang mau dibuat. Jika itu cerpen atau cerber, lebih baik kirim ke media cetak atau media online yang menerima tulisan untuk kategori tersebut.

Atau mungkin ke beberapa platform seperti Wattpad dengan fitur buka cerita premium. Sementara, jika menulis cerita dalam bentuk novel, bisa manfaatkan satu dari daftar aplikasi diatas.

6. Bagaimana cara menjual cerita karangan sendiri?

Sebenarnya, konteks menjual bisa diartikan dalam dua aspek. Pertama, anda mendapatkan bayaran dari karangan yang dibuat namun hak ciptanya masih milik anda.

Seperti misalnya dengan mengirim cerita tersebut ke penerbit untuk dibukukan atau memposting karya tersebut ke aplikasi menulis cerita seperti novel, cerpen dan cerpen berbayar.

Dan kedua, anda menjual hak cipta untuk foto yang ditulis. Hak ciptanya tentu melekat pada diri anda secara langsung.

Penutup

Memanfaatkan daftar aplikasi diatas merupakan satu dari beberapa cara menghasilkan uang dengan menulis cerita entah itu novel, cerpen sampai dengan cerber.

Hanya saja, semua kembali ke pribadi masing-masing. Jika dirasa cerita yang dibuat itu menarik, boleh kirim langsung ke penerbit.

Atau jika tujuan anda hanya untuk bangun portofolio atau tidak ingin repot, boleh posting cerita yang dibuat lewat platform diatas.

Demikian artikel tentang 10+ aplikasi Menulis Cerita Novel, Cerber dan Cerpen Penghasil Uang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

34 pemikiran pada “10+ Aplikasi Menulis Cerita Novel dan Cerpen Penghasil Uang 2022”

    • Gak harus sih. Tergantung kenyamanan masing-masing. Kalau lebih suka pakai dekstop, silahkan. Pakai HP juga gak apa-apa. Banyak kok aplikasi penulisan di HP. Hanya saja, pakai desktop lebih fleksibel sih menurut saya.

      Balas
  1. Hai kak aku pengen mendapatkan daily bonus yg setiap bulan kalau kita bisa up 30k kata nanti bisa dpt 50$. Apa kakak tau syarat2 lengkapnya?

    Balas
  2. Halo kak, aku sdh terdaftar sebagai penulis, tp bingung hrs mulai dr mana, scr terkendala bahasa
    Bingung juga gmn crnya buat ngasih cover, hehehe tlg bantu yaaa

    Balas
    • Intinya, mulai nulis aja dulu. Kendala bahasa yang gimana ya Mba? Maksudnya masih sulit rangkai kata? Bisa kok belajar sambil menulis. Untuk cover bisa buat sendiri di Canva atau aplikasi lain. Selamat mencoba ya, jangan patah semangat!

      Balas
  3. Hi, ka
    Aku udah download dreame, tpi tdk ada pilihan utk menulis cerita atau pun utk redemption code seperti yg kaka tulis di atas. Apa beda APP ya 😂

    Balas
    • Pilihan menulis cerita tidak tersedia di versi aplikasi. Jadi, untuk menulis cerita, harus buka versi situsnya dengan cara klik tulisan to be a dreame Writer di laman Me atau profil. Di laman yang sama ini juga tersedia Redemption code. Saya sudah update artikelnya agar jelas.

      Balas
  4. Selamat malam kak, terima kasih sudah membagikan info yang sangat membantu ini. Saya ingin menjadi penulis, setelah cerita diterbitkan agar mendapat uang itu harus ada yang baca cerita kita gitu kah? Lalu bagaimana cara agar orang-orang dapat menemukan cerita kita agar bisa dibaca oleh mereka? Saya harap pertanyaan saya dapat dibalas, terima kasih banyak kak, sukses selalu.

    Balas
    • Selamat mlm kembali. Yang penting cerita sudah terbit maka anda, sebagai penulis, akan dapat uang. Jika ada yang baca berita, anda dapat royalti. Mereka bisa temukan cerita di aplikasi, lewat rekomendasi, kolom pencairan atau iklan. Anda juga bisa bagikan link cerita kepada teman untuk kemudian dibaca. Semoga membantu

      Balas
  5. Sudah menulis di app stary writing, sudah ter publish episode 1, tapi saya search di app dreams, kok nggak ada ya? Padahal pengen baca Mary’s sendiri melalui app dreame nya. Bukan yg preview.

    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Balas
  6. Hi kak, makasih buat informasinya berguna banget, mau nanya dong kak, di dreame itu pakai paypal atau nomer rekening bank biasa? Terus juga gimana caranya masukin nomer rekening kita? soalnya aku udah muter-muter gak nemu gimana caranya:'(
    Makasih kak.

    Balas
    • Hi mba Akii…
      Sebagai user, satu-satunya metode pembayaran yang didukung adalah Paypal jika ikut event yang sedang berlangsung atau tukar point yang dimiliki yang caranya sudah saya jelaskan diatas. Sebagai penulis, bisa pakai Payoneer atau Paypal dan untuk menghubungkan akun, harus masuk ke laman starywriting.com yang terintegrasi sama akun Dreame milik mba.

      Balas
  7. Halo kak, boleh saya minta nmr WA atau medsos untuk saya hubungi kakak ? Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang pengalamn kakak dalam menggunakan aplikasi ini

    Balas
  8. Halo Kak utk cerita bahasa Indonesia katanya harus lewat editor dan punya kode editor ya? Kalau tidak maka cerita kita tidak bisa dikontrak dan pengajuan kontraknya akan ditolak oleh sistem, apa benar? Mohon pencerahannya.

    Balas
    • Hallo jg.
      Untuk cerita dalam bahasa Indonesia tak harus punya editor kode. Jika tulisan berhasil di approve atau disetujui, nanti akan diberikan kode editornya dari pihak Dreame langsung

      Balas

Tinggalkan komentar