Ponsel, HP, Gadget, Gawai dan Smartphone: Apa Bedanya?

Ada banyak istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan telepon seluler mulai dari ponsel, HP, gadget, gawai, smartphone sampai dengan telepon genggam.

Apapun penyebutannya, semua merujuk pada perangkat elektronis yang bisa digunakan untuk melakukan dua fungsi dasar yakni panggilan telepon dan pesan singkat.

Meski fungsi perangkat tersebut telah mengalami perubahan yang signifikan beberapa tahun terakhir.

Kalau dulu terbatas pada dua fungsi diatas, sekarang tidak lagi. Bahkan, ada HP yang bisa digunakan untuk ambil foto di dalam air.

Perhatikan, sekalipun topiknya berkaitan dengan perbedaan antar setiap istilah diatas, tapi di artikel ini tidak saya ulas perbedaan teknisnya apa.

Mengapa? Karena tidak ada perbedaan signifikan untuk semua istilah diatas. Karena hanya merujuk pada situasi penggunaan katanya saja.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan ponsel? Apa itu HP? Apa yang dimaksud dengan gawai dan gadget?

Atau mungkin pertanyaan seperti apa pengertian smartphone dan telepon genggam? Penasaran? Simak artikel ini sampai habis.

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai dan Smartphone

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan perbedaan ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam.

1. Apa itu Ponsel?

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam
via uswitch.com

Ponsel adalah istilah umum yang paling banyak digunakan untuk menyebutkan telepon seluler atau Cellphone.

Lantas, apa sih ponsel itu? Secara teknis, ponsel adalah setiap alat atau telepon portabel yang didalamnya menggunakan teknologi jaringan seluler untuk melakukan penggilan telepon.

Istilah Cellphone sendiri diambil dari struktur sel dari jaringan. Baik ponsel dan smartphone sering diartikan sama meski klasifikasinya cukup berbeda.

Mengapa demikian? Karena setiap ponsel mulai dari handset andorid terbaru atau ponsel paling sederhana, masuk kategori ini.

Baca Juga:

Artinya, istilah ponsel lebih merujuk ke teknologi panggilan yang ada. Dengan demikian, selama ponsel dapat mengirim sinyal ke jaringan seluler, ia disebut ponsel.

Dengan demikian, istilah ponsel diapat diartikan sebagai telepon seluler karena arti dan maknanya yang sama.

Ponsel pertama dikembangkan oleh Motorola dan mulai tersedia secara komersial pada 1973 dan 1983 dan mulai di jual di AS pada 1984.

Ponsel tersebut berukuran raksasa sebesar 28 Ons atau sekitar 793 gram diberi nama DynaTAC 8000x dan dibandrol dengan harga $3.995.

Jika di rupiahkan untuk nilai mata uang sekarang dengan kurs Rp14.000, harga diatas setara dengan Rp55.930.000.

Ponsel ini sendiri perlu diisi daya dan hanya bisa digunakan selama 30 menit. Dan jika diperhatikan dengan seksama, ponsel buatan Motorola itu tidak seperti ponsel yang dikenal sekarang ini.

Di tahun 2020, diperkirakan ada lebih dari 6 miliar ponsel, termasuk smartphone yang digunakan di seluruh dunia, termasuk milik anda.

2. Apa itu HP?

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam
via goodhousekeeping.com

HP adalah singkatan dari Handphone. Lantas, apa sih handphone itu? Secara sederhana, ia bisa diartikan telepon genggam.

Bericara telepon genggam, maka tak lepas dari istilah terkait lain seperti telepon seluler, ponsel dan smartphone itu sendiri.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan HP? Handphone atau HP adalah perangkat genggam nirkabel yang memungkinkan pengguna menerima dan membuat panggilan.

Ini adalah fungsi paling awal dari HP karena generasi awal HP hanya dibuat untuk melakukan dua tugas diatas.

Seiring berkembangnya waktu, telepon genggam sekarang ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti browsing, nonton film, gaming, foto, putar video, navigasi dan lain sebagainya.

Keinginan buat HP sendiri mulai muncul setelah gawai Motorola di jual secara komersial pertama kali.

Dimana, pada waktu itu, ponsel yang dijual tidak fleksibel untuk dibawa kemana-mana atau diisi dalam saku celana.

Selain itu, telepon seluler tersebut menggunakan sistem RFID dan jaringan nirkabel yang lama untuk membawa sinyal dari titik akhir ke PSTN kabel.

Global System for Mobile Communications (GSM) kemudian mengembangkan teknologi baru untuk HP sehingga mampu mengirim dan menerima pesan teks.

Saat teknologi tersebut muali di adopsi, ukurannya mulai mengecil dan fitur-fitur default lainnya juga ditambahkan termasuk MMS.

MMS adalah pesan layanan multimedia yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima gambar.

Mayoritas HP yang punya teknologi MMS ini sudah dilengkapi dengan kamera sehingga pengguna bisa ambil foto, menambahkan keterangan atau mengirimkannya ke orang lain.

Seiring waktu berjalan, telepon seluler mulai dibuat dengan kemampuan yang lebih jauh lagi yakni bisa mengakses internet.

Dengan demikian, pengguna bisa mengakses item dari internet seperti berita, cuaca, olahraga dan informasi penting lainnya.

Berikutnya, produsen HP mulai merekayasa telepon agar bisa mengakses internet sepenuhnya sehingga pengguna bisa akses situs, domain pemerintah dan informasi lain hanya dari ponsel.

Tren ini juga yang membawa telepon lebih portabel lagi dengan ukuran yang lebih ramping, mudah dibawah kemana-mana.

Sehingga lahirlah istilah HP atau Handphone yang dalam bahasa Indonesia berarti telepon genggam.

3. Apa itu Gadget?

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam
via theverge.com

Istilah lain dari ponsel adalah Gadget, yang kadang diartikan sama dengan telepon seluler, ponsel sampai HP atau Handphone.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan gadget? Gadget adalah istilah yang digunakan untuk telepon selluer dengan teknologi baru.

Artinya, kata ini lebih condong ke telepon genggam baru, dengan harga yang cenderung mahal, hardware perangkat atau aksesori yang unik dengan penggunaan yang lebih mudah.

Disisi lain, apabila gadget tersebut sudah populer alias sudah banyak digunakan, maka ia tidak lagi disebut gadget.

Contoh paling sederhana saat Apple merilis iPhone 13, maka ia disebut gadget. Saat produk tersebut sudah banya terjual alias sudah mainstream, maka ia tidak bisa disebut gadget lagi.

Disisi lain, istilah ini juga tidak saja merujuk pada ponsel melainkan pada perangkat lunak baru. Hanya saja, jika merujuk pada perangkat lunak, maka gadget adalah nama lain dari widget.

Dengan demikian, istilah gadget juga bisa digunakan untuk menunjukkan fitur tambahan di taskbar Windows baru.

Intinya, gadget adalah perangkat elektronik, listrik atau mekanik yang sering digunakan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari.

Dan gadget ini bisa berupa telepon genggam, tablet, komputer, alat penggaris, blender, mesin peras lemon dan lain sebagainya.

Dalam komputer, gadget merujuk pada perangkat atau periferal yang terhubung ke komputer seperti kamera digital, proyektor, printer, speaker dan lain sebagainya.

4. Apa itu Gawai?

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam
via appvalleyguide.com

Selain gadget, HP dan ponsel, istilah lain yang juga sering digunakan untuk menjelaskan perangkat seluler adalah gawai.

Lantas apa itu gawai? Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], gawai punya dua pengertian dasar, yakni alat perkakas dan peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis.

Mengacu pada istilah kedua diatas maka gawai juga bisa disebut gadget. Dengan demikian, gawai bisa merupakan perangkat elektronik, listrik dan mekanik juga.

Dalam pengertian yang lebih teknis, gawai adalah unit perangkat keras atau peralatan fisik yang menyediakan satu atau lebih fungsi komputasi dalam sistem komputer.

Artinya, gawai bisa memberikan input ke komputer, menerima output atau melakukan kedua tugas itu sekaligus.

Jenisnya bisa berupa elemen elektronik apapun dengan kemampuan komputasi yang support pemasangan firmware atau perangkat lunak pihak ketiga.

Apabila mengacu pada definisi tersebut maka gawai bisa termasuk perangkat keras seperti mouse komputer, speaker, printer dan mikrofon.

Sementara, jika merujuk pada perangkat lunak, maka gawai adalah perangkat elektronik seperti HP, gadget, komputer, tablet dan lain sebagainya.

5. Apa itu Smartphone?

Perbedaan Ponsel, HP, Gadget, Gawai, Smartphone dan Telepon Genggam

Sederhananya, smartphone adalah ponsel pintar yang selain menawarkan fungsi dasar dari ponsel seperti panggilan, sms dan opsi aplikasi organizer dasar juga menawarkan fitur canggih lain.

Dengan demikian, jika bicara soal ponsel dan HP maka konteks pembicaraan hanya merujuk pada telepon seluler dengan fitur sederhana.

Selain SMS dan panggilan telepon, istilah itu juga termasuk kalender, kamera, kalkulator, jam, kontak, sampai dengan radio.

Disisi lain, telepon pintar atau smartphone lebih condong ke ponsel yang menyediakan fitur diatas namun layarnya sudah menggunakan fitur touchscreen canggih.

Karena itu, smartphone kadang juga dikategorikan sebagai komputer mikro ketimbang perangkat mobile karena fungsi dan kemampuannya yang sudah melebihi definisi tradisional ponsel.

Artinya, smartphone merupakan gabungan dari perangkat lunak default perangkat seluler dan aplikasi dari komputer.

Di smartphone, pengguna juga bisa menggunakan layar sentuh, mendownload ribuan aplikasi termasuk game, navigasi, dan lain sebagainya.

Secara umum smartphone atau telepon pintar, yang kadang juga disebut telepon cerdas, memungkinkan pengguna melakukan beberapa tugas dibawah ini, seperti:

  • Membuat dan menerima pesan teks dari pengguna lain
  • Membuat dan menerima panggilan telepon dari pengguna smartphone lain
  • Mengambil, membuat, memperlihatkan dan menyimpan foto dan video
  • Memungkinkan pengguna menjelajah Internet termasuk didalamnya mengirim serta menerima email
  • Memungkinkan menggunakan melacak lokasi geografis atau melakukan navigasi perjalanan ke lokasi tertentu
  • Memungkinkan pengguna merekam dan memutar audio dan musik termasuk rekaman yang dibuat langsung dari ponsel
  • Menampilkan waktu dan tanggal serta fungsi lainnya seperti jam alarm, stopwatch serta timer
  • Menampilkan informasi cuaca dan suhu di lokasi pengguna
  • Melakukan dikte suara dan membuat catatan dari suara seperti yang terdapat dalam fitur Google Assistant, Siri dan Cortana
  • Memungkinkan pengguna dapat akses ke utilitas seperti senter, pembaca e-book, kalkulator dan radio

Dari berbagai fungsi diatas, bisa dipastikan kalau smartphone jauh lebih canggih daripada yang dibayangkan.

Penutup

Jika diperhatikan dengan seksama, sekalipun diartikan sama oleh beberapa orang, tapi ada beberapa istilah yang artinya lebih majemuk.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika menyebut telepon seluler yang anda gunakan sekarang ini dengan istilah diatas.

Kalau ada tambahan, koreksi atau mungkin masukkan terkait postingan diatas bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikain artikel tentang perbedaan ponsel, HP, gadget, gawai dan smartphone. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar