Begini Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

5 Likes Comment
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Sebelumnya sudah saya ulas tentang beberapa model aktivasi Windows 10 baik dengan menggunakan file batch, key product dan kali ini saya mau mengulas juga tentang cara aktivasi Windows 10 dengan CMD.

Sebenarnya, sejak beberapa tahun terakhir, para insinyur dan pakar di Microsoft telah membuat salah satu metode pengamanan untuk perangkat dan sistem operasi yang digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan kunci produk.

Kunci produk windows adalah kunci item yang sebagian besar berfungsi untuk mengakses program-program yang ada didalam windows. Yang sebelumnya tidak dapat diakses karena belum di aktivasi.

Selain itu juga, kunci produk digunakan untuk memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan itu asli dan untuk menghindari pencurian data.

Baca Juga : Cara Melihat Password Wi-Fi dengan CMD

Meski demikian, masih banyak juga yang tidak mendapatkan kunci produk meskipun telah menggunakan software yang asli.

Karena memang, untuk mendapatkan product key ini anda harus membelinya langsung dari Microsoft, yang harganya, menurut saya pribadi, cukup mahal.

Anggap saja gini, anda membeli PC/Laptop yang didalamnya sudah terinstal dengan Windows 10, namun setelah 30 hari menggunakannya, secara default muncul tulisan Activate Windows 10.

Dan ironisnya lagi, kunci produk tidak diberikan saat anda membeli PC/laptop tersebut. Jadi, satu-satunya solusi adalah dengan membelinya ke Microsoft.

Karena harga lisensinya yang mahal, anda lalu mencari alternatif aktivasi di internet baik dengan menggunakan KeyFinder Windows, KMSpico, CMD dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, ada banyak alternatif aktivasi tanpa menggunakan product key. Dan salah satu alternatif aktivasi yang cukup lazim digunakan adalah dengan CMD.

Untuk melakukan aktivasi windows 10 yang digunakan menggunakan CMD silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Tapi sebelum itu, mungkin anda bertanya-tanya, apakah mengaktivasi menggunakan CMD itu aman? Jawabannya tentu saja aman.

Jika anda bertanya apa alasannya, jawabannya sederhana. Karena kunci produk dan metode aktivasi cara kerjanya sama yakni untuk memvalidasi software yang digunakan sekaligus untuk mengakses semua fitur-fitur windows yang sebelumnya tidak dapat diakses karena belum diaktivasi.

Apa itu Command Prompt?

Saya yakin, istilah command prompt mungkin sudah gak asing lagi di telinga anda. Jika masih asing, mungkin anda enggak terlalu berhubungan sama komputer.

Lantas, apa sih command prompt itu? Command prompt adalah aplikasi penerjemah baris perintah yang di semua varian windows.

Kadang juga, Command Prompt sering disingkat dengan CMD. Oh iya, hati-hati menggunakan istilah CMD ini, karena CMD juga digunakan untuk istilah yang berbeda seperti Centralized message distribution, color monitor display, common management database dan lain sebagainya.

Tapi tentu saja, CMD yang saya maksud disini adalah command prompt dan bukan singkatan dari beberapa jenis program dan pengaturan personalisasi diatas.

CMD biasanya digunakan untuk menerjemahkan baris perintah yang dimassukan dengan mudah. Prosesnya sangat otomatis, asalkan file-file tersebut bisa terbaca oleh sistem.

Disamping itu, CMD juga banyak digunakan untuk melakukan tugas administrasi program tingkat lanjut, melihat script eror, mengetahui masalah-masalah pada script dan lain sebagainya.

Salah satu kode string yang bisa diterjemahkan oleh CMD adalah file batch, yang juga dapat digunakan untuk mengaktivasi Windows.

CMD sebenarnya disebut dengan WIndows Command Processor. Kadang juga, CMD disebut dengan Command shell, CMD prompt.

Dari semua varian nama CMD tersebut, merujuk pada command prompt dengan nama file cmd.exe. Kadang juga, CMD disebut dengan prompt DOS karena merupakan bentuk dari MS-DOS itu sendiri.

Pada intinya, command prompt adalah sebuah program di WIndows yang berfungsi untuk mengemulasi dan menterjemahkan baris kode yang tersedia di Microsoft.

Syarat-syarat aktivasi Windows 10 dengan CMD

Sebelum lanjut pada caranya, ada baiknya anda mengetahui dulu syarat-syarat sebelum melakukan aktivasi dengan CMD. Antara lain:

a. Memiliki product key Windows

Kode produk Windows bisa anda beli langsung dari Microsoft di situs resmi mereka. Harganya memang agak mahal, bisa mencapai jutaan rupiah.

Terkadang juga, beberapa produk laptop sudah menyiapkan kunci produk di bungkusan laptop, didalam laptop dan ditempat lain.

Sementara, jika anda tidak memiliki kunci produk, anda gak bisa mengikuti cara yang akan saya ulas dibawah ini.

b. Mengetahui versi windows 10 yang digunakan

Jika kunci produk sudah diketahui, langkah kedua ini juga perlu. Yakni mengetahui mengetahui versi windows 10 yang digunakan.

Entah itu Windows 10 Pro, Single Languange, Edition dan lain sebagainya. Ada banyak sih versi Windows, cape kalau mau bahas satu per satu 😀

Untuk mengetahui versi Windows 10 yang digunakan, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka PC/Laptop
  • Setelah itu, silahkan buka file explorer untuk membuka my Computer. Jika My Computer sudah tampil di layar desktop silahkan klik kanan saja disitu untuk membuka menu konteksaktivasi windows 10 menggunakan CMD
  • Setelah itu lalu klik Properties> dan dari menu Drop Down silahkan lihat versi windows yang digunakan.

aktivasi windows 10 menggunakan CMD

Sebenarnya juga, ada beberapa metode dan cara mengetahui versi Windows yang digunakan. Semua cara pada dasarnya sama, hanya metode aksesnya yang berbeda.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Jika syarat-syarat diatas sudah terpenuhi, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktivasi WIndows 10 dengan CMD.

  1. Silahkan buka laptop/PC yang hendak diaktivasi
  2. Setelah itu, silahkan buka CMD. Agar lebih mudah, silahkan gunakan Cortana lalu tulis di kolom pencarian CMD> klik dua kali pada icon Command Prompt atau klik kanan lalu klik tulisan Run As Administrator atau anda tinggal pakai shortcut +Rmembuka CMD
  3. Setelah itu, silahkan ikuti copy dan pastekan 3 perintah sederhana dibawah ini pada CMD. Yang pertama adalah cscript slmgr.vbs /ipk “Masukan kode Produk yang sesuai dengan versi Windows yang anda gunakan lalu tekan enter. Sebagai contoh, jika anda menggunakan Windows 10 Home Core di PC, maka kodenya akan menjadi cscript slmgr.vbs /ipk TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99cara aktivasi windows 10 dengan CMD
  4. Jika sudah, tulis perintah kedua yakni cscript slmgr.vbs /skms kms.lotro.cc lalu tekan entercara aktivasi windows 10 dengan CMD
  5. Masukan perintah terakhir ini cscript slmgr.vbs /ato lalu tekan entercara aktivasi windows 10 dengan CMD
  6. Selesai. Langkah selanjutnya adalah merestart Komputer anda untuk menghilangkan pemberitahuan aktivasi Windows 10 di layar kiri Komputer

Oh iya, cara ini juga dapat anda terapkan pada komputer atau laptop yang sudah di crack. Sehingga, meskipun Windows 10 yang digunakan itu sudah di ubah, namun anda tetap menggunakan lisensi resminya.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengaktivasi Windows 10, selain untuk menunjukan bahwa software yang digunakan itu asli juga untuk mengakses fitur-fitur dari Windows.

Mulai dari personalisasi seperti mengganti tema, background hingga warna dasar desktop dan juga untuk menghilangkan watermark pemberitahuan aktivasi di kiri bawah layar komputer.

Jika metode aktivasi Windows 10 dengan CMD enggak berhasil, anda bisa menggunakan cara dibawah ini, seperti:

Nah demikian artikel tentang cara aktivasi windows 10 dengan CMD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *