Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File

Ada tiga cara yang umum dilakukan pengguna untuk aktivasi Windows 10 gratis yakni dengan menggunakan CMD, File Batch dan Product Key.

Sedari lama, para insinyur dan pakar di Microsoft merancang satu program sekuritisasi perangkat dan sistem operasi buatan mereka.

Hasilnya terlihat saat kunci produk Windows mulai di jual kepada seluruh pengguna sistem operasi Windows di seluruh dunia.

Kunci produk windows adalah kunci item yang fungsi utamanya untuk membuka program-program khusus di Windows, yang sebelumnya tidak bisa diakses karena belum di aktivasi.

Disisi lain, kehadiran kunci produk ini untuk memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan itu asli dan bukan bajakan.

Sekaligus untuk meminimalisir pencurian data, pengumpulan data dan penghentian akses perangkat dari pihak ketiga tanpa izin.

Meski demikian, masih banyak konsumen yang tidak mendapatkan kunci produk sekalipun telah menggunakan software asli.

Karena memang, untuk mendapatkan product key ini anda harus membelinya langsung dari Microsoft, yang harganya cukup mahal.

Anggap saja begini, anda beli Laptop yang didalamnya sudah terinstal dengan Windows 10 asli. Setelah digunakan selama 30 hari, tanpa angin dan tanpa hujan, muncul tulisan Activate Windows 10.

Lebih sial lagi jika kunci produk tidak diberikan kepada anda saat perangkat itu di beli. Jadi, satu-satunya jalan adalah dengan beli Lisensi ke Microsoft langsung.

Karena harga lisensinya yang mahal, anda lalu mencari alternatif aktivasi di internet baik dengan menggunakan KeyFinder Windows, KMSpico dan lain sebagainya.

Sementara, yang lainnya membeli di toko online yang harganya jauh lebih murah dibanding membelinya langsung ke Microsoft.

Sementara, apabila anda punya kunci produk, anda bisa aktivasi langsung dengan CMD atau menggunakan fitur activate di menu Update & Security.

Disisi lain, jika tak punya product key, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan tulisan Activate Windows yakni dengan Batch File.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara aktivasi Windows 10 dengan CMD, cara mengisi kode aktivasi product key Windows sampai cara aktivasi Windows 10 tanpa product key dengan File Batch, simak artikel ini sampai habis.

Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File

Lantas, bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan CMD, File Batch & Produck Key? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Lantas, bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan CMD? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka laptop tau komputer yang hendak di aktivasi. Pastikan, perangkat tersebut sudah muncul watermark aktivasi. Selanjutnya buka CMD. Ada beberapa cara sederhana untuk membuka CMD. Pertama: menggunakan kolom pencarian di Cortana lalu ketikkan CMD. Jika hasil pencariannya sudah muncul silahkan klik dua kali pada icon Command Prompt. Yang kedua: Menggunakan shortcut Win+R diikuti type name atau nama perintah di kolom pencarian. Disini masukkan saja CMD lalu klik Enter atau OK
membuka CMD
  • Setelah CMD terbuka, langkah berikutnya adalah dengan menginstal KMS Client Key dengan cara memasukkan perintah ini: slmgr /ipk diikuti kode aktivasinya. Sebagai contoh, jika pakai Windows 10 Home Core, maka beris perintah yang dimasukkan akan terlihat seperti ini: cscript slmgr.vbs /ipk TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99 lalu tekan enter. Untuk kode aktivasi lain bisa lihat dibawah
Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File
  • Setelah baris perintah pertama diurai, salin dan tempelkan perintah kedua yakni: slmgr /skms s8.uk.to lalu tekan Enter untuk eksekusi perintah yang diinput
Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File
  • Jika baris perintah kedua sudah selesai diisi, langkah berikutnya adalah memasukkan perintah terakhir ini yakni slmgr /ato dan tekan Enter
Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File

Jika kode aktivasi yang diisi berhasil, seharusnya anda sudah kode aktivasinya sudah berhasil. Hanya saja, dalam beberapa kasus akan muncul informasi seperti beberapa gambar dibawah ini:

Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File

Ada kemungkinan kode aktivasi yang diinput salah atau tidak sesuai dengan versi Windows yang digunakan. Untuk kode lainnya bisa lihat tabel dibawah ini:

Versi Windows 10Kode Aktivasi
HomeTX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
Home N3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM
Home Single Language7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH
Home Country SpecificPVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR
ProfessionalW269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
Professional NMH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9
EducationNW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
Education N2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ
EnterpriseNPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43
Enterprise NDPH2V-TTNVB-4X9Q3-TJR4H-KHJW4

Bagaimana jika menggunakan cara diatas Windows 10 milik saya belum juga di aktivasi? Maka bisa gunakan cara kedua untuk aktivasi windows 10 secara gratis.

2. Cara Aktivasi Windows 10 Dengan File Batch

Sebenarnya, sejak tahun 2019 lalu, Microsoft sudah tidak lagi mengizinkan penggunanya untuk aktivasi produk dengan Batch file.

Tapi berdasarkan pengalaman, cara ini masih work. Jadi bisa digunakan untuk aktivasi Windows 10 tanpa product key langsung.

Artinya, jika anda tidak punya kode produk atau kode aktivasi, bisa ikuti langakh-langkah yang akan diulas dibawah.

Karena memang, satu-satunya cara untuk mendapatkan product key Windows 10 adalah dengan membelinya langsung ke Microsoft.

Untuk harga lumayan mahal. Di situs resminya, harga satu kunci produk bisa mencapai angka 3 jutaan lebih.

file batch

Tidak mau keluarin duit sebanyak itu? Bisa beli di Olshop. Banyak kok yang jual kunci produk disana dengan harga yang variatif.

Boro-boro beli kunci produk yang mahal, untuk traktir gebetan saja kudu mikir dua kali. Iya, kan?

Makanya, banyak orang yang mencari alternatif aktivasi ketimbang beli lisensinya ke Microsoft karena harganya terlampau mahal untuk ukuran sobat missqueen macam kita ini.

Disamping itu, kode aktivasi ini enggak terlalu berguna, setidaknya menurut saya pribadi. Karena sekalipun laptop ga di aktivasi, perangkat itu tetap tetap bisa digunakan seperti biasa.

Hanya saja, akan ada watermark yang mengganggu di sudut kanan bawah desktop, fitur personalisasi yang enggak bisa di akses dan rentan di bobol.

Lantas, apakah metode aktivasi ini menggunakan file batch ini aman? Sepanjang yang saya tahu lumayan aman.

Saya gak tahu presentasenya berapa, yang jelas, proses aktivasinya berlangsung seperti biasa dan gak ada dampak apa-apa sama kinerja perangkat.

Watermark pemberitahuan aktivasi juga hilang dan fitur-fitur sebelumnya yang enggak bisa di buka, kini sudah bisa.

Kalau laptop anda belum pernah di update atau enggak pernah terkoneksi ke internet untuk mendapat pembaharuan terbaru, anda tetap bisa menggunakan cara dibawah ini.

Pada pembaharuan terbaru, Windows defender akan mendeteksi script file batch yang digunakan itu sebagai HackTool:BAT/AutoKMS.

Sebagai alternatif, tersedia dua pilihan bagi anda yang sudah mengupdate versi Windows yang digunakan dan ingin mengaktivasinya.

Pertama, menonaktifkan Windows defender dan yang kedua menggunakan metode aktivasi lain.

Baru-baru ini, meskipun Windows 10 yang saya gunakan sudah dapat update terbaru, namun saya tetap bisa melakukan aktivasi dengan file batch. Entahlah, mengapa itu bisa terjadi. Jadi, coba-coba saja, siapa tahu berhasil.

Lalu bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan file batch? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda:

  • Buka Windows yang mau di aktivasi. Jika sudah, buka Notepad dan buat file baru. Di dalam notepad, silahkan copy kode dibawah lalu pastekan didalam Notepad
Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File
  • Setelah di paste, simpan file tersebut dalam format .bat di komputer. Untuk nama, silahkan isi sesuai dengan keinginan anda
cara aktivasi windows 10 dengan file batch
  • Setelah tersimpan maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini
cara aktivasi windows 10 dengan file batch
  • Untuk menjalankan file tersebut klik dua kali. Jika tidak bisa, klik kanan> lalu pilih Run As Administrator
batch file
  • Disini anda akan melihat Perintah Command Prompt berjalan secara otomatis. Jangan khawatir, sudah begitu cara kerjanya
Cara aktivasi windows 10 dengan file batch
  • Jika ada permintaan konfirmasi atau tindakan lanjutkan, tekan saja Y pada keyboard. Pada dasarnya, kerja prompt tersebut untuk me-reboot ulang komputer atau laptop yang digunakan. Setelah melakukan reboot, maka prompt otomatis hilang. Jika anda dapat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini maka proses aktivasi yang dilakukan sudah berhasil
Cara aktivasi windows 10 dengan file batch

Setelah aktivasi, langkah berikutnya adalah merestart komputer atau laptop yang tadi di aktivasi.

Tujuannya untuk menghilangkan watermark yang muncul. Jangan lupa juga cek apakah anda sudah bisa mengakases fitur personalisasi untuk melihat apakah cara ini benaran work.

Diatas saya sebutkan soal script aktivasi yang digunakan untuk aktivasi Windows 10. Lihat script dibawah ini untuk dipastekan di notepad.

@echo off
title Activate Windows 10 (ALL versions) for FREE - MSGuides.com&cls&echo =====================================================================================&echo #Project: Activating Microsoft software products for FREE without additional software&echo =====================================================================================&echo.&echo #Supported products:&echo - Windows 10 Home&echo - Windows 10 Professional&echo - Windows 10 Education&echo - Windows 10 Enterprise&echo.&echo.&echo ============================================================================&echo Activating your Windows...&cscript //nologo slmgr.vbs /ckms >nul&cscript //nologo slmgr.vbs /upk >nul&cscript //nologo slmgr.vbs /cpky >nul&set i=1&wmic os | findstr /I "enterprise" >nul
if %errorlevel% EQU 0 (cscript //nologo slmgr.vbs /ipk NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk DPH2V-TTNVB-4X9Q3-TJR4H-KHJW4 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk YYVX9-NTFWV-6MDM3-9PT4T-4M68B >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 44RPN-FTY23-9VTTB-MP9BX-T84FV >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk WNMTR-4C88C-JK8YV-HQ7T2-76DF9 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 2F77B-TNFGY-69QQF-B8YKP-D69TJ >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk DCPHK-NFMTC-H88MJ-PFHPY-QJ4BJ >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk QFFDN-GRT3P-VKWWX-X7T3R-8B639 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk M7XTQ-FN8P6-TTKYV-9D4CC-J462D >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 92NFX-8DJQP-P6BBQ-THF9C-7CG2H >nul&goto skms) else wmic os | findstr /I "home" >nul
if %errorlevel% EQU 0 (cscript //nologo slmgr.vbs /ipk TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk PVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR >nul&goto skms) else wmic os | findstr /I "education" >nul
if %errorlevel% EQU 0 (cscript //nologo slmgr.vbs /ipk NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ >nul&goto skms) else wmic os | findstr /I "10 pro" >nul
if %errorlevel% EQU 0 (cscript //nologo slmgr.vbs /ipk W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk MH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9 >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk NRG8B-VKK3Q-CXVCJ-9G2XF-6Q84J >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 9FNHH-K3HBT-3W4TD-6383H-6XYWF >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk 6TP4R-GNPTD-KYYHQ-7B7DP-J447Y >nul||cscript //nologo slmgr.vbs /ipk YVWGF-BXNMC-HTQYQ-CPQ99-66QFC >nul&goto skms) else (goto notsupported)
:skms
if %i% GTR 10 goto busy
if %i% EQU 1 set KMS=kms7.MSGuides.com
if %i% EQU 2 set KMS=s8.uk.to
if %i% EQU 3 set KMS=s9.us.to
if %i% GTR 3 goto ato
cscript //nologo slmgr.vbs /skms %KMS%:1688 >nul
:ato
echo ============================================================================&echo.&echo.&cscript //nologo slmgr.vbs /ato | find /i "successfully" && (echo.&echo ============================================================================&echo.&echo #My official blog: MSGuides.com&echo.&echo #How it works: bit.ly/kms-server&echo.&echo #Please feel free to contact me at msguides.com@gmail.com if you have any questions or concerns.&echo.&echo #Please consider supporting this project: donate.msguides.com&echo #Your support is helping me keep my servers running 24/7!&echo.&echo ============================================================================&choice /n /c YN /m "Would you like to visit my blog [Y,N]?" & if errorlevel 2 exit) || (echo The connection to my KMS server failed! Trying to connect to another one... & echo Please wait... & echo. & echo. & set /a i+=1 & goto skms)
explorer "http://MSGuides.com"&goto halt
:notsupported
echo ============================================================================&echo.&echo Sorry, your version is not supported.&echo.&goto halt
:busy
echo ============================================================================&echo.&echo Sorry, the server is busy and can't respond to your request. Please try again.&echo.
:halt
pause >nul

3. Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Produck Key atau Kunci Produk

Selain dengan menggunakan CMD yang sudah dijelaskan diatas, anda juga bisa mengisi kode aktivasi dengan product key langsung yang disediakan oleh Windows.

Artinya, jika anda punya kunci produk, bisa aktivasi dengan menggunakan fitur change product key Windows. Dan untuk mengakses fitur ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

a. Properties di File Explorer

Cara yang pertama ini dengan memanfaatkan fitur properti di File Explorer My Computer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka komputer atau laptop yang mau di aktivasi. Setelah itu klik Start> lalu cari tulisan file Explorer untuk membuka My Computer. Agar lebih mudah, anda bisa pakai tombol Shortcut +E
  • Berikutnya klik kanan pada My Computer untuk membuka menu konteks lalu pilih Properties
cara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Disini anda akan diarahkan pada menu sistem. Untuk mengaktivasi, klik Activate Windows seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Jika komputer anda sudah diaktivasi, tulisan ini akan berubah jadi Change product key
cara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Nantinya anda akan diarahkan lagi pada menu aktivasi. Di tahap ini, klik tombol Change Product Key
cara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Lalu masukkan kode produknya di kolom ini. Jika sudah, klik Next dan tunggu proses aktivasinya sampai berhasil
cara aktivasi windows 10 dengan product key

Akan ada pemberitahuan jika kode aktivasinya berhasil termasuk permintaan untuk restart komputer. Selanjutnya tinggal restart komputer agar notifikasi aktivasinya hilang.

b. Menggunakan fitur Update & Security

Yang kedua dengan mengakses fitur Update & Security di laman Settings. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka komputer atau laptop yang sudah ada pemberitahuan aktivasi. Jika komputer atau laptopnya sudah terbuka klik Start> Settings> Update & Security
cara aktivasi windows 10 dengan product key
  • Lalu klik menu Activation
aktivasi windows 10 dengan product key
  • Setelah itu klik pada tulisan Change Product Key> lalu masukkan kunci produk Windows. Jika sudah, klik Next agar proses aktivasinya dimulai
cara aktivasi windows 10 dengan product key

Prosesnya tidak terlalu lama. Biasanya hanya butuh waktu beberapa detik sampai beberapa menit. Setelah berhasil tekan tombol X untuk close agar jendela aktivasinya tertutup. Jangan lupa juga untuk restart komputer atau laptop.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal di ulas dalam bentuk QnA dibawah, seperti:

1. Mengapa Windows 10 Perlu Di Aktivasi?

Wajibkah aktivasi Windows 10? Jawabannya relatif antar orang. Jawaban saya? Enggak wajib-wajib amat.

Alasannya? Karena fitur-fitur lain yang ada di komputer masih bisa diakses meski tidak dengan fitur-fitur default seperti background dan tema.

Disisi lain, cukup menggangu sih apalagi saat mau buka komputer atau laptop tulisan watermark pemberitahuan aktivasi selalu muncul di kanan bawah layar.

Menariknya, meskipun tidak melakukan aktivasi, sistem operasi Windows tetap dapat update terbarunya.

Setiap pembaharuan itu bertujuan untuk mengatasi bug pada sistem operasi, agar kinerja perangkat lebih optimal.

Tapi ada baiknya diaktivasi saja. Karena dengan aktivasi, anda bisa mengakses beberapa fitur seperti Personalisasi termasuk tema dan setelan background.

Jika windows 10 gak di aktivasi, ada banyak fitur-fitur yang enggak bisa di akses. Sebagian besar fitur ini berkaitan dengan personalisasi.

Mulai dari latar belakang atau background, tema, lockscreen dan lain sebagainya. Untuk background sendiri masih bisa diganti dengan cara berikut:

  • Pilih gambar yang mau dijadikan background desktop
  • Setelah itu, klik kanan pada mouse atau touchpad laptop agar menu konteksnya terbuka
  • Untuk ganti background silahkan klik Set as desktop background
ganti background desktop

Selain itu, agar tulisan Activate Windows hilang karena biasanya, apabila Windows 10 yang digunakan itu belum di aktivasi, maka akan muncul pemberitahuan activate Windows Go to setting activate Windows.

aktivasi windows 10

Tulisan ini akan muncul 30 hari setelah instalasi dilakukan. Dan watermark ini hanya akan hilang setelah kode aktivasinya diinput.

Dan aktivasi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan watermark tersebut. Jadi enggak ada cara lain untuk menghilangkan watermark di Windows 10 yang legal dan permanen.

Terakhir, sebagai tanda bahwa software yang anda gunakan itu asli karena saat ini ada banyak sekali software bajakan Windows yang beredar saat ini.

Untuk mengatasi hal ini, Windows mengeluarkan kode aktivasi sebagai bukti kalau versi OS yang digunakan itu asli.

Selain itu, dengan aktivasi, keamanan komputer atau laptop lebih terjamin alias lebih aman dari serangan man middle in night alias cracker.

2. Apa itu Command Prompt?

Istilah command prompt mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda terlebih untuk mereka yang familiar dengan sistem operasi besutan Microsoft ini.

Lantas, apa sih command prompt itu? Fungsinya apa? Command prompt adalah aplikasi penerjemah baris perintah yang tersedia di semua varian Windows.

Kadang, Command Prompt disingkat dengan CMD. Oh iya, hati-hati saat menggunakan istilah CMD karena CMD juga merupakan akronim dari beberapa istilah komputer seperti Centralized message distribution, color monitor display, common management database dan lain sebagainya.

Tapi tentu saja, CMD yang saya maksud disini adalah baris perintah dan bukan singkatan dari beberapa jenis program personalisasi diatas.

CMD biasanya digunakan untuk menerjemahkan baris perintah yang berisikan kode tertentu. Prosesnya otomatis, asalkan file-file tersebut bisa dibaca sistem.

Di samping itu, CMD juga banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas administrasi tingkat lanjut, melihat script eror, mengetahui masalah-masalah pada script dan lain sebagainya.

Salah satu kode string yang bisa diterjemahkan oleh CMD adalah file batch, yang juga dapat digunakan untuk mengaktivasi Windows.

Selain Command Prompot, CMD juga dikenal dengan istilah Windows Command Processor, Command shell atau CMD prompt.

Semua varian nama diatas merujuk pada command prompt yang ekstensi filenye berupa .exe. Kadang juga, CMD disebut dengan prompt DOS karena merupakan bentuk dari MS-DOS itu sendiri.

Pada intinya, command prompt adalah sebuah program di Windows yang berfungsi untuk mengemulasi dan menterjemahkan baris kode yang tersedia di Microsoft.

3. Apa itu batch file?

Batch file atau file batch adalah sekumpulan perintah yang dibuat dalam bentuk serial kode. Ini sebenarnya merupakan script interpreter yang berfungsi untuk mengeksekusi urutan perintah yang sama.

Dengan kata lain, baris perintah ini hanyalah file teks sederhana yang disimpan dalam ekstensi .bat dan biasanya ditulis menggunakan notepad atau editor teks lain.

Umumnya, baris script batch file terlihat seperti ini:

ECHO OFF
ECHO GeeksforGeeks
PAUSE

Untuk eksekusinya pun cukup mudah. File yang sudah jadi tinggal di klik dua kali. Nantinya baris ini akan melaksanakan perintah di CMD.

batch file

Sebagai contoh, script diatas bertujuan untuk membersihkan konsol komputer dengan menghilangkan perintah dasar yang ada di prompt.

Dengan perintah itu, Echo akan menghasilkan teks GeeksforGeeks di CMD untuk menunggu perintah selanjutnya.

Perintah ini tergantung dari kode yang dibuat. Untuk kode diatas, perintah tersebut bisa di eksekusi dengan menekan sembarang tombol di keyboard, termasuk enter.

Ada beberapa perintah yang biasa dieksekusi lewat di file batch, diantaranya:

  • echo yang berfungsi untuk mencetak string input. Anda bisa menggunakan kode ini sebagai pembuka atau penutup baris kode. Jika echo aktif, command prompt akan mengeksekusi perintah setelah echo
  • cls berfungsi untuk menghapus layar perintah yang ada di prompt
  • title berfungsi untuk mengubah teks judul diatas jendela command prompt [CMD]
  • exit berfungsi untuk keluar dari CMD
  • PAUSE berfungsi untuk menghentikan eksekusi perintah file batch Windows
  • :: berfungsi untuk menambahkan komentar yang ada di dalam file
  • Copy berfungsi untuk menyalin file

Disamping itu, batch file ini dibangun dari beberapa elemen dasar. Di versi windows 10, elemen-elemen ini dapat disatukan atau dipisahkan, tergantung kemauan pembuat yang jenis filenya berbeda-beda, diantaranya:

  • INI [.ini] yang merupakan file jenis inisialisasi. File ini bertujuan untuk mengatur variabel default pada sistem atau program yang digunakan
  • CFG [.cfg] adalah jenis file konfigurasi
  • SYS [.sys] merupakan file sistem yang terkadang bisa di edit, apalagi jika kodenya sudah di kompilasi ke versi terbaru
  • COM [.com] merupakan file perintah yang dapat di eksekusi ke DOS. Di versi awal, file ini adalah file yang wajib terpisah di setiap perintah. Saat ini, untuk file COM sudah dapat digabungkan ke dalam COMMAND.COM
  • CDM [.cmd] merupakan file batch yang digunakan dalam sistem operasi NT.

Meskipun hanya sekumpulan baris perintah sederhana, batch file bbisa digunakan untuk mengaktivasi Windows 10.

4. Apa saja syarat-syarat aktivasi Windows 10 dengan CMD?

Salah satu kelemahan dari cara ini ada pada syarat-syaratnya. Nah berikut syarat-syarat yang harus diperhatikan oleh anda saat mau aktivasi Windows 10 dengan CMD, diantaranya:

  • Sudah muncul watermark Aktivasi. Sebelum aktivasi, pastikan kalau Windows yang digunakan itu belum diaktivasi. Intinya, sudah muncul tulisan activate Windows 10 di kanan bawah layar.
cara aktivasi windows 10 dengan CMD
  • Memiliki product key Windows. Kode produk Windows bisa anda beli langsung dari Microsoft di situs resmi mereka. Harganya? Lumayan mahal, bisa jutaan rupiah. Terkadang, beberapa produsen atau merk laptop sudah menyiapkan kunci produk di bungkusan laptop, dibawah laptop dan ditempat lain. Pastikan kode produk ini sudah ada dan jika belum ada, silahkan coba cara lain yang akan saya tautkan dibawah postingan ini.
  • Mengetahui versi windows 10 yang digunakan. Jika kunci produk sudah diketahui, langkah ketiga ini juga perlu. Yakni mengetahui versi windows 10 yang digunakan. Entah itu Windows 10 Pro, Single Languange, Edition dan lain sebagainya. Ada banyak sih versi Windows, cape kalau mau bahas satu per satu 😀

Untuk mengetahui versi Windows 10 yang digunakan, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan buka komputer atau laptop milik anda
  • Berikutnya buka file explorer atau masukkan shortcut Win+E menuju my Computer. Pabila My Computer sudah terbuka, klik kanan pada tulisan tersebut untuk membuka menu konteks. Jika tersedia icon My Computer di desktop, klik kanan saja disitu. Pada beberapa merk produk, nama My Computer ini sudah diubah menjadi this PC. Dua-duanya sama begitu juga dengan fitur-fiturnya
aktivasi windows 10 menggunakan CMD
  • Setelah itu klik Kanan> Properties. Secara otomatis akan muncul data-data tentang Windows yang terinstal di Laptop atau komputer anda mulai dari Windows Edition, System, Support, Computer Name, Domain dan lain sebagainya. Versi windows yang digunakan ini berada di menu Windows Edition.
aktivasi windows 10 menggunakan CMD

Selain cara diatas, ada beberapa metode dan cara lain untuk mengetahui versi Windows yang digunakan. Semua cara pada dasarnya sama, aksesnya saja yang berbeda.

5. Bagaimana cara melihat product key Windows 10?

Ada beberapa cara yang bisa anda coba. Pertama, dengan memanfaatkan Windows PowerShell kedua dengan aplikasi Magical Jelly Bean KeyFinder.

Sebagai contoh, disini saya mau melihat produck key Windows 10 yang saya gunakan di laptop pakai PowerShell, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka Windows PowerShell yang ada di komputer. Untuk mengaksesnya bisa dengan ketikkan Win+R. Setelah masuk ke kolom Run, silahkan masukkan keyword PowerShell lalu Enter
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Product Key
  • Jika aplikasi Powershell sudah terbuka, masukkan kode ini: (Get-WmiObject -query ‘select * from SoftwareLicensingService’).OA3xOriginalProductKey setelah perintah PS C:\Users\ACER> lalu Enter
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Product Key
  • Nanti key Produknya akan muncul tepat dibawah baris perintah diatas
Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Product Key

Hanya saja, saya belum tahu pasti apakah cara ini benaran work pada Windows yang belum pernah di aktivasi sebelumnya atau tidak.

Karena saya mencobanya di laptop milik saya yang sudah di aktivasi dengan key produk yang saya beli di Olshop 😀

Sebelum notifikasi itu muncul lagi gegara saya reset Windows 10 yang saya gunakan beberapa waktu lalu.

6. Ada gak ya cara aktivasi Windows 10 tanpa software?

Ada. Caranya? Dengan mengubah value di Regedit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Windows Run [Win+R] lalu ketikkan Reggedit di kolom kosong yang tersedia
  • Setelah masuk ke laman Registry Editor, klik HKEY_LOCAL_MACHINE> SOFWARE> lalu scroll ke bawah sampai di kolom Microsoft> WindowsNT> Current Version untuk melihat Product ID di komputer atau laptop
  • Berikutnya, di kolom yang sama, silahkan cari SoftwareProtectionPlatform> Pilih activations> lalu pilih Manual
  • Jika data manual di klik akan muncul kolom edit DWORD. Pada nilai value data, silahkan ubah dari nol ke 1

Selanjutnya klik OK lalu restart komputer atau PC yang digunakan. Nanti pemberitahuan aktivasinya akan hilang.

7. Bagaimana cara aktivasi Windows 10 tanpa product key?

Jawaban dari pertanyaan ini sama seperti QnA kedua. Yang mana, anda bisa aktivasi Windows 10 tanpa produck key dengan menggunakan Regedit dan KMSpico.

8. Bagaimana cara aktivasi Windows 10 Offline?

Anda dapat mengaktivasi Windows 10 sekalipun tanpa koneksi internet. Mengapa demikian? Karena kunci produk hanyalah proses pencocokan lisensi software yang digunakan.

Dengan kata lain, kunci produk ini sudah ada di Windows 10. Dan untuk memverifikasi kode tersebut, anda wajib memasukkan kode yang sama seperti yang tersimpan di sistem.

Jadi, ada gak cara aktivasi Windows 10 offline? Ada dan semua model aktivasi diatas dapat dilakukan secara offline.

9. Bagaimana cara dapat product key Windows 10?

Seperti yang saya sebutkan diatas, untuk mendapatkan product key Windows 10 hanya terdapat satu cara yakni dengan membelinya langsung ke Microsoft.

Beberapa produk laptop dari merk berbeda juga sudah menyiapkan kunci produk. Kunci ini biasanya terletak di bagian bawah Laptop, kardus laptop atau pada CD instalasi Windows.

10. Apakah kunci produk yang tersebar di internet itu bisa digunakan?

Sepengalaman saya tidak. Artikel ini dulunya memang dibuat dengan tujuan untuk membagikan product key Windows 10.

Setelah saya crosscheck, ternyata tiap produk key yang saya bagikan itu enggak valid. Alias, tidak bisa digunakan.

Karena setiap kunci produk Windows 10 itu berbeda-beda yang dipengaruhi oleh seri komputer, kapan dikeluarkan, jenis sistem operasi yang digunakan dan lain sebagainya.

11. Apakah ada cara melihat produk key yang tersimpan di komputer?

Ada beberapa tips yang sudah saya coba untuk melihat product key di Windows 10.

Mulai dari menggunakan aplikasi Windows PowerShell, KeyFinder Windows Key, VBS dan lain sebagainya.

Namun, semua cara yang saya coba enggak ada yang berhasil. Jadi, sepanjang yang saya tahu, enggak ada cara melihat product key yang tersimpan di komputer.

Penutup

Kalau rasa perlu aktivasi, ya silahkan. Apalagi bagi anda yang selalu terganggu dengan watermark di kiri bawah desktop.

Tapi kembali ke pribadi masing-masing karean tanpa aktivasi sekalipun anda masih menggunakan sistem operasi Windows seperti biasanya.

Bahkan anda tetap dapat update. Hanya saja, ada keterbatasan saat anda mengakses beberapa fitur seperti personalisasi dan dukungan.

Demikian artikel tentang cara aktivasi Windows 10 dengan atau tanpa Product key. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

8 pemikiran pada “Cara Aktivasi Windows 10 Gratis Tanpa Product Key Dengan CMD dan Batch File”

  1. Ga work min, error win script host access is disabled on this machine. Contact your administrator for detail. Solusi nya dong min

    Balas
  2. Ga work min, error win script host access is disabled on this machine. Contact your administrator for detail. Solusi nya dong min. Terimakasih

    Balas
    • C:\WINDOWS\system32>slmgr.vbs /ipk ( Kode Lisensi Saya Sensor )

      C:\WINDOWS\system32>slmgr.vbs /skms kms.lotro.cc

      C:\WINDOWS\system32>cscript slmgr.vbs /ato
      Microsoft (R) Windows Script Host Version 5.812
      Copyright (C) Microsoft Corporation. All rights reserved.

      Activating Windows(R), Enterprise edition (Sensor) …
      Product activated successfully.

      Terimakasih!

      Balas

Tinggalkan komentar