Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

9 Air Terjun Dengan Kisah Mistis Dibalik Keindahannya

3 min read

air terjun yang menyimpan cerita mistis

9 Air Terjun Dengan Kisah Mistis Dibalik Keindahannya– Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang terdapat di Indonesia mulai dari gua, sabana, pantai hingga air terjun.

Selain karena keindahannya, air terjun juga sering dikunjungi para wisatawan yang ingin menjajakan berwisata ke alam sekaligus untuk merasakan nikmatnya mandi di air alami yang segar.

Bahkan, air terjun dikenal sebagai surga dunia, dengan segala daya tarik keindahan yang tiada bandingnya. Dan ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata baru.

Dan ada banyak sekali air terjun yang terdapat di Indonesia. Beberapa air terjun yang dipercaya masyarakat setempat memiliki cerita mistis dibalik keindahannya tersebut.

Cerita ini bahkan masih bertahan sampai sekarang. Beberapa orang menganggapnya sebagai legenda urban dan beberapa diantaranya mempecayai bahwa cerita itu benar adanya.

Masyarakat lokal menilai air-air terjun ini bukanlah air terjun biasa melainkan sebuah tempat yang memiliki ‘penghuni’. Yang justru membuat air terjun ini lebih menarik para wisatawan.

9 Air Terjun Dengan Kisah Mistis Dibalik Keindahannya

Lalu air terjun apa saja yang memiliki cerita mistis tersebut? Berikut disajikan 9 air terjun dengan cerita mistis dibalik keindahannya. Ini daftarnya:

1. Air Terjun Kakek Bodo Di Pasuruan

4 Air Terjun Yang Menyimpan Cerita Mistis Dibalik Keindahannya
via tripadvisor.com

Diberi nama demikian karena konon ada seorang pertapa yang pernah bertapa dikaki air terjun ini. Kakek tersebut pernah bekerja pada salah satu keluarga Belanda yang kaya sampai ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan mulai bertapa.

Ia kemudian dijuluki sebagai kakek bodoh oleh keluarga Belanda tersebut karena menurut mereka alasannya untuk berhenti sangat tidak masuk akal.

Baca Juga : 4 Benda Terkutuk Yang Ada Di Dunia Nyata

Setelah cukup lama bertapa, ia kemudian di anugerahi kemampuan supranatural. Dengan kemampuan ini ia banyak membantu penduduk setempat dari segala kesusahan.

Namun, beberapa tahun kemudian, kakek bodoh ditemukan meninggal di tempatnya bertapa tersebut. Sampai kini, makam kakek bodoh masih ditemukan dibawah air terjun ini.

2. Air Terjun Sri Gethuk Di Yogyakarta

4 Air Terjun Yang Menyimpan Cerita Mistis Dibalik Keindahannya
via masbidintravel.net

Di daerah Yogyakarta, tepat dibawah Gunung Kidul ada sebuah air terjun yang diberi nama air terjun Sri Gethuk. Kadang juga disebut dengan Air Terjun Slempret.

Baca Juga : 5 Misteri Terbesar Dalam Fisika Yang Berhasil Diungkap Manusia

Slempet sendiri adalah salah satu legenda Desa Bleberan. Yang membuat air terjun ini sarat cerita mistis karena dipercaya menjadi tempat berkumpulnya para Jin dan dipimpin oleh Jin Anggo Menduro.

3. Air Terjun Sedudo

4 Air Terjun Yang Menyimpan Cerita Mistis Dibalik Keindahannya
via yukpiknik.com

Berbeda dengan dua air terjun Sri Gethuk, air terjun Sedudo tidak diselimuti kisah mistis seperti tempat tinggalnya mahluk halus namun memiliki sejarah panjang sejak jaman Majapahit. Air terjun ini dipercaya sebagai tempat penyucian benda-benda pusaka milik Raja.

4. Air Terjun Makadakaripura

4 Air Terjun Yang Menyimpan Cerita Mistis Dibalik Keindahannya
via tripadvisor.com.au

Masih dalam legenda tentang Majapahit. Air terjun dipercaya oleh banyak orang memiliki keterkaitan dengan Patih Gajah Mada.

Hal ini terlihat dari beberapa kesaksian orang-orang yang pernah melihat penunggu air terjun yang tak lain adalah harimau berwarna putih. Harimau ini dalam waktu-waktu tertentu menampakkan diri lalu menghilang.

5. Air terjun Bangkong

air terjun bangkong
via ksmtour.com

Air terjun ini berada di kawasan Desa Kartawirama, Kuningan, Jawa Barat. Kadang, air terjun Bangkon disebut juga dengan air terjun kuningan.

Baca Juga : 5 Ilmuwan Arab Yang Meninggal Misterius

Kisah mistis air terjun ini dimulai saat seorang pemuda hilang saat berkunjung ke air terjun yang satu ini sekitar tahun 1970-an. Diyakini, pemuda tersebut sudah meninggal dunia dan jasadnya tidak pernah ditemukan hingga kini.

Menurut beberapa pengunjung, terkadang mereka secara tak sengaja melihat cahaya melayang di curug, atau lubang atau gua yang terdapat dibagian kiri dan kanan curug yang dipercaya sebagai tempat tinggal Abah Waria, yang merupakan katak Jelmaan berukuran raksasa.

6. Air terjun Pengantin

air terjun pengantin
via gotravelly.com

Air terjun yang terdapat di Bandung Jawa Barat ini dulunya bernama Curug Suwu. Namun namanya berubah setelah kejadian naas menimpa dua mempelai yang baru menikah akibat terseret air.

Namun, hingga kini jasad dua mempelai tidak pernah ditemukan meskipun sudah dicari-cari. Akibatnya, nama air terjun ini berubah sejak kejadian tersebut.

7. Air terjun Seribu

air terjun seribu
via cimanggubogor.com

Air terjun yang terdapat di Bogor ini terletak dikawasan Gunung Bunder. Sejak dulu, air terjun ini sudah lekat dengan cerita dan kisah mistis.

Misalnya, kisah saat seorang pengunjung melewati batas aman untuk berenang hingga akhirnya tenggelam. Setelah dicari-cari, jasadnya tidak ditemukan.

Setelah orang-orang yang mencari sudah lelah, secara tidak sengaja jasad tersebut mengapung dengan tubuh yang sudah beku.

8. Air terjun Tegenungan

air terjun tegenungan
via airpaz.com

Air terjun yang terletak di kawasan Sukawati, Gianyar Bali ini juga menyimpan cerita mistis, Cerita mengenai kisah mistis ini juga disebarkan dari mulut ke mulut oleh masyarakat.

Misalnya, salah seorang masyarakat setempat pernah bercerita dimana saat itu ia sedang mengantar seorang pengunjung disana. Sesampainya disana, sang pengunjung mulai melakukan sesi foto-foto.

Saat akan melihat hasil foto mereka terkejut dimana tempat bagian bawah air terjun terlihat seorang pedanda atau pendeta laki-laki di Bali sedang duduk bersila kaki dengan pakaian yang serba putih.

9. Air terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang
via kompas.com

Selanjutnya adalah salah satu spot wisata di Jawa Tengah yang terdapat di Desa Wonolelo. Air terjun yang terdapat di tengah gunung Merapi dan Merbabu ini juga menyimpan cerita mistis yang bisa bikin bulu kuduk merinding.

Kisah-kisah mistis air terjun ini akan memuncak saat Bulan Suro [Muhharom] tepat saat malam hari jumat Kliwon, dimana sering terdengar suara-suara aneh diiringi bunyi gamelan.

Sementara, pada hari Kamis sebelum Jumat Kliwon, kera-kera yang terdapat disekitar air terjun secara aneh akan berkumpul dibagian atas air terjun.

Saat mengunjungi air terjun diatas ada beberapa aturan tak tertulis yang biasanya akan di beritahukan oleh penjaga atau warga sekitar. Aturan-aturan ini konon katanya bisa membuat anda tetap aman saat berwisata ke sana.

Penutup

Nah, demikian beberapa artikel tentang 4 air terjun yang menyimpan cerita mistis dibalik keindahannya. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut, kan? Kalau belum sekali waktu pastikan diri kamu sudah pernah berkunjung kesana.

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *