Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 Pengunjung Per Hari?

4 Likes 3 Comments
viewers blog

Memperoleh viewers blog yang banyak untuk adalah impian setiap blogger. Dengan pengunjung yang banyak, kemungkinan besar penghasilan juga akan meningkat.

Banyak yang bertanya, berapa lama agar views blog saya bisa mencapai 1000 pengunjung per hari? Untuk menjawab ini sebenarnya tidaklah mudah.

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari konten, kata kunci yang ditargetkan, jumlah pengunjung, SEO, dan faktor-faktor pendukung lain seperti umur blog.

Banyak blogger pemula yang ingin langsung mendapatkan pengunjung blog dalam waktu singkat. Saya merasa, mereka mungkin sudah menjadi korban dari artikel-artikel blogger lain, yang mengatakan bahwa mereka bisa memperoleh pengunjung ribuan dalam waktu 3 bulan dan sudah bisa payout di AdSense dalam waktu singkat. Tidak semudah itu, ferguso!

Baca Juga : 11 Template Blogger Terbaik Tahun 2019

Jika anda mendapati artikel-artikel demikian, jangan percaya. Itu clikbait. Sudah banyak blogger yang membuktikannya. Dan tidak mudah untuk mendapatkan pengunjung blog.

Apalagi, kalau anda hanya menekankan pada pengunjung blog organik, alias pengunjung dari Google dan bing sendiri.

Tetapi, sebenarnya butuh waktu berapa lama untuk bisa memperoleh pengunjung blog 1000 per hari? Baca ulasan dibawah ini.

Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 Pengunjung Per Hari?

Dalam blog ada dua jenis pengunjung yakni Pageviews dan Views. Pageviews adalah jumlah laman [artikel] yang dilihat oleh satu pengunjung. Sementara, views adalah jumlah pengunjung yang datang ke blog anda dan ini berbeda orang, alamat IP dan juga artikel yang dibuka.

Jadi, yang mana nih yang mau dibahas dalam artikel ini? Yang dibahas tentu saja adalah Views dan bukan pageviews. Sebab, ada kemungkinan besar seorang yang berkunjung ke blog anda akan melihat artikel lain meskipun hanya satu.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, blog saya membutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk mencapai 1000 pengunjung per hari. Ini adalah waktu yang cukup lama ya.

5 bulan bukan waktu yang singkat. Jika setiap hari saya menerbitkan satu artikel, maka saya membutuhkan waktu sekitar 150-an artikel untuk mencapai 1000 pengunjung. Namun dalam kasus saya, artikel saya masih berjumlah 20 biji.

Baca Juga : Bisakah Memasang Iklan AdSense Di Blog Yang Pernah di Banned?

Emang bisa ya? Ya jelas bisa. Asalkan anda menggunakan teknik-teknik yang tepat. Teknik itu sudah saya ulas dibagian bawah.

Perlu juga anda ketahui, pengunjung blog yang datang ke blog tidak konsisten. Bisa jadi, setelah anda mendapatkan pengunjung hari ini sebesar 1000 besok tidak lagi. Ini karena perilaku pengguna yang terus berubah dan tujuannya mereka membuka juga biasanya sudah berbeda.

Karena saya mengangkat niche fotografi, dengan panjang artikel rata-rata 2000 karakter, memiliki peluang untuk tampil di halaman pertama Google.

Meskipun, posisi terbaik artikel saya hanya berada di posisi ke lima namun seluruhnya berhasil nongol di halaman pertama. Di posisi teratas keyword yang saya targetkan adalah blog dengan isi artikel yang cukup singkat tetapi nilai otoritas domainnya sudah tinggi.

Jadi, berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya membutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk bisa mencapai 1000 pengunjung per harinya. Mungkin ada blogger yang memiliki pengalaman yang berbeda dengan saya.

Untuk anda yang ingin mencapai hal yang sama, ada beberapa tips yang patut anda coba untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang konsisten. Antara lain:

1. Tulis artikel yang panjang

Anda pasti sudah membaca artikel diatas. Dimana, saya bisa mendapatkan 1000 pengunjung per harinya dengan 20 artikel.

Anda pasti berpikir, pasti ada yang spesial dari blog saya itu. Menurut saya gak ada. Templatenya adalah template gratisan. Nilai yang lebih mungkin hanya dua, yakni artikel saya yang panjang dan juga saya menggunakan wordpress, yang menurut saya lebih baik dalam hal SEO.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Reputasi awal sangat penting. Meskipun DA dan PA blog anda masih rendah, oleh karena itu, berikanlah hal yang lebih di blog anda yakni dengan membuat artikel yang panjang.

Artikel yang panjang cenderung disebut sebagai artikel yang berkualitas. Jika anda membuat 20 artikel yang panjang, maka anda akan mengalahkan artikel-artikel yang pendek di SERPs.

Selain itu, peluang anda diterima oleh AdSense terbuka lebar. Asalkan, artikel-artikel anda tersebut adalah original dan bukan hasil copy paste.

2. Targetkan kata kunci yang panjang

Long tail keyword adalah salah satu poin penentu. Setiap artikel yang ada di blog ini selalu ditargetkan untuk kata kunci yang terdiri dari 4 kata.

Alasanya sangat sederhana, kata kata kunci yang pendeng [short tail keyword] sudah di kuasai oleh sebagian besar situs web dengan otoritas yang lebih tinggi dan lebih di percaya Google.

Sebagian besar keyword yang pendek juga tidak lagi di kuasai oleh Blogger [konten creator] melainkan oleh korporasi. Sehingga, jika anda menargetkan keyword tersebut, blog anda tidak bakalan nongol diperingkat pertama sekalipun artikel anda sangat panjang.

Baca Juga : Perbedaan Menggunakan Template Gratisan Dan Template Premium

Kalaupun nantinya nongol, maka bisa saja anda membutuhkan waktu sekitar 1-2 tahun, seiring dengan meningkatkan viewers blog serta otoritas halaman blog anda.

Oleh karena itu, targetkan keyword yang panjang. Anda bisa mengikuti metode yang saya lakukan diatas. Namun, ada satu poin penting yang harus anda ketahui bahwa anda harus melakukan riset keyword.

Riset Keyword sangat-sangat penting. Jangan remehkan hal ini. Lihat keyword mana yang dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi, setelah itu lihat persaingan di SERPS, lakukan riset singat pada blog-blog yang nongol untuk kata kunci tersebut dan lihat apa yang kurang dari artikel mereka.

Jika sudah, silahkan buat artikel untuk keyword tersebut. Dan berikan penawaran yang lebih, dimana anda memberikan informasi baru, dengan gaya penulisan yang khas serta memberikan ulasan yang lebih mendetail, panjang dan runut.

Setelah itu, posting dan inspeksi di Search Console. Saya yakin, posisi blog anda akan perlahan naik di peringkat SERPs seiring waktu berjalan. Dan kemungkian, dalam waktu 2 bulan, anda sudah bisa duduk halaman pertama pencarian Google.

3. Dapatkan backlink

Nah ini juga cukup penting. Backlink adalah salah satu faktor otoritas yang masih digunakan oleh Google untuk memberikan peringkat terhadap suatu blog atau website.

Oleh karena itu, sisahkan waktu untuk mencari backlink. Lihat blog-blog yang menerima Guest Post lalu buatlah artikel dan kirim ke mereka.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Imbalannya sebagian besar adalah backlink. Tapi ingat, usahakan, backlink yang didapatkan tersebut berasal situs web dengan otoritas yang lebih tinggi dari blog anda.

Jika ada guest post yang meminta bayaran, sebaiknya jangan gunakan. Sebab, ini tidak termasuk backlink yang berkualitas meskipun otoritasnya sudah tinggi.

Sisahkan waktu, misalnya, selama 2 minggu untuk membuat artikel dan mengirimnya ke Guest Post. Jika setiap hari anda menghasilkan 1 artikel, maka ada 14 artikel.

Itu berarti, ada 14 backlink yang bakalan anda dapatkan. Ini sudah cukup untuk mendongkrat otoritas situs web anda dimasa mendatang.

4. Terus Update Artikel

Ya, memang baik jika blog di update tiap hari. Tetapi, usahakan agar mengupdate semampu anda saja. Jika anda membuat artikel yang panjang, seminggu sekali Update itu sudah sangat baik.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Jika anda membuat artikel dibawah dari 500 karakter, seminggu 3 kali update sudah cukup. Tapi ingat, asalkan jarak update tidak terlalu lama.

Misalnya, sebulan sekali atau enam bulan sekali. Karena, setiap hari ada blog yang dibuat dan mengangkat topik yang bisa saja sama dengan topik blog anda. Jika anda tidak update maka posisi anda bisa saja digeser di penelusuran Google kedepannya. Ini juga bisa menunjang viewers blog anda di masa mendatang.

Penutup

Memperoleh pengunjung yang banyak dan terus meningkat untuk blog adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi, jika pengunjung sudah mencapai ribuan per hari dan pengunjungnya konsisten.

Tetapi, untuk memperoleh semua itu tidaklah mudah. Ada usaha dan kerja keras yang harus anda lakukan. Intinya, jangan menyerah dan terus berkarya. Lakukan sesuai dengan passion atau gaya anda. Karena, pada akhirnya, kerja keras gak bakalan pernah mengkhianati hasil.

Nah demikian artikel tentang Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 Pengunjung Per Hari? Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

3 Comments

  1. Memang susah mendapatkan 1000 UV /hari…
    Permasalaan yang sering dihadapi karena tingkat persaingan keywod semakin hari semakin tinggi diiringi semakin banyaknya blog yang bertebaran…

    1. Betul gan. karna itu, kalau blog2 pemula, ada baiknya menargetkan keyword yang gak terlalu populer agar peluang mendapatkan trafik lebih besar.

      1. wah pantas aja, saya malah pakai kata kunci yang persaingannya tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *