Video Youtube Anda di Reuplaod Di Facebook, Laporkan Saja Sebagai Bentuk Pelanggaran Hak Cipta

5 Likes Comment
Video Youtube Anda di Reuplaod
Video Youtube Anda di Reuplaod Di Facebook, Laporkan Saja Sebagai Bentuk Pelanggaran Hak Cipta – Facebook saat ini bukan saja menjadi sebuah media sosial tetapi sudah menjadi salah satu media massa, dan media berbagai gambar dan video yang populer. Selain itu, Facebook juga sudah menjadi salah satu search engine yang besar seperti Youtube dan Google.

Beberapa waktu lalu, Facebook merilis AdsBreak Video untuk para penggunannya dan ini dapat di monetisasi oleh siapa saja. Meski demikian, langkah-langkah memonetisasinya cukup susah.

Sebab anda harus memiliki halaman facebook dengan 10.000 pengikut dan salah satu video di halaman anda telah di tonton oleh 30.000 kali dengan durasi 1 menit.

Tentang syarat-syarat memonetisasinya sebenarnya sudah pernah saya bahas diartikel tentang Syarat Monetisasi Video di Facebook Creator. Anda juga dapat membaca artikel saya yang lain tentang cara memperoleh 3000 jam tayang dan 10000 pengikut.

Namun, saat ini ada banyak sekali pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik Halaman facebook dan juga banyak reuploader video-video dari Youtube. Untuk itu, jika anda merasa bahwa salah satu video anda di Youtube ataupun ditempat lain telah di Upload di Facebook dan di monetisasi, silahkan saja anda melaporkan di Facebook sebagai bentuk pelanggaran hak Cipta.

Cara melaporkan pelanggaran hak cipta di Facebook

Sebenarnya artikel ini saya buat khusus para Youtuber yang video-videonya di upload kembali di Facebook tanpa sepengetahuannya dan di monetisasi. Alhasil, si reuploader memperoleh penghasilan sedangkan anda tidak.

Dan ini sudah masuk dalam kategori pelanggaran hak cipta. Dan anda harus melaporkan kepada pihak Facebook untuk ditindaklanjuti. Yang penting, konten tersebut adalah orisinal, atau hasil buatan anda sendiri. Misalnya, video berupa vlog, musik dan lain sebagainya. Untuk itu, anda harus melaporkannya sebagai bentuk pelanggaran hak cipta.

Baca Juga :  7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya mencoba melihat bagaimana Facebook menanggapi pelanggaran Hak Cipta. Lalu saya membuat satu Fanspage, yang mengupload salah satu video Music dari Faith Hill.

Setelah di Upload, saya mendapatkan dua pemberitahuan, yang pertama adalah video tersebut berhasil saya upload di facebook, yang kedua pemberitahuan bahwa video saya disenyapkan dibeberapa Negara, karena mengandung video yang melanggar hak cipta orang lain.

Begini isi pemberitahuannya:

Video anda cocok dengan 2 menit dan 4 detik musik yang dimiliki oleh Marmer Music Group Rights Management, Video ini disenyapkan di 249 Negara 

Dan beberapa pemberitahuan lain, seperti:

Postingan disenyapkan disebagian jika anda tidak memiliki izin untuk menggunakan music ini. Artinya, video anda akan disenyapkan di segmen manapun yang terdapat di musim ini.

Hapus Video ini jika anda tidak memiliki izin untuk menggunakan semua konten didalamnya.

Ajukan Sengketa. Jika menurut anda ini adalah sebauh kesalahan dan yakin bahwa anda memiliki iin untuk menggunakan semua music dalam video ini, untuk menyuarakan video anda harus memiliki izin untuk menggunakan music ini dimana saja. Anda harus berhasil membantah klaim kepemilikan lainnya. 

Nah karena video ini bukan saya punya, jadi saya memiliki cara yang kedua yakni menghapus video ini.

Untuk video-video buatan yang direupload di Facebook tanpa pemberitahuan langsung, mungkin anda harus melaporkan video tersebut sebagai bentuk pelanggaran hak cipta. Berikut cara-caranya:

1. Silahkan Buka Facebook

2. Setelah facebook terbuka

Silahkan masuk dalam Menu Bantuan atau klik saja di tautan ini. Menu ini akan langsung mengarahkan anda pada pengklaiman hak cipta. Silahkan siapkan URL Youtube anda, misalnya kalau video buatan anda tersebut telah di Upload di Youtube lalu kirim.

3. Selesai

Sampai disini anda sudah berhasil melaporkan pelanggaran hak cipta. Jangan lupa untuk terus menguploadnya, dan bisa saja proses pengklaiman ini membutuhkan waktu beberapa hari atau beberapa minggu.

Dalam kasus itu juga, saya sempat memotong bagian-bagian tertentu dalam video, suaranya saya perendah dan beberapa metode lain yang biasanya digunakan oleh reuploader.

Lalu saya Upload lagi, eh pemberitahuan pelanggaran hak ciptanya sudah gak muncul. Dari sini saya menarik kesimpulan bahwa logaritma di Facebook Creator masih sama dengan di Youtube. Terkait dengan hal ini akan saya bahas dilain kesempatan.

Nah demikian artikel tentang Video Youtube Anda di Reuplaod Di Facebook, Laporkan Saja Sebagai Bentuk Pelanggaran Hak Cipta. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *