5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia

14 Likes Comment
Negara Dengan Umat Katolik Terbesar

Menurut anda negara manakah dengan umat Katolik terbesar di dunia? Perlu anda ketahui bahwa hampir sepertiga penduduk bumi adalah penganut agama Kristen, entah itu Katolik maupun Kristen Protestan dan beberapa aliran lain.

Lebih tepatnya, sekitar 31,5% dari penduduk dunia beragama Katolik. Jumlah ini membuat agama Katolik menjadi agama dengan pemeluk terbesar di muka bumi. Diikuti dengan agama Islam dengan jumlah penganut mencapai 23.4%.

Agama Kristen merupakan agama mayoritas di Eropa, Rusia, Amerika, Filipina, Afrika Selatan, Afrika Tengah, Afrika Timur dan Oceania [wilayah geografi di Samudera Pasifik dan Sekitarnya]. Ada juga komunitas Kristen yang besar beberapa tempat lain seperti Asia tengah.

Baca Juga : 5 Suku Paling Kuat Di Dunia

Jika para penganut agama Kristen bersatu dibawah satu komando pemimpin agama yang ditunjuk, maka boleh dibayangkan apa yang dapat mereka lakukan dengan pengikut sebanyak itu. Mereka dengan mudah menggerakkan dunia untuk kebaikan baik untuk sesama pemeluk Kristen maupun kepada pemeluk agama lain.

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia

Artikel berikut ini membahas tentang 5 negara dengan umat katolik terbesar di dunia. Negara apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Amerika Serikat

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia
via ministry.americanbible.org

Amerika Serikat adalah negara superpower dengan penduduk lebih dari 321 juta orang. AS juga menjadi rumah bagi 254 juta umat Kristen dengan aliran yang berbeda-beda termasuk Katolik dan Protestan.

Dengan jumlah pemeluk sebesar itu, Amerika secara langsung telah menjadi negara nomor satu di dunia dengan jumlah pemeluk Katolik terbanyak.

2. Brasil

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia
via huffingtonpost.com

Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan dan Amerika Latin. Lebih dari 173 juta penduduknya adalah penganut Katolik. Ini menobatkan Brasil sebagai negara kedua terbesar dengan panganut Kristen terbesar kedua.

3. Meksiko

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia
via americanmagazine.org

Sama seperti Filipina, Meksiko adalah salah satu negara dengan pemeluk Kristen paling banyak sejak kejadian pindah agama massal yang terjadi disana.

Baca Juga : 5 Kota Paling Aneh Di Dunia

Jumlah orang Kristen meksiko yang berhasil di catat adalah 107 orang. Kebanyakan penganut Kristen di Meksiko adalah umat Katolik dan Ortodoks.

4. Rusia

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia
via chatolicworldreport.com

Ini adalah negara terbesar di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 144 juta orang. Sementara, soal kepercayaan, 104 juta penduduk Rusia adalah Kristen.

Dengan demikian, Rusia menjadi negara terbesar di seluruh daratan Eropa dengan jumlah penganut Kristen paling banyak.

Baca Juga : 5 Ilmuwan Arab Yang Meninggal Misterius

Yang paling mencengangkan adalah semua pemeluk agama Kristen di Rusia adalah pemeluk Kristen Katolik, karena sampai sekarang ini belum ada laporan pemeluk Kristen Protestan atau aliran Kristen lainnya.

5. Fillipina

5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia
via pewresearch.org

Filipina merupakan salah satu negara di Asia dengan jumlah pemeluk Kristen paling banyak. Sebenarnya, Filipina bukanlah negara yang menganut Kristen, nenek moyang mereka bukanlah seorang Kristen. Semuanya bermula pada abad ke-15, dan sampai saat ini, 101 juta penduduk Filipina secara resmi beragama Kristen.

Penutup

Umat katolik merupakan salah satu agama terbesar di dunia dengan jumlah pemeluk mencapai 1,7 miliar orang. Salah satu keunggulan agama Katolik karena tradisi yang sangat kuat di tubuh gereja dan telah bertahan ribuan tahun lamanya.

Di Indonesia sendiri ada jutaan umat katolik yang tersebar, namun tidak sebanding dengan jumlah umat katolik yang telah disebutkan diatas.

Nah demikian artikel tentang 5 negara dengan umat Katolik terbesar di dunia. Sebenarnya ada juga beberapa negara lain dengan jumlah umat Katolik yang cukup banyak seperti Prancis dan Bolivia, dan beberapa negara di Amerika Latin tapi tidak sebanding dengan 5 negara diatas. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *