Inilah 5 Tumbuhan Paling Langka Di Dunia

4 Likes Comment
tumbuhan paling langka di dunia

Di dunia ini, ada beberapa tumbuhan paling langka. Disebut langka karena hanya tumbuh dalam beberapa tahun sekali atau hanya ditemui di tempat-tempat tertentu. 

Di Indonesia sendiri terdapat salah satu tumbuhan yang paling langka yakni Rafflesia arnoldii yang telah diakui oleh banyak orang sebagai tumbuhan langkah dengan bentuk aneh dan unik.

Beberapa diantara tumbuhan tersebut dianggap sebagai tumbuhan dengan karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain. Mulai dari bentuknya yang aneh, makanannya dan lokasi tempat ia tumbuh.

5 Tumbuhan Paling Langka Di Dunia

Lalu, apa saja tumbuhan paling langka yang terdapat di dunia? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan daftarnya:

1. Welwitschia Mirabilis yang dikenal sebagai tumbuhan paling tangguh

5 Tumbuhan paling langkah di dunia
via geother.fr

Tumbuhan dengan nama latin Welwitschia Mirabilis ini merupakan salah satu tumbuhan yang cukup langka di dunia dari semua spesiesnya.

Bahkan tidak tergabung dalam famili tumbuhan manapun. Tumbuhan ini berjenis flora endemik yang biasa ditemui di gurun dari Namibia dan Anggola.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Pinus

Welwitschia Mirabilis merupakan tumbuhan jarang ditemui di dunia, dia hanya mempunyai satu spesies saja yaitu Welwitschia Mirabilis. Tumbuhan ini merupakan flora endemik dari gurun yang berada dalam wilayah Namibia dan Angola.

Disebut sebagai tumbuhan paling tangguh karena tumbuhan ini bisa hidup selama beberapa abad, bahkan sampai 15 abad sekalipun. Selain itu, tumbuhan ini juga disebut sebagai bawang dari gurun.

2. Dionaea Muscipula atau tanaman karnivora

5 Tumbuhan paling langka di dunia
Screenshoot from Youtube

Disebut demikian karena tanaman ini memangsa serangga seperti lalat, semut dan sebagainya. Tumbuhan ini memiliki nama latin Dionaea Muscipula memiliki rambut halus yang sangat sensitif dan juga mengeluarkan bau tertentu yang bisa mengundang serangga untuk mendekat.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Tomat

Begitu mendekat, perangkap yang terdapat dibagian atas akan menutup kurang dari satu menit maka serangga yang masuk akan menjadi santapan dari tumbuhan yang satu ini.

3. Desmodium gyrans atau Rumput Menari

5 tumbuhan paling langka di dunia
natureloveyou.sg

Rumput dengan nama latin codariocalyx motorius atau Desmodium gyrans ini merupakan spesies renek dari Asia. Disebut sebagai rumput menari karena daunnya yang bisa menari mengikuti kord semafor.

Baca Juga : 15 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh dibawah sinar matahari bahkan ketika tanah dalam keadaan kering sekalipun.

4. Euphorbia Obesa yang sering disebut tanaman Baseball

5 Tumbuhan paling langka di dunia
via worldofsucculents.com

Tanaman yang satu ini memiliki nama latin Euphorbia Obesa adalah salah satu tanaman endemik Afrika Selatan. Disebut demikian karena memiliki bentuk serupa bola baseball yang sempurna, plus dekoratif.

Diameter tanaman ini mencapai 6-15 inci. Sementara, tanaman ini mengandung reservoir air untuk mengatasi ketika musim kemarau tiba.

Baca Juga : 41 Fakta Menarik Tentang Tumbuhan

Selain itu, karena bentuknya yang unik, tanaman ini menjadi salah satu tanaman paling banyak di koleksi dari seluruh dunia, yang ikut menurunkan populasi alaminya.

Untuk menangkal hal tersebut, pemerintah Afrika Selatan telah mengeluarkan larangan untuk mengoleksi tanaman ini di rumah dan menjadi salah satu tanaman yang di lindungi oleh pemerintah Afrika Selatan.

5. Kaktus Silver Torch

5 Tumbuhan palign langka di dunia
via shopify.com

Tumbuhan dengan nama latin Cleistocatus straussi merupakan salah satu jenis tanaman kaktus, namun tampilannya cukup berbeda dengan kaktus kebanyakan.

Yang membuat kaktus ini unik karena tempat tumbuhnya selalu ditempat yang dingin. Kaktus ini biasanya tumbuh di pegunungan Argentina dan Bolivia dengan suhu mencapai 10 derajat celcius. Kaktus ini sendiri hanya dapat berbunga ketika musim penghujan tiba.

Penutup

Beberapa diantara tanaman tersebut dianggap telah di konservasi dan dianggap sebagai tanaman nasional. Untuk menghindari tanaman tersebut dibawah ke luar negeri, beberapa pemerintah bahkan melarang tanaman diatas untuk disebarluaskan.

Nah demikian artikel tentang 5 tumbuhan paling langka yang terdapat di dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *