Tremor Esensial: Pengertian, Diagnosa dan Pengobatan

4 Likes Comment
Tremor esensial

Salah satu gejala saraf yang paling sering dialami oleh manusia adalah tremor esensial. Ini adalah penyakit saraf yang dapat menggangu aktivitas seperti menulis, membaca buku, memegang gelas hingga melakukan kegiatan fotografi makro.

Dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tremor esensial ini mulai dari aktivitias sehari-hari, kebiasaan hingga pengobatan medis.

Tremor Esensial: Pengertian, Diagnosa dan Pengobatan

Nah untuk anda yang masih penasaran mengenai tremor ini simak penjelasan pada artikel ini. Karena akan dijelaskan mulai dari diagnose hingga pengobatan yang mungkin perlu dilakukan oleh penderita.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis tremor esensial harus melibatkan berbagai tinjauan riwayat medis, gejala serta pemeriksaan fisik penderita.

Sampai saat ini, tidak ada tes medis yang secara khusus bisa mendeteksi apakah seseorang mengalami tremor esensial atau tidak. Saat didiagnosa, dokter biasanya tidak akan mengesampingkan kondisi khusus yang mungkin menjadi penyebab gejala.

Secara prosedural, dokter akan memeriksa dan mengecek apakah anda mengalami tremor esensial atau tidak. Tes-tes itu antara lain:

1. Pemeriksaan neurologis

Dalam pemeriksaan neurologis, dokter akan menguji fungsi sistem saraf penderita, yang berati mereka akan memeriksa beberapa bagian saraf antara lain:

  • Refleks tondon
  • Kekuatan dan nada otot
  • Kamampuan merasakan sensasi tertentu
  • Postur dan koordinasi
  • Dan lain sebagainya.
2. Tes laboratorium

Untuk alasan medis, darah dan urin juga akan diperiksa. Hal ini bertujuan untuk mengecek tremor dipicu oleh penyakit tertentu atau tidak. Tes tersebut mencakup:

  • Penyakit tiroid
  • Masalah metabolisme
  • Efek samping obat
  • Kadar bahan kimia dalam tubuh
3. Tes kinerja

Untuk mengevaluasi tremor sebelum memutuskan apakah seseorang itu mengalami tremor atau tidak, dokter juga akan memintah anda untuk melakukan beberapa tes berikut ini:

  • Minum dari gelas
  • Terentangkan tangan
  • Menulis
  • Menggambar spiral
  • Dan tes-tes lain yang mungkin diperlukan

Jika dokter masih tidak yakin apakah anda mengalami tremor esensial atau penyakit lain seperti Parkinson, ia mungkin akan melakukan pemindaian transporter dopamin.

Baca Juga : 15 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Pemindaian ini dapat membantu dokter untuk mengetahui perbedaan antar kedua jenis tremor tersebut.

Namun jika dokter sudah memutuskan bahwa anda menderita tremor maka dokter akan melaksankaan prosedur pengobatan yang diperlukan.

Pengobatan

Beberapa orang yang menderita tremor esensial tidak memerlukan perawatan jika gejalannya ringan. Tetapi jika tremor esensial menggangu kinerja anda saat melakukan kegiatan sehari-hari baik di kantor ataupun di rumah, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter.

1. Menggunakan obat-obatan

Ada bebrapa obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai masalah tremor ini, antara lain:

a. Pengobatan beta [beta blocker]

Biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Beta blocker memiliki sifat seperti propranolol [inderal] yang dapat membantu meredakan tremor dalam beberapa kasus.

Beta blocker mungkin bukan pilihan yang tepat jika anda adalah menderita asma atau jantung. Efek samping dari obat ini seperti rasa lelah, pusing atau dan lain sebagainya.

b. Obat anti kejang

Obati-obatan yang digunakan untuk mengobati epilepsi seperti primidone [mysoline], mungkin efektif pada orang yang tidak respon terhadap pengobatan beta.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Tubuh Dengan Mudah

Obati lain yang mungkin akan direkomendasikan oleh dokter adalah gabapentin [Gralise dan Neurontin] dan topiramate [Topamax dan Qudecy XR]. Efek samping termasuk mengantuk dan mual yang biasanya akan hilang dalam beberapa jam.

c. Obat penenang

Dokter dapat menggunakan oabt penenang benzodiazepine seperti clonazepam [klonopin] untuk mengobati orang yang mengalami stress dan cemas sehingga memperparah tremor.

Efek samping dari obat ini adalah kelelahan dan sedasi ringan. Obat-obatan ini harus digunakan dengan hati-hari karena bisa menimbulkan ketergantungan.

d. Suntikan

Suntikan Botox mungkin berguna dalam mengobai beberapa jenis tremor, terutama tremor kepala dan suara. Suntikan botox juga dapat digunakan tremor sampai tiga bulan.

Namun jika botox digunakan untuk mengobati tremor tangan bisa menyabkan rasa lemah pada jari-jari. Jika botox digunakan untuk mengobati tremor suara hal ini bisa menyebabkan suara serak dan sulit menelan makanan.

2. Terapi

Dokter juga mungkin akan menyarankan terapi fisik atau pekerjaan. Terapi fisik merupakan latihan-latihan singkat untuk meningkatkan kekuatan, kontrol dan koordinasi otot anda.

Terapi okupasi seperti ini bisa membantu seseorang beradaptasi dengan masalah tremor esensial yang ia rasakan. Terapis mungkin juga menyarankan penggunaan perangkat adaptif untuk mengurangi efek getaran pada aktivitas harian anda, termasuk:

  • Kacamata dan peralatan yang lebih berat
  • Bobot pergelangan tangan
  • Alat tulis yang lebih besar
3. Operasi

Pembedahan mungkin menjadi pilihan jika tremor yang diderita sudah sangat parah dan sudah membuat seseorang lumpuh sehingga tidak ada lagi respon tubuh terhadap obat-obatan lain. Ada bebrapa operasi yang dilakukan oleh dokter untuk penderita Tremor parah antara lain:

a. Stimulasi otak kanan

Ini adalah jenis operasi paling umum untuk penderita tremor esensial. Umumnya prosedur yang diusulkan ini akan dilakukan oleh dokter dengan pengalaman medis cukup untuk melaksanakan operasi.

Dokter akan memasukan probe listrik yang panjang dan tipis ke bagian otak anda yang menyebabkan tremor [thalamus]. Kawat dari probe akan masuk ke bagian bawah kulit dengan alat pacu jantung [neurostimulator] yang ditanamkan didada.

Baca Juga : 10 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dimalam Hari

Perangkat ini akan mentransmisikan pulsa listrik tanpa rasa sakit untuk menggangu sinyal dari thalamus yang mungkin menjadi penyebab tremor.

Efek samping dari stimulasi otak dalam antara lain masalah kontrol motorik, ucapan dan kesimbangan, sakit kepala dan lelah. Namun efek samping ini biasanya akan hilang setelah beberapa waktu.

b. Thalamotomi Ultrasonografi terfokus

Operasi non-invasif ini melibatkan penggunaan gelombang suara terfokus yang berjalan melalui kulit dan tengkorak. Gelombang menghasilkan panas untuk menghancurkan jaringan otak didaerah spesifik thalamus untuk menghentikan getaran.

Ahli bedah akan menggunakan pencitraan resonansi magnetik untuk menargetkan area otak yang benar dan untuk memastikan gelombang suara guna menghasilkan jumlah panas yang tepat yang diperlukan untuk melaksanakan prosedur ini.

Thalamotomi ultrasonografi terfokus digunakan untuk menciptakan lesi yang dapat menyebkan perubahan permanan pada otak.

Beberapa penderita berhasil diobati dengan cara ini namun sebagian besar dilaporkan sulit berjalan atau bergerak. Namun komplikasi hilang dengan sendirinya atau cukup ringan sehingga tidak menggangu kualitas hidup.

Cara mengobati tremor tanpa operasi

Jika anda tidak menginginkan prosedur pengobatan medis yang melibatkan operasi, penggunaan obat-obatan hingga terapis anda bisa melakukan beberap hal dibawah ini.

a. Ada baiknya tidak mengkonsumsi kafein

Kafein bisanya terdapat pada kopi atau minuman-minuman lain yang mengandung zat serupa. Perlu anda ketahui kafein dan stimulan lainnya bisa meningkatkan gejala tremor dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, jika gejala ini sudah mulai anda rasakan dan sudah mulai mengganggu aktivitas anda sebaiknya anda mulai berhenti mengkonsumi sat yang satu ini.

b. Hindari minuman beralkohol

Beberapa orang menyebut bahwa tremor yang dialami sedikit membaik setelah mereka minum alkohol tetapi minum bukanlah solusi jangak panjang. Selain bisa menambah masalah tremor, alkohol juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Baca Juga : Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

Tremor biasanya akan cenderung memburuk saat efek alkohol habis. Juga, peningkatkan konsumsi alkohol dengan tujuan untuk meredakan tremor pada akhirnya akan membuat anda kecanduan.

c. Usahakan rileks dan santai

Stress dan kecematasn cenderung membuat tremor lebih buruk dan berusaha santai bisa mengurangi masalah tremor ini.

Meskipun anda tidak menghilangkan tremor secara total namun anda bisa mencegahnya dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan sederhana seperti berusaha rileks dan santai.

Ada juga bisa menggunakan berbagai teknik relaksasi seperti pijat atau meditasi. Untuk meditasi, bisa anda lakukan sendiri di rumah.

d. Mengubah kebiasaan

Ada beberapa cara yang bisa membantu anda mengurangi gejala tremor secara alami seperti mengubah kebiasan anda. Apalagi jika tremor tersebut sudah cukup parah.

Misalnya saat anda makan anda bisa menggunakan tangan yang berbeda yang cenderung lebih jarang terkena tremor. Selain itu anda bisa menggunakan berbagai teknik yang sudah dijelaskan diatas.

Penutup

Tremor bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang umur, jenis kelamin dan kebiasaan. Getaran-getaran halus ini ada yang bisa dirasakan dan ada juga yang tidak.

Jika tremor sudah masuk tahap yang menggangu aktivitas anda, bahkan lebih jauh lagi, anda sudah tidak dapat berkativitas dengan normal silahkan lakukan berbagai metode yang dilakukan diatas.

Tapi jangan lupa, untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan profesional serta untuk mengetahui apakah gejala tersebut disebabkan karena tremor atau penyakit lain seperti Parkinson ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter.

Nah demikian artikel tentang Tremor Esensial: Pengertian, Diagnosa dan Pengobatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *