Tips Sebelum Membeli Template Blog

2 Likes Comment
tips sebelum membeli template blog

Tips Sebelum Membeli Template Blog  – Sebagai blogger, tanpa kita sadari, salah satu penunjang paling penting ranking adalah template blog. Mengapa harus template blog? Karena ia adalah alat pertama yang akan menjadi penghubung antara Google dan konten anda.

Memilih template yang SEO Friendly adalah salah satu cara untuk terus meningkatkan kemampuan konten kita bersaing di mesin telusur.

Soal ini, sebenarnya saya telah melakukan eksperimen dan saya telah tulis pada salah satu artikel saya berjudul Dampak terlalu sering berganti template blog dan juga 5 template yang cocok untuk ngeblog, yang merupakan rekomendasi saya sendiri berdasarkan pengalaman selama terjun ngeblog.

Nah untuk anda yang masih pusing memilih template yang cocok, ada baiknya anda membaca artikel ini. Apalagi jika anda ingin terjun sebagia blogger Profesional. Nah berikut ini adalah tips untuk memilih template blog yang cocok SEO Friendly. Apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Stuktrur template

Ada banyak struktur template, tetapi yang paling populer adalah struktur template seperti yang saya gunakan sekarang ini. Anda dapat memilih struktur template yang cocok dengan tujuan anda ngeblog. Salah satu indikasi struktur template yang baik adalah template yang dapat memastikan bahwa teks dan font template tetap terlihat selama loading blog.

Baca Juga : Kesalahan-kesalahan saya dalam ngeblog

Untuk hal ini, anda dapat memanfaatkan fitur CSS tampilan font untuk memastikan bahwa font tersebut tetap terlihat oleh pengunjung saat halaman blog anda sedang dimuat.

Dan biasanya, karena tumpang tindihnya tampilan font membuat struktur template kita menjadi lambat. Inilah salah satu alasan utama mengapa anda harus memastikan template yang anda gunakan itu tidak tumpang tindih fontnya. Atau, singkatnya, hanya digunakan satu model font.

2. Thread Utama

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah, sebagai blogger anda harus mampu mengurangi waktu laoding yang dihabiskan untuk mengurai seluruh elemen didalam template blog anda, terutama saat Google mengurai, mengompilasi serta mengeksekusi JavaScript yang ada di template anda tersebut.

Baca Juga : Perbedaan menggunakan template gratisan dan template Premium

Untuk itu, anda harus memastikan bahwa loading JavaScript diatas mampu bekerja lebih cepat dan mengurangi beban loading. Ada beberapa bagian disini, antara lain Script, Style/Layout, Render, dan asset-aset lain yang umum digunakan dalam template.

3. Hindari ukuran DOM yang berlebihan

Biasanya, Google dan mesin telusur lainnya merekomendaiskan halaman harus berisi kurang dari 1.500 DOM Node. Maksudnya adalah, hierarki di dalam blog anda harus kurang dari 32 Elemen, dan atau setidaknya harus kurang dari 60 elemen utama/induk atau elemen tambahan, seperti elemen turunan.

Ukuran DOM yang kecil akan mengurangi penggunaan memori, dan memungkinkan laoding blog lebih cepat. Untuk menghindari hal ini, seminimal mungkin untuk tidak menambha Widget berlebihan yang tidak penting. Misalnya, Widget-widget tambahan dengan tujuan untuk mempercantik Blog. Yang justru memperlambat loading blog.

Baca Juga : Kelebihan-Kelebihan Menggunakan Blogger

Tapi sebenarnya tiga hal yang sedang dibicarakan disini bermuara pada satu hal, yakni kecepatan blog. Indeks kecepatan blog anda harus relatif cepat dan harus anda pertimbangkan saat anda hendak menggunakan template.

Tidak usah melihat tampilannya, tapi lihat kecepatannya. Tampilan mungkin hanya nilai tambah, tetapi kecepatan adalah nilai utama. Karena itu, memilih template yang baik adalah hal yang sangat penting, apalagi jika anda hendak membeli template yang tersedia dari para penyediannya.

Adakah template yang saya rekomendasikan?

Ada. Template Kompi Flexible dari Kompi Ajaib. Mengapa saya merekomendaiskan template kompi Flexible itu? Sebab, template itu dibuat untuk meningkatkan kinerja dan loading blog.

Hanya, satu kelemahannya adalah soal Font. Masih memiliki kelemahan disitu, tapi ini sudah cukup. Template ini juga sangat populer dikalangan para blogger, salah satunya adalah template yang digunakan oleh Mastimon.

Kesimpulan

Jadi, ada tiga tips utama sebelum membeli template, antara lain Struktur blog, tread utama dan ukuran DOM yang berlebihan. Tiga hal itu sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli template. Sebenarnya juga ada salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk melihat laporan data-data sebagaimana yang dijelaskan diatas, yakni Google PageSpeed Insight.

Jadi, usahakan sebelum membeli template, anda melihat demonya terlebih dahulu, mengambil linknya dan mengecek indeks kecepatannya di GPI. Nah demikian tips sebelum membeli template. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *