Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense

1 Like Comment
Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense

Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense Agar Bisa Menang – Dalam dunia blogging, apalagi yang sudah menjadi mitra [penayang] adsense tentu tak lepas dari yang namanya banned.

Beberapa blogger mengatakan kalau sudah di banned kemungkinan kecil untuk bisa diterima lagi menjadi mitra dari Google AdSense.

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Memang sih, kemungkinan kecil kita bakal diterima lagi menjadi mitra AdSense, namun ada baiknya kita mencoba mengajukan banding sebelum mengambil kesimpulan soal itu.

Sekali banned, sudah tentu kita sulit diterima lagi. Namun ada blogger yang diterima lagi dengan alasan tertentu karena yang di banned bukanlah blognya, tetapi akunnya.

Untuk melengkapi pembahasan itu, ada baiknya anda memahami penyebab anda di Banned terlebih dahulu.

Penyebab akun AdSense di Banned

Dalam berbagai kesempatan, saya sering melihat banyak blogger curhat tentang penyebab akun AdSensenya yang di banned. Sebagian besar penyebabnya antara lain:

a. Aktivitas klik tidak valid

Aktivitas klik tidak valid ini terjadi karena ada klik yang terjadi di dalam blog kita namun tidak valid. Hal itu bisa saja dikarenakan ada orang yang jahil dan juga klik iklan sendiri [baik disengaja ataupun tidak disengaja].

b. Traffic tidak valid

Misalnya, dalam blog anda ada lonjatan traffic dari sebelumnya nol menjadi 1000, dan itu terjadi dalam kurun waktu singkat milsanya dalam jam sekian dan waktu sekian.

Kejadian ini kadang dipahami sebagai DDOS atau penggunaan bot atau tools pengunjung. Trafic tidak valid ini dapat dengan mudah di deteksi dan harap berhati-hati dengan hal ini.

Selain karena bisa menyebabkan akun adsense anda di Banned juga bisa menyebabkan blog anda down [jika anda pengguna WordPress].

c. Melanggar kebijakan penayangan

Ada ribuan ketentuan [yang saya sebut kebijakan] Google AdSense. Tentu tidak semua pengguna membacannya kan? Nah dari sekian banyak kebijakan itu, kalau akun AdSense anda di Banned, mungkin anda penyebabnya.

Beberapa waktu lalu misalnya, ramai dibicarakan blogger tentang akun adsense mereka yang dibanned [rata-rata berniche pendidikan].

Baca Juga : Cara Mudah Diterima Google AdSense

Mungkin, tanpa mereka sadari, salah satu penyebabnya adalah karena mereka membagikan makalah, topik, tes soal dan lain sebagainya di internet.

Hal itu tentu saja melanggar kebijakan Google AdSense. Selain itu, para blogger yang lalai dan berani mengambil niche tentang judi, p*rno, penggunaan property berharga, dan lain sebagainya akan langsung di Banned.

d. Dll

Sebelum menjadi publisher adsense, ada baiknya anda memahami ketentuan dulu dari pihak Google AdSense untuk menghindari banned nantinya.

Meski demikian, ada juga beberapa hal yang membuat akun adsense di Banned, seperti misalnya, melakukan cloacking pada blog, membeli traffic dan lain sebagainya.

Namun sebelum melanjutkan pada tahap banding, ada baiknya juga anda mengetahui 2 jenis banned pada akun AdSense.

2 Jenis Banned Pada Akun AdSense

Kadang kala, setelah menerima surat putus hubungan dengan AdSense lewat email, kita hanya mengetahui kalau akun adsense kita itu sudah di banned. Tanpa mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

Kalau penyebabnya karena kelalaian diri sendiri, misalnya, dalam kasus ini, karena klik iklan Sendiri, maka anda bisa mengajukan banding dengan Google AdSense.

Untuk itu, sebelum mengajukan banding, pahami dulu mengapa akun adsense anda di Banned. Berikut penjelasannya :

1. Banned akun

Banned akun adsense biasanya dikarenakan penyebab kelalaian diri sendiri [dan juga ulah orang lain]. Misalnya, secara tidak disengaja, mengklik iklan sendiri.

AdSense hanya memberikan kesempatan dua kali kesempatan terhadap kesalahan ini. Jika anda melakukan kesalahan ini pertama kali, akun adsense anda akan ditangguhkan [kasus ini sudah pernah saya alami] dan kesalahan kedua, akun anda akan langsung di banned [juga saya pernah alami].

Banned jenis ini adalah banned akun adsense. Untuk banned jenis ini, peluang untuk mengajukan banding masih terbuka lebar. Kemungkinan besar anda masih bisa diterima [meski saya tidak bisa jamin].

2. Banned Blog/situs web

Banned kedua adalah banned untuk blog/situs web anda. Biasanya, ini dikarenakan blog/situs web anda melanggar kebijakan yang sudah diterapkan oleh Adsense [termasuk juga Google Serps] mulai dari penggunaan property berharga [gambar, lagu dan video berhakcipta secara ilgeal] misalnya, situs video p*rno, situs judi, download film dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami banned jenis yang kedua ini, kemungkinan kecil anda akan sulit diterima. Selain karena reputasi blog anda sudah Buruk di mata Google, juga anda tidak bisa menjadi mitra selamanya dengan AdSense [kecuali anda mengganti domain dan mengubah secara menyeluruh situs web anda dan kontennya lalu banding].

Nah untuk itu, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab akun AdSense anda di Banned sebelum mengajukan Banding. Penyebabnya baca di email yang tertera.

Tips mengajukan banding agar menang dengan Google AdSense

Banding bertujuan untuk memberi tahu Google tentang penyebab akun AdSense anda di Banned dan juga penyebabnya.

1. Jangan terburu-buru melakukan banding

Saat anda menderima email bahwa akun andsense anda sudah di nonatifkan, jangan langsung ajukan banding.

Saya sarankan agar anda melakukan banding sekitar 3-5 hari kemudian. Mengapa? Ini memberikan anda waktu untuk memahami penyebab akun adsense anda di nonaktifkan. Selain itu, waktu ini bisa menjadi waktu dimana anda mengevaluasi situs web anda.

2. Gunakan akun email yang telah diterima sebelumnya oleh AdSense

Jika anda sudah mengubah Adminstrator AdSense, tentu saja anda sudah bisa menggunakannya kan? Tidak ada. Anda bisa mengirim email lewat dua akun anda, yang telah jadi administrator dan yang diterima. Tetapi usahakan agar isinya sama.

Baca Juga : 10 Tips Memaksimalkan Pendapatan di AdSense

Selain itu, cara ini juga disarakan oleh Google AdSense. Karena mereka akan melihat dulu penyebab akun AdSense anda di Banned dan penyebabnya.

3. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur

Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jujur. Anda bisa mencari referensi lain, misalnya karena anda kesulitan menggunakan bahasa yang baik dan benar, tetapi usahakan jawaban itu jujur dan tidka terkesan di buat-buat.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Hal ini karena yang menerima banding adalah orang dan bukan Bot. Jika anda yang dirasa tidak sesuai atau terkesan dibuat-buat dan berlebihan, maka jangan harap anda bisa menang banding.

4. Berikan alasan yang jujur apa yang menjadi penyebab akun anda di Banned

Google mengetahui penyebab akun anda di Banned oleh karena itu, mereka ingin melihat alasan dibaliknya. Jika terkesan dibuat-buat, seperti yang saya maksudkan pada nomor dua diatas, maka banding anda di tolak.

Poin inti ada pada alasan ini. Penyebab akun andsense anda di Banned. Poin ini menjelaskan kapan, dimana dan waktunya detailnya kesalahan yang anda lakukan [jika klik iklan sendiri misalnya] sehingga membuat akun anda di Banned.

5. Jawab pakai bahasa Inggris

Saya beberapa kali mengajukan banding [untuk akun adsense yang berbeda]. Percobaan pertama, banding dilakukan menggunakan bahasa Indonesia, kedua menggunakan bahasa Inggris.

Ternyata percobaan pertama tidak diterima, meskipun sudah tiga kali mengajukan banding. Sementara, saat menggunakan bahasa Inggris, Banding diterima. Meksi saya menunggu sekitar 1 bulan lebih. Tapi tidak masalah, setidaknya akun adsense saya bisa diaktifkan kembali.

6. Komitmen

Ada hal yang paling penting lagi disini, yakni komitmen. Komitmen untuk tidak mengulangi perbuatan anda lagi. Ini terletk dibagian akhir kolom banding.

Nah itu dia beberapa tips mengajukan banding dengan adsense agar bisa menang. Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang sudah di banned, seperti berikut:

a. Berapa lama proses banding ini biasanya berlangsung?

Tidak tetap. Maksudnya, prosesnya bisa cepat bisa juga lama. Untuk itu, usahakan untuk tetap bersabar dan menunggu. Sembari tetap update. Untuk tetap memperoleh pengiklan lain, anda bisa menggunkan alternatif adsense.

b. Dimana form mengajukan banding?

Untuk mengajukan banding, silahkan klik pada form ini. Jangan lupa ubah bahasanya menjadi bahasa inggris.

c. Apakah saldo saya tetap ada setelah akun adsense di aktifkan kembali?

Tidak. Saldo AdSense anda akan kosong.

Konklusi

Mendapatkan kembali akun AdSense setelah di nonaktfikan [menang banding dengan Google AdSense] adalah sebuah kebahagian sendiri bagi blogger.

Namun terkadang, mereka tidak memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan setelah menang banding atau sebelum melakukan banding.

Akibatnya banyak dari mereka yang bandingnya di tolak. Oleh karena itu, mengetahui tips sebelum mengajukan banding ke Google AdSense adalah hal yang wajib dilakukan.

Diluar saja ada banyak tips. Namun tergantung dari diri anda sendiri, apakah anda mengikuti tips tersebut atau tidak.

Demikian artikel tentang tips mengajukan banding ke Google AdSense. Semoga artikel ini bermanfaat~

 

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *