Tips Memasang Password Agar Aman dari Serangan Cracker

9 Likes Comment
tips memasang password agar aman

Tips Memasang Password Agar Aman dari Serangan Cracker – Memasang password yang aman adalah salah satu tuntutan di era revolusi industry 4.0 ini. Setiap dokumen, data, akun, dan lain sebagainya membutuhkan pengamanan dan enskrpsi tertentu yang hanya kita sendiri saja yang tahu.

Ada beberapa model pengamanan yang sudah berkembang saat ini mulai dari biometrik wajah, suara, pola, sidik jari, password dan lain sebagainya. Semuanya bertujuan untuk mengamankan data-data dan akun pribadi kita di internet agar aman dari serangan cracker.

Cracker sendiri merupakan salah satu jenis hacker yang paling berbahaya dan semuanya memiliki tujuan yang tidak baik dari orang yang ia targetkan. Selain itu juga, seorang cracker selalu menargetkan data-data penting kita, seperti misalnya, data-data pribadi, akun bank, password media sosial dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memasang password yang aman dari serangan hacker adalah hal yang wajib dilakukan saat ini.

Nah berikut disajikan artikel tenang tips memasang password agar aman dari serangan cracker. Berikut caranya.

1. Gunakan kombinasi huruf dan angka

Kombinasi huruf dan angka bertujuan untuk mengkombinasikan password yang digunakan sehingga tidak mudah untuk diprediksi oleh cracker. Dan yang paling penting yang harus anda ketahui disini adalah jangan pernah mengkombinasikan huruf dan angka yang terdiri dari nama pribadi, marga, kampung, kota dan lain sebagainya dengan tanggal-tanggal tertentu seperti tanggal lahir, tanggal jadian, tanggal masuk universitas dan lain sebagainya.

Dalam dunia hacker ada yang disebut rekayasa sosial, dimana seorang hacker berusaha mengumpulkan data-data sosial kita, lalu menganalisanya. Meskipun terdiri dari ribuan kombinasi tapi ada kemungkinan besar password kita berhasil di retes. Oleh karena itu, hindari penggunaan kombinasi huruf dan angka ini.

2. Kombinasi simbol, huruf kecil dan huruf besar

Jika anda menggunakan kombinasi macam ini, tingkat keamanan password anda akan lebih tinggi lagi. Biasanya, tingkat keamanan ini diukur dari skala 1-100. Ada juga yang mengukurnya dari skala 1-10. Tapi pada intinya, dua-dua skala ini untuk mengukur tingkat kemanan password yang digunakan.

Jika ada dua kombinasi, baik itu huruf besar dan huruf kecil, termasuk simbol didalamnya, meskipun password kita hanya terdiri dari 5 karakter saja maka kekuatannya sudah pasti diatas dari 60 persen. Dan ini sebenarnya sudah cukup baik.

Tapi, yang perlu anda ingat adalah, ada baiknya anda menggunakan password yang lebih dari 5 karakter dan maksimal 12 karakter. Ini bertujuan agar anda mudah mengingatnya.

Selain itu, hindari kombinasi karakter huruf besar diawal dan akhir melainkan tempatkan huruf besar atau kecil ditengah-tengah kata. Lebih mudah lagi kalau anda menempatkan karakter seperti <;’-)(*&^%$#@! dan lain sebagainya diawal.

3. Gunakan keamanan dua lapis

Memasukan nomor telepon, nomor KK atau nomor-nomor lain, atau memasukan metode pemulihan akun sebenarnya adalah hal yang cukup penting. Ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu password anda di reset oleh cracker atau diubah dan anda sudah lupa, anda bisa melakukan metode pemulihan akun.

Namun tetap saja rapuh, karena jika seorang cracker sudah punya akses didalamnya, mereka akan mengubah semua data-data pemulihan tadi. Kalau sudah begitu, anda sudah tidak punya akses lagi ke akun tersebut, selamanya.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Nah oleh karena itu, ada baiknya anda menggunakan metode alternatif, seperti menggunakan data-data pribadi yang tidak dapat diganti dan keamanan dua lapis. Caranya sebenarnya sangat sederhanan, dimana anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali akun di buka lewat SMS atau pemberitahuan email. Jenis keamanan macam ini sangat penting.

Sebut saja, jika anda ingin mengamankan email maka ada baiknya anda memasangnya langsung di smartphone. Karena, anda akan mendaptkan pemberitahuan saat seseorang membuka email tersebut lengkap bersama alat yang digunakan dan IP Addresnya.

Nah demikian artikel tentang tips memasang Password yang Aman dari Serangan Cracker. Tips-tips ini sebenarnya hanyalah tips dasar, jika anda punya tips-tips lain silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *