Daftar Tempat Wisata Paling Populer Di Sulawesi Tengah

10 Likes Comment
Tempat Wisata Populer Di Sulawesi Tengah

Ada ribuan tempat wisata paling populer di Sulawesi Tengah. Tempat wisata ini tersebar di beberapa kabupaten yang terdapat di Provinsi yang beribukotakan Palu tersebut.

Objek wisata itu tersebar di beberapa kabupaten kota yang terdapat disana.Masalah utama untuk mencapai tempat wisata tersebut adalah akses transportasi yang kurang memadai.

Jika anda selalu bergetar untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang kurang populer namun menawarkan keindahan yang menawan maka Sulawesi Tengah adalah pilihannya. Untuk diketahui, sebaran pariwisata di sulawesi tengah sangat beragam.

Dari wisata bahari sampai wisata konservasi seperti suaka alam, suaka margasatwa dan hutan lindung dengan keunikan flora dan fauna yang unik.

Pulau Sulawesi adalah zona perbatasan unik antara Asia-Oseania sehingga beberapa hewan endemik disana sangat unik dan tidak ditemui ditempat lain.

Selain itu, Sulawesi juga menjadi bagian dari sebaran hewan-hewan yang dikenal sebagai Wallace Line atau garis Wallace maya untuk membatasi kekhasan flora dan fauna dan sebarannya disuatu wilayah.

Di Sulawesi Tengah juga terdapat berbagai sungai besar yang cukup terkenal diantaranya sungai Lariang yang dikenal sebagai spot arum jeram dan juga sungai Gambasa di Palu. Ada juga danau yang berpotensi menjadi sektor ekowisata seperti yang terdapat di Poso dan Lindu.

Untuk diketahui, Sulawesi Tengah terbagi menjadi 13 kabupaten atau kota dimana Palu menjadi ibu kotanya. Per tahun 2017, provinsi ini memiliki luas 61.841.29 kilometer persegi itu dihuni oleh sekitar 3.222.000 jiwa.

Daftar Tempat Wisata Paling Populer Di Sulawesi Tengah

Lalu apa saja tempat wisata yang populer di Sulawesi Tengah? Berikut disajikan daftar tempat wisata populer di Sulawesi Tengah yang disusun berdasarkan tempat wisata per kabupaten atau kota.

1. Kabupaten Banggai

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah
Pulau dua/travelingyuk.web.id

Yang pertama yang akan dibahas disini dalam artikel tentang daftar tempat wisata populer di Sulawesi tengah adalah Kabupaten Banggai, yang beribukota di Luwuk.

Ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Banggai antara lain Air terjun Piala, Air Terjun Ayus, Bukit Kasih Saya, Pantai Kilo 8, Bukit Keles dan Pulau Dongdolang.

Beberapa tempat seperti Pulau Dongdolan terdiri dari hamparan pasir putih yang indah namun tak berpenghuni. Di Pulau ini, anda bisa melakukan diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menantang.

Sementara, spot wisata yang lain seperti Bukit Keles atau disebut juga Bukit Teletubies merupakan salah satu spot wisata yang cocok untuk fotografi.

Dari bukit ini anda bisa melihat keindahan kota Luwuk dan juga hamparan sabana hijau yang mempesona. Panorama di bukit Keles ini akan lebih indah saat senja ketika guratan cahaya matahari yang berwarna emas terpancar.

2. Kabupaten Banggai Laut

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Banggai Laut Sulawesi Tengah
Pantai Bongo/detik.com

Ada beberapa tempat wisata populer disini antara lain Pantai pasir putih, pantai kelapa lima, pantai Bongo dan Pulau Bakalan, Keraton Banggai. Sebagian besar destinasi wisata di Kabupaten Banggai Laut masih sangat alami.

Rekomendasi pertama jika anda berkunjung ke tempat ini datanglah ke Pulau Bakalan. Ini merupakan pulau tak berpenghuni yang cukup dekat dari pusat kota Banggai.

Disini terdapat pasir timbul yang menawan, keindahannya juga tak kalah menarik dengan tempat lain, ada juga terumbu karang dan aneka ikan warna-warni yang cocok untuk diving.

Namun, jika ingin menghabiskan waktu di Kota Banggai, kunjungilah Keraton Banggai. Ini adalah tempat wisata yang sarat sejarah yang menceritakan perjalanan sejarah Kabupaten Banggai secara keseluruhan sebelum terjadi pemekaran.

Keraton Banggai adalah salah satu destinasi populer di Kabupaten Banggai, yang harus anda kunjungi jika anda berkunjung ke sana. Ini juga menjadi salah satu dari sekian daftar tempat wisata yang populer di Sulawesi Tengah.

3. Kabupaten Banggai Kepulauan

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah
Danau Lemelu

Nah, di Daerah kelahiran saya ini ada banyak destinasi wisata, sebagian besar belum saya masukan dalam daftar karena saya belum mengunjunginya.

Ada beberapa tempat wisata disini seperti Danau Pai Sipuk, Pemandian Lalandai, Pantai Tabeabul, Pantai Teduan, Air terjun Salodik, Pantai Kilo 5, Pantai Lalandai, Danau Tendetung, Danau Alani, Air terjun tembang dan sebagainya, yang menjadi bagian dari daftar tempat wisata Populer di Sulawesi Tengah.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Alami Di Banggai

Salah satu destinasi wisata seperti Pemandian Lalandai ini menawarkan wisata yang sangat alami. Pemandian ini terletak di desa Lalandai, Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan.

Uniknya, di pemandian ini anda akan temui mata air tepat berada di pinggiran pantai, sehingga pelancong akan memilih untuk mandi di air tawar atau di air laut tapi sebagian besar pengunjung akan mandi di dua tempat sekaligus yang ada disana.

Airnya juga sangat alami dan jernih kehijauan. Jika berkunjung ke Banggai Kepulauan, rekomendasi pertama yang harus anda kunjungi adalah Pemandian ini, jika sempat anda juga harus mengunjungi Danau Tendetung.

4. Kabupaten Parigi Moutong

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah
via Songuluara.com

Kabupaten ini sebagian besar terdiri dari hamparan pegunungan dan perbukitan yang membentang di pesisir pantai. Topografi daratan kabupaten ini berdiri diatas 15-375 meter diatas permukaan laut.

Disini ada berbagai destinasi wisata seperti : Pantai Nalera, Puncak Pompausea yang terletak di Gunung Sabuan Sory, ada juga spot khusus panjat tebing di Likunggavali, Pulau Kelalawar, air terjun Njinea, pantai Kucing, pantai Sidoan, air panas Sidoan, air terjun Sidoan, air terjun Ogomojolo, pulau Ogotion, Gunung Tinombala, gua Tingkulang, Pulau Ongka, pasir putih Santingi, pulau Mandora, pulau Moian, Pasir Sibatang, pulau Solaya, Dagat dede atau pulau kecil dan juga danau Bulano sau serta Danau Sako.

Disini memang ada banyak tempat wisata Populer, yang menjadi pelengkap dari ratusan tempat wisata populer di Sulawesi Tengah.

5. Kabupaten Tojo Una-Una

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah
potret pulau Togean di Tojo Una-Una/jurnalsulawesi.com

Seperti kebanyakan penduduk di Provinsi Sulawesi Tengah yang menghuni kawasan pesisir pantai termasuk juga masyarakat di Tojo Una-Una.

Disini ada beberapa destinasi wisata seperti Pulau Poya Lisa, ir terjun Toliba, Goa Vatu Ndalepa Galuga, goa Tuo Marowo, pantai berpasir putih Keke, pemandian Malontong, Sungai Bongka, Pulai Malenge, Pulau Kedidiri, Pulau una-una, pulau Anam, Pulau Pangempa, Tanjung Keramat dan juga air terjun Gandalari.

Baca Juga : Berkunjung Ke Sulawesi Tengah, Jangan Lupa Singgah Di Pulau Togean

Salah satu destinasi favorit masyarakat lokal disana adalah air terjun Gandalari. Untuk mencapai tempat ini, pelancong harus menghabiskan waktu sekitar dua jam dari desa Tayawa, Kecamatan Tojo una-una timur untuk sampai ke desa Gandalari lalu menuju air terjun tersebut.

Ada juga hamparan pasir putih di sepanjang pantai pulau Tojo Una-Una. Disini, wisata bawah air sangat direkomendasikan.

Pengunjung bisa menemui sebagian besar terumbu karang jenis hard coral di pulau ini. Jika berkunjung ke Kabupaten ini, rekomendasi pertama adalah kunjung Pulau Una-Una ini.

6. Kabupaten Poso

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah
Salah satu situs megalitik di Poso/indonesiaberinovasi.com

Ada banyak spot wisata yang bisa anda kunjungi di Kabupaten yang satu ini seperti : Danau Poso, Air terjun Saluopa, air terjun Luncur Sulawena, Lembah Bada, Taman Anggrek Bancea, Taman Nasional Lore Lindu, Goa Tangkaboba, Goa Pamona, Perkebunana Kopi Arabika dan teh hijau lembah Napu, Pantai Karawasa di Madale, wisata ahari di tanjung Karawasa, Hutan Naggrov, Air terjun Kilo, Air terjun Tindoli, dan juga Air terjun Kolori

Beberapa tempat wisata di Poso seperti Danau Poso yang merupakan danau terbesar ke-3 di Indonesia adalah salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi.

Danau ini membentang dengan panjang sekira 32 KM dengan lebar sekira 16 KM sementara kedalaman diperkirakan mencapai 195 meter.

Danau dengan air yang jernih ini dikelilingi perbukitan alami yang menantang untuk di eksplorasi. Dan juga hamparan pasir putih yang menutupi tepi danau, layaknya pasir yang ada di Pantai.

Sementara, destinasi wisata lain seperti Taman Nasional Lora Lindu harus ditempuh sekitar 3-4 jam dari Kota Palu atau jaraknya bisa mencapai 60 KM.

Danau ini juga menjadi pusat pertemuan tiga danau besar yang ada di Sulawesi Tengah seperti Danau Larian, Sungai Gumbasa dan Sungai Palu. Taman ini merupakan habitat mamalia asli terbesar yang bisa ditemui di Pulau Sulawesi.

Pelancong bisa menemukan Anoa, Babi Rusa, Rusa, Kera Hantu atau Tangkasi, Kera Kakaktonkea, Kuskus Marsupial dan Musang yang telah dinobatkan sebagai predator pemakan daging terbesar yang pernah dapat temui di Sulawesi.

Secara umum, terdapat sekitar 5 jenis bajing, 38 jenis tikus, 55 jenis kelalawar dan lebih dari 230 burung, serta 2 jenis enggang Sulawesi.

Jika anda berkunjung ke Sulawesi Tengah, pastikan juga agar anda meluangkan waktu untuk mengunjungi taman nasional kebanggaan Sulawesi Tengah tersebut.

7. Kabupaten Donggala

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah
Pulau Pasoso, salah satu destinasi di Kabupaten Donggala/bisniswisata.co.id

Seperti juga di Kabupaten Poso, ada banyak destinasi wisata  yang bisa anda temui di Kabupaten Donggala antar lain Pusat Laut Donggala, Pantai Bone Oge, Pantai Tanjung Karang, Pantai Kabonga dan Kota Tua Donggala.

Beberapa tempat seperti Pusat Laut Donggala berada di kawasan pantai Donggala yang terbentuk seperti sumur berukuran raksasa dengan bebatuan besar disekitarnya yang terbentuk secara alami. Diameter pusat laut Donggala ini mencapai 10 meter dengan kedalaman 7 meter.

Seperti air laut, air dalam pusat laut Donggala ini asin begitu juga dengan warnanya yang biru. Air ini dipercaya terhubung dengan laut karena jaraknya yang hanya sekitar 500 meter.

Masyarakat setempat percaya kalau ada lubang yang menghubungkan antara air laut dan pusat laut Donggala ini.

8. Kabupaten Buol

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah
Pantai iboih di Kabupaten Buol/indonesia-tourism.com

Wilayah yang merupakan pemekaran dari Tolitoli ini juga menyimpan destinasi wisata antara lain: Pulau Busak, Pantai Lakea, Pantai Lantera, Pemandian Kumaligon, Air terjun Body dan Pantai Tumit.

Desinasi seperti Pantai Pusat juga cukup terkenal disana. Selain itu, pantai ini terbilang sangat alami, sebab lansekap pantai yang berupa pasir putih dikelilingi pohon rindang. Pantai ini terletak tak jauh dari Buol, atau sekira 20 KM lebih.

9. Kabupaten Morowali

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah
via siemorowali.com

Morowali juga menyimpan berbagai banyak destinasi wisata yang tak kalah seru dengan kabupaten lain di Sulawesi Tengah seperti Pulau Sombori, Pulau Langala, Lambolo, Pulau Kayangan, Permandian Bahoruru, Kolam Sakita Mempuno, Goa berlian, Buleleng, Puncang Gunung Tingkea, Beteleme, Air turun, Danau Rano Bae, Air terjun Mempueno Sakita, Pulau Dua Laut, Patai Tanofa, dan Pulau Umbele.

Salah satu yang menarik adalah Kepulauan Sambori yang berada di bagian tenggara Morowali. Ini merupakan tempat wisata alam yang menarik dan juga merupakan wilayah konservasi.

Disini, anda akan menemukan spot wisata Tebing Khayangan yang sangat cocok untuk fotografi. Jadi jika anda berkunjung ke Morowali, spot pertama yang saya sarankan adalah Pulau Sambori ini.

10. Kabupaten Sigi

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah
via disbudparsigi.blogspot.com

Sebenarnya ada beberapa tempat yang bisa ditemui disini, namun akses terhadap tempat tersebut terbatas sehingga beberapa tempat belum berhasil di eksplorasi.

Namun, ada satu objek wisata paling menarik yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Sigi ini yakni Wisata Alam Bulu Tanda.

Destinasi ini sangat cocok untuk fotografi. Destinasi ini berlokasi di Desa Sibedi, Kaecamatan Marowoli. Ini merupakan perbukitan menjulang tinggi, pemandangan dari atas ini yang memberikan sensasi tersendiri yang tak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Selain itu, untuk mencapai tempat ini tidak terlalu susah, karena dekat dengan kota Palu. Rekomendasi pertama jika berkunjung ke tempat ini, datanglah ke tempat wisata Bulu tanda.

11. Morowali Utara, Sulawesi Tengah

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah
via siemorowali.com

Ada banyak destinasi wisata di Kabupaten yang satu ini antara lain Danau Tiu, danau Lowo, Goa Tamanoa, air terjun Mataruttung, air terjun Meduru, air terjun Lemboroma, permandian Panapa, Permandian Korowalelo, tompa Ofoi, Telok Tomiri, batu Apali, Pantai Jompi, Pulau Rumbia, Pulau Penia, dan Muara Bajoe.

Rekomendasi pertama jika anda berkunjung ke tempat ini adlaah Teluk Tomori. Disini anda akan disuguhkan keindahan alam alami dengan air yang tenang. 

Kadang-kadang pemandangan ini seperti cermin yang memantulkan bayangan yang ada disekitarnya karena adanya refleksi cahaya.

Ada juga Pulau Payau Dara dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Lampu, Pulau Tokabe, Pulau Bunda dan Pulau Tomori.

12. Kabupaten Tolitoli

Daftar Tempat Wisata Populer Di Sulawesi Tengah
Pulau Kapas/pergimulu.com

Artikel sebelumnya dengan judul Sulit Cari Destinasi Wisata? Datang Saja KeTolitoli mungkin pembaca tidak terlalu puas dengan informasi yang ditawarkan. Untuk itu, dihadirkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tolitoli lebih lengkap.

Tahu kan maksudnya lengkap? Karena dihadirkan per kecamatan agar sahabat pembaca puas. Berikut daftarnya:

Kecamatan
Destinasi Wisata
Kecamatan Dampal Selatan
Air terjun Kolasi
Air terjun Padaelo
Pantai Tanjung Dako
Pantai Bangkir
Pantaia Ntea
Gunung Tinongbala
Gunung Sojol
Gunung Penyu
Kecamtan Dampal Utara
Pulau koko
Air terjun Taliri
Kecamatan Tolitoli utara
Pantai Pesisir putih Taragusung
Pantai peisisr putih Kapas Isle
Goa Taragusung
Teluk Ambo Tubang
Air terjun Pidulu
Hutan Lindung Tanjung Matop
Kecamatan Galang
Pantai Batu Bangga
Pantai Pasir Putih Sabang Tende
Air Panas Tanigi
Pemandian Kolondom
Batu Damai
Batu Doyan
Kecamatan Baolan
Pulau Lutungan
Tanjung beringin Tolitoli
Pemandian air terjun Lembah Sopeng
Kecamatan Lampasio
Pemandian air terjun SIgelan
Goa Alam Pompaile
Kecamatan Ogodeide
Pulau Labuan Lobo
Pulau Kabetn dan Taman Laut
Kecamatan Dondo
Ir terjun Kolasi
Air panas Luok Manipi
Danau Toga
Pulau Salapan
Tanjung Sanjangan

Gimana udah puas kan? Kalau belum masukan di kolom komentar ya. Di Kabupaten ini spot wisatanya memang banyak.

Misalnya, Pulau Luntungan yang merupakan tempat wisata yang sangat Instagramable dan cocok untuk fotografi.

Apalagi saat sunset, alamanak, pemandangannya indah tak terkira. Pasir yang putih, taman laut yang menarik, serta ragam terumbu karang laut dan berbagai jenis ikan ada di Pulau ini.

Di situ juga terdapaat makam raja Tolitoli Syaefudin Bantilan. Pulau ini juga dikenal dengan nama Tando Kanau atau Tanjung Enau, karena ada banyak pohon enau di pulau tersebut.

13. Kota Palu

Daftar Tempat Wisata Populer Di Kota Palu
Jembatan Ponulele, salah saatu ikon khas Kota Palu. Sayangnya, jembatan ini telah ambruk akibat gempa yang menimpa kota Palu pada tahun 2018 lalu

Di ibu kota Sulawesi Tengah ini juga ada banyak destinasi wisata yang menantang untuk di kunjungi seperti Anjungan Nusantara, tugu gerhana Matahari, taman Ntovea, tugu Inkindo, pantai Talise, jembatan merah, tugu perdamaian, pantai Taipa dan juga Pantai Pantoloan.

Rekomendasi saya ketika berkunjung ke Kota Palu kunjungilah Panti Taipa yang dapat ditempuh sekitar 20 KM dari utara kota Palu.

Jika dari Bandara Mutiara Palu, pantai ini dapat dicapai kurang dari 30 menit. Ada banyak keindahan yang ditawarkan kota ini seperti wisata bawah air dan juga diving atau snorkeling.

Disekitar pantai, pasir putih yang mulus membuat pantai ini begitu indah, apalagi saat senja. Selain itu, pemandangan menantang dari Gunung Gawalise membuat pantai ini menjadi populer bagi masyarakat disana. Jadi jika anda mengunjungi kota Palu mampir ke Pantai Taipa ini.

Penutup

Nah demikian artikel tentang daftar tempat wisata populer di Sulawesi Tengah yang wajib anda kunjungi jika anda sempat berkunjung ke Sulteng.

Sebenarnya ada beberapa tempat wisata lain yang menarik di Sulawesi Tengah, akan dipaparkan di artikel-artikel selanjutnya.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *