Ini 5 Tempat Wisata Alami Di Banggai, Yuk Berkunjung!

7 Likes Comment
tempat wisata alami di banggai

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai – Kalau ini nih adalah daerah saya. Kabupaten Banggai adalah sebuah wilayah otonom yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Tengah.

Lautan yang ada disekitar kabupaten Banggai telah membentuk berbagai gugusan pulau eksotik yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat lain.

Banggai Kepulauan adalah wilayah maritim dengan banyak destinasi wisata bahari yang jarang sekali terdengar namun menyimpan keindahan yang menantang untuk dikunjungi.

Meski banyak destinasi wisata berada di pesisir, namun ada juga destinasi yang berada di daratan seperti danau yang akan kalian lihat pada salah satu daftar destinasi dibawah ini.

Oh iya, Jika kamu berkunjung ke sana jangan lupa mampir di desa saya, Desa Nulion. Sebuah desa yang berada di Kecamatan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Baca Juga : Sulit Cari Destinasi Wisata? Datang Saja ke Toli-Toli

Warga di Nulion sebagian besar adalah petani nomaden yang bergantung pada hasil tani musiman seperti kacang tanah.

Ada beberapa tempat wisata di sana seperti rumah adat Nulion yang kini digenjot pembangunannya juga ada air kuala yang merupakan pemasok air bersih masyarakat.

Sebenarnya, ada banyak tempat pariwisata di daerah saya ini. Dulu, sebelum dilakukan pemekaran tercatat ada sekitar 342 pulau di Kabupaten Banggai.

Namun, pulau-pulau ditengah lautan yang kini disebut Banggai telah menjadi daerah otonom dan terbagi menjadi 3 kabupaten utama seperti Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut dan Kabupaten Banggai Kepulauan.

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai

Artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 tempat wisata alami di Banggai, termasuk di Kabupaten Banggai laut dan juga Kabupaten Banggai Kepulauan. Apa saja itu tempat wisata alami di Banggai kepulauan? Ini daftarnya

1. Pulau Dua

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai
via sportourism.id

Ini sebenarnya adalah tempat wisata yang instagramable. Spot wisata ini cocok buat kamu yang hobi melancong dan fotografi.

Pulau dua adalah salah satu daerah pesisir yang terdapat di Kabupaten Banggai. Suguhan pemandangan eksotik seperti sabana membuat pulau ini punya daya tarik tersendiri.

Selain itu, di pantainya kamu bisa berenang dan menikmati ombak atau sekedar mengintip terumbu karang. Disitu juga kamu bisa melakukan snorkeling dan diving. Ini adalah salah satu tempat indah yang bisa kamu temui di Kabupaten Banggai.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Populer di Sulawesi Tengah

Untuk bisa sampai ditempat ini, kamu bisa melakukan perjalanan misalnya dari kota Palu atau Makassar lalu melakukan perjalanan menggunakan pesawat untuk sampai ke Luwuk.

Selain pesawat terbang, kamu juga bisa melakukan perjalanan menggunakan Kapal Laut menggunakan KM. Tilongkabila.

Setelah sampai di Luwuk, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam untuk sampai ke tempat ini. Saya sarankan kamu jangan berkunjung saat malam, baiknya saat sore ataupun siang hari, jika itu memungkinkan.

Karena kondisi jalan yang belum terlalu bagus dan sempit. Disitu, fasilitasnya cukup lengkap, dan kamu bisa menyewanya. Ada alat Snorkeling, diving hingga surfing. Jadi, tunggu apa lagi, yuk ke kelapa dua!

2. Permadian Malino

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai
via getlostmagz.com

Ini adalah salah satu pemandian yang alami yang bisa kamu temui di Malino. Orang lokal biasa menyebutnya sebagai Malino tontouan yang merupakan aliran sungai dari Uwe Malino.

Baca Juga : Objek Wisata Tersembunyi di Abason, Kabupaten Banggai Kepulauan

Airnya juga jernih dan bersih. Meski terlihat belum terlalu terawat, tapi jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa mampir di pemandian satu ini.

Ini adalah destinasi alami yang memanjakan mata. Lokasinya terletak di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk sampai ke sini juga tidak terlalu sulit sebab cukup dekat dengan pusat kota bahkan kamu bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki.

3. Air Terjun Tembang

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai
via triptrus.com

Biasanya kalau liburan dan saya memiliki kesempatan untuk pulang ke kampung halaman, saat hari Minggu saya dan beberapa teman akan mengunjungi tempat ini. Air terjun ini terletak di Desa Luksagu, Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan.

Baca Juga : Panduan Bagi Kamu Yang Hendak Melancong ke Banggai

Tebing yang bertingkat-tingkat, air yang segar serta pemandangan asri membuat air terjun ini menjadi spot wisata yang menjanjikan.

Jika dari ibu kota Banggai Kepulauan di Salakan air terjun tembang dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor kurang dari 1 jam.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 20 menit. Kamu juga harus melewati persawahan yang hijau dan juga jajanan kuliner yang disiapkan oleh penduduk setempat. Yang jelas, kalau kamu ke Banggai Kepulauan, air terjun tembang harus kamu kunjungi.

4. Danau Alani

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai
Danau Alani via screenshot youtube

Ini juga kawasan pariwisata yang akrab bagi masyarakat Banggai Kepulauan. Ini menjadi tempat santai bagi Milaneals disana.

Kalau kamu datang saat waktu yang tepat ketika air sedang pasang, hamparan batu yang menantang akan disuguhkan secara alami.

Baca Juga : Sejarah Monumen Trikora Jayawijaya di Salakan

Namun jika kamu datang saat air naik, kamu dapat memilih untuk mengintip bebatuan alami yang tersusun rapi di sektitarnya. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Salakan. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3 jam utnuk sampai ke sini.

Danau Alani terletak di Kecamatan Bulagi Selatan. Jika kamu menginginkan tempat wisata yang santai, tenang dan alami, Danau Alani adalah pilihannya.

5. Danau Tendetung

5 Tempat Wisata Alami Di Banggai
Screenshoot youtube

Sejak kecil, danau ini adalah destinasi favorit saya untuk menghabiskan waktu. Dari desa saya tidak terlalu jauh kami bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Biasanya, kami mengambil jalan pintas yang memakan waktu sekitar 1 jam. Pemandangan disini sangat menarik, keren dan alami.

Danaunya cukup luas, dikelilingi pohon dengan kicauan burung itulah Tendetung. Secara administratif danau ini dikelilingi oleh tiga desa yakni desa Peley, desa Kanali dan desa Tobungku.

Baca Juga : Danau Tendetung, Potensi Wisata Kabupaten Banggai Kepulauan

Beberapa waktu lalu Dinas Pariwisata setempat pernah memperbaiki jalan, jadi kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor.

Ada beberapa rute yang biasa digunakan untuk berkunjung ke Danau Tendetung, namun saya sarankan kamu mengambil rute lewat Desa Kanali. Disitu kamu bisa mencapai danau Tendetung kurang dari 15 menit.

Namun kedua rute sama-sama mengkawatirkan kalau hujan sebab jalan akan menjadi licin. Kalau sempat berkunjung ke Banggai Kepulauan, jangan lupa datang Danau Tendetung.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 5 tempat wisata alami di Banggai. Jika anda ingin traveling ke tempat-tempat wisata alami jangan lupa mampir ke Banggai ya.

Jangan lupa juga siapkan perlengkapan dan peralatan yang mungkin dibutuhkan saat anda traveling. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *