4 Cara Menentukan Target Kata Kunci Yang Baik Dan Benar Untuk Blog

7 Likes Comment
cara memlih target kata kunci yang baik dan benar

Bagi saya pribadi, menentukan target kata kunci yang baik dan benar untuk blog adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap blogger.

Dalam konsep SEO, kata kunci adalah elemen penting yang harus ditentukan terlebih dahulu oleh blogger sebelum membuat konten.

Apabila blogger bisa memilih target kata kunci yang baik dan benar serta relevan dengan konten lain yang sudah ditulis sebelumnya, maka peluang seluruh artikel untuk dikunjungi orang lain bakalan terbuka lebar.

Hanya saja, banyak blogger yang masih sulit memilih dan menentukan target kata kunci untuk blog, padahal ini adalah kemampuan pertama yang harus dimiliki.

Pada akhirnya, karena kemampuan semacam ini tidak dimiliki, membuat blog tersebut sepi pengunjung selama berbulan-bulan.

Yang bisa bikin si blogger frustasi, marah-marah gak jelas, dongkol pengen senewen dan lain sebagainya.

Apa pentingnya memilih target kata kunci?

Disisi lain, ada blogger yang tahu betul bagaimana cara riset kata kunci yang tertarget. Sehingga, blog yang ia kelola menjadi sangat populer, sekalipun hanya mempunyai beberapa artikel saja.

Juga ada banyak alasan mengapa memilih target kata kunci itu sangat penting bagi sebuah blog. Saya menggunakan kata memilih disini untuk menunjukan bahwa anda wajib menentukan mana target kata kunci yang bakal diambil.

Artinya, anda enggak boleh targetkan keyword yang kompleks atau bersikap rakus dengan melahap semua kata kunci yang ideal.

Mengapa saya katakan demikian? Karena pilihan keyword itu sifatnya eksklusif. Tujuannya supaya blog anda bisa muncul minimal di halaman pertama pencarian.

Di halaman pencarian juga diisi dengan 10 artikel, yang mungkin salah satunya adalah artikel yang anda tulis.

Lantas, apa sih pentingnya memilih target kata kunci untuk blog? Bagi saya pribadi ada beberapa alasan. Antara lain:

  1. Dengan memilih target kata kunci yang baik anda bisa melihat hal yang lagi tren sekarang ini, keyword apa yang paling populer berdasarkan aktualitas waktu dan lain sebagainya.
  2. Melihat peluang apakah blog anda bisa duduk diperingkat pertama search results
  3. Menentukan volume pencarian dari yang paling rendah dan paling kompetitif. Dengan begini, anda bisa menargetkan keyword dengan persaingan yang rendah
  4. Menentukan mana keyword yang belum boleh ditargetkan berdasarkan performa situs, DA dan PA blog serta peluang untuk tampil di halaman pertama.

Intinya, riset keyword itu sangat penting. Melakukan riset ibarat membuat list atau daftar tulisan-tulisan yang akan ditulis.

Lantas, apa sih itu target kata kunci itu?

Setiap pencarian menggunakan mesin pencari dilakukan berdasarkan satu atau lebih frasa kata. Dari frasa kata inilah mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan relevansi artikel, popularitas blog serta kedekatan.

Target kata kunci tersebut adalah frasa-frasa yang diketikkan oleh pengguna saat melakukan pencarian. Dalam sudut pandang blogger, target kata kunci adalah sekumpulan kata yang ditargetkan oleh Blogger sebelum membuat artikel.

Dari penargetan inilah, maka peluang artikel tersebut untuk di kunjungi oleh orang lain bakalan terbuka lebar. Dengan kata lain, artikel tersebut bakalan lebih populer.

Hari ini juga, mesin pencari telah bertransformasi menjadi ruang frasa dan kata. Dengan demikian, ada banyak sekali informasi yang disediakan.

Dengan mesin pencari, pengguna bisa menemukan segala jenis informasi dari a-z dari aba-zaba. Semuanya tersedia.

Tapi, tidak semua informasi tersebut relevan dengan kueri pencarian pengguna atau sesuai dengan harapan pengunjung.

Karena itu, mesin pencari berusaha menampilkan hasil berdasarkan beberapa elemen tertentu. Bahkan, lebih jauh lagi, model Latent Semantic Indexing pun diterapkan untuk meningkatkan relevansi ini.

Sebagai contoh, jika anda ingin mencari makanan kucing di Google maka anda tidak mau kalau result pagenya menampilkan makanan harimau, kan?

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Kata makanan kucing pun masih cukup jamak, maka biasanya informasi yang ditampilkan akan berupa makanan kucing hamil, makanan kucing murah, makanan anak kucing dan lain sebagainya.

Setiap kata diatas pun masih mempunyai perbedaan makna. Karena itu disarankan untuk menargetkan kata kunci yang panjang dan mewakili semua kata diatas. Misalnya, makanan kucing murah cocok untuk segala kondisi.

Dan apabila pengguna mencari keyword tersebut di Google maka ada kemungkinan artikel anda yang akan ditampilkan.

Bahkan Google pun sering menampilkan beberapa kata tambahan untuk memperkaya frasa, meski sebenarnya agak kurang relevan.

Misalnya, anda sudah menentukan target kata kunci untuk makanan kucing murah. Maka selanjutnya adalah membuat artikel dari keyword tersebut.

Silahkan berkreasi sesuai kemampuan. Tapi intinya, kata kunci tentang makanan Kucing Murah itu harus disebut didalam artikel, minimal beberapa kali.

Tujuannya untuk memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa topik artikel yang ditulis itu berkaitan dengan makanan kuncing.

4 Cara memilih target kata kunci yang baik dan benar untuk blog

Lalu bagaimana cara memilih target kata kunci yang baik dan benar untuk blog? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Melihat trend setter

Trend setter ini dipengaruhi oleh aktualitas waktu. Dan terkadang, sesuatu yang sedang tren hari ini tidak akan lagi tren keesokan harinya.

Namun anda bisa mengakalinya dengan memaksimalkan peran trend setter tersebut. Dengan artian, trend tersebut juga akan populer tahun depan, dua tahun depan dan seterusnya.

Misalnya, jika blog anda membahas tentang Kata-kata bijak, anda bisa atur trend setternya menjadi kata-kata bijak setiap hari-hari besar.

Atau suatu peringatan yang populer, misalnya kata-kata bijak hari ayah, hari ibu, hari pancasila dan lain sebagainya.

Peluang pencarian untuk keyword semacam ini sangat besar. Meski tingkat persaingan keywordnya sangat tinggi.

Jika blog anda membahas topik semacam ini, pastikan anda mengulasnya secara mendalam, menarik, informatif serta original.

2. Fokus pada permintaan pengguna

Dulu, saya sering asal-asalan buat artikel. Saya sering melakukan riset kata kunci berdasarkan sesuatu yang sedang populer dari luar.

Maksudnya apa? riset kata kunci yang saya lakukan itu berdasarkan apa yang sedang dicari oleh pengguna secara eksternal.

Hal semacam ini tidak salah. Hanya saja, anda perlu mengubah sudut pandang soal bagaimana membuat artikel yang fokus pada permintaan pengguna.

Misalnya begini, salah satu artikel saya yang berjudul ‘Studium generale‘ selalu dikunjungi oleh orang setiap hari.

Entah kenapa makin hari frekuensi kunjungan juga makin tinggi. Selain itu, kalau di cek di pencarian Google tidak muncul di halaman pertama pencarian.

cara riset kata kunci yang baik dan benar

Lantas kenapa populer? Disinilah perannya riset keyword internal. Anda bisa gunakan tools untuk melihat keyword mana yang membuat artikel tersebut di klik pengguna.

Jika sudah, anda bisa lihat keyword lain yang berpotensi sama. Jadikan artikel tersebut sebagai artikel induk, sementara anda membuat artikel tambahan, dengan fokus keyword yang mirip tapi tak sama.

Dari sini, anda bisa mendominasi keyword yang secara linguistrik merujuk pada studium general tersebut.

3. Sesuaikan dengan niche yang diangkat

Niche adalah topik blog anda. Dari topik inilah maka blogger bisa menentukan konsep artikel yang akan dibahas di blog.

Hanya saja, hampir setiap niche sudah ada blogger yang membahasnya. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa mengangkat subniche atau makro niche dengan peluang kunjungan yang sama atau mungkin lebih tinggi.

Sebagai contoh, makro niche dari teknologi bisa terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  • Gadget
  • Android
  • iOS
  • Articial Intelegence
  • Dll

Ini hanya contoh ya. Oleh karena itu, jika dari awal anda mengangkat niche dengan topik yang gado-gado, atau tidak fokus, sebaiknya pilih satu niche saja. Ini akan memberikan nilai tawar yang lebih bagi blog anda di mesin telusur.

4. Riset keyword berdasarkan pengalaman pribadi + niche blog

Ini adalah rumus sederhana yang perlu anda ketahui. Misalnya, jika blog anda membahas tentang Android, anda bisa menuliskan semua masalah-masalah yang pernah anda hadapi saat menggunakan ponsel Android.

Karena rata-rata pencarian yang berhubungan dengann perangkat adalah untuk mengatasinya. Misalnya, masalah-masalah Android yang paling umum seperti:

  • Penyimpanan yang full
  • Update software yang gagal
  • Cache aplikasi yang sulit di hapus
  • Setting FTP
  • Dll

Setelah membuat daftar masalah tersebut, anda kemudian melakukan riset menggunakan tools gratis seperti Keyword Planner atau Uber Suggest.

Lakukan riset untuk dua suku kata pertama dan lihat volume pencarian dan persaingannya. Jika terlalu kompetitif, coba pakai semantik.

Pikirkan kemungkinan orang-orang akan mencari keyword yang sama namun dengan kata yang berbeda. Misalnya, untuk cache aplikasi yang sulit dihapus menjadi aplikasi jadi gagal dibuka dan lain sebagainya.

Jika persaingannya rendah, maka silahkan buat artikel tentang keyword tersebut. Pastikan, anda memberikan ulasan yang lengkap dan mendalam. Jangan pernah menahan informasi dan tulislah dengan gaya bahasa santai tapi serius.

Penutup

Hal paling sulit saat memilih target kata kunci adalah bagaimana menuliskannya secara natural, padat dan mudah dipahami.

Karena, bagi saya pribadi, riset kata kunci itu cukup mudah. Yang paling sulit adalah bagaimana menulis suatu artikel berdasarkan keyword yang sudah diriset tadi.

Demikian artikel tentang 4 cara memilih target kata kunci yang baik dan benar untuk blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *