5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa Di Dunia

Like Comment
tahan gempa

Ada beberapa struktur bangunan paling tahan gempa di dunia. Bukan hanya gempa, tapi beberapa jenis bencana alam mulai dari badai hingga banjir.

Struktur bangunan tahan gempa tersebut dirancang secara khusus oleh para insinyur dan aristek paling terpercaya di dunia.

Namun demikian, sesempurna apapun suatu bangunan dibuat, ia tetap tidak akan pernah bisa mengalahkan kekuatan alam.

Gempa bumi adalah salah satu kekuatan alam paling sering terjadi dan paling merusak di dunia. Infrastruktur bangunan adalah benda paling rentan hancur saat gempa bumi terjadi, terlebih di wilayah-wilayah seismik aktif yang tersebar diseluruh dunia.

Oleh karena itu, pertimbangkan dampak seismik harus diperhitungkan dengan matang saat hendak merancang bangunan, terutama bangunan yang memakan anggaran triliunan rupiah dan terletak di wilayah-wilayah rentan gempa.

Dalam artikel kali ini akan diulas tentang 5 struktur bangunan paling tahan gempa di dunia. Tapi sebelum itu, ada baiknya dibahas tentang pengertian singkat gempa bumi.

Bagaimana gempa terjadi?

Sebagai seorang insinyur, penting untuk memahami masalah-masalah apa yang bisa membuat suatu bangunan hancur, apakah itu disebabkan oleh faktor-faktor internal atau faktor eksternal.

Bencana, termasuk gempa bumi, adalah faktor eksternal yang bisa membuat bangunan hancur. Itu artinya, mempertimbangkan daya getaran dan kekuatan bangunan adalah hal yang wajib.

Baca Juga : 10 Gempa Terbesar Yang Terjadi di Nusantara Pada Abad ke-20

Semua orang tahu keberadaan lempeng tektonik dan bagaimana mereka mempengaruhi pergerakan kerak bumi setiap tahun.

Gempa bumi terjadi saat dua lempeng tektonik bertabrakan satu dengan yang lain dan menghasilkan energi dalam skala yang besar dan biasanya diukur dengan perhitungan Richter. Pergerakan lempeng tektonik ini dikaitkan dengan satu fenomena fisik yang sederhana, yakni konveksi.

konveksi gempa
via Wikimedia Commons

Jika dibahas tentang bagaimana seluk beluk terjadinya gempa, pasti pembahasannya akan sangat panjang. Oleh karena itu, anda bisa mempersingkatnya dengan menonton video dibawah ini.

Video diatas dibuat oleh Profesor Iain Stewart, ahli Geologi dari Universitas Playouth, untuk mengilustrasikan bagaimana gempa bumi terjadi dan bagaimana gempat tersebut mempengaruhi bangunan-bangunan yang ada disekitar titik gempa.

Baca Juga : Sesar Kendeng Ditemukan di Jawa Timur, Potensi Baru Gempa?

Dilain pihak, dengan mengetahui gelombang yang memancar akibat gempa menuju struktur dasar bangunan juga akan diperhitungkan dengan tujuan agar bangunan yang dibuat nantinya bisa tahan gempa.

Bangunan Paling Tahan Gempa di Dunia

Lantas, bangunan-bangunan apa saja yang tahan gempa? Nah tanpa berlama-lama, berikut disajikan 5 struktur bangunan paling tahan gempa di dunia. Ini daftarnya:

5. Bandara Internasional Sabiha Gokcen

via arup.com

Sabiha Gokcen adalah salah satu dari dua bandara Internasional yang terdapat di Istanbul, Turki. Kota ini adalah salah satu kota paling rentan terhadap gempa bumi karena berada di dekat patahan Anatolia Utara.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Gempa Bumi Yang Harus Kamu Ketahui

Bangunan ini dirancang oleh perusahan teknik Ove Arup yang memiliki 300 sistem isolator dasar yang dipercaya bisa menahan kekuatan gempa maksimum hingga 8.0 Skala Richter.

Isolator dasar gempa diyakini oleh para insinyur bahwa ia bisa mengurangi beban seismik lateral hingga 80%.

4. Piramida Transamerika

Daniel Schwen via Wikimedia Commons

Piramida Trasamerika adalah struktur ikonik yang sudah ada disana sejak tahun 1970-an. Piramida ini terletak di kota San Francisco, California. Bangunan ini terletak di dekat patahan San Andreas dan Hayward.

Pada tahun 1989, gempa Loma Preata menghantam Piramida tersebut dengan kekuatan 6,9 SR yang menyebabkan lantai atap Pramida goyang selama lebih dari satu menit. Namun bangunan itu tetap berdiri tegak dan tidak mengalami kerusakan berarti.

Baca Juga : Cara Mengukur Kekuatan Gempa

Apa penyebab piramida Transamerika ini tahan gempa? Salah satu penyebabnya adalah terdapatnya baja dan fondasi beton setinggi 52 kaki yang dirancang untuk bisa bergerak bebas saat beban seismik terjadi.

Pemuatan vertikal dan horizontal didukung dengan sistem rangka unik mulai dari tingkat pertama dengan bingkai interior yang memanjang dari lantai 2 hingga lantai 45.

Kombinasi kompleks bangunan ini membuat Piramida transamerika dapat tahan terhadap gerakan punir dan memungkinkan gaya geser dasar horizontal bisa diserap.

3. Burj Khalifa

via burjkhalifa.ae

Sebenarnya, Burj Khalifa hanyalah salah satu struktur bangunan supertal atau banguan pencakar langit paling ikonik di dunia. Meski demikian, salah satu keunikan yang tidak dimiliki bangunan supertall lain adalah bangunan ini bisa tahan gempa.

Struktur bangunan terdiri dari lantai mekanis dimana dinding cadik menghubungkan kolom perimeter ke dinding interior.

Baca Juga : Fakta Penting Tentang Potensi Dan Ancaman Bencana Alam di Indonesia

Hal ini membuat kolom parimeter dengan leluasa berkontribusi untuk ketahanan lateral struktur bangunan dan vertikalitas kolom yang dapat membantu membawa beban gravitasi. Akibatnya, Burj Khalifa sangat kaku di dua arah baik arah baik arah lateral atau torsional.

Begitu juga dengan sistem pondasi yang kompleks dimana semuanya dirancang dengan analisis studi mendalam tentang seismik dan geoteknis yang luas sehingga langkah-langkah struktural bisa dilakukan agar bangunan ini bisa tahan terhadap gempa bumi.

2. Taipei 101

via cylee.com

Taipei 101 adalah salah satu bangunan pencakar langit atau bangunan supertall lain yang paling memikat didunia, selain Burj Khalifa.

Bangunan ini didesain dengan eksteriro arsitektur CY Lee, yang terinspirasi dari mentalitas Asia, “Memanjat untuk melihat lebih jauh”.

Baca Juga : 10 Ancaman Bencana Alam Paling Sering Terjadi di Indonesia

Disamping desain arsitektur yang menawan, fakta mengejutkan yang datang dari bangunan ini adalah bahwa Taipei 101 menjadi rumah peradam masal [TMD] terbesar di dunia.

Pada dasarnya, TMD adalah bola logam raksasa yang bisa menangkal muatan transien besar seperti angin dan gempa bumi untuk mengurangi pengaruh terhadap bangunan secara fisik.

TMD didukung oleh sistem lengan dan bumper peredam viskos hidrolik yang berfungsi dengan cara yang sama seperti peredam kejut mobil.

via taipei-101.com.tw

Saat kekuatan besar seperti gempa bumi atau angin ribut menghantam manara, TMD akan bergoyang ke arah yang berlawanan untuk membuat bangunan tetap seimbang dengan cara meredam gaya trasien menggunakan massa bola. Sistem peredam gempa ini terletak diantara lantai 87 hingga lantai 92.

Hal ini membuat Taipei 101 menjadi satu-satunya bangunan pencakar langit dengan struktur dan sistem bangunan unik yang bisa tahan terhadap berbagai bencana alam.

1. Arena Filipina

via philippinearena.net

Arena Filipina adalah arena dengan kubah terbesar di dunia dan didesain menjadi salah satu struktur bangunan yang bisa tahan gempa paling unik.

Baca Juga : 10 Bencana Alam Paling Parah Yang Pernah Terjadi di Bumi

Arena ini dimiliki oleh Iglesia Ni Cresto [INC] yang berhasil membuat arena berkapasistas 55.000 tempat duduk bisa berdiri hingga 100 tahun dan sudah diperingati pada 27 juli 2014 lalu.

Bagian dalam Arena Filipina/via burrohappold.net

Bangunan ini merupakan pusat zona pariwisata yang diberi nama Ciudad de Victoria yang terletak di Bulacan, Filipina.

Arena ini sendiri dirancang oleh firma arsitektur Australia, Populous dan firma teknik Elit, Buro Happold. Anda bisa melihat kehebatan struktur bangunan ini yang mampu bertahan terhadap gempa sehingga bisa tahan terhadap beban seismik yang terjadi selama bertahun-tahun di Filipina.

Patut diketahui, Filipinna juga termasuk salah satu wilayah yang berada di sepanjang jalur lingkaran api pasifik [Ring of fire]. Ini adalah jalur sesar paling aktif di dunia yang sering menjadi penyebab utama gempa bumi di jalur sesar seperti di India, Indonesia, Filipina, hingga Jepang.

Sebelumnya, gempa bumi juga pernah menghantam wilayah tersebut dengan kekuatan 8,2 Skala Richter dan merenggut ribuan nyawa. Gempa bumi tersebut juga memicu letusan gunung api dan tsunami.

Baca Juga : 6 Letusan Gunung Api Terhebat di Indonesia

Atap stadion membentang hingga 165 meter, juga dirancang untuk tahan terhadap getaran singkat namun parah seperti gempa bumi, angin ribut, dan angina topan. Selama gempa bumi, muatan lateral yang dihasilkan diseluruh struktur bisa mencapai 40% dari massanya.

Oleh karena itu, Burro Happold dengan cerdas merancang desain bangunan basis independen untuk seluruh struktur bangunan yang berarti bahwa tubuh bangunan diisolasi dari alas hingga fondasi.

Ruang kosong antara struktur utama dan sistem pondasi dasar terdiri dari bantalan karet timbal [LRB] yang merupakan susunan material fleksibel dengan sifat disipasi energi yang tinggi.

Hal ini memungkinkan sistem dasar dan fondasi untuk bergerak bebas saat gempa bumi terjadi sementara struktur atas bangunan akan tetap diam selama kondisi dinamis gempa.

Ini sebenarnya merupakan prestasi rekayasa gempa yang paling menakjubkan. Dan diseluruh dunia, desain bangunan paling tahan gempa yang ada di Filipina Arena adalah yang paling terbaik.

Penutup

Bangunan tidak saja dihargai sebagai bentuk prestasi, ikon, tempat wisata namun lebih dari itu. Anda tidak boleh hanya menghargai estetika aristektur bangunan tetapi juga prestasi teknik yang luar biasa yang membuat bangunan tersebut tetap kokoh berdiri.

Meski demikian, tidak ada satu bangunan pun yang bisa tahan terhadap bencana alam karena itu merupakan kekuatan paling kuat di alam semesta, sekalipun anda adalah seorang insinyur bangunan.

Demikian artikel tentang 5 struktur bangunan paling tahan gempa yang terdapat diseluruh dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *