Contoh surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

3 Likes Comment
Contoh surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa pencaker, terutama yang berstatus fresh graduate.

Biasanya juga, setiap kali anda akan melamar kerja, dokumen paling pertama dan utama yang harus anda buat adalah surat lamaran.

Sebagai pelengkap dari surat lamaran ini, dan juga agar tempat melamar bisa mempertimbangkan lamaran serta kesesuaian dengan posisi yang dilamar, maka anda harus melampirkan dokumen-dokumen tambahan lain.

Dokumen-dokumen ini bisa berupa KTP, Daftar riwayat hidup [curriculum vitae], Ijazah terakhir dan dokumen pendukung lain.

Baca Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Terkadang, pihak perusahaan atau lembaga akan mengeluarkan format surat lamaran kerja yang dapat digunakan oleh pencaker tersebut.

Untuk anda yang masih bingung tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, dalam artikel ini sudah saya siapkan 2 contoh surat lamaran kerja yang sederhana.

Sebenarnya, akan lebih bagus kalau anda bisa membuat surat lamaran kerja sendiri. Tujuannya agar kedepannya anda bisa tahu bagaimana harus membuat surat lamaran yang baik.

Disisi lain, apabila anda sudah tahu tata cara membuat surat lamaran ini, mungkin anda bisa membantu keluarga, teman, kerabat atau orang lain yang kesulitan membuat surat lamaran.

Jika anda ingin membuat surat lamaran ini sendiri, ada beberapa syarat-syarat yang harus anda perhatikan. Antara lain:

1. Tujuan surat lamaran tersebut

Sebelum masuk pada inti surat, tujuan adalah hal paling pertama yang harus diisi atau dibuat oleh anda. Tujuan ini bisa kepada pemilik perusahaan, direktur, HRD dan lain sebagainya.

Jadi, pastikan dulu kemana surat lamaran itu tertuju. Jika anda sudah tahu, maka anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Sebaiknya gunakan kata-kata formal

Kata-kata yang formal itu gimana ya? Yang sudah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia [PUEBI] atau yang dulunya dikenal sebagai Ejaan Yang Disempurnakan [EYD].

Dalam surat lamaran kerja ada beberapa kata yang wajib digunakan dengan kata formal antara lain Kepada YTH, di Tempat dan juga hormat saya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Kata di tempat tidak boleh di hapus karena merupakan preposisi dan bukan kata sambung. Usahakan tiga kata ini juga ada di surat lamaran kerja tersebut.

Karena surat memiliki fungsi sebagai duta bagi seseorang atau lembaga sehingga kata-kata ini sangat wajib digunakan.

3. Salam pembuka dan salam penutup

Usahakan salam pembuka dan penutup ada di surat lamaran kerja. Anda bisa menggunakan salam seperti Assalamualaikum Wr Wb, Syalom dan lain sebagainya. Begitu juga dengan salam penutup. Ini wajib ya!

4. Untuk bahan pertimbangan

Sebagai kelengkapan, apalagi jika anda membuat surat lamaran, baiknya anda masukan dokumen-dokumen pelengkap. Ini bisa dijadikan tolok ukur dan pertimbangan perusahaan agar bisa mempertimbangkan lamaran yang anda ajukan.

Bisa ditambahkan sertifikat-sertifikat yang pernah anda dapat atau dokumen lain. Untuk bahan pertimbangan, baiknya masukan identitas pribadi yang sah dan berlaku seperti KTP, KK, Surat Izin Mengemudi (SIM), Ijazah dan lain sebagainya.

5. Akhir surat

Akhir surat biasanya dilengkapi dengan beberapa poin yakni tanggal surat dibuat dan juga tanda tangan. Bubuhkan tanda tangan disana untuk lebih lengkapnya.

Nah kira-kira itu 5 syarat utama jika anda ingin membuat surat lamaran sendiri. Tapi jika anda ingin melihat contohnya, berikut ini contohnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut disajikan 2 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ingat, ini hanya contoh saja. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

#1

Kepada Yth.

PUSAT MEDIA DAMAI (PMD)

BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT)

 

Di _

Tempat

Dengan homat,

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung menjadi personel di Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Saya yang menulis surat ini:

Nama : Nama Anda

Alamat : Alamat Anda

Tempat dan Tanggal lahir : Tempat Tanggal Lahir Anda

No. Telp : Nomor Telepon yang bisa dihubungi

Posisi Yang Dilamar : Koordinator Program Duta Damai Dan Media Sosial

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen, antara lain:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah Terakhir
  • KTP

Besar harapan saya agar dapat menjadi bagian dari Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Maka dengan ini saya siap menerima segala tahap pengujian. Atas perhatian yang berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Nama anda


#2

KepadaYth.

PT. Gojek Indonesia (Manado)

Di _

Tempat

 

Dengan homat,

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung menjadi Sales Associate di PT. Gojek Indonesia.

Saya yang menulis surat ini:

Nama : [nama anda]

Alamat : [alamat tempat tinggal anda sekarang]

Tempat dan Tanggal lahir :

No. Telp :

Posisi Yang Dilamar : Sales Associate

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan :

  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy Ijazah (legalisir)
  • Pas Foto 4×6 (Berwarna]
  • Fotocopy Transkrip Nilai(legalisir)
  • Fotocopy SKCK (legalisir)

Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Nama anda


Penutup

Diatas hanyalah contoh surat lamaran yang paling sederhana. Silahkan buat saja sendiri menggunakan format yang saya ulas diatas.

Demikian artikel tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *