20 Sumber Penghasilan Blogger Yang Harus Dimaksimalkan

4 Likes Comment
sumber penghasilan blogger

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Cara inilah yang menjadi sumber penghasilan blogger. Jika anda mampu memaksimalkan semua potensi ini, maka anda bisa menghasilkan ratusan juta rupiah per bulan hanya bermodalkan sebuah blog.

Blogging saat ini telah menjadi salah satu aktivitas yang cukup populer dikalangan masyarakat. Selain merupakan salah satu hobi, blogging juga semakin di sukai oleh masyarakat karena dengan blog kita bisa menghasilkan uang sampai puluhan juta rupiah dalam sebulan.

Banyak orang yang kemudian menekuni kegiatan ini, baik secara blogger paru waktu hingga menjadi blogger professional.

Sudah banyak cerita sukses dari para blogger dimana mereka bisa menjadi terkenal karena blog buatan mereka.

Blog juga wajib di maksimalkan oleh blogger untuk bisa memperoleh pendapatan tambahan. Namun saat ini, banyak yang tidak tahu kalau dengan blog kita bisa menghasilkan uang tambahan selain dari iklan.

20 Sumber Penghasilan Blogger

Artikel kali ini kita akan membahas 16 cara menghasilkan uang hanya dari blog. Cara apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Jualan produk

Anda bisa menjual produk orang lain atau produk buatan anda sendiri di blog anda. Tapi lebih disarankan agar menjual produk sendiri sehingga anda bisa memaksimalkan pendapatan anda dari blog. Ada banyak produk yang dapat anda jual, misalnya baju.

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Anda Buka Sebagai Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Itu hanyalah contoh ya. Kalau blog anda nichenya adalah Lifestyle atau kosmetik, anda bisa menjual produk kecantikan didalam blog anda. Nantinya, jika ada yang ingin membeli produk tersebut, anda bisa memperoleh penghasilan dari sana.

Ini sebenarnya adalah cara yang cukup keren, dimana selain anda aktif ngeblog anda jualan produk. Jadi anda dapat memperoleh pendapatan lebih tinggi lagi dari sini.

2. Jualan template

Mengapa saya hanya menulis template sebab ada banyak jenis template yang bisa anda jual di blog. Katakanlah, template tersebut adalah template untuk CV, anda bisa menjualnya dengan harga yang setara.

Misalnya, blog anda tentang Loker, anda bisa menawarkan jasa pembuatan CV, pembuatan template yang menarik dan lain sebagainya.

Atau, jika blog anda membahas tentang blogging, anda bisa menjual template blog disana. Entah itu template blogger atau WordPress. Apalagi jika anda memiliki kemampuan koding yang mumpuni. Jangan sia-siakah deh, maksimalkan blog anda tersebut.

Baca Juga : Cara Buat Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snipped atau Cuplikan Unggulan di Google

Contohnya adalah blog-blog dari mas sugeng, kompi dan arlina, selain blogging mereka juga jualan template buatan mereka sendiri. Jadi penghasilan yang mereka peroleh bertambah.

3. Iklan pihak ketiga

Anda boleh menyediakan ruang untuk iklan pihak ketiga atau iklan-iklan dari suatu perusahaan. Jadi, anda menyediakan space iklan tersebut didalam blog anda dan orang-orang dapat menempatkan iklan disitu.

Baca Juga : Cara menghasilkan uang hingga puluhan Juta Rupiah dari Blog

Tarifnya dapat anda sesuaikan berdasarkan ukuran template, semakin besar space yang anda siapkan semakin tinggi biayanya. Jangan sungkan untuk tawarkan kepada orang lain untuk menempatkan iklan didalam blog anda.

4. Jual ebook

Dengan blog anda bisa memaksimalkan pendapatan anda. Salah satunya adalah dengan menjual ebook. Anda tinggal menulis tulisan anda didalam MS. Word, mengkonversinya ke dalam bentuk PDF lalu menjualnya kepada pengunjung atau orang lain.

Baca Juga : Cara Cepat Hasilkan Uang Dari Facebook

Usahakan agar ebook buatan anda itu sesuai dengan niche yang anda angkat. Misalnya, blog anda mengangkat niche tentang Traveling, anda bisa membuat panduan traveling ke suatu tempat secara detail didalam ebook anda.

Lalu menjualnya di internet. Jika ada orang yang mau membelinya maka penghasilan anda sudah tentu akan bertambah.

5. Bisnis affiliasi

Ada banyak sekali Bisnis Affilasi yang tersedia di internet. Cara kerjanya sederhana dimana anda menjual produk tertentu didalam blog anda, produk tersebut adalah produk online dari toko online seperti Amazon, Bukalapak, Bli-bli, tokopedia dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Cara Membangun Blog Yang Sukses Dan Menguntungkan

Ketika ada orang yang mengklik dan membeli produk tersebut dari link referral yang anda tanamkan didalam blog anda, mereka memperoleh penghasilan dari sana. Sederhana kan cara kerjanya?

DI Indonesia, salah satu bisnis affiliasi yang cukup menguntungkan adalah dari affiliasi dari Bukalapak. Dan proses pendaftarannya pun mudah dan anda sudah bisa memperoleh penghasilan tambahan dari sana.

6. Tools berbayar

Pernah gak sih saat anda menjelajah internet anda melihat beberapa tools atau alat di internet berbayar? Alat-alat tersebut biasanya dapat digunakan dengan gratis, tetapi ada beberapa alat berbayar.

Nah jika anda ahli dalam membuat alat-alat ini, anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dari sana. Jadi kenapa tidak?

7. Content placement

Bagi para blogger Indonesia, jasa penempatan iklan berupa content placement sudah sangat populer dan kita bisa menghasilkan uang dari sini. Jadi setiap kali ada konten tentang suatu produk ditempatkan didalam blog kita, kita memperoleh penghasilan dari sana.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Hanya Dengan Berkomentar

Untuk tarif biasanya bervariasi, tetapi tidak berdasarkan panjang konten yang hendak ditempatkan. Biasanya untuk tarif content placement berdasarkan konten tersebut, apakah dibuat oleh si pemakai jasa atau oleh pemilik blog. Jika konten tersebut dibuat oleh pemilik blog biasanya tarifnya akan lebih tinggi.

8. Promosi berbayar

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah orang-orang dapat menempatkan iklan berupa promosi berbayar dan ditempatkan didalam blog kita. Ini memang berbentuk iklan, dan biasanya harganya lebih kecil.

Setiap kali ada orang yang mengklik iklan referral tersebut, mereka bisa memperoleh penghasilan tambahan dari sana. Jadi kenapa tidak?

9. Jasa backlink

Ini sebenarnya beda tips sama conten placement. Untuk konten placement biasanya bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa backlink biasanya untuk mempromosikan blog.

Dan anda bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Ada banyak jasa Backlink yang bisa anda lihat di Internet, dan tarifnya biasanya tergantung dari DA dan PA blog tersebut.

10. Jasa penulisan konten

Nah ini adalah yang paling keren. Jika anda ahli dalam membuat konten, jasa penulisan konten bisa anda buat untuk memaksimalkan penghasilan di blog anda. Tarifnya tergantung dari panjang tulisan.

11. Script Berbayar

Kalau anda punya kemampuan coding yang mumpuni anda bisa membuat script, misalnya boot telegram dan menjualnya. Script berbayar ini memang masih sangat jarang di Indonesia, tetapi anda bisa mencobanya.

12. Jasa konsultasi SEO

Jasa konsultasi bisnis misalnya atau konsultasi online tentang hal-hal apa saja. Anda bisa memperoleh penghasilan dari sini dengan mudah.

Anda tinggal membuat blog, lalu membuka Jasa Konsultasi SEO di internet. Ini adalah salah satu cara menghasilkan uang yang cukup populer ditengah masyarakat.

13. Jasa buat blog

Jasa buat blog sampai saat ini bisa menjadi salah satu jasa untuk memperoleh penghasilan. Misalnya, anda bisa membuka jasa pembuatan blog Blogger, WordPress dan lain sebagainya. Sebagai penawaran tambahan anda bisa membuat jasa pembuatan blog sampai monetisasi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Ini adalah salah satu jasa yang cukup keren. Anda bisa memperoleh penghasilan dari sini, tapi usahakan agar anda memahami tujuan dari pembuatan blog atau si pemesan.

14. Jasa pembuatan banner

Kalau anda ahli dalam DKV, anda bisa membuka jasa pembuatan iklan. Ini adalah salah satu jasa yang masih sedikit ditekuni oleh para blogger, karena itu anda dapat mencobanya.

Untuk yang satu ini sebaiknya anda buat blog portofolio terlebih dahulu, dan juga memperkenalkan produk-produk yang sudah pernah anda buat.

15. Jasa pembuatan akun AdSense

Ini ulasan yang cukup berbeda, anda bisa membuka forum jasa pembuatan akun adsense. Sebenarnya bukan pembuatan sih, tetapi sebuah jasa yang menawarkan cara untuk diterima akun AdSense. Dan jasa ini dapat anda coba, sehingga banyak blogger yang bisa diterima AdSense.

16. Iklan

Ini adalah salah satu penghasilan yang dapat anda coba dan terapkan dan juga merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan populer di internet tanpa menjual produk atau jasa. Salah satu jasa periklanan paling terpercaya, terbesar dan terbaik saat ini adalah AdSense.

17. Kursus blogger online

Beberapa blogger seperti Mastimon membuka jasa kursus ini. Dan ternyata, kursus semacam ini berbayar. Bayarannya pun lumayan.

Dan ini bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan seorang blogger, terlebih yang ingin memperoleh penghasilan dari sebuah blog.

18. Url shortener

Bagi blog download, mungkin metode monetisasi paling populer adalah dari URL shortener. Karena memang mereka sulit diterima oleh AdSense.

Ada banyak sekali url shortener yang tersedia saat ini. Dan anda bisa memperoleh penghasilan dengan cara memperpendek link artikel. Biasanya, penghasilan di peroleh per 1000 impresi yang biayanya variatif mulai dari 1 – 10$.

19. Membership berbayar

Meski belum banyak blogger yang mencobanya, tapi metode membership ini bisa menjadi sumber penghasilan utama seorang blogger.

Apalagi, jika konten-konten yang disiapkan itu berbayar, lengkap dan eksklusif. Metode monetisasi macam ini sudah banyak dilakukan oleh blogger luar negeri.

Dimana, orang-orang harus membayar sejumlah uang untuk berlangganan konten premium yang disediakan oleh pemilik blog.

20. Jual blog

Langkah terakhir mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjualnya. Jika anda sudah cape urus blog maka silahkan saja anda jual.

Penutup

Memperoleh penghasilan dari sebuah blog adalah hal yang gampang-gampang sulit. Kalau selama ini anda hanya fokus pada iklan, mungkin sudah saatnya untuk mengubah cara pandang tersebut.

Nah demikian artikel tentang 20 sumber penghasilan blogger yang harus dimaksimalkan. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *