5 Tips Sederhana Agar Bisa Sukses Sebagai Blogger

5 Likes Comment
sukses sebagai blogger

Sukses sebagai blogger sebenarnya adalah predikat yang sangat relatif. Kata sukses ini sendiri bukanlah sebuah definisi yang sifatnya final atau menjadi akhir dari sebuah pencapaian.

Hal ini perlu diketahui oleh setiap blogger, terlebih untuk para pemula. Bahwa, ukuran sukses dalam dunia blogging punya standar ganda yang cukup menyolok.

Karena definisi sukses bagi setiap orang itu berbeda-beda atau tidaklah sama. Kalaupun sama, ia hanya memiliki kemiripan yang ilustratif.

Ada blogger yang menyebut dirinya sukses karena sudah berhasil payout dari blog hingga mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.

Ada juga yang menyebut dirinya sudah sukses ketika blognya tersebut sering dijadikan referensi untuk konten dari blogger lain.

Juga ada blogger yang menyebut dirinya sukses, meskipun hanya lewat mimpi, angan-angan dan cita-cita yang entah kapan akan tercapai.

Perlu juga anda ketahui, sekalipun seseorang itu sudah dianggap sebagai blogger yang profesional dan full time, tidak serta merta ia bisa disebut blogger yang sukses.

Namun, ada beberapa kriteria tertentu yang bisa dilakukan oleh blogger agar bisa disebut sukses. Kriteria-kriteria inilah yang bakalan saya ulas di artikel ini.

5 Tips Sederhana Agar Bisa Sukses Sebagai Blogger

Karena kata sukses ini punya energi positif yang besar, maka banyak blogger yang berharap bisa sukses di dunia perbloggingan, termasuk saya sendiri 😀

Tips-tips ini juga bisa menjadi obat penawar untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang akan dihadapi saat menjadi blogger.

Mulai dari pendapatannya yang kadang naik turun, badai banned yang kadang terjadi, hingga trafik blog yang kadang-kadang terjun bebas bak batu yang jatuh di air laut.

Untuk bisa sukses, blogger juga di tuntut untuk punya kemampuan multitasking. Mulai dari kemampuan buat artikel yang berkualitas tinggi hingga kemampuan utak atik script.

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan agar bisa menjadi blogger yang sukses? Saya sudah merangkumnya menjadi 5 poin utama. Apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Tidak akan pernah berhenti belajar

Seperti pernyataan Ki Hadjar Dewantoro, tokoh pendidikan Indonesia bahwa belajar bisa dimana saja dan kapan saja.

Yang berarti, belajar tidak melulu duduk di depan kelas lalu mendengar guru menerangkan tentang mata pelajaran tertentu.

Jika anda berhenti belajar, berarti anda mati. Mati dalam artian tidak produktif lagi. Dan ini juga berlaku dalam dunia blogging.

Baca Juga : Mana yang lebih bagus, blog atau Youtube?

Oleh karena itu, anda di tuntut untuk terus belajar dari dunia blogging dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Jika anda berhenti belajar, maka bisa saja anda tidak akan produktif lagi alias mati. Dalam artian, blog anda akan terbengkalai begitu saja, vakum selama berbulan-bulan, sampai akhirnya beres karena domain dan hosting sudah tidak diperpanjang lagi.

Untuk itu, jika anda ingin menjadi blogger yang sukses, hal pertama yang harus anda lakukan adalah belajar apa saja yang berhubungan dengan dunia blogging.

2. Konsisten pada pilihan yang diambil

Konsistensi adalah hal pertama yang harus anda tanamkan dalam diri sebelum terjun ke dunia blogging. Karena kata ini bisa menjadi parameter untuk mengukur kesuksesan anda selama menjadi blogger.

Saat pertama kali terjun ke dunia blogging saya sangat inkonsistensi. Yang paling mencolok adalah soal template yang digunakan dan niche yang dipilih.

Baca Juga : Cara memilih target kata kunci yang baik dan benar

Hasilnya? Dapat anda lihat di blog ini. Segala macam niche sudah saya bahas, mulai dari blogging, fisika, pesawat terbang hingga berita-berita hoax masa lampau.

Soal template pun demikian. Sudah tak terhitung berapa banyak kali saya berganti template, dengan alasan yang sangat klise yakni tampilannya yang kaku.

Anda bisa belajar dari pengalaman saya ini. Dan dari sini, anda bisa tahu kalau konsisten itu sangat penting dalam dunia blogging, terlebih bagi anda blogger pemula.

Kareana pada akhirnya konsistensi akan menjadi nilai penentu apakah anda layak disebut blogger yang sukses atau tidak.

3. Optimalisasi konten secara terus menerus

Optimalisasi konten ini sebenarnya adalah turunan dari poin pertama tadi. Karena, dengan melakukan optimalisasi konten, berarti anda berusaha untuk terus mempelajari hal-hal baru dalam dunia SEO.

SEO sangat penting bagi sebuah blog. Karena hal ini bisa dijadikan salah satu indikator untuk menunjukan apakah artikel-artikel di blog anda itu layak di baca atau sebaliknya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Kalau konten anda tidak di optimalkan dengan baik, siapa yang akan menjadi pengunjung di blog anda. Selain itu, blog anda mungkin juga akan susah di cari di mesin pencari karena konten-konten anda tidak dioptimalkan dengan baik.

Secara umum, ada dua aliran SEO. Yang pertama adalah SEO off page dan yang kedua adalah SEO On Page. Dua jenis SEO ini perannya sangat penting bagi sebuah blog.

Disisi lain, selain optimalisasi juga mencakup template yang digunakan. Oleh karena itu, pilihlah template yang cepat, support semua browser dan SEO friendly.

Jika elemen-elemen optimalisasi ini sudah anda terapkan di blog maka ada kemungkinan blog anda akan sukses di masa mendatang.

4. Bangun jejaring dengan blogger lain

Jangan pikir ini tidak penting. Dalam dunia blogging, meningkatkan jejaring dengan blogger lain secara tidak langsung berusaha menunjukan eksistensi anda sebagai blogger.

Eksistensi ini pada akhirnya akan menambah pengetahuan anda tentang blogging. Anda dapat bergabung ke komunitas blogger di Facebook, WhatsApp, Telegram atau di komunitas-komunitas lain seperti Quora atau Kaskus.

Baca Juga : Mengapa banyak blogger yang mencari artikel cara menghapus link kredit footer?

Setelah tergabung pada komunitas, jangan sungkan memberikan pendapat, masukan, komentar, kritik, saran dan lain sebagainya.

Cara ini pada akhirnya akan menjadi citra diri anda dan juga blog anda. Yang mungkin bisa membuat blog semakin populer dan dikenal oleh banyak orang.

5. Jangan cepat puas atas apa yang didapat hari ini

Seperti pepatah lama yang mengatakan, diatas gunung masih ada gunung. Dengan kata lain, kemampuan yang anda miliki hari ini harus terus dikembangkan dan diupgrade.

Jika anda puas pada pencapaian anda selama ini, bisa jadi hal itu adalah menajdi kesalahan terbesar yang pernah anda lakukan.

Oleh karena itu, jangan pernah cepat berpuas diri, jangan sombong terhadap pencapaian tersebut dan tidak boleh meremehkan blogger lain.

Jika trafik blog anda sedang tinggi, jangan puas karena besok belum tentu anda akan mendapatkan trafik yang sama.

Begitu juga soal penghasilan. Jika anda memperoleh CPC yang tinggi hari ini, mencapai ratusan ribu misalnya, besok tidak lagi.

Inilah yang saya maksud dengan kalimat jangan cepat berpuas diri. Dan ini akan menjadi faktor penting lain agar anda bisa sukses sebagai blogger.

Penutup

Menjadi blogger adalah sebuah kegiatan untuk memilih dan memutuskan. Misalnya, anda harus bisa memutuskan apakah akan menjadi full time blogger atau part time.

Anda juga harus terus akan mengasah skill, bersaing secara sehat dengan blogger, membagi waktu antara pasangan atau blog dan lain sebagainya.

Bagi saya pribadi, blogging adalah suatu aktivitas yang serba tidak pasti dan misterius. Sebab, semuanya fluktuatif dan selalu berubah-ubah.

Justru karena hal inilah saya suka dengan dunia blogging dan berusaha semakismal mungkin untuk membuat konten-konten yang berkualitas tinggi.

Meski sederhana, 5 poin ini pada akhirnya akan menjadi faktor-faktor yang akan menentukan apakah anda bisa sukses di dunia blogging atau tidak.

Demikian artikel tentang 5 tips sederhana agar bisa sukses sebagai blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *