Perbedaan Antara Stadium General Dan Studium Generale

8 Likes Comment
studium generale

Tidak banyak yang mengetahui perbedaan antara stadium general dan studium generale meskipun memang tidak ada pengertian yang resmi atas dua hal ini.

Namun, istilah ini kali pertama muncul sejak abad ke-13, dan tidak digunakan sebagai suatu yang biasa, dan secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah tempat atau objek yang menunjukan tempat para mahasiswa dari berbagai latar belakang universitas datang dan berkumpul. Mereka diundang dengan tujuan tersendiri, dan biasanya berkaitan dengan hal-hal akademis.

Ada satu pertanyaan menarik terkait dengan hal ini, yakni penyebutan soal stadium generale sendiri. Banyak yang menyebut dengan stadium generale ada juga yang mengatakan sebagai stadium general.

Misalnya, pada sebuah artikel yang diterbitkan oleh kompas.com, dengan judul berita: Stadium Generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika, yang tradisi ilmiahnya sudah mapan.

Baca Juga: Perbedaan Soal Mencari Pekerjaan Di Era Industri Dan Era Informasi, Blogger dan Youtuber Wajib Tahu!

Sementara, di Indonesia sendiri, kata stadium generale ini sering merujuk pada sebuah kuliah umum. Yang biasanya, semakin penting dilaksanakan oleh suatu institusi pendidikan tinggi, sebagai upaya untuk menambah wawasan baru yang mereka kembangkan, agar sesuai dengan perkembangan zaman yang ada.

Nah, untuk menambah wawasan tersebut, biasanya para diundang seorang pakar, atau profesional di bidangnya untuk datang dan memberikan materi.

Stadium General Dan Studium Generale: Dalam Perkembangan

Sementara, untuk saat ini, dalam perkembangannya kemudian, stadium generale tidak saja digunakan oleh universitas-universitas yang sudah mapan di Eropa, tetapi juga di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Sementara, deskripsinya tetap sama, yakni sebuah keadaan yang menunjukan kegiatan perkuliahan (umum) atau ceramah, termasuk juga kegiatan lain seperti seminar dengan tujuan khusus, seperti menambah ilmu pengetahuan misalnya.

Baca Juga : Membaca sastra di era digital

Sementara, pada sumber lain disebutkan bahwa Stadium generale adalah wadah yang akan memberikan motivasi dan pengetahuan mendasar yang memiliki sifat kebaharuan kepada mahasiswa yang hadir.

Upaya untuk memberikan motivasi dan pengetahuan itu, salah satu caranya ya tadi, menghadirkan pembicara-pembicara yang sudah ahli, professional dan pakar di bidangnya dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa serta memberikan semangat yang baru kepada mereka.

Sementara, apa sih yang membedakan dua kata ini? Berdasarkan dari hasil penelusuran, yang membedakan dua kata ini hanyalah, mungkin saja, asal kata tersebut.

Diketahui, stadium berasal dari Bahasa Jerman, yang berarti suatu penelitian atau pendidikan. Sementara, Generale diambil dari bahasa Italia, yang artinya Umum.

Baca Juga: Berbahayakah Menjadi Radikal?

Jadi, pengertian mengenai stadium generale adalah suatu penelitian atau pendidikan umum. Pengertian ini mungkin saja berarti suatu kegiatan kuliah umum atau mungkin ceramah umum yang sangat lazim dilakukan di universitas-universitas di Indonesia.

Jika demikian, lalu mengapa banyak orang yang menyebutkan stadium generale sebagai stadium general? Bahkan ada yang menyebutnya sebagai Studium generale, stadiun general, stadium general dan lain sebagainya.

Belum ada dalam KBBI

Meski kata-kata ini sebenarnya adalah berarti sama, atau tujuannya sama, tetapi penyebutannya yang mungkin berbeda. Yang benar tentu saja berdasarkan bahasa asalnya yakni Stadium general. Kalaupun kita menggunakan stadium general, mungkin karena sudah di lokalitaskan, dan sudah sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Sementara, kata stadium generale belum ada dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan pengecekan dalam KBBI V, kata stadium generale tidak ditemukan. Hanya kata Stadium, sementara kata generale atau general belum ada.

Kata stadium sendiri disini berarti suatu tingkatan daur hidup atau perkembangan suatu proses (1) dan juga tingkatan masa penyakit (2). Tidak ada kata yang merujuk pada pengertian sebagaimana yang dijelaskan diatas.

Baca Juga: Praksis bersama untuk Indonesia

Meski demikian, apapun penggunaan kata ini, yang jelas tetap mengarah pada kuliah umum. Dan ini sudah sangat lazim digunakan.

Dan ada satu hal yang sangat penting untuk diketahui, bahwasanya, Stadium generale bukan merupakan kegiatan asal-asalan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara, dalam hal ini institusi perguruan tinggi.

Tetapi stadium generale adalah sebuah konsep kegiatan yang bertujuan menghadirkan sebuah perkuliahan dengan menghadirkan berbagai pakar yang memiliki kemampuan yang berbeda satu dengan yang lain, dan memberikan kuliah umum yang bersifat interdisipliner.

Begitu juga dengan para pakar tersebut, atau para ahli dan professional di bidangnya. Mereka bukanlah orang sembarangan, dan harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup serta sudah diakui oleh komunitas ilmiah lain.

Lantas, mengapa banyak orang yang menyebut stadium general sebagai studium generale? Mungkin salah satu alasannya karena terpengaruh atas penggunaan bahasa sehari-hari.

Tondano, 17 Januari 2019

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *