Perbedaan Antara Stadium General Dan Studium Generale

22 Likes Comment
studium generale

Pernah gak anda bertanya-tanya, apa sih perbedaan antara stadium general dan studium generale? Dan mengapa dua kata ini sering digunakan saat ada kegiatan-kegiatan serupa seminar di Kampus?

Memang sih, hingga kini, tidak ada pengertian yang secara resmi menjelaskan apa itu studium generale dan apa itu stadium general.

Studium generale sendiri merupakan sebuah istilah yang pertama kali muncul pada abad ke-13 di kampus-kampus Eropa.

Secara sederhana, kata ini merujuk pada sebuah tempat perkuliahan yang paling bergengsi di Benua Biru tersebut.

Dan semua orang dari seluruh dunia bisa datang berkuliah atau mendapatkan pendidikan di studium generale.

Intinya, stadium generale adalah tempat para mahasiswa dari berbagai latar belakang universitas datang dan berkumpul.

Mereka diundang dengan tujuan tertentu, namun sebagian besar berkaitan dengan hal-hal akademis.

Seiring waktu berjalan, kata ini mengalami perluasan makna. Salah satu bentuk perluasan tersebut ada pada penggunaan istilah ini dari segi bahasa.

Apa sih perbedaan antara stadium general dan studium generale?

Lantas, apa sih perbedaan antara dua istilah ini? Mengapa banyak yang sering memaduratakannya?

Salah satu contohnya adalah pada sebuah artikel yang ditulis kompas.com dengan judul berita: Stadium Generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika, yang tradisi ilmiahnya sudah mapan.

Atau berita yang ditulis oleh liputan6 dengan judul: Stadium General Memotivasi Generasi Muda UNDIP

Disisi lain, beberapa kampus menggunakan istilah stadium generale mulai dari Institut Teknologi Sumatera [ITERA], IAIN Purwokerto dan beberapa kampus lain.

Lantas, mana yang benar sih? Apakah stadium general atau studium generale? Mengapa banyak orang yang memaduratakan dua istilah ini?

Untuk meluruskannya, saya sudah membaginya menjadi dua topik pembahasan. Antara lain:

#1 Studium generale

Ada banyak literatur yang bisa dijadikan referensi untuk melihat pengertian dari dua suku kata ini. Anda bisa menggunakan kamus Merriam-Webster atau Oxford Reference.

Dari dua sumber ini diketahui bahwa studium generale, yang di beberapa wilayah Eropa menyebutnya sebagai studia generalia, adalah tempat atau institut dimana orang-orang dari seluruh dunia dapat belajar tentang subjek ilmu apapun.

Secara etimologi, studium generale berasal dari bahasa Latin, yang berarti tempat belajar universal atau tempat belajar umum.

Jika dilihat dari segi sejarah, studium generale adalah sebuah adat atau kebiasaan lama dari beberapa universitas Eropa dengan status wah atau elit.

Status tersebut diperoleh berdasarkan reputasi dan umur universitas. Ada beberapa universitas yang memiliki status studia generalia seperti universitas Bologna, Oxford dan lain sebagainya.

#2 Stadium general

Tidak ada pengertian yang secara eksplisit menjelaskan pengertian stadium general ini. Dari sisi penggunaan, kata ini sebenarnya merujuk pada studium general sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas.

Hal ini didukung oleh beberapa sumber yang mengatakan kalau stadium general merupakan bentuk jamak dari studium general atau studia generalia itu sendiri.

Jadi, dapat diartikan kalau stadium general merupakan bentuk jamak dari studium generale atau studia generalia.

Kalau begitu dimana letak perbedaannya?

Perbedaannya terletak pada bentuk kegiatannya. Mungkin saja, stadium general adalah bentuk kegiatan serupa seminar atau ceramah sementara studium generale merupakan kuliah umum.

Lantas, apa perbedaan antara seminar, ceramah dan kuliah umum? Perbedaannya terletak dari segi peserta.

Seminar dan ceramah bisa dihadiri oleh siapa saja dengan pembicara yang juga bisa dari siapapun. Sementara, kuliah umum juga ceramah, namun hanya dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan.

Jadi, pengertiannya sama dong? Betul. Hanya bentuk kegiatannya saja yang berbeda. Intinya, dua istilah ini merujuk pada sebuah kegiatan perkuliahan (umum) semacam ceramah atau seminar.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Disisi lain, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa stadium general merupakan wadah yang akan memberikan motivasi dan pengetahuan mendasar dengan sifat kebaharuan kepada para peserta.

Upaya untuk memberikan motivasi dan pengetahuan itu terjadi lewat kehadiran pembicara-pembicara ahli, profesional dan pakar dibidangnya, dengan tujuan untuk mentransfer pengetahuan pada peserta.

Poin ini juga yang terjadi menjadi maksud dan tujuan diadakannya stadium general atau studium generale.

Jadi, pengertian stadium general adalah suatu kegiatan semacam ceramah atau seminar dengan topik apa saja.

Pengertian ini juga telah mengalami perluasan makna seiring dengan amburadulnya penggunaan istilah ini.

Bahkan ada yang menyebutnya sebagai studium generale, studium general, stadium general dan lain sebagainya.

Entahlah, tidak ada catatan resmi mengenai peralihan istilah ini. Mungkin dari segi penyebutan kata dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah makanya digunakan istilah stadium general.

Musbebabnya karena penyebutan studium generale dalam bahasa Inggris dimana kata u terdengar seperti a [ˈstüdēəmˌgenəˈräˌlā ] makanya disebut begitu dalam bahasa Indonesia. 

Belum ada di KBBI

Sejauh ini, baik studium generale atau stadium general belum masuk ada di KBBI. Kata stadium sendiri sudah masuk, dengan pedanan yang sama, namun memiliki arti yang berbeda yakni:

  • suatu tingkatan daur hidup atau perkembangan suatu proses (1)
  • tingkatan masa penyakit (2)Perbedaan Antara Stadium General Dan Studium Generale

Kedepannya, mungkin istilah ini bakal dimasukkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hanya menunggu waktu saja.

Penutup

Dari penjelasan diatas, apapun istilah yang digunakan baik stadia generalia, studium generale atau stadium generale, semuanya merujuk pada suatu kegiatan perkuliahan umum.

Disisi lain, ada satu hal penting yang harus anda ketahui juga, bahwasanya, kegiatan tersebut merupakan sebuah kegiatan yang serius, enggak asal-asalan dan selalu berlangsung dalam tataran ilmiah.

Dari kegiatan ini pula, para peserta akan mendapatkan manfaat. Secara umum, ada beberapa manfaat stadium general atau studium generale ini mulai dari memperoleh pengetahuan baru, bisa berkumpul dengan berdikusi dengan orang lain, kritis, tahu kondisi zaman dan lain sebagainya.

Dan biasanya juga, bukan hanya pihak istitut atau perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan semacam ini, tetapi juga ormawa [organisasi kemahasiswaan] baik intra dan ekstra kampus, Lembaga swadaya masyarakat [LSM] dan lain sebagainya.

Nah demikian artikel tentang perbedaan antara stadium general dan studium generale. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *