11 Cara Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar

4 Likes Comment
Cara Optimasi SEO On Page

11 Cara Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar Untuk Blog – Mengoptimalkan kata kunci didalam postingan blog adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh blogger.

Dengan teknik pengoptimalan yang tepat, dapat meningkatkan reputasi blog anda menjadi lebih baik lagi, baik di mata mesin telusur ataupun di mata pengunjung blog anda.

Disini saya akan mengulas 11 cara mengoptimalkan SEO on-page di postingan blog. Tidak ada teknik khusus yang akan saya ulas disini, hanya teknik yang paling umum. Meski demikian banyak orang yang menganggap remeh hal ini.

11 Cara Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar

Dan semua yang saya ulas disini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Dari pengalaman saya tersebut, saya uraikan menjadi 11 poin. Nah berikut disajikan artikel tentang 11 cara optimasi SEO On-Page untuk postingan blog. Apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Buat atikel yang lebih Panjang Artikel

Dengan membuat artikel yang lebih panjang menandakan bahwa anda menawarkan hal yang lebih kepada pengunjung blog anda.

Memang sih, artikel yang lebih pendek lebih mudah dimengerti oleh banyak orang, namun lama kelamaan artikel pendek tersebut akan tertutup dengan artikel yang lebih panjang.

Baca Juga : Belajar Dari Katakanlah, Bukan SEO Tapi Konten

Percaya atau tidak, artikel yang lebih panjang mempunyai posisi yang lebih di mata search engine. Alasannya sederhana, karena search engine saat ini berfungsi untuk memberikan jawaban. Dan mereka juga berusaha memberikan jawaban yang tidak hanya ‘Ya’ atau ‘tidak’ namun disertai alasannya.

Beberapa artikel yang saya jumpai memang lebih pendek, bahkan dibawah dari 200 karakter, namun bisa menempati urutan pertama SERPs.

Setelah ditelusuri alasannya sederhana, karena kueri yang ditargetkan tersebut tingkat persaingannya rendah dan persaingannya itu hanya diisi oleh blog-blog yang sudah gak keurus lagi.

Kalau anda ingin mendapatkan tempat yang lebih baik di mesin telusur anda wajib membuat artikel lebih panjang lagi. Selain itu, ini untuk mempertahankan posisi anda di mesin telusur.

2. Targetkan Long Tail Keyword

Soal ini ada yang mengatakan bahwa idealnya kita harus menargetkan diatas 3-5 kata. Ini benar. Dan inilah yang dimaksud dengan long tail keyword.

Mengapa harus menargetkan kata long tail keyword? Alasannya sederhana. Karena kata kunci long tail belum banyak di ulas oleh situs web. Selain itu, kata kunci long tail lebih variatif.

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger Agar Bisa Sukses

Misalnya, jika blog anda membahas mengenai, “Makanan dari Sumatera Barat” yang terdiri dari empat kata, jika anda mengetikan ‘Sumatera barat dari makannya’ hasil di SERP akan berbeda.

Karena itu, usahakan agar anda menargetkan kata kunci yang long tail. Perhatikan juga tingkat persaingannya.

3. Keyword Turunan

Nah ini juga penting. Soal ini sepertinya searah dengan poin pertama yang saya bahas diatas. Dengan membuat keyword turunan berarti anda ikut menargetkan kata kunci yang berbeda untuk artikel yang sama.

Misalnya, jika konten anda menargetkan makanan dari Sumatera, maka keyword Turunannya Bisa Makanan dari Sumatera Barat, Makanan dari Sumatera Barat Murah, Makanan dari Sumatera Barat Yang terjangkau, Makanan dari Sumatera barat Yang Paling Populer.

Semua ini adalah keyword Turunan. Jadi manfaatkan ini dengan baik. Salah satu cara paling natural untuk memanfaatkan hal ini adalah dengna membuat artikel yang lebih panjang.

4. Manfaatkan Latent Semantic Index

Dalam arti yang sebenarnya, semantic adalah sebuah ilmu tentang makna kata atau kalimat. Atau suatu pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata.

Sebenarnya, secara tidak langsung ini sama saja dengan keyword turunan, bedanya, disini kita lebih mempersempit keyword turunannya.

Baca Juga : 10 Cara Cerdas Memperoleh Backlink Untuk Blog

Maksudnya apa? Maksudnya, kita membut keyword turunannya berdasarkan sinonim dan antonim dari kata yang kita targetkan tersebut.

Misalnya, kalau anda menargetkan makanan dari sumatera barat, semantiknya bisa cemilan dari sumatera barat, oleh-oleh dari Sumatera barat dan lain sebagainya.

Dengan menempatkan Semantik ini, memungkinkan artikel kita lebih renyah dan padat ketimbang dengan membuat keyword turunan yang bisa dibuat di artikel yang berbeda. Nah kurang cerdas-cerdasnya anda saja dalam membuat postingan blog.

5. Tag Heading, Sub Heading, Dan Minor Heading

Karena saya menggunakan blogger untuk membahas ini, maka mengoptimalkan tag adalah hal yang sangat wajib. Mengapa? Karena dengan metode pengoptimalan yang tepat dapat membuat posisi blog kita menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah dengan mengotpimalkan tag heading ini. Bagaimana cara mengoptimalkannya? Ya manfaatkan keyword turunan atau LSI dengan tag ini. Cara penyajiannya mungkin berbeda untuk setiap template.

Tag H1 (Heading) adalah deskripsi blog, tag H2 (sub-heading) adalah navigasinya dan H3 (minor heading) adalah isi artikelnya. Namun tetap manfaatkan tag H1 dan H2 tersebut dengan cara memasukkan kata kunci H1 dan H2 didalam postingan blog anda.

6. Optimasi Gambar

Metode untuk pengoptimalan gambar dapat dilakukan dengan memasukan ALT Text dan Title Text gambar tersebut.

Disini ada dua cara untuk memasukan ALT dan Title text, dengan cara memasukan Properties atau masuk ke mode HTML blog. Lebih mudah jika menggunakan Properties.

7. Kepadatan Kata Kunci

Nah ini juga berperan penting. Menurut pengalaman saya pribadi, untuk postingan 500 kata minimal kita memasukan tiga atau empat kata kunci didalam postingan blog.

Salah satu kata kunci tersebut harus digunakan sebagai salah satu tag entah itu H1 dan H2. Jika artikel anda diatas dari 1000 karakter, mungkin sudah seharusnya anda memasukan lebih dari 5 kata kunci. Tapi jangan berlebihan, karena akan dianggap postingan spam.

Baca Juga : Cara Mendeteksi Kanibalisasi Kata Kunci di Blog

Metode untuk memasukannya bisa dengan menempatkan kata kunci di awal artikel, tengah artikel dan akhir artikel. Lebih bagusnya lagi kalau anda memasukkan lebih kata kunci disetiap dari 100 paragraf.

8. Link Artikel

Meski beberapa orang menyebut kalau link sudah gak berpengaruh dalam hal SEO, tapi menurut saya pengaruhnya tetap tinggi. Bisa saja 10% dari SEO. Di Google, termasuk juga di mesin telusur lain, link artikel berpengaruh terhadap posisi artikel di SERPs.

Metodenya adalah dengan memasukkan kata kunci di link artikel. Menurut pengalaman saya, masukan saja kata kunci artikel anda di link artikel. Itu saja.

Misalnya target kata kunci blog anda adalah makanan dari Sumatera Barat, maka masukan saja makanan dari Sumatera barat di link artikel.

9. Deskripsi Penelurusan

Nah ini yang sering membuat bingung banyak orang. Jika di deskripsi penelusuran sudah diaktifkan, maka tentunya deskripsi penelusuran juga akan aktif.

Untuk membuat deskripsi penelusuran ada baiknya ada memasukkan 100 kata pertama konten di blog anda. Usahakan, dari 100 kata pertama itu berisikan kata kunci yang hendak ditargetkan.

10. Targeting Lokasi

Kalau menurut saya ini gak terlalu penting, namun kalau anda ingin menargetkan makanan dari Sumatera Barat tujuan bisnis, memasukan targeting lokasi adalah hal yang wajib anda lakukan.

Ini menunjukan keberadaan bisnis tertentu, apalagi jika anda sudah memasukan nama rumah makan didalamnya.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis di Internet

Targeting lokasi paling kecil yang itu per kecamatan, yang lebih besar per negara. Optimasi lokasi membuat pengunjung lebih memahami apa yang anda tulis dan kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama Google jika postingan blog anda bertujuan untuk bisnis.

11. Kategori

Kategori artikel juga memiliki peran yang sangat penting untuk postingan blog anda. Ini lebih mengarah pada label postingan anda.

Selain itu, ini juga memudahkan anda atau pengunjung untuk melihat kumpulan artikel berdasarkan label tertentu. Dan lebih mudah untuk mencari artikel-artikel yang mungkin disukai oleh pembaca.

Nah demikian artikel saya tentang 11 Cara Optimasi SEO On Page Untuk Postingan Blog. Untuk melengkapi postingan ini, saya juga sudah membuat satu artikel tentang Optimasi SEO Off Page yang baik dan benar.

Silahkan baca artikel tersebut agar pemahaman tentang SEO anda menjadi lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *