Menguak 3 Rahasia SEO Lokal Yang Jarang di Optimalkan

7 Likes Comment
seo lokal

Salah satu komponen penting dari pengoptimalan mesin telusur adalah dengan memanfaatkan SEO lokal. Ini selaras dengan mesin pencari untuk wilayah yang secara geografis sudah di definisikan dan ditargetkan.

Dalam artikel ini saya akan menyajikan 3 rahasia SEO lokal yang harus anda maksimalkan untuk anda yang bergerak ke bisnis lokal.

Spesialis SEO lokal di Essex menawarkan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan jenis koneksi langsung pada konsumen yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Untuk bisnis dengan lokasi fisik, manfaat dari SEO lokal terbukti berhasil dan bisa mendatangkan pelanggan baru.

Yang mungkin anda belum ketahui bahwa sebagian besar bisnis lokal yang lagi tren atau viral saat ini bahkan tidak memiliki lokasi fisik. Untuk itulah, jika anda memiliki bisnis lokal yang punya lokasi fisik, anda bisa memanfaatkan fitur SEO yang satu ini.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Yang pada akhirnya membantu meningkatkan tujuan komersil anda sendiri lebih terukur apalagi jika pengunjung sudah terjun dalam domain pencarian lokal.

Menguak 3 Rahasia SEO Lokal Yang Jarang di Optimalkan

Dan untuk memaksimalkan SEO lokal, sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini. Mengapa? Sebab tiga komponen ini adalah komponen inti dari SEO lokal.

1. Memaksimalkan Google Bisnisku

Google bisnisku pada dasarnya adalah alat Google yang dapat membantu pengusaha lokal untuk terus berkembang dalam menjalankan bisnis mereka.

Produk ini sangat mudah digunakan.  Intinya, Google Bisnisku memberikan peluang kepada pebisnis untuk mendaftarkan semua informasi penting mengenai bisnisnya di satu lokasi saja.

Ketika mendaftarkan bisnis tersebut, maka anda akan memperoleh manfaat tambahan. Diantaranya, anda akan memperoleh pelanggan baru karena mereka biasanya akan memberikan ulasan di halaman pencarian Google.  Semua pebisnis pasti tahu betapa pentingnya ulasan pelanggan.

Baca Juga : Cara Mudah Menerapkan SEO di Postingan Blog

Setelah memiliki akun Google Bisnisku, dan anda sudah menjalankannya, pastikan juga untuk menggunakan postingan google dalam akun Anda tersebut.

Fitur ini relatif baru untuk bisnis, outlet pos memungkinkan Anda dapat mempromosikan acara atau produk dan bisa menjangkau pelanggan dengan cara otentik dan langsung.

Disini, Anda juga harus memperhatikan dua hal yakni meminta pelanggan untuk meninggalkan ulasan tentang bisnis Anda dan menerima segala bentuk kritik sebagai salah satu cara untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penawaran mengenai produk lain di kemudian hari.

2. Perkuat SEO on-page

SEO on-page pada dasarnya terdiri dari spektrum tugas yang luas. Namun, dari perspektif optimasi lokal agak sedikit dipersempit bidangnya, terlebih dalam pencarian di mesin telusur.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Seiring dengan jangkauan dari strategi backlink yang sedang berlangsung, yang secara tidak langsung tidak terlalu mempedulikan apa yang ingin ditargetkan disana, terlebih soal tempat dan ulasan seperti pada poin nomor satu.

Itu berarti, anda harus berpikir bahwa setiap elemen visual dari halaman situs web Anda berkaitan erat dengan bisnis anda. Artinya, Anda harus melakukan beberapa hal seperti dibawah ini:

  1. Melakukan riset kata kunci dengan menyeluruh
  2. Membuat URL yang singkat dan familiar
  3. Menyempurnakan tag judul (70 karakter atau kurang)
  4. Menggunakan header dengan kreatif dan menarik
  5. Deksripsi meta tag berdasarkan kata kunci lokal
  6. Konten yang padat dan teratur

Pada poin ini, berarti anda mulai mengejar strategi pencarian lokal dengan optimal. Perlu diingat bahwa ada dua jenis kata kunci yang anda targetkan secara geografis disini.

Anda juga harus menerapkan penelusuran geo-modifikasi yang memungkinkan bisnis anda berubah menjadi seperti toko online.

Baca Juga : Cara Optimasi Konten Setelah Ikut Lomba SEO

Anda juga memiliki pencarian geo-lokasi, yang akan menjadi acuan pelanggan yang siap mengunjungi dan berbelanja pada bisnis anda tersebut.

Cukup maksimalkan dua hal ini maka anda telah membongkar rahasia SEO lokal dan memaksimalkan peluang anda untuk tampil di mesin pencarian Google.

3. Tingkatkan branding

Sekarang saatnya Anda melakukan kegiatan yang paling menyenangkan, yakni mendapatkan backlink. Tanpa perlu banyak cincong, titik utama backlink adalah untuk menjadikan situs Anda disebutkan sebanyak mungkin orang dalam platform pihak ketiga.

Untuk mencari nama dilingkup lokal, terutama di mesin telusur Google, anda harus mempertimbangkan tiga pendekatan utama antara lain :

  1. Direktori online
  2. Blogger lokal
  3. Buat halaman atau acara lokal

Pencarian lokal berarti pencarian yang sangat spesifik. Dari semua teknik pemasaran yang saya lihat, sebagian besar tujuannya adalah untuk menjangkau serta mengenal audiens sekaligus memberikan jawaban atas apa yang mereka cari.

Untuk mengoptimalkan pencarian lokal, anda bisa memanfaatkan orang lain yang lebih paham tentang optimasi SEO lokal.

Baca Juga : 10 Layanan Google Yang Harus Anda Maksimalkan Sebagai Blogger

Sejauh ini, saya belum punya rekomendasi soal ini tapi mungkin di artikel selanjutnya, saya akan berikan saran.

Yang jelas, pemasaran digital saat ini menjadikan sebuah tujuan menjadi sangat spesifik untuk mencapai target bisnis yang ada dalam situs atau blog meski sering kali tujuannya untuk menciptakan identitas yang dimurnikan dari prosesnya.

Penutup

Oke, saya pikir 3 rahasia optimasi SEO lokal sudah cukup. SEO lokal sangat penting untuk bisnis apalagi di era sekarang ini, dimana internet sudah merambah dari sekedar menyediakan konten juga menyediakan toko, rumah makan, panti pijat dan lain sebagainya dengan lengkap seperti ulasan, bintang dan juga review.

Memanfaatkan SEO lokal bisa mendongkrak bisnis lokal anda sendiri secara berangsur-angsur karena bisnis anda itu muncul di hasil pencarian lokal yang sangat spesifik.

Selain itu juga, memaksimalkan bisnis lokal anda memungkinkan bisnis tersebut untuk tampil di penelusuran suara. Demikian artikel tentang 3 rahasia SEO lokal. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *