Guys, Sebaiknya Lakukan 20 Hal Ini Sebelum Berusia 30 Tahun

6 Likes Comment
hal yang harus dilakukan sebelum berusia

20 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Berusia 30 Tahun – Banyak orang yang suka menyebut dirinya sebagai orang dengan tipe yang tidak pernah suka terlambat bahkan tidak memasukkan kata ini dalam kamus perbendaharaan pribadi.

Misalnya, tidak ada kata terlambat untuk berlibur di luar negeri atau tidak ada kata terlambat untuk memperoleh pekerjaan impian, tidak ada kata terlambat untuk merebut hati wanita idaman dan lain sebagainya.

Tapi baiknya anda jujur saja disini. Jujur soal apa? Soal berapa banyak hal yang sudah anda capai di usia anda yang sekarang? Apakah sudah sesuai dengan yang anda harapkan atau justru sebaliknya. Jika belum maka sudah saatnya melakukan resolusi. Apalagi jika anda belum berusia 30 tahun.

Sebenarnya juga ada hal yang harus dilakukan sebelum menginjak usia 30 tahun. Alasannya sederhana karena usia dibawah 30 tahun adalah usia paling produktif bagi manusia.

Saat itu adalah saat dimana waktu, energi, kebebasan dan cita-cita berkumpul dalam satu tubuh, yakni tubuh anda.

Saat itu juga adalah saat dimana anda mulai memahami lingkungan dan orang-orang disekitar anda, baik secara langsung atau tidak.

Selain itu, sebelum anda menginjak usia 30 tahun ada baiknya anda sudah pernah melakukan beberapa hal dibawah ini.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Jangan sampai setelah anda berusia diatas 30 tahun anda lalu berkata bahwa semua itu sudah terlambat. Sudah sibuk mengurusi keluarga.

Sibuk membesarkan anak-anak dan lain sebagainya. Yang jelas, anda lebih sibuk untuk membangun bahtera rumah tangga anda sendiri.

Dan dimasa-masa setelah itu anda hanya bisa memikirkan kenang-kenangan yang mewujud satu per satu. Memikirkan masa-masa kelam anda dan masa-masa indah yang pernah anda lakukan di usia sebelumnya.

Masa-masa dimana ada banyak sekali hal konyol, aneh dan gak masuk akal yang pernah anda lakuin sebelumnya, lalu tertawa keras. Mudah-mudahan gak kayak gitu ya.

Guys, Sebaiknya Lakukan 20 Hal Ini Sebelum Berusia 30 Tahun

Lalu apa saja hal yang harus dilakukan sebelum menginjak usia 30 tahun? Ada 20 hal, antara lain:

1. Kuliah

kuliah
via quipper.com

Hal yang harus dilakukan sebelum menginjak usia 30 tahun yang pertama adalah kuliah. Ini amat penting sekarang sebab bisa menjadi dasar pendidikan dan juga dasar untuk memperoleh pekerjaan.

Terkendala ongkos, bisa ambil beasiswa kok. Jadi jelas, kalau terkendala biaya bukanlah masalah sebenarnya. Masalah sebenarnya adalah anda. Diri anda sendiri dan semangat untuk bisa duduk di bangku kuliah.

Kampus akan menjadi laboratorium perilaku yang tak ternilai harganya. Di kampus anda bisa memperoleh teman baru, kenalan baru, bisa keluar dari zona nyaman dan memiliki ketrampilan belajar yang sangat berguna di masa mendatang.

Dan sebagian besar pekerjaan saat ini sebenarnya membutuhkan pekerja yang telah lulus kuliah. Lulus kuliah tepat waktu akan memberi anda kesempatan lebih besar untuk sukses di masa mendatang.

2. Belajar memasak untuk diri sendiri

belajar memasak sendiri
via akamaized.net

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada memasak untuk diri sendiri. Memasak lalu mendapat pujian dari teman atau keluarga anda adalah kepuasan yang tiada tara.

Selain itu, memasak makanan untuk diri sendiri bisa menjadi satu tolok ukur bahwa anda bahagia di kemudian hari.

Sebab, memasak untuk diri sendiri sudah tentu wajib memasak makanan terbaik, dari bahan-bahan segar (masa sih?), tetapi secara keseluruhan, itu sebenarnya hanyalah hobi yang spesial dan menyenangkan.

Anda tidak harus menjadi koki atau juru masak yang handal untuk bisa di puji. Setidaknya, cukup puji diri anda sendiri jika masakan yang anda buat itu enak dan nikmat.

3. Mengetahui riwayat keluarga

mengetahui riwayat keluarga
via zurich.co.id

Usia dibawah 30 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengetahui riwayat keluarga anda sendiri. Waktu ini adalah waktu dimana anda harus duduk bersama dengan nenek dan kakek, dan juga orang tua anda lalu berbicara mengenai silsilah keluarga anda.

4. Mengikuti lari maraton

lari maraton
via buletindewata.com

Lari maraton sebenarnya adalah hal paling epik yang harus anda alami sebelum anda berusia dibawah 30 tahun.

Dengan mengikuti lari maraton, anda mendorong diri anda untuk menetapkan tujuan, membangun kepercayaan diri, menjelajahi tempat-tempat baru dan bertemu orang-orang baru.

Sangat menyenangkan bahwa selama sisa hidup, apalagi jika sudah berusia diatas 30 tahun, anda sudah pernah mengikuti lari maraton.

5. Latihan rutin

berolahraga
via kompas.com

Semakin rajin anda berolaharga semakin besar peluang anda untuk mempertahankan rutinitas yang telah anda lakukan. Ini sebenarnya soal kebiasaan anda sendiri.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Harus dijelaskan juga bahwa olahraga dapat mengendalikan berat badan, suasana hati, bisa mengurangi stress dan mencegah berbagai macam penyakit. Untuk itu, ada baiknya anda mulai lakukan ini sebelum anda berusia 30 tahun.

6. Menabung

menabung
via bungkul.com

Mungkin terlalu cepat kalau kita berbicara tentang soal pensiun yang bakalan anda alami suatu hari nanti. Semakin cepat anda menabung semakin banyak uang yang anda miliki.

Karena masa-mesa pensiun adalah tahun emas anda. Uang yang anda simpan di usia 20-an tahun, akan berjumlah miliaran saat anda pensiun nanti dan ini akan sangat berguna untuk menjalani hari tua anda.

7. Tingkatkan pengetahuan anda tentang lingkungan sekitar

ilmu pengetahuan sekitar
via carabisnisonline.co.id

Seiring bertambahnya usia, anda akan diundang ke lebih banyak acara. Dan biasanya, saat acara itu berlangsung seseorang akan mengajak anda berbicara dan berbagi pengalaman tentang hal-hal disekitar anda.

Meningkatkan pengetahuan anda dapat membantu anda memperoleh teman bicara yang lebih banyak. Pelajari hal-hal yang umum disekitar yang menurut anda itu menarik untuk dibicarakan.

8. Temukan Best Friend Forever (BFF)

best friend forever
via tempo.co

Berbicara tentang persahabatan akan anda kenangan lucu yang diingat jika anda sudah menginjak usia diatas 30 tahun. Saat anda masih muda, semua orang sepertinya bisa menjadi teman anda.

Namun seiring bertambahnya usia, anda akan menyadari bahwa anda hanya benar-benar membutuhkan beberapa teman.

Dari beberapa teman anda itu, ada seseorang yang benar-benar penting dan tahu segalanya tentang anda. Dia adalah sahabat anda.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik Saat Ini

Coba bayangkan, orang yang tahu tentang anda masih berteman dengan anda sampai sekarang ini? Untuk itu temukan teman yang berkualitas yang anda sukai dan ingatlah bahwa persahabatan membutuhkan usaha.

Luangkan waktu lebih untuk teman anda sehingga anda bisa memperoleh teman yang akhirnya menjadi sahabat. Sebab sahabat adalah normaliser paling penting bagi hidup anda.

9. Mendapatkan pekerjaan impian

pekerjaan impian
via merahputih.com

Ingin bekerja dimana nanti? Udah punya cita-cita belum? Perlu anda ketahui tidak mudah memperoleh pekerjaan impian di masa sekarang ini. Apalagi jika pekerjaan impian anda itu sebenarnya membutuhkan ketrampilan khusus.

Jika anda bermimpi untuk bisa bekerja seperti di Google atau di Facebook, sebaiknya mulai asah ketrampilan anda saat ini. Sebeb, pekerjaan seperti itulah yang paling diimpikan oleh anak-anak muda sekarang ini.

10. Temukan hal yang paling disukai

pacuan kuda
via detik.com

Berbuat baik dengan orang lain akan membuat anda menjadi individu yang lebih toleran dan berbelas kasih. Untuk itu, sebelum anda berusia dibawah 30 tahun, cari tahu hal apa yang paling anda pedulikan, jika sudah, curahkan semua kemampuan anda untuk hal tersebut, seperti misalnya menjadi sukarelawan, aktivis lingkungan dan lain sebagainya.

11. Menulis sebuah cerita

menulis
via okeinfo.net

Menulis sebuah cerita seperti cerita fiksi bisa meningkatkan kreativitas dan membantu anda mengembangkan ketrampilan menulis anda, terutama di dunia yang serba cepat dan instan ini.

12. Membaca banyak buku

membaca banyak buku
via pmkritondano.or.id

Membaca memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat meningkatkan imajinasi, kemampuan otak, meningkatkan ketrampilan komunikasi dan menjaga otak tetap nyaman serta membantu anda mempelajari ilmu dan pengalaman baru.

Jadikan kebiasaan membaca sebagai salah satu hal yang harus anda lakukan sebelum berusia 30 tahun. Karena kebiasaan ini adalah kebiasaan yang positif dan bermanfaat untuk diri anda sendiri.

13. Belajar disiplin

belajar disiplin
via bungkul.com

Ini mungkin terdengar seperti topik yang urgent dan menantang. Tetapi belajar disiplin sangat berguna di masa mendatang, terutama jika nantinya anda sudah bekerja. Jika diasah sejak dini, disiplin akan meningkatkan ketrampilan organisasi anda. Jadi, tunggu apa lagi?

14. Berhenti merokok

berhenti merokok
via jawapos.com

Kita semua pernah membuat kesalahan saat masih muda. Salah kesalahan bodoh itu yang pernah dilakukan mungkin adalah merokok.

Merokok mungkin terdengar keren jika anda masih kuliah atau masih duduk bangku sekolah, tetapi itu bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan anda dan juga orang-orang disekitar anda.

15. Manjakan diri anda dengan kemewahan, setidaknya sekali saja

manjakan diri
via smart-money.co

Ini tidak berarti anda harus mengeluarkan isi kartu kredit anda sampai habis. Tidak kok! Ini berarti bahwa anda harus menikmati hasil dari kerja keras anda selama ini. Seperti misalnya, makan di restoran eksklusif atau membeli barang-barang mewah seperti Tas Gucci.

Pada akhirnya, hal ini akan membuat anda sadar untuk tetap menghemat dan mengajari anda untuk menabung demi membeli barang-barang idaman.

Usahakan juga agar tidak menjadi orang yang selalu harus memiliki yang terbaik dan menghabiskan banyak untuk hal itu.

Melakukan hal ini pun cukup menyenangkan dan juga menegangkan. Coba sekali waktu berbelanjalah dengan royal setidaknya sekali saja.

Hal ini juga akan memotivasi anda untuk bekerja lebih giat lagi dan mendorong anda untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

16. Mengalami kegagalan

merasakan kegagalan
via detik.com

Hal ini adalah hal yang wajib anda alami sebelum anda menginjak usia 30 tahun. Ada banyak versi kegagalan. Seperti misalnya, ditolak mentah-mentah oleh cewek idaman.

Tetapi, perlu anda ketahui, tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar, tumbuh dan berkembang serta menjadi sukses dimasa depan selain pernah mengalami kegagalan.

17. Bernyanyi di depan umum

bernyanyi di depan umum
via doktersehat.com

Percaya atau tidak, bernyanyi bisa mengubah otak. Faktanya juga, bernyanyi dapat membuat anda bahagia serta bisa mengurangi stress, kesepian dan meningkatkan rasa percaya diri.

Jika anda takut berbicara di depan umum, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi rasa takut ini dengan bernyanyi di depan umum, pada suatu malam, didepan orang-orang yang tidak anda kenal. Misalnya pada acara ulang tahun teman atau pesta pernikahan mantan.

Bernyanyilah sedemikian rupa, sampai seseorang memberi tahu anda untuk berhenti bernyanyi karena suara anda tersebut. Hal ini bisa membantu anda untuk tidak takut lagi berbicara didepan banyak orang.

Bernyanyilah, meskipun suara anda sumbang atau mirip terompet. Kalau anda terlalu malu melakukan hal ini didepan umum, gunakan kamar mandi untuk bernyanyi atau bisa juga didalam mobil.

18. Bepergian sendiri

jalan-jalan sendiri
via worldnomads.com

Ini mungkin terdengar menakutkan. Tetapi bepergian sendiri mendorong anda untuk keluar dari cangkang dan zona nyaman anda, serta membantu anda menemukan siapa diri anda sebenarnya.

Memiliki pengalaman seperti tidak mungkin lagi anda dapatkan jika anda sudah berusia 30 tahun. Keadaan seperti ini akan memberi anda waktu untuk berpikir tentang hal-hal yang paling berharga dari hidup.

19. Belajar bahasa asing

belajar bahasa asing
via idntimes.com

Seperti misalnya bahasa Inggris. Anda tidak perlu fasih berbahasa lain, meskipun ini adalah pilihan terbaik. Anda harus, setidaknya sekali saja bisa berbicara bahasa asing.

Sebab ini akan membantu anda belajar tentang budaya baru, memaparkan pandangan anda kepada penuturnya dan membantu anda berpikiran lebih terbuka. Tetapi, jika usia anda semakin tua, hal ini tentu semakin menantang.

20. Menikmati alam bebas

mendaki gunung
via pendakicantik.com

Tidak ada yang paling indah dan paling menginspirasi dari alam bebas. Bahkan, penulis novel kenamaan Indonesia, Dewi Lestari pernah menyebutkan bahwa jika anda ingin menikmati kebebasan berlarilah dengan kawanan kuda liar di alam bebas.

Jangan anggap remeh hal ini, terlepas dai apakah anda takut binatang, mendaki atau takut mengikuti arum jeram, lakukan saja sebisa mungkin. Karena ini tidak mungkin lagi anda lakukan di setelah anda berusia lebih dari 30 tahun.

Penutup

Usia muda adalah usia paling produktif untuk mengecap berbagai pengalaman menantang, yang mungkin sulit untuk dilakukan saat sudah berumah tangga.

Oleh karena itu, manfaatkan masa-masa muda anda dengan hal-hal positif dan bermanfaat, yang mungkin berguna di masa mendatang.

Nah demikian artikel tentang 20 hal yang harus dilakukan sebelum berusia 30 tahun. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *