5 Fakta Menarik Tentang Search Engine Marketing [SEM]

6 Likes Comment
search engine marketing

Berbicara tentang search engine marketing sebenarnya berbicara tentang bagaimana mengoptimalkan konten di mesin telusur dengan promosi.

Metode promosi juga beragam, bisa dengan menggunakan iklan berbayar, backlink berbayar, share ke media sosial dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas, eksistensi bisnis di internet dan juga untuk meraih peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Agar anda lebih memahami tentang search engine marketing ini, saya punya cerita sederhana. Mudah-mudahan cerita ini bisa menambah pengetahuan anda tentang SEM.

Awal tahun 1993, ada seorang pria paru baya yang merupakan investor tunggal Theatresports Seattle, sebuah klub teater lokal disana.

Setiap hari, saat pria tersebut berkunjung ke theatresports, ia secara sengaja menempelkan permen karet yang baru saja dikunyah ke salah satu dinding tak jauh dari teater.

Kebiasaan ini terus berlanjut beberapa bulan kemudian. 6 bulan setelah itu, dinding tersebut mulai dipenuhi dengan permen karet.

Ironisnya, orang-orang yang kebetulan melintas disitu, justru mengikuti mengikuti kebiasaan lelaki itu. Karena menganggap dinding tersebut dibuat khusus untuk menempelkan permen karet.

Setahun kemudian, dinding itu sudah dipenuhi dengan ribuan permen karet. Dinding itu kini dikenal dengan nama Gum wall Seatlle dan telah menjadi objek wisata teraneh kedua di Amerika Serikat setelah Blarney Stone.

gum wall atau dinding permen karet di Seattle
Dinding permen karet di Seatlle via tripsavvy.com

Mungkin, dinding tersebut tidak memiliki daya tarik khusus apabila hanya terdapat dua atau tiga permen karet yang menempel. Dan mungkin saja akan dianggap mengganggu.

Namun, apabila terkumpul ribuan permen karet, yang secara sengaja ditempelkan, akan meninggalkan kesan tersendiri yang khas.

Cerita ini berlaku juga di internet. Jika blog anda hanya terdapat satu atau dua konten saja, mungkin tidak akan berharga di mata Google dan orang lain.

Namun jika terdapat ratusan bahkan ribuan konten dengan niche yang sama, mungkin akan sangat berharga bagi orang lain dan bisa membuat situs tersebut populer.

Bukan hanya untuk blog, berlaku juga untuk search engine seperti Google, Yahoo dan mesin telusur lain. Jika hanya terdapat satu atau dua blog yang terindeks mungkin mesin pencari tidak akan sepopuler sekarang ini.

Metafor ini adalah sebuah cerita sederhana yang menggambarkan bagaimana pentingnya sebuah konten dan blog di internet.

Tanpa semua itu, internet hanyalah sebuah kuburan mati, yang mungkin tidak memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia.

Cerita ini juga berlaku untuk SEO, lebih khusus search engine marketing [SEM]. Diantara ribuan artikel dan konten yang tersedia di internet, SEO bisa menjadi gerbang bagi blog dan konten anda agar bisa di kunjungi pengguna di Internet.

Tapi bukan sembarang SEO ya. Karena ada banyak jenisnya. Ada SEO yang dikhususkan untuk bisnis lokal, ada SEO yang dibuat untuk pencarian mobile, ada SEO yang dibentuk untuk mengoptimalkan pencarian Suara, ada SEO yang khusus dibuat untuk tujuan marketing atau pemasaran online dan lain sebagainya.

Semua jenis SEO ini pada dasarnya sama, hanya penerapannya yang berbeda. Perbedaannya terletak pada bagaimana konten tersebut akan ditemukan oleh pengguna internet.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang SEM saya akan mengulas beberapa fakta menarik tentang SEM yang wajib diketahui oleh anda.

5 Fakta Menarik Tentang Search Engine Marketing [SEM]

Pada dasarnya, search engine marketing adalah model pengoptimalan konten di mesin telusur dengan menggunakan metode promosi agar visibilitas blog atau situs lebih bagus lagi.

Tujuan jangka panjang dari SEM ini sendiri adalah untuk memperoleh peringkat atau rangking yang lebih baik pada keyword yang sudah ditargetkan.

Lalu apa saja fakta menarik tentang Search engine Marketing [SEM] ini? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. 75% SEO fokus pada off-page dan 25% on-page

Secara umum, ada dua model pengoptimalan kata kunci untuk bisa meraih peringkat yang lebih baik di search engine yakni SEO off page dan SEO on page.

SEO off page adalah model pengoptimalan dari luar halaman, sementara on page adalah kebalikannya atau dari dalam halaman itu sendiri.

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum Mempublikasikan Konten

Dua model ini sangat penting bagi sebuah situs web, namun jika ditanya mana yang paling dominan jawabannya pada SEO off page.

Pada SEO off page ini, backlink adalah dominator utamanya. Jadi, semakin banyak backlink yang anda dapatkan semakin bagus posisi blog anda di search engine.

Backlink itu ibarat suara yang akan memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk memberi tahu bahwa situs web anda punya konten yang berharga.

Namun tidak semua backlink yang diperoleh itu berkualitas. Ada backlink yang berkualitas rendah, sedang dan berkualitas tinggi.

Jika anda blogger pemula, saya sarankan jangan dulu fokus pada backlink. Sebaiknya fokus saja ke konten. Jika konten anda berkualitas, akan ada blog yang menjadikan konten sebagai referensi untuk kontennya.

Dengan demikian, anda akan memperoleh backlink. Dan, jenis backlink ini termasuk backlink berkualitas tinggi, meski jarang didapat.

2. Pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan menembus 100 juta orang pada tahun 2020 nanti

Semakin banyak pengguna internet, semakin kompetitiflah persaingannya. Dengan kata lain, semakin banyak orang yang punya situs web.

Orang disini bisa merujuk pada perorangan, entitas bisnis baik makro atau mikro, kelompok, organisasi nirlaba, dan lain sebagainya.

Yang berarti, persaingan di mesin telusur bakalan sengit. Dan disinilah pentingnya pengetahuan teknis seperti SEO dan SEM ini.

Dengan pengetahuan teknis yang baik maka peluang bagi blog anda untuk meraih posisi yang lebih baik di search engine bakal terbuka lebar.

3. Judul halaman adalah elemen paling penting setelah konten

Jika berbicara tentang hal paling penting dalam sebuah blog maka jawabannya adalah konten. Konten disini bisa berarti video, audio, gambar, produk, ebook, buku dan lain sebagainya.

Salah satu kesalahan terbesar bagi blogger pemula adalah pemahaman yang kurang tentang cara membuat halaman blog yang berkualitas, efektif dan menarik.

Salah satu sinyal dari kesalahan ini adalah penggunaan judul yang tidak menarik, biasa saja dan terkadang tidak berkaitan dengan isi konten.

judul artikel

Mengapa judul juga penting? Karena judul adalah elemen paling teratas pada search results. Dengan kata lain, elemen inilah yang akan pertama muncul saat orang mencari keyword tertentu di Google atau mesin pencari lain.

Baca Juga : Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Jadi, sebaiknya optimalkan hal ini. Disisi lain, faktor judul juga sangat krusial saat menerapkan SEM di mesin telusur. Karena bisa meningkatkan efektivitas promosi yang dilakukan.

Selain itu, judul yang baik juga bisa menjelaskan perbedaan antara artikel anda dengan artikel lain, meskipun mungkin tema artikelnya sama.

Selain judul halaman, penting juga untuk memperhatikan Sematik atau kata kunci terkait, kepadatan kata kunci, alt dan title text, panjang paragraf serta tag H1, H2 dan seterusnya.

4. Deskripsi meta tag sifatnya persuasif

Nah ini juga kadang dianggap remeh, terlebih pemilik situs atau blogger pemula. Padahal, nilai visibilitas akan bertambah jika memanfaatkan deskripsi meta tag ini.

Untuk diketahui juga, deskripsi meta tag sifatnya persuasif, yang akan menjadi komunikasi awal antara anda dan pengguna.

Karena persuasif, tag ini hanya terdiri dari 155 karakter dan mungkin lebih apabila postingan tersebut muncul sebagai featured snipped di hasil penelusuran.

Deskripsi meta tag adalah pratinjau singkat yang muncul dibawah tautan search engine [lihat gambar dibawah]. Deskripsi ini akan berisikan ringkasan konten yang disajikan kepada pembaca mengenai konten yang dibahas.

deskripsi meta tag

Apabila anda membuat deskripsi meta tag yang baik dapat meningkatkan jumlah klik baca di blog, meski sebenarnya tidak mempengaruhi peringkat blog secara keseluruhan di hasil pencarian.

Oleh karena itu, sebaiknya anda membuat deskripsi meta tag yang unik untuk setiap halaman. Karena bisa menarik lalu lintas.

Dan jangan gunakan deskripsi meta tag yang sama dengan yang ada di blog lain atau artikel lain di blog anda karena akan dianggap sebagai duplikat.

5. 75% blog yang berada di peringkat teratas Google akan di klik Pengguna

Blog dibangun dengan tujuan untuk memperoleh pengunjung. Tujuan ini bisa tercapai apabila pemilik blog fokus pada kualitas konten dan menerapkan strategi pengoptimalan konten dengan baik dan benar.

Jika upaya itu dilakukan dengan benar dan konsisten, maka akan ada perubahan pada blog baik dari segi kunjungan harian, peningkatkan pendapatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Mungkin jumlah kunjungan itu akan meningkat drastis apabila salah satu artikel anda berada di peringkat pertama pencarian Google.

Karena, 75% blog yang berada di halaman pertama Google, terlebih yang berada di peringkat 1-5 akan di klik oleh pengunjung.

Jadi, mulailah membangun blog anda lebih baik lagi dan fokus pada kualitas. Sembari fokus, jangan lupa optimalkan konten yang ada dengan menggunakan promosi lewat teknik search engine marketing.

Penutup

Masih ingat cerita tentang Theatresports Seattle di atas? Satu pesan terakhir yang mungkin tidak anda tangkap dari cerita diatas adalah apabila anda melakukan sesuatu dengan konsisten dan terus menerus, sekalipun tanpa tujuan dan mungkin dianggap mengganggu, secara langsung bisa mengubah pandangan dan penilaian dari orang lain.

Begitu juga dengan dunia blogging. Jika anda konsisten untuk terus belajar, lalu membuat artikel yang berkualitas setiap hari, maka suatu saat bisa membuat blog anda itu populer.

Karena tidak ada kerja keras yang tidak membuahkah hasil. Cepat atau lambat, semua hanya soal waktu. Tetapi jangan lupa untuk terus membuat konten unik dan menarik.

Demikian artikel tentang 5 fakta menarik Search Engine Marketing yang mungkin tidak anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *