7 Potensi Bencana Yang Akan Terjadi di Indonesia

8 Likes Comment
potensi dan ancaman bencana alam

Indonesia adalah satu negara dengan potensi bencana tertinggi di dunia. Bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana dari manusia. 

Dengan demikian, kata bencana ini tidak saja merujuk pada fenomena alam, tetapi juga pada bencana yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Jika dilihat lebih dalam, bencana alam juga tidak disebabkan oleh faktor tunggal misalnya akibat dari fenomena alami yang terjadi atau natural disasater.

Melainkan juga akibat ulah manusia atau man made disasater seperti uji coba nuklir atau pembuatan terowongan bawah tanah.

Di Indonesia sendiri setiap hari ada saja bencana yang terjadi. Hal ini adalah sesuatu yang wajar mengingat letak wilayah Indonesia secara geografis yang rentan terhadap bencana serta hegemonitas penduduk Indonesia.

Sayangnya, kurangnya pemahaman tentang mitigasi bencana yang baik membuat masyarakat Indonesia selalu mengalami kerugian yang banyak baik dari segi fisik ataupun material setelah bencana itu terjadi.

7 Potensi Bencana Yang Akan Terjadi di Indonesia

Dalam artikel kali ini akan diulas tentang potensi-potensi bencana yang akan terjadi di Indonesia. Bencana disini tidak saja merujuk pada bencana alam, melainkan juga bencana akibat ulah manusia.

Lantas apa saja potensi bencana di Indonesia? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Bahaya alam atau natural hazards

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Erupsi gunung berapi via pixabay

Bencana alam jenis ini selain disebabkan karena fenomena alam juga karena ulah manusia ataupun man made hazards.

Berdasarkan kajian United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UN-ISDR), Natural hazards dikelompokkan menjadi 5 bagian utama, antara lain:

  • Bahaya Geologi (geological hazards)
  • Bahaya hirometeorologi (hydrometeorological hazards)
  • Bahaya biologi (biological hazards)
  • Bahaya teknologi (technological hazards)
  • Menurunnya kualitas lingkungan hidup (environmental degradation).

Semua bagian bencana tersebut saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Sehingga mengakibatkan kerentanan (vulnerability) yang tinggi di tengah masyarakat.

Yang paling rentan tentu saja adalah insfrastruktur publik atau perumahan masyarakat, terlebih di area perkotaan yang padat penduduk.

2. Geografis wilayah

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Badai yang melulantahkan rumah di AS via pixabay

Secara geografis, Indonesia juga rentan terhadap bencana alam. Indonesia menjadi tempat bertemunya empat lempeng tektonik besar seperti lempeng Asia, Benua Australia, Lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik

Di wilayah selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang membentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara hingga Sulawesi.

Sisi dari sabuk vulkanik tersebut berupa pegunungan vulkanik tua dan juga dataran rendah yang sebagian besar di dominasi oleh rawa-rawa.

Baca Juga : 10 Bencana Alam Paling Banyak Terjadi Di Indonesia

Kondisi tersebut mengakibatkan Indonesia berpotensi sekaligus rentan terhadap bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, longsor dan lain likuifaksi dan lain sebagainya.

Arnold (1986) menyebutkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kegempaan yang tinggi, bahkan 10 kali lipat tingkat kegempaan yang terjadi di Amerika Serikat.

3. Gempa bumi

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Tsunami via pixabay

Gempa bumi adalah suatu aktivitas dari interaksi lempeng tektonik dan bisa menimbulkan gelombang pasang apabila titik gempa terjadi di wilayah perairan atau di samudera.

Indonesia termasuk daerah dengan wilayah yang sangat dipengaruhi oleh lempeng tektonik tersebut yang mungkin bisa menyebabkan tsunami.

Tsunami yang terjadi di Indonesia sebagian besar dikarenakan oleh gempa bumi tektonik yang terletak di daerah-daerah subduksi atau di daerah-daerah yang aktivitas seismik aktif (Puspito, 1994).

Baca Juga : 5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa Di Dunia

Dalam kurun waktu 2000 tahun terakhir, terdapat 105 kejadian Tsunami di Indonesia, yang diantaranya dikarenakan oleh gempa tektonik, 9% diantaranya oleh letusan gunung berapi dan 1% lainnya dikarenakan oleh tanah longsor (Latief dkk., 2000).

Dilain pihak, wilayah pesisir Indonesia menjadi wilayah yang rawan terjadi tsunami terlebih di pantai Barat Sumatera, pantai Selatan Jawa, pantai Utara dan Selatan Nusa Tenggara, Maluku, Pantai Utara Irian Jaya dan hampir disebagian besar pantai Sulawesi.

Sementara, daerah yang paling rawan terjadi tsunami adalah di Laut Maluku. Dalam kurun waktu 2000 tahun terakhir sudah terjadi 32 kali bencana tsunami, 28 diantaranya disebabkan oleh gempa bumi dan 4 diantaranya oleh gunung berapi bawah laut.

4. Iklim

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Banjir via pixabay

Sudah bukan rahasia lagi kalau wilayah Indonesia terletak di daerah beriklim tropis dengan dua musim yakni musim panas dan penghujan dengan ciri-ciri adanya perubahan cuaca, suhu dan arah angin yang ekstrem.

Kondisi ini disebabkan karena topografi permukaan dan batuan yang cukup beragam, baik dalam bentuk fisik ataupun kimiawi, sehingga menghasilkan tanah yang subur.

Namun, disisi lain, kondisi itu bisa berakibat buruk bagi manusia dimana dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, kebakaran dan kekeringan.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Gempa Bumi 

Seiring waktu berjalan, aktivitas manusia meningkat dan mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup yang makin parah dan mengakibatkan tingginya jumlah kejadian bencana alam hirometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan juga kekeringan. Semua kejadian tersebut secara bergantian terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

5. Mitigasi bencana alam yang buruk

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
via Pixabay

Meski pemerintah sedang fokus pada pembangunan fisik, namun hanya sebagian kecil saja bangunan yang dirancang untuk tahan bencana.

Selain itu juga, proses pembangunan itu juga berdampak pada lingkungan dan ekosistem kewilayahan secara ekstrem.

Baca Juga : Sesar Kendeng Ditemukan Di Jawa Timur, Potensi Baru Gempa?

Sebagian besar pembangunan yang terjadi juga masih bertumpu pada eksploitasi sumber daya alam (dalam skala besar) sehingga daya dukung sumber daya tersebut berkurang dan berdampak pada kehidupan masyarakat.

Dari waktu ke waktu, luas hutan Indonesia juga berkurang termasuk juga sumber daya terus karena eksploitasi secara besar-besaran sehingga ekosistem mengalami kerusakan secara luas.

6. Akses terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang kurang

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Gempa bumi via pixabay

Selalu ada nilai positif dari setiap pembangunan yang dilakukan. Disisi lain, walaupun pembangunan tersebut memiliki dampak yang luas terhadap ekosistem dan lingkungan hidup, termasuk juga manusia, namun meningkatkan akses terhadap pendidikan, ilmu pengetahuan dan juga teknologi modern.

Baca Juga : Cara Mengukur Kekuatan Gempa

Seiring waktu berjalan, kegagalan teknologi dapat berakibat buruk seperti kecelakaan transportasi, industri dan wabah penyakit yang meningkat akibat mobilitas manusia pada suatu wilayah.

7. Keragaman

Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia
Tsunami reptide via pixabay

Ini juga termasuk bencana yang berpotensi terjadi di Indonesia. Yang berarti, perlu juga diseriusi oleh pemerintah.

Faktor keragaman demografi Indonesia bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia jika tidak dipelihara dengan baik.

Pada tahun 2018 jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 260 juta jiwa yang terdiri dari ragam etnis, kelompok, agama, budaya, dan adat istiadat. Ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.

Baca Juga : 5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Tetapi, dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi ternyata tidak diimbangi dengan kebijakan dan pembangunan ekonomi, sosial dan infrastruktur yang merata.

Sehingga terjadi kesenjangan yang memicu kecemburuan sosial. Kondisi ini sifatnya potensial dan dapat menyebabkan konflik dan bencana nasional jika tidak segera ditangani.

Penutup

Berdasarkan data UNISDR [The United Nations Office for Disaster Risk Reduction], jumlah penduduk Indonesia yang mungkin dan berpotensi kehilangan nyawa akibat keberagaman sangat tinggi.

Bukan hanya itu, potensi akibat bencana alam juga tinggi. Coba lihat data UNISDR, Indonesia duduk diperingkat pertama sebagai negara dengan potensi tsunami tertinggi dari 265 negara yang di survey.

Risiko terjadinya tsunami di wilayah Indonesia bahkan lebih tinggi dari Jepang. Menurut UNISDR, sekitar 5.402.239 juta orang di Indonesia juga berpotensi terkena dampak Tsunami.

Mengetahui segala potensi bencana yang bakalan terjadi merupakan langkah utama untuk melakukan mitigasi bencana yang baik dan benar.

Bukan hanya itu saja, mengetahui potensi bencana dapat menjadi tolok ukur kesiapsiagaan seseorang menghadapi bencana yang akan terjadi.

Demikian artikel tentang 7 potensi bencana yang akan terjadi di Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *